TRUSTED PORTAL INSURANCE
Monday - Friday 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Monday - Friday 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
...
22 February 2021

Derasnya hujan dengan curah hujan yang tinggi, membasahi area Jabodetabek sejak 19 Februari 2021 hari Jumat menyebabkan kebanjiran, dengan bermacam ketinggian air banjir, dari setinggi semata kaki, hingga setinggi rumah, kondisi seperti ini tentu menyulitkan para pemakai lalin, baik pejalan kaki, hingga kendaraaan roda 2 atau roda empat.

Mengutip dari keterangan resmi tertulis dari SVP Communication dan Customer Service Management Asuransi Astra, L Iwan Pranoto, pada Sabtu 20 Februari 2021, menyatakan bahwa pihaknya selalu memfokuskan keselamatan dan keamanan pelanggan, dan menghimbau agar tidak nekat dan menerobos banjir sehingga menyebabkan kecelakaan. SVP Communication & Customer Service Management Asuransi Astra, L Iwan Pranoto, menjelaskan supaya pengguna jalan selalu berhati-hati dalam berkendara.

Meski genangan dan banjir tak dapat di hindari oleh para pengguna jalan, terdapat beberapa cara untuk menghindari resiko banjir, diantaranya adalah mencari alternatif jalan lain, dengan tidak melewati genangan yang tingginya melewati atas roda kendaraan, dan menunggu genangannya menyusut.

Ketika berkendara dan berhadapan dengan banjir yang melebihi tinggi ban, sangat tidak di sarankan melewatinya, selain keselamatan yang di pertaruhkan, pengendara mobil pun juga tidak di bolehkan memaksa melewatinya, terlebih jika tidak mengenal medan dan beresiko jalanan rusak, lebih rendah, bahkan jika salah bermanuver dan memasuki selokan.

Pada saat hujan pun, meski terdapat genangan kecil, membuat jalanan menjadi licin, yang membahayakan dan resiko tergelincir, seharusnya berkendara dengan kecepatan pelan, menjaga jarak antar kendaraan depan atau belakang, dan pastikan lampu menyala agar menjaga jarak pandang, pastikan juga tidak melewati bawah pepohonan, reklame untuk menghindari resiko tumbangnya benda-benda tersebut.

Bahaya Hydrolocking

Kondisi yang biasa di sebut water hammer, adalah situasi di mana mesin mobil off mendadak, yang di sebabkan air memasuki ruang pembakaran yang melalui air intake, di sinilah komponen mesin mengalami kerusakan yang di sebabkan connecting rod rusak, dan mobil otomatis berhenti, perlu di ketahui jika mobil mengalami kondisi seperti ini, terdapat part yang harus di ganti dan ongkosnya cukup mahal.

SVP Communication Asuransi Astra, L Iwan juga menambahkan, jika pengemudi tetap menerobos banjir dan mengalami kerusakan seperti ini, tentu klaim asuransi tidak dapat di proses, sebaiknya berkendaralah dengan hati-hati dan minimalkan mobilitas ketika area yang kita lewati mengalami kebanjiran.(arm)

...
18 February 2021

Kurang lebih 2 tahun lalu pada Oktober 2018, Polda Metro Jaya meresmikan sistem tilang CCTV atau E-TLE( Electronic Traffic Law Enforcement), tilang elektroik ini membuat pekerjaan polisi menjadi lebih mudah untuk menentukan jeis pelanggaran lalu lintas, dan menjadi fokus utama bagi kapolri baru Jenderal Polisi Sigit Listyo, agar polisi lalu lintas tidak lagi melakukan penilangan di lapangan.

Nah, semisal jika kita melakukan pelanggaran lalu lintas dan kena tilang, bagaimanakah cara mengurusnya ? pelajari dulu skema tilangnya.

a. Pengguna lalu lintas yang melanggar dan terekam CCTV Polri, melalui surat tanda pemilik kendaraan, akan di berikan surat penilangan melalui Pos Indonesia.
b. Di dalam surat tersebut, Polri melampirkan foto yang jadi bukti pelanggaran, pasal yang di langgar, tenggang waktu konfirmasi.
c. Kemudian terdapat link / tautan yang menjadi kode referensi
d. Dan tercantum lokasi juga waktu pelanggaran terjadi.

Setelah pelanggar menerima konfirmasi surat tilang, pemilik kendaraan di wajibkan meng-klarifikasinya, dengan cara online atau offline, untuk cara online mengunjungi website www.etle-pmj.info dan ikuti prosedur di situs tersebut, untuk cara offline dapat mengirim blanko konfirmasi ke posko ETLE subdit Gakkum Polda Metro Jaya, pada hari Senin - Sabtu, untuk Senin - Jumat pukul 8.00 - 16.00 WIB, sedang Sabtu 8.00 - 14.00 WIB.

Pelanggar mendapat keringanan waktu hingga 5 hari untuk konfirmasi, setelah klarifikasi surat tilang biru yang biasa kita dapat ketika melanggar tilang konvensional, kita dapatkan melalui mekanismes ini, dan di slip tilang biru inilah terdapat Virtual Account dari bank BRI untuk kita membayar denda.

Resiko bagi yang tidak mengindahkan tilang ini dan membiarkannya waktu sidang terlewat sesuai jadwal yang tertulis, maka STNK pelanggar akan di blokir, dan akan menemui kesulitan saat memperpanjang saat denda tersebut belum di bayar.

Sedangkan menurut Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Fahri Siregar, bahwa tilang elektronik cukup efektif, karena meminimalisir kecelakaan jalan raya, pengendara lebih tertib, maka dari itu pihak kepolisian segera meningkatkan pelayanan dalam hal tersebut, dengan memperbanyak unit kamera tilang di wilayah hukum polda metro jaya.

Untuk setiap perjalanan, lengkapi dokumen kepemilikan kendaraan serta surat ijin mengemudi, pastikan mengendarai dalam keadaan sehat, prima tidak mengantuk, dan selalu asuransikan diri juga kendaraan anda, dengan Asuransi Kendaraan.

...
04 February 2021

Motor masih kredit lalu mengalami kecelakaan ? jangan khawatir, kamu bisa mengajukan klaim dengan syarat yang harus di penuhi, sebelum lebih jauh membahas, sebaiknya cari tau apa itu asuransi motor kredit. Asuransi motor kredit adalah sebuah produk asuransi motor yang di berikan untuk kamu yang beli motor dengan metode pembayaran installment alias nyicil atau mengangsur.

Nah, selama tahap mencicil tersebut, terdapat beberapa hal yang mungkin terjadi, biasanya rusak karena kecelakaan sampai resiko kemalingan, supaya tidak merugikan pihak yang menjual motor juga pembeli, dari sinilah peran dari asuransi motor kredit ada, jika begitu, kalau kamu ada resiko tersebut, kamu bisa klaim asuransi motor kredit kecelakaan.

Baca Juga : Yang Harus Di Lakukan Ketika Mengalami Laka Lantas

FYI aja nih ya, Asuransi Kendaraan umumnya gak cuma mobil aja, tapi motor, bus, truk, bisa juga sampai helikopter sekalipun, kalau kamu niat mau ambil motor kredit, mesti pahami dulu artikel ini supaya paham klaim asuransi motor kredit kalau terjadi kecelakaan, supaya klaim di setujui.

Bukti Rusak Syarat utama untuk mengajukan klaim asuransi motor kredit ketika mengalami kecelakaan adalah melampirkan bukti rusaknya motor, nggak seperti klaim motor kredit yang hilang, pastinya yang mesti jadi perhatianmu, kerusakan ini bisa kamu foto, dan kasih lihat ke bagian survey yang klaim.

Baca Juga : Motor Kredit Tetap Mendapat Asuransi Bila Terjadi Kecelakaan

Dokumen Pelengkap Bukti pertama berupa unit yang rusak sudah jelas, selanjutnya ada dokumen klaim asuransinya, diantara dokumen pendukun tersebut adalah fotokopi polis asuransi, fotokopi SIM, fotokopi STNK, dan surat keterangan pihak kepolisian yang menguatkan bukti bahwa kamu benar-benar mengalami kecelakaan.

Kunjungi atau Minta Datangkan dari pihak Bengkel Rekanan / Resmi
Kalau semuanya sudah beres dan dokumen pendukung lengkap, sehingga perusahaan asuransi approve klaim kamu, bisa langsung kunjungi bengkel rekanan, umumnya di jaman sekarang, banyak bengkel rekanan yang bisa saja di datangkan ke rumahmu oleh pihak asuransi. Di tahap ini, pihak bengkel pun juga men-survey mengenai kerusakan motormu sampai proses survey selesai, dari sini juga bengkel memutuskan apakah motormu bisa di asuransi atau tidak.

Isi Formulir Klaim
Setelah semuanya beres, kamu bisa lakukan download formulir klaim, sesuai data dan nomor kendaraan, dengan ini tinggal menunggu jawaban dari pihak asuransi saja mengenai approval claimnya.

Penyebab klaim kamu di tolak asuransi
Ketahui yang menjadi penyebab kenapa klaim asuransimu di tolak, karena memang banyak yang mengajukan klaim dan di tolak, jangan keburu naik darah dulu, pastikan beberapa penyebab, supaya bisa menjadi pelajaran bersama.
1. Tidak Membawa / mempunyai Sim
Hal ini sudah menjadi aturan baku, bahwa berkendara di jalan raya seharusnya membawa dan memiliki SIM, jika tidak hal ini yang membuat klaim asuransimu di tolak
2. Motor di pakai mengangkut barang Sesuai perjanjian dengan pihak asuransi dimana mengangkut barang dengan motor adalah bukan peruntukannya.
3. Motor di modifikasi Semisal modifikasi dengan velg yang tidak standar yang menyebabkan gangguan keseimbangan motor.
4. Parkir di area yang tidak wajar Banyak kejadian kecelakaan pasif, dimana motor sedang dalam keadaan parkir dan tiba-tiba di hantam oleh kendaraan yang oleng, jika kamu parkir di tempat yang bukan peruntukannya, besar kemungkinan kalim kamu di tolak. Pastikan kamu tidak melanggar hal-hal di atas, dan sebaiknya selalu kantongi surat-surat resmi selama berkendara, berkendaralah mematuhi lalu lintas.(arm)

...
29 January 2021

Mengemudikan mobil dengan transmisi manual boleh dibilang satu level lebih tinggi ketimbang penguna mobil matik. Hal diatas bukan tanpa alasan, sebab kemampuan untuk menyetir kendaraan berpedal tiga  mesti diakui membutuhkan skill yang canggih. 

Selain kaki mesti terbiasa untuk menginjak serta melepas pedal kopling, tangan kiri juga wajib menerima tugas berat yakni memindahkan gigi lewat tuas transmisi yang lebih sering. Hanya saja, pengemudi banyak yang tak ingin repot memilih untuk mengistirahatkan tangan kirinya pada tuas transmisi.

ASURANSIKU.id sebagai pelopor asuransi mobil terbaik di Indonesia menghimbau agar sobat ASURANSIKU.id dapat perlahan meninggalkan kebiasaan meletakkan tangan pada tuas transmisi. Ini adalah kesalahanan yang berbahaya, sebab sejatinya posisi kedua tangan paling tepat yaitu terus menggenggam setir kemudi.  

Tugas pengemudi saat menyetir sejatinya menempatkan kedua tangan pada penempatan setir, dan menyerupai jarum jam 9 lewat 15. Kalau sekedar mengandalkan satu tangan untuk membelok, reaksinya bisa cepat karena posisi tangan dapat menggenggam setir namun kalau mesti bereaksi belok ke kiri, maka pergerakan badannya tak secepat saat belok ke kanan sebab tangan kiri tak ikut bekerja atau berada pada tuas transmisi.

Bermanuver menggunakan kedua tangan dengan posisi tepat bisa memberikan kekuatan serta momentum yang sama, baik sewaktu berbelok ke kanan atau ketika ke kiri. Asuransi mobil terbaik dari ASURANSIKU.id menganjurkan agar selalu memindahkan tangan kiri kembali pada setir kemudi setelah gigi transmisi dirubah, sebab tuas transmisi tak dirancang supaya digenggam terus menerus apalagi untuk dijadikan sandaran tangan. 

Mengistirahatkan tangan pada tuas transmisi sangat tidak dianjurkan ASURANSIKU.id, sebab tuas transmisi hanya digunakan untuk memindahkan gigi, jadi setiap habis menaikan atau menurunkan gigi kembalilah pada posisi sempurna yaitu genggaman tempatkan di setir.(rsv)

...
23 February 2021

Kebanjiran air bukan seperti kebanjiran rejeki yang paling di sukai semua khalayak, adalah musibah yang bisa melanda siapapun terutama di daerah yang memang rawan banjir, tapi bagi yang sudah terbiasa dengan banjir, pasti sudah paham bagaimana mitigasi dan pemulihannya, nah khusus yang belum pengalaman mengatasi perbaikan rumah pasca banjir, tim ASURANSIKU.id menyediakan tipsnya.

Bersihkan Tempat Tinggal
Hal ini adalah tahapan paling awal, setelah banjir hilang dari daratan rumahmu, gunakan senter atau lentera yang besar, karena biasanya memang tidak ada listrik yang mengaliri rumah pada saat banjir, selamatkan dokumen penting, kemudian perabotan utama, yang di dalamnya menyimpan barang-barang yang bernilai, dan langsung pilah, sekiranya barang yang akan di buang, atau dapat di bersihkan / di perbaiki.

Pakai Alas Kaki
Kondisi setelah kebanjiran sangatlah berbahaya, dan lindungi diri dengan alas kaki, mungkin saja pecahan kaca atau benda tajam yang tercecer, dengan alas kaki juga bisa melindungi kita dari binatang kecil yang berbahaya, perhatikan juga apabila anda memiliki binatang peliharaan, semisal anjing atau kucing, pastikan dalam keadaan baik-baik saja, kalau tampak kedinginan, bisa di lilitkan kain untuk menghangatkan badannya.

Mengecek Alat Elektronik 
Selain dokumen penting, alat elektronik rumah tangga sering menjadi perhatian utama, setelah banjir benar-benar surut, pastikan alat elektronik masih berfungsi, biasanya ada bagian yang masih bisa di ganti / perbaiki, namun jika terendam air banjir saat kondisi alat elektronik sedang menyala seperti magicom, kemungkinan dapat di perbaiki nya kecil, mungkin bisa di relakan bersama tukang loak.

Pastikan Kondisi Kendaraan
Jika kendaraan terendam banjir, pastikan perusahaan Asuransi Kendaraan anda dapat mengcovernya, karena biasanya hanya perusahaan pialang asuransi tertentu yang mau dan memiliki mobil derek untuk layanan fasilitas nasabahnya, namun jika tidak, anda perlu membawanya ke bengkel.

Kondisi Air 
Terkhusus bagi anda yang memakai air tanah dengan pompa air sebagai sarana distribusi air ke seluruh rumah, hal ini yang paling utama, jika pompa air anda masih dapat bekerja dengan baik, segera kuras air sumur anda, karena biasanya tercampur dengan air kotor, jika anda memakai saluran air PAM, kamu bisa pakai penyaring air untuk bisa langsung di gunakan.

Bersihkan Lumpur
Untuk ini, tentu kamu harus kerja ekstra keras bersama seluruh anggota keluarga untuk membersihkan lumpur di seluruh penjuru rumah, sekali lagi kamu harus pakai alas kaki, jika di rasa sulit, kamu bisa sewa jasa orang lain untuk membersihkan tempat tinggalmu.

Beberapa di atas adalah hal yang harus kamu lakukan untuk recovery rumah beserta isinya, tentunya di masa pandemi ini, kamu juga harus memastikan kondisi kesehatan kamu, segera kunjungi instalasi kesehatan untuk mengobati beberapa penyakit yang kerap muncul akibat banjir, penyakit kulit, flu dll.

Setiap kejadian membutuhkan pertanggungan resiko, jika kamu kesulitan bagaimana menanggulangi resiko kebanjiran, konsultasi dengan Pialang Asuransi adalah solusinya. (arm)

...
16 February 2021

Halo sobat ASURANSIKU.id kali ini kita akan mengenal apa dan bagaimana tentang surat kepemilikan rumah atau properti dengan segala statusnya, namun banyak juga jenis properti yang penjualannya tak langsung di sertakan dengan status SHM (Sertifikat Hak Milik).

Mengacu pada Undang-undang no 5 tahun 1960, sertifikat kepemilikan rumah di klasifikasikan berdasar macam-macam haknya, tentu ini harus menjadi pengetahuan dasar bagi kamu yang masih awam dan berniat beli properti, jadi harus kenal tetang suratnya, karena bisa fatal kedepannya.

Agar hal fatal yang di maksud, dapat kamu hindari nantinya, tentu kamu harus paham bermacam sertifikat rumah / properti ini.

(SHGB) Sertifikat Hak Guna Bangunan

Sebuah jenis sertifikat yang membuat pemiliknya dapat memanfaatkan bangunan dalam hitungan waktu tertentu, umumnya batas waktu SHGB dari 20 sampai 30 tahun, dan bisa di perpanjang setelahnya. Saat telah lewat dari batas waktunya, pemilik SHGB di haruskan memperpanjang SHGB nya, sedang lahan yang masih berstatus HGB ini biasanya dapat di kelola oleh developer (pengembang), seperti estate atau apartemen building, dan untuk area perkantoran juga. Pastikan kamu sudah memeriksa status sertifikat rumah, jika kamu sedang membeli rumah, dan perlu di ketahui jika status sertifikatnya SHGB, tentu kamu nggak punya kuasa pada tanah tersebut, dan tidak bisa di wariskan.

Tanah Girik

Tidak seperti SHM, sertifikat tanah girik adalah jenis status milik adat dan belum tercatat oleh kantor pertanahan, sertifikat girik di pakai sebagai tanda penguasaan lahan dan dapat di gunakan sebagai surat untuk pembayaran pajak saja.
Perlu di ketahui saat membeli tanah dengan status girik bahwa surat tanah jenis ini tidak ada kepastian hukumnya, atau tidak terlindungi secara hukum, dan harus di cross check lagi surat maupun bukti lain, seperti akta jual beli nya.

Akta Jual Beli

Nah sekarang kita mengenal apa itu  AJB (Akta Jual Beli) sebuah perjanjian jual beli yang fungsinya seperti salah satu bukti atas pengalihan hak dari tanah atau properti yang telah melalui proses jual beli, AJB juga dapat di lakukan atas kepemilikan tanah, entah itu hak milik, hak guna bangunan atau girik.

Ketika kamu hendak belu rumah atau properti lain dimana surat miliknya masih bentuk AJB, pastikan juga kamu mengecek AJB ini ke lembaga yang berkaitan supaya tidak ada AJB ganda yang bisa menghilangkan hak kamu atas kepemilikan properti tersebut, karena bisa saja terjadi klaim atas orang ketiga dengan surat yang serupa.

SHM = Sertifikat Hak Milik

Jenis sertifikat kepemilikan hak sepenuhnya pada lahan atau tanah bagi pemilik sertifikat tersebut, SHM juga menjadi bukti kemilikan sah dan paling kuat, terhadap lahan maupun tanah bagi yang bersangkutan, karena tak ada campur tangan atau kepemilikan bagi pihak lain.

SHM dapat di wariskan, di perdagangkan, di jaminkan, tak sampai di situ, SHM pun hanya di peruntukkan bagi WNI saja, dan bisa di jadikan alat untuk transaksi jual beli maupun pembiayaan perbankan.

Jadi, apakah seluruh sertifikat di atas (non SHM) dapat di ubah menjadi SHM ? semisal SHGB (sertifikat hak guna bangunan) dapat di ubah menjadi SHM, bahkan sangat di sarankan menjadikannya SHM agar terhindar dari hal yang tak di inginkan. Seperti yang tertuang dalam Kepmen (Keputusan Menteri) Agraria/Kepala BPN No. 6 Thn 1998, Syarat utamanya adalah data diri asli seperti KK, KTP, Ijazah, STNK juga SIM yang menjadi dokumen penunjang untuk mengubah kepemilikan rumah menjadi SHM.


Kemudian, fotokopi IMB, fotokopi KTP, fotokopi surat bukti PBB (pajak bumi dan bangunan) terakhir, begitupun dengan surat pernyataan permohonan mengubah status sertifikat kepada kepala kantor pertanahan setempat.

Terakhir, pembayaran biaya pengurusan surat sesuai tarif yang di tetapkan untuk peningkatan SHGB menjadi SHM, yang kesemuanya bergantung pada NJOP (Nilai Jual Obyek Pajak) yang tujuannya akan masuk pada kas negara.

Setelah semuanya telah di selesaikan dengan baik, saatnya mengasuransikan properti anda, sekecil atau sebesar bangunan anda, tentu membutuhkan perlindungan resiko, dengan Asuransi Rumah / Properti. (arm)

...
27 January 2021

Terkhusus buat kamu yang sedang cari rumah, dan baru pertama kali mau beli rumah, apalagi dengan sistem kredit, paling cocok belinya melalui developer atau pengembang perumahan. Karena paling mudah, gak perlu pusing cari lahan, ngurus IMB, cari arsitek untuk design rumah, cari pemborong, sampai mantau progres pembangunan rumah, dan umumnya pihak developer, sudah menentukan lokasi strategisnya, termasuk amdalnya.

Di tambah lagi kalau melalui developer, skema pembayarannya dapat melalui pembaiayaan bank alias KPR, tapi beli melalui pengembang rumah, belum tentu tidak ada masalah, berikut tim ASURANSIKU.id himpun dari beberapa permasalahan aduan para konsumen yang membeli rumah melalui developer nakal.

Pelajari Proses Beli Rumah di Developer
Pernah dengar istilah "proses beli rumah di developer itu beli gambar" ? karena yang sementara di jual oleh developer adalah site plan dulu, bahkan di tahap inilah proses pembangunan rumah oleh developer kebanyakan melalui DP yang anda keluarkan, bahkan sebagai pelanggan, anda harus bisa mendapat persetujuan bank membeli kredit rumah dahulu, agar rumah dapat terus di bangun oleh developer.

Seringnya, proses serah terima rumah finish, baru di lakukan 1 tahun bahkan 1,5tahun setelah pembayaran KPR, alih-alih pada proses beli rumah di tahap ini muncul masalah legalitas. karena perjanjian sejak awal adalah PPJB (perjanjian pengikat jual beli) atau pengikatan sementara bagi calon pelanggan dan pihak developer, yang tahap selanjutnya di sebut AJB (akad jual beli), Di karenakan rumah tersebut belum selesai pembangunannya dan masih atas nama developer.

Step membeli rumah KPR 
1. Memilih Rumah di perusahaan property
2. Pembayaran booking fee untuk pemesanan unit rumah
3. Pengajuan KPR untuk dapat kredit dari bank, karena jika di setujui, proses pembangunan rumah lebih cepat di kerjakan, berbeda dengan pembayaran secara cash, karena dapat membantu keuangan pengembang untuk menyelesaikan pekerjaannya.
4. Penandatanganan PPJB, dan pastikan membaca detail syarat PPJB karena di dalamnya berisi pasal-pasal perjanjiannya, beserta proses balik nama surat dan lain-lain selama masih tahap PPJB.
5. Biasanya dalam 6 bulan hingga 1,5thn lamanya, rumah telah jadi dan dapat di tempati.
6. Proses pembagian HGB developer setelah rumah jadi, karena agar sertifikat rumah dapat di balik nama ke pelanggan.
7. AJB di hadapan notaris.
8. Balik nama HGB developer ke konsumen.
9. Ubah status dari HGB ke SHM.

Yang harus diperhatikan saat hendak membeli rumah 
1. Pastikan kamu tahu reputasi Developer 
Silahkan googling terlebih dulu, karena tak sedikit masalah yang akan kamu hadapi nantinya, jika developer tersebut bermasalah.

2. Hindari bayar DP ke developer sebelum KPR di setujui Bank
Jangan terlalu percaya diri atau percaya pada marketing developer, sekalipun pihak pengembang telah bekerja sama dengan bank, karena bank juga me-review kemampuan finansial pembeli rumah, untuk pelunasan cicilan.

3. Jangan sembarangan take over KPR
Jika ingin membeli take over KPR, pastikan bahwa status sertifikat rumah sudah menjadi atas nama seseorang yang akan take over kreditnya, karena jika sertifikat masih atas nama developer, tentu ini akan memberatkan pihak bank yang akan membiayai kredit anda.

4. Secepatnya proses status SHM
Setelah anda menyelesaikan AJB, dan mendapat SHGB (sertifikat hak guna bangunan) oleh pengembang yang hanya memberikan hak pada pengguna untuk pemanfaatan tanah mendirikan bangunan di atas tanah yang bukan kepemilikannya, sehingga otomatis pemilikan tanah tersebut adalah milik Negara, hingga jangka waktu paling lama 30 tahun. Sesuai Keputusan Menteri Negara Agraria/Kepala Badan Pertanahan Nasional No. 6 Tahun 1998 tentang Pemberian Hak Milik atas Tanah untuk Rumah Tinggal, tanah dengan status SHGB dapat diubah menjadi tanah bersertifikat SHM.

Mengurus di kantor BPN terdekat di area lahan/tanah tersebut.
Proses kepengurusan dapat di lakukan mandiri oleh pemegang SHGB WNI atau dapat di perbantukan oleh Notaris/PPAT, dengan syarat sebagai berikut :
-SHGB asli
-Copy IMB
-Copy SPPT PBB tahun terakhir
-Identitas diri
-Surat Pernyataan tidak memiliki tanah lebih dari 5 (lima) bidang yang luasnya kurang dari 5000 (lima ribu) meter persegi, dan
-Membayar uang pemasukan kepada Negara.

Bagaimana ? sudah dapat poinnya dan apakah telah berminat untuk mencicil rumah demi masa depan? ingat kuncinya, percayakan pada developer yang reputable, dan jangan lupakan Asuransi Properti untuk rumah kamu.(arm)

...
22 January 2021

Segitiga Berjajar
Sebuah tata letak rumah yang saling bertetangga, dengan 2 rumah berjajar tanpa tetangga menghadap 1 rumah tunggal juga yang tanpa tetangga kanan-kiri-belakang, yang jika di lihat dari atas, 3 rumah tersebut nampak seperti segitiga, menurut beberapa kepercayaan adat menganggap hal ini sangat taboo, khususnya di posisi yang 1 rumah tunggal tersebut, seringkali di kaitkan dengan hal-hal yang tak kasat mata, hingga penghuni dari rumah tunggal tersebut pergi, giliran 2 rumah sisanya mengalami hal yang tidak menguntungkan.

Umumnya, 1 rumah tunggal akan seringkali bersinggungan langsung dengan angin dari segala penjuru arah, begitupun sinar matahari yang menimbulkan segala bias cahaya, serta suara angin yang seringkali berubah menjadi suara-suara misterius, akan lebih aneh lagi jika rumah tersebut di kelilingi pepohonan rindang, tentu suara angin yang di teruskan oleh dedaunan menambah nuansa makin mengerikan, sudah jelas secara ilmiah bahwa kesan horror, hanyalah di timbulkan oleh faktor-faktor alami.

Cara mensiasatinya adalah, mantapkan keyakinan pada Tuhan bahwa kita selalu dalam perlindunganNya, jika memang kita mampu merasakan kehadiran makhluk lain, baik itu secara sadar maupun alam bawah sadar, tidak ada salahnya untuk berbagi makanan / minuman pada makhluk lain tersebut seperti sisa makanan atau sediakan air di sebuah kaleng yang setiap harinya kita ganti agar tidak menjadi tempat jentik nyamuk berkembang, bisa saja memang sebuah interaksi secara kebetulan dari binatang-binatang liar (kucing,tikus,burung,binatang melata,serangga-serangga) yang jahil sehingga kita salah persepsi atas kehadirannya.

Rumah Tusuk Sate

Rumah jenis ini sangat di yakin oleh hampir manusia di seluruh penjuru dunia, sebagai rumah yang dapat mendapatkan kesialan bagi penghuninya, namun faktanya, kesialan tersebut seringkali reasonable, di karenakan banyaknya kecelakaan yang menyasar rumah ini, di karenakan posisinya memang tidak menguntungkan dari segi peletakan di pinggir jalan, maka cara mengakalinya adalah memberi perlindungan ganda dengan taman dengan pola beton bertumpuk seperti terasering untuk rumah ini dan memasang pagar dorong untuk menjaga rumah ini dari kecelakaan kendaraan yang sering kebablasan menyasar rumah tusuk sate, baiklah bagaimana jika rumah tersebut di dalam kluster yang tergolong relatif aman secara lingkungan namun masih saja banyak penghuni jenis rumah ini yang mengalami ke-tidak harmonisan, bagaimana mensiasatinya ?

Pertama yang harus kita pahami, posisi rumah ini seringkali mendapat sinar matahari secara langsung, baik matahari pagi atau sore, sehingga atmosfer rumah ini lebih panas di banding tetangganya, sehingga bagi penghuni di dalamnya akan merasakan kegerahan, bagi seseorang yang mengalami hawa panas, lebih susah mengontrol emosi, sehingga mitos penghuni rumah tusuk sate tidak bahagia rukun satu sama lain saja di benarkan oleh fakta ini.

Kedua, hiduppkan ekosistem di halaman, bisa dengan membuat kolam ikan mini, memelihara burung hias, hingga berkebun dengan tanaman hias atau tanaman dengan buah-buahan seperti blimbing atau jambu air, dimana keindahan taman dan kehidupan hewan di sekitarnya dapat menambah kesejukan dan keceriaan bagi penghuninya.

Baca Juga : Ciri-ciri Rumah Dengan Energi Positif dan Kiat Menjaganya

Rumah Berhadapan yang menggelar pernikahan

Terdapat lagi satu mitos yang di percaya, bahwa tetangga yang rumahnya berhadapan lalu berjodoh dan menggelar acara pernikahan di depan kedua rumah tersebut, mitos yang menyebutkan bahwa orang tua mempelai akan seringkali mengalami keributan , bisa saja mitos ini terjadi, apabila frekuensi bertemu kedua tetangga ini menjadi intens di tambah keduanya memiliki kepentingan atas kedua anaknya yang berjodoh, seperti menginginkan sang anak tinggal berdampingan dengan orang tua, atau harus mandiri ke suatu tempat terpisah.

Namun pada faktanya, seringkali di temui bahwa secara psikis manusia dapat mengalami kebosanan apabila sering dan mudah berjumpa, apalagi dengan orang yang sepanjang hidupnya bertegur sapa dan di hiasi sesekali konflik kecil, lalu berubah menjadi hubungan yang lebih intim menjadi besan, sehingga lagi-lagi keduanya akan malah bertikai masalah kehidupan rumah tangga si anak dan tetangga yang menjalani hidup bersama.

Siasat Mementahkan Mitos 

Sebagai generasi yang tetap menghormati adat leluhur, sebuah mitos dapat kita hormati dengan mengindahkan pesan moral dari orang tua, di karenakan kita sebagai anak berbakti akan mengikuti nasihatnya, bukan serta-merta menganggapnya benar dan meyakini sesuatu yang belum tentu benar adanya, di karenakan kesemua hal tersebut dapat di patahkan dengan akal sehat.

Di tambah jika mitos tersebut memiliki makna yang berakibat pada hal-hal yang tak seharusnya kita percaya, sebaiknya sebagai manusia yang memiliki Tuhan, kita meyakiniNya sebagai penolong dan tidak membiarkan mitos tersebut menjadi konsumsi alam bawah sadar, dimana hal tersebut bisa saja menjadi nyata atas ketakutan yang kita ciptakan.

Di sisi lain, jangan lupakan perlindungan untuk rumah, apapun jenis dan tata letak hunian anda, dengan Asuransi Rumah yang sudah pasti mendukung keselamatan properti anda.(arm)

...
19 February 2021

Pemerintah melalui Kementrian Pertanian Republik Indonesia beberapa waktu lalu, atas kejadian banjir penyebab gagal panen petani di Ponorogo, menyarankan para petani untuk mengasuransikan lahan pertaniannya.

Baca Juga : Asuransi Pertanian

Dari program untuk Asuransi Pertanian ini para petani tak perlu lagi memusingkan lahan, di karenakan pemerintah segera mengambalikan modal pada para petani, supaya aktifitas pertaniannya tetap sustainable, bahkan para pejuang garda terdepan ketahanan pangan ini, dapat meminimalisir resiko kerugian akibat gagal panen, diantaranya adalah naiknya pupuk, bibit, hingga perilaku tengkulak yang memainkan harga beli dan jual.

Dari beberapa proses serta aturan yang rawan di permainkan oleh para mafia agro ini, asuransi perkebunan mampu meyakinkan para petani, bahwa manfaat asuransi agro dapat memberikan manfaat serta perlindungan untuk petani.

Pertanian dan Peternakan yang mendapat jaminan Asuransi Agro

Semakin berkembangnya kebutuhan asuransi, beberapa perusahaan asuransi melalui pialang asuransi memberikan manfaat untuk :

1. Asuransi Agro
Yang melindungi perkebunan, agrowisata dan tanaman pangan.

2. Asuransi untuk Ternak
Jenis usaha peternakan yang bisa ter-cover di asuransi ternak adalah jenis ternak non-ruminansia dan pseudoruminant atau monogastrik.

Manfaat Asuransi Petani

Untuk solusi dari beberapa permasalahan di atas, Pemerintah pusat memutuskan untuk membuat perlindungan pada para petani, dengan cara agar tetap bisa menanam tanpa harus bergantung dengan pinjaman pada para tengkulak, yang di sisi lain juga memberikan dampak kerugian pada petani, adanya kebijakan ini di ciptakan melalui Permen / Peraturan Menteri Pertanian RI, No40/Permentan/SR.230/7//201, yang mendasari pelaksanaan Asuransi Pertanian yang memiliki fasilitas untuk pemanfaatan para petani.

Kemudahan akses Asuransi melalui Pialang Asuransi

Memungkinkan para petani mengakses asuransi dengan mudah dengan mengikuti prosedur mengikuti pendataan yang berada di Dinas tingkat Kotamadya atau Kabupaten,setelah database pemerintah Kab/Kota menyimpan data petani, maka melalui Pemprov yang telah me-review akan di teruskan pada Dirjen di Kementan.

Jika proses panjang tersebut telah di setujui, selanjutnya petani bisa melengkapi form pendaftaran untuk calon nasabah asuransi, tidak perlu khawatir, karena jika kebingungan mengisi data,petugas dari Dinas Kota atau Kabupaten siap mendampingi, untuk membantu mengisi dan mem-verifikasi data dari level kabupatan, provinsi hingga pusat.

Kemudahan Akses Asuransi

Jika pemerintah telah menyediakan dan memverifikasinya, selanjutnya petani bisa memulai dengan berkonsultasi atas pihak perwakilan asuransi, dari tahap ini, perusahaan asuransi akan memberikan arahan tentang kebutuhan perlindungan untuk pertanian anda.

Untuk tahap ini, petani tidak perlu ragu, sebab proses pendataan di bantu oleh APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara) tahap demi tahap, mulai dari usulan oleh Bupati hingga pada Menteri.

Asuransi Agro Swasta

Untuk pihak swasta, atau asuransi pertanian untuk bisnis, tidaklah sulit, di karenakan cukup dengan mengunjungi situs www.asuransiku.id dan menghubungi Customer Service kami, maka proses asuransi untuk perkebunan anda, dapat di bantu untuk proses.(arm)

...
09 February 2021

Persiapan jangka panjang keuangan untuk masa depan adalah hal yang sangat penting untuk di mulai sejak dini, beberapa jalan yang bisa di lakukan untuk ini ialah dengan menyisihkan sebagian nilai keuangan dari pemasukan sebagai dana saving.

Umumnya jika seorang menyimban uangnya di bank supaya saat menyimpan dan mengambil proses pengambilannya sangat mudah, tapi ada juga lembaga keuangan, yaitu perusahaan  asuransi, yang biasa juga di perbantukan oleh pialang asuransi, yang dapat juga menjadi alternatif lainnya untuk mengamankan uang.

Dalam kasus ini Bank ataupun Asuransi, jelas mampu memberikan keuntungan berbeda, sehingga sangat penting menjadi perhatian kamu untuk memilih metode penyimpanan uang yang tepat.
Lalu, manakah yang ideal untuk menyimpan uang yang tujuannya untuk dana kesehatan, bank ataukah asuransi ?

1. Kenali Jenis Produk Bank juga Asuransi

Meski keduanya dapat di fungsikan sebagai sarana penyimpanan uang, menabung di bank dan asuransi jelas berbeda, tabungan Bank adalah produk yang jelas memang di fungsikan guna menyimpan uang nasabah, beberapa fitur dari bank juga banyak tambahan guna mempermudah transaksi finansial, contoh : ATM, Mobile Banking, Internet Banking dan lain-lain.

Di samping itu, bank juga memfasiltasi kemudahan bagi seluruh nasabah untuk mengambil atau transaksi keuangan dengan memakai uang di tabungannya, sedangkan yang di maksud sebagai tabungan asuransi adalah  yang jika umumnya adalah sebagai bentuk asuransi unik link.

Tipe asuransi seperti ini di gunakan berdasar ragam manfaat investasi di dalamnya, sehingga terdapat aktifitas investasi dalam uang tabungan kamu.

Tentu, konsekuensinya tidak bisa dengan mudah penarikan dana, karena perusahaan asuransi jelas memiliki kebijakan tersendiri yang berkaitan dengan hal seperti ini, termasuk beberapa biaya yang di bebankan sewaktu-waktu ketika penarikan dana di lakukan.

2. Kenali Beda Keuntungan Menabung di Bank atau Asuransi

Jika menabung sejumlah uang di bank, tentu tidak menghasilkan keuntungan besar, meski menyimpan uang dengan nilai besar di rekening, karena umumnya bunga di bank terbilang cukup kecil, bahkan hampir tidak mungkin mampu menambal inflasi yang terjadi tiap tahunnnya.

Jika dengan menabung harapan kamu supaya dapat keuntungan, tentu kamu harus berpikir dalam-dalam sebelum melakukan setor tunai di rekeningmu,karena justru bisa saja yang kamu dapat adalah saat menyimpan uang dalam bentuk asuransi.

Karena perusahaan asuransi menempatkan uang kamu ke beberapa instrumen investasi dan mengolah investasi itu untuk kamu, di aktifitas investasi ini, tentu kamu akan berpotensi mendapat keuntungan lebih, bahkan dalam jumlah yang lebih besar.

Jadi, begitulah cara keuangan di asuransi berjalan, tanpa perlu kamu meragukan kinerja perusahaan asuransi yang tentu bermanfaat untuk masa depanmu.

...
08 February 2021

Akhir tahun 2020 terlalu menjadi curah hujan tertinggi sejak periode 2018, hujan begitu lebat yang memunculkan spekulasi fenomena lain yang muncul di wilayah perairan Indonesia, adalah Madden-Julian Oscillation(MJO). Beberapa karakter MJO yang di ketahui adalah sekumpulan awan yang mengarak ke timur di sepanjang garis khatulistiwa, dan terus terjadi selama 1 hingga 2 bulan.

Terdapat 8 fase dari MJO, kondisi yang memicunya adalah Samudera Hindia bagian barat yang berdekatan dengan Afrika, MJO yang daerahnya sediki ke-Indonesia-an, biasa di kenal dengan benua maritim / Maritime Continent, yaitu MJO fase 4 dan 5.

Melalui diagram Real-time Multivariate MJO atau RMM, yang menjelaskan faseo MJO, bahwa sejak akhir November 2020 MJO telah berada di wilayah perairan Indonesia, dan terus di prediksi melewati fase ke 5 sampai di pertengahan Desember 2020 lalu. Diantara La Nina dan aktifnya moda MJO yang menjadi fenomena gabungan musim barat, menjadi penyebab curah hujan yang lebat dan merata, hujan lebat ini menjadi pemicu siklon tropis, karenanya di ikuti angin kencang dan berarah membujur dari barat hingga timur.

Bibit siklon tropis yang di beri kode 96s ini lebih persisten dan bergerak sporadis ke timur, bahkan menurut pemantaua LAPAN, angin kencang yang terjadi akibat siklon tropis ini pun membuat gelombang tinggi di lautan terjadi serta terjadi badai, yang kesemuanya berakibat dari fenomena iklim terjadi berbarengan.

Badai yang terjadi di laut tentu mengganggu aktifitas nelayan di laut, BKMG pun memperingatkan terjadinya gelombang tinggi di Samudera Hindia, sisi barat Sumatera dan selatan Jawa. Perkiraan tinggi gelombang dapat mencapai 5 meter, khusus di area selatan Jawa, gelombang tinggi tersebut juga membuat nelayan berhenti melaut, terlebih bagi nelayan tangkapan kecil dengan ukuran kapal 5GT.

Berdasar penelitian MJO berkontribusi terhadap kenaikan gelomang tinggi laut pada saat MJO aktif, terlebih jika MJO berada di atas fase ketiga, yang juga menjadi kombinasi atas musim barat di beberapa wilayahIndonesia. Siklon, tropis, meski tak terjadi di sepanjang garis ekuator, secara otomatis membentuk alun dari sumber siklon yang bisa menaikkan intensitas gelombang di seluruh perairan Indonesia, dengan berbatasan di Samudera Hindia, Pasifik, Laut China Selatan dan sebagian perairan Australia.

Jika di cuaca ekstrim dan situasi tidak memungkinkan, aktifitas laut seperti nelayan hingga pengiriman barang, sangatlah beresiko tinggi, maka di butuhkan asuransi pengangkutan bagi pihak pelayaran atau ekspedisi laut, percayakan kepengurusan asuransi ekspedisi maritim bersama pialang asuransi terpercaya.(arm)

...
08 February 2021

Asuransi Pertanian, Asuransi Perkebunan, Asuransi AgroKementan RI, mengacu berdasar beberapa kejadian alam yang tak bisa di perkirakan, menghimbau para petani di daerah Jawa Timur, tepatnya kabupaten Ponorogo, untuk mengasuransikan lahan pertaniannya, Syahrul Yasin Limpo, menyebutkan Jasa Asuransi akan membantu petani agar tidak mengalami kerugian parah gara-gara gagal panen.

Dikutip dari situs berita kompas(dot)com, Minggu 7 Februaru 2021,Menteri Pertanian mengajak para petani untuk memakai jasa asuransi, agar produksi pertanian tidak terkendala "Oleh karena itu, kami mengajak petani untuk memanfaatkan asuransi agar produksi pertanian tidak terganggu,".

Senada dengan Mentan RI, Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian, Sarwo Edhy menyebut, pemerintah sedang mengoptimalkan asuransi. "Asuransi memiliki klaim yang akan diberikan jika terjadi gagal panen. Klaim tersebut sebesar Rp 6 juta per hektare. Dengan dana itu, produksi pertanian akan terus berlangsung," jelas Sarwo Edhy. Ia menambahkan, asuransi adalah cara terbaik untuk menjaga lahan pertanian. "Asuransi adalah bagian dari mitigasi bencana yang akan menjaga lahan dari perubahan iklim, cuaca ekstrim, bencana alam, juga serangan organisme pengganggu tanaman dan hama," ucapnya. 

Sedang dari Kabid (Kepala Bidang) Tanaman Pangan Hortikultura (Dispertahankan) Dinas Pertanian Ketahanan Pangan dan Perikanan, Ponorogo Medi Susanto, menyebutkan bahwa petani di Ponorogo, masih ada harapan, di karenakan padi yang terendam air banjir yang hanya satu malam dapat di selamatkan, dirinya melanjutkan bahwa petani tak boleh mengabaikan imbauan dari Mentan.

Selengkapnya Medi menyebut, bahwa terbanyak areal pertanian yang terendam banjir di pinggiran sungai, secara rinci Medi menyebut, 10 hektar berada di Desa Madusasi, kecamatan Siman, 3 hektar lainya di Desa Brahu, dan 10 hektar lainnya di Desa Beton, menurut data yang di dapat, paling banyak rendaman adalah daerah Paju dengan 28 hektar, 22 hektar di Kepatihan, 5 hektar di Pakunden, dan 6 hektar sisanya di Surodikraman. (arm)

...
01 March 2021

Musim panas telah tiba, selain area pantai, wilayah dataran tinggi tetap menjadi primadona tujuan untuk menikmati musim panas, terlebih pada bulan Maret 2021 ini, akan terdapat harpitnas, bisa menjadi peluang long weekend bagi yang mau mengajukan cuti sejak awal bulan ini.

Dataran tinggi yang kali ini di maksud adalah, gunung tapi yang masih friendly, atau easy hike untuk para newbie, nah loh kira-kira bagaimana kriterianya, dan seperti apa persiapannya? Untuk kriteria, bukan gunung dengan MDPL yang lebih rendah, karena sebagai contoh gunung salak yang hanya 2211 MDPL ternyata tanjakannya curam dengan banyaknya webbing sebagai alat bantu, kriterianya adalah, gunung yang easy hike, adalah yang paling banyak di daki oleh kaum hawa, gunung yang sering di daki oleh para pendaki, selain keindahan dan kemudahannya, sedang persiapannya, tak jauh berbeda seperti pendakian gunung-gunung lainnya.

Baca Juga : Tips Pendakian, Wisata dan Olahraga Yang Memerlukan Kesiapan

Gunung Andong
Gunung yang terletak sebelah barat daya gunung Merbabu dan sisi tenggara kota Salatiga ini menawarkan pesona keindahan tersendiri untuk sunrise maupun sunsetnya, dengan track yang relatif mudah, dan camp ground yang cukup menampung hingga 30 an tenda, serta akses mudah dan ketersediaan sinyal paket data maupun telepon, membuat gunung ini menjadi tujuan utama bagi pendaki pemula yang ingin melatih, atau bagi kalangan lansia yang semasa mudanya belum pernah merasakan pendakian gunung namun beresiko jika harus berada di tanjakan.

Gunung Prau
Gunung yang dulunya di sebut gunung gondo mayit ini terletak di wilayah dataran tinggi dieng, memiliki 3 jalur pendakian terkenal, yaitu patak banteng, wates dan kali lembu ini juga masih terdapat sinyal paket data meski berada di puncaknya, pada musim panas, biasanya terdapat embun upas alias embun yang membeku, kendati ketinggian gunung Prau 2565MDPL, justru memiliki kelembaban udara yang rendah, tak jarang pada musim panas pula, bibir bisa pecah-pecah saat terbangun dari tenda, persiapkan jaket dan sleeping bag lebih tebal, view di gunung ini sangat indah, total durasi pendakian dengan cara santai dari basecamp ke puncak mencapai 5 - 6 jam, dengan track area yang terus menanjak, tidak ada sumber mata air di gunung ini, siapkan air minum sebanyak dan seperlunya, gunakan buff serta sun glass, karena track pendakian penuh debu saat musim panas.

Gunung Bismo
Memiliki 2 jalur pendakian resmi, melalui basecamp Sikunang atau Silandak, berbeda dengan gunung-gunung pada umumnya, jika di gunung Bismo ini berbeda jalur, puncaknya pun berbeda, gunung yang baru saja di resmikan gubernur Jawa tengah bapak Ganjar Pranowo pada 2019 lalu ini, tergolong sunyi, tidak seramai prau, dan memiliki vegetasi yang cukup rapat di jalur pendakiannya, gunung dengan ketinggian 2635MDPL ini memilik total durasi pendakian 6 - 7 jam dengan pendakian santai, lautan awan dan sunrise di sini tidak kalah indah dengan gunung-gunung sekitarnya, dan pastikan membawa logistik yang cukup.

Gunung Papandayan
Sebuah gunung yang terletak di kabupaten Garut dengan ketinggian 2665MPDL ini terkenal dengan kawah dengan view tandus di hutan mati, tak ketinggalan juga padang Eidelweiss yang memanjakan mata, bahkan sejak di parkiran pun, pemandian air panas sudah menyambut, sangat ramah bagi pengunjung biasa hingga pendaki bukan? bertetanggaan dengan gunung Cikuray dan Guntur namun tidak di rekomendasikan, di karenakan gunung Cikuray tidak di anjurkan bagi pemula, sedangkan gunung Guntur sangat terbatas areanya, di karenakan sebagian wilayahnya adalah Cagar Alam.

Gunung Panderman
Gunung yang memiliki ketinggian 2045MPDL ini terletak di Kota Batu, bertetanggaan dengan gunung Arjuno dan Welirang, gunung ini sangat rekomen untuk belajar pendakian, selain jalurnya ramah, dapat juga di lakukan one day hike alias tektok, masih terdapat kera liar di sini dan pastikan tidak sembarangan meninggalkan makanan di area tenda, gunung dengan view Kota Batu ini lebih ringkas dari pada Prau, cukup 3 jam saja, kamu bisa capai puncaknya.

Pada malam hari yang cerah, biasanya di musim panas, jika beruntung kamu bisa melihat gugusan bintang atau yang biasa di sebut Milkyway, khusus di Prau dan Papandayan di camp groundnya seringkali kamu kalau keluar tenda bisa dapat view fantastis tersebut, dan pastikan kameramu bisa menangkap gugusan bintang tersebut agar bisa di abadikan, sekedar catatan, baik itu gunung yang ramai, relatih mudah, hingga kamu di dampingi oleh yang berpengalaman, sebaiknya tetap waspada dan tidak meremehkan ekspedisimu, persiapkan mental dan fisik, bagaimanapun juga petualangan di alam liar adalah hal yang bisa saja membahayakanmu kapanpun, selalu fokus dan jangan lupa awali dan akhiri dengan Doa, dan proteksi diri dengan Asuransi Perjalanan.(arm)

...
17 February 2021

Sudah ambil cuti, tapi musim hujan nggak keburu selesai ? udah kepalang beli tiket diskonan sejak promo awal tahun kemarin tapi malah banyak isu bencana alam di daerah ? Sebelum memutuskan memang harus berhati-hati, apalagi soal liburan, kebutuhan yang sulit di tolak karena berkaitan dengan kesehatan mental, nah kira-kira bagaimanakah cara memutuskan berlibur atau nggaknya di musim penghujan seperti ini ? mari simak.

Ketahui Kondisi Geografis Kota Tujuan

Kenali letak atau khas secara geografis daerah tujuan, semisal kamu mau pergi ke Bali, pastikan area pantai di sana aman, kalau ke bali tak melulu ke pantai saja kan, pasti ada ke area pedesaan seperti wisata adat di klungkung, wisata air alternatif danau dan puncak kintamani, jangan lupakan, terdapat gunung vulkanik yang masih aktif di sana, gunung Agung, beragam sumber geografi seperti ini tentunya dapat menjadi bahan referensi buatmu, akan terjadi badai kah di pantainya ? atau mungkin erupsi kah gunungnya ? pertimbangkan baik-baik ya.

Pentingnya Informasi Curah Hujan

Tak semua kota di Indonesia memiliki curah hujan yang sama, karena jika memang sama, tentu tidak ada sebutan kota hujan, semisal ketika kamu hendak pergi ke Pontianak, yang kaya akan wisata adat Dayak-Singkawangnya yang memikat, tentu ketika sampai di kota tujuan, harapannya kamu tidak akan mengalami kebanjiran saat seperti berada di Jakarta bukan ? sehingga saat menginjakkan kaki di kota khatulistiwa tersebut, rasanya kamu tidak perlu repot membawa jas hujan untuk menghindari kehujanan saat berkelana menyusuri kotanya.

Jaga Kondisi Siapkan Vitamin

Di musim yang serba tidak pasti ini, pastikan kondisi tubuh kamu selalu prima, jangan sampai kurang istirahat dan terlambat makan, di perjalanan bawalah bekal vitamin, begitupun saat di kota tujuan nanti, apalagi ketika kamu berlibur sendiri dan tidak bersama dengan open trip, jika kamu kenapa-napa tidak ada lagi yang mengurus kamu seperti saat kamu di rumah.

Sebisa Mungkin Hindari Wisata Outdoor

Karena hujan dan kondisi tak menentu, ada baiknya di kota tujuan kamu meminimalisir kunjungan ke obyek wisata outdoor, seperti pantai, air terjun dan lain-lain, mungkin ke musuem, galeri seni, atau bisa juga ke makam pahlawan.

Tips ini di tujukan untuk kamu yang sudah kepalang ambil cuti dan dapat tiket promo liburan yang nggak bisa di refund dan mau nggak mau harus jalani liburan di musim-musim penghujan seperti sekarang, dan yang pasti jangan lupakan Asuransi Perjalanan untuk meng-cover kamu saat libur jalan-jalan nantinya.(arm)

...
29 January 2021

Biasanya yang kita tahu ketika camping hanyalah bermalam di camp ground dengan keluarga, atau mendaki gunung, tapi pernahkah coba camp ride ? sebuah alternatif staycation, yaitu petualangan dengan motor ke area pantai, air terjun, bukit di kota tempat kamu tinggal atau di kota tetangga. Yang bikin beda adalah  petualangan motornya, dengan side bag yang penuh, lampu sorot untuk motor jarak jauh, dan ban yang lebih tebal, maka, track yang relatif jauh dan jarak tempuh yang penuh perjuangan, mood adventure selama perjalanan akan menambah gairah liburan yang berbeda dari biasanya.

Baca Juga : Untuk Pemotor yang Berkendara Di Tempat Gelap dan Sepi

Biasanya kegiatan outdoor ini di lakukan oleh serombongan dan memilih camping di area taman nasional, ada yang di kaki gunung, ada yang pinggiran hutan, kalau di pinggiran hutan sangat di anjurkan lebih dari 3 orang guna meminimalisir adanya binatang buas, aktifitas yang di lakukan pun bervariatif, mulai dari barbeque, bertukar cerita horror, bermain musik dan bernyanyi bersama, atau sekedar menikmati wine, selama masih dalam taraf normal.

Hindari Pantai
Pada Musim yang tidak bersahabat seperti ini, cuaca di pantai mudah di tebak, jika tidak hujan angin normal, pasti akan terjadi hujan badai, mau itu pantai utara atau pantai selatan yang rawan terjadi ombak besar dan bisa merusak frame tenda. Di puncak musim penghujan ini, beberapa alat yang harus kamu siapkan, selain untuk dokumentasi adalah 

Tenda 2 Layer dan Logistik
Berbeda dengan tenda untuk di pantai yang cukup 1 layer, karena di hutan biasanya curah hujan lebih deras, sebab di tambah tetesan dari air pepohonan, dan untuk meminimalisir bahaya, sepatutnya kamu tidak mendirikan tenda persis di bawah pohon, di sebabkan rentan pohon ambruk atau petir, dan jangan juga di bawah perbukitan, supaya terhindar dari bahaya longsor. Stok makanan yang lebih banyak, terutama snack, di karenakan hawa dingin sering membuat tubuh kita merasa lapar.

Untuk sebagian alat tak beda jauh dengan peralatan camping lainnya (Selengkapnya : Alat Camping) hanya saja di sesuaikan dengan bawaan yang mana peruntukkan untuk gunung, yang mana hanya untuk di camp ground. pastikan kunjunganmu kali ini memenuhi syarat protokol kesehatan dan jangan lupakan masker, jangan pernah lupakan juga asuransi travel atau asuransi kendaraan buat kuda besi kesayangan.(arm)
 

...
18 January 2021

Belum genap sebulan Januari 2021 usai ada saja yang bertindak nyeleneh dengan Virus covid-19 (Corona). Warga Negara Asing (WNA) perempuan di Provinsi Bali sedang menjadi sorotan netizen. Hal ini terjadi akibat promosi sesatnya mengajak WNA lain untuk tinggal di tengah pandemi virus covid-19 Corona. Dia disebut memberi ajakan untuk melanggar prokes di Pulau Dewata.

Perempuan itu adalah turis dari Amerika keturunan Afrika. Perempuan dengan akun Twitter @kristentootie yang bernama asli Kristen Gray itu menerangkan betapa nyamannya menetap di Bali berdasar pada pengalaman ia bersama sang kekasih, @Saundraaa yang juga perempuan. 

Tentu saja itu sebuah kesalahan. Selain tindakan keliru Kristen Gray, ASURANSIKU.id sebagai penyedia asuransi perjalanan dan asuransi jiwa ngaben akan membahas larangan-larangan yang mesti dipatuhi bila sedang berada di Pulau Dewata.

Seperti kita ketahui, larangan atau pantangan berlaku bagi masyarakat umum termasuk juga warga lokal bukan sekedar untuk pendatang atau wisatawan yang liburan ke pulau Dewata saja. Ada sejumlah aturan adat atau larangan yang tertulis sebagai awig-awig yang tentunya bila melanggar diberlakukan sanksi adat juga.
Namun tak semua larangan tertulis pada aturan adat. Pantangan tersebut dipercaya warga bila seseorang melanggarnya maka akan terjadi hal yang kurang menyenangkan. Untuk itulah bagi yang belum paham tentang larangan tersebut, terlebih lagi yang belum pernah ke Bali sebaiknya membaca informasi dari ASURANSIKU.id tentang beberapa larangan atau pantangan saat ber-liburan di Bali berikut ini:

Haid atau Keluarga Yang Meninggal
Bagi wanita yang menstruasi (datang bulan) sebaiknya tak berkunjung ke tempat suci Pura. Pantangan juga berlaku bagi mereka yang sedang berduka bila keluarga ada yang meninggal. 

Hari Raya Nyepi
Bila kebetulan saat Hari Raya Nyepi ada keperluan di Pulau Bali baik untuk bisnis atau berlibur, maka sebaiknya menaati sejumlah peraturan untuk menghormati mereka yang melaksanakan perayaan Hari Raya Nyepi. Aturan tersebut seperti tak keluar rumah, tak menyalakan lampu, tak beraktivitas, atau berbuat gaduh. Jika itu dilanggar dikenakan sanksi adat yang disesuaikan dengan awig(aturan) desa adat pakraman yang bersangkutan.

Pakaian ke pura
Sebisa mungkin sopan berpakaian ke pura, banyak tempat ibadah di Bali dijadikan sebagai objek wisata, sehingga orang asing diluar warga Hindu banyak mengunjunginya. Untuk setiap pengunjung wajib memakai kamben (kain) serta selendang yang diikatkan di pinggang. 

Etika di jalan saat ada upacara keagamaan
Usahakan tidak berbicara serta bersikap kasar maupun membunyikan klakson berulang-ulang sewaktu jalanan macet karena sedang dalam prosesi upacara keagamaan. 

Menginjak sesajian
Saat liburan di Pulau Bali, perhatikan juga sewaktu berjalan-jalan karena ada larangan untuk tidak menginjak persembahan umat Hindu seperti sesajen berupa canang atau sesari. Sesembahan berupa bunga dan makanan banyak di pinggir jalan atau trotoar seperti di depan toko atau rumah. Bila tak sengaja terinjak cukup ucapkan maaf dalam hati saja.

Identitas diri
Bila menetap selama beberapa hari di Bali, sebaiknya mengurus KIPEM (kartu identitas penduduk musiman) pada petugas banjar setempat. Sebab kalau tidak, pihak aparat desa setempat  memberikan sanksi adat bagi mereka yang melanggar. 

Menggunakan flash kamera
Dilarang memakai flash kamera sewaktu mengambil gambar di depan orang-orang yang bersembahyang atau pedande. Termasuk hindari duduk lebih tinggi dari tempat sesajian serta pedande.

Rencanakan perjalanan anda dengan aman dan nyaman bersama produk Asuransi Perjalanan terpercaya.
Gunakan fasilitas dari Pialang Asuransi Terpercaya untuk pendaftaran dan pembayaran, hingga proses claim yang anti ribet, cukup fokuskan pikiran pada perjalanan nanti, biar kami yang urus Asuransi Travelmu

Demikian sejumlah pantangan yang dapat ASURANSIKU.id jabarkan. Wajib bagi semua orang untuk taat saat berkunjung atau liburan di Pulau Dewata.

...
24 February 2021

Apakah yang di maksud bulking dalam dunia kebugaran ? Bulking seringkali di artikan dengan menaikan berat badan dengan menggunakan massa otot, sedangkan cutting, lebih tepatnya melakukan diet atau mengikis lemak-lemak di area perut, paha dan atau lemak yang seringkali menutupi pertumbuhan otot, namun, bisakah kedua hal ini di lakukan mengingat untuk bulking seringkali di butuhkan kalori untuk energi pembakaran selama latihan menaikkan massa otot, sedangkan untuk cutting, pasti bertolak belakang di karenakan kita harus defisit kalori sedikitnya 3500 kalori setiap minggunya, untuk menurunkan berat badan 1kg per minggu.

Baca Juga : Diet Mudah Dengan Defisit Kalori, Bagaimana Caranya?

Pertama, yang harus kita tahu adalah, seberapa banyak aktifitas kita, bisa di kategorikan dengan tingkat kesibukan kita berolahraga.

  • Kurang, jika kita berolahraga 2 - 3 kali seminggu
  • Cukup, jika kita berolahraga 3 - 4 kali seminggu
  • Sering, jika kita berolahraga 4 - 5 kali seminggu
  • Rutin, jika kita berolahraga 5 - 7 kali seminggu

Pada, kali ini kita berfokus pada bulking dan cutting yang bersamaan, sehingga kita ambil contoh di tahap Sering, artinya kita membutuhkan kalori dan karbohidrat sebagai energi dan surplus protein untuk pembentukan otot,dengan formulasi 2:5 dimana 2 adalah karbo dan kalorinya dan 4 adalah proteinnya, langsung saja kita contohkan pada menu makanan.

Pada pagi hari, sebelum sarapan dapat mengkonsumsi suplemen penambah massa otot, lantaran pada malam hari saat tidur, banyak protein terpakai untuk recovery otot yang kita 'rusak' akibat latihan beban. Selanjutnya, setelah melalui 12 jam sejak terakhir kita makan, pada makan malam, dapat kita isi dengan karbo 1:3 protein, semisal porsi nasi setengah sendok ukuran nasi dan 3 butir telur ayam rebus, karbo bisa kita dapat dari nasi, sedangkan kuning telur ayam menjadi lemak dan kalori kita, dan protein di dapat dari putih telur tersebut.
Pada saat brunch time, sekitar pukul 10 pagi, dapat mengisi lagi dengan cemilan sebuah pisang dimana protein tersebut dapat membantu kita.

Untuk makan siang, usahakan sedikit lebih banyak kalori, jika 5 - 6 jam kemudian melakukan aktifitas, tak perlu khawatir naik berat badan jika nanti olahraganya lebih dari 1 jam, dan perbanyak serat serta vitamin dan omega 3 atau 6,dengan menambah keasaman tubuh, serat dan omega 3 & 6 dapat memberikan rangsangan pada insulin untuk mengkompresi gula darah menjadi energi lebih cepat.

Pada saat latihan, lakukan seperti biasa, jangan lupa pemanasannya dan pastikan cara latihanmu sudah benar sesuai jadwal, dan jangan lupakan suplemen pada sebelum atau sesudah latihan.

Sedangkan makan malam, dapat di tambahkan sedikit lebih banyak protein dari porsi biasanya, jika daging merah, salmon di rasa terlalu mahal, makanan khas Indonesia terdapat banyak protein, diantaranya tahu dan tempe, bisa di jadikan menu makan malam, dengan 6 irisan secukupnya tempe dan 4 irisan sedang tahu dengan tambahan tumis toge, sudah sangat mampu memenuhi protein setelah olahraga beban, dan segera di proses untuk recovery saat tidur malam nanti, sedangkan pada jam tidur, pastikan sedikitnya 6 jam tidurmu, jangan sampai kurang.

Formulasi kebutuhan protein harian untuk seseorang yang sedang menambah berat dengan massa otot adalah 1.5 x berat badan (dalam kilogram), semisal berat badanmu 70kg berarti 1.5x70 = 105, artinya kamu butuh 105g protein per harinya.

Apakah sit up dapat membuat perut menjadi six pack ? Iya, jika lemak perut hilang, lalu bagaimana cara agar lemak perut tidak menutupi otot perut ? jawabannya adalah defisit kalori, sedangkan olahraga paling tepat untuk membantu menghilangkan lemak di perut adalah dengan jogging, skipping, bersepeda dan renang.

Apakah dengan cara di atas dapat memenuhi kebutuhan sesuai judul artikel ? Iya, jika di lakukan secara disiplin, apakah tidak boleh jajan ?
Boleh tapi harus sesuai kebutuhan TDEE ya, (tapi banyak juga para bodybuilder yang sesekali makan sembarangan, gimana dong? ), pada program ini biasanya ada yang di sebut dengan cheat day, di mana 1 hari ini kamu boleh makan apapun dengan porsi berapapun, asal sedikitnya progresmu untuk program ini telah tercapai sedikitnya 30% dari target, tentu, setelah cheat day berlalu, kamu harus berlatih kembali dan jangan sampai kebiasaan lama terulang kembali, semoga bermanfaat.

Jangan lupakan penggunaaan Asuransi Kesehatan untuk perlindungan diri dari beberapa resiko yang terjadi kedepannya. (arm)

...
22 February 2021

Kembali kita akan membahas diet, seni sehat dengan cara menurunkan berat badan, karena dengan berat badan tanpa padatnya struktur tulang kita, akan sangat membahayakan tubuh, bayangkan saja berapa berat lemak dari tubuh kita yang harus di topang oleh sendi tulang bertahun-tahun, dan kemungkinan besar, berat lemak pun akan bertambah, berbeda dengan berat yang di dominasi dengan otot, karena ketika kita melatih otot, kekuatan tulang pun juga terlatih.

Baca Juga : Pengetahuan Dasar Olahraga Beban, Untuk Pemula

Untuk mengawali diet, kita harus memahami konsep dasar sederhana TDEE yang adalah Total Daily Energy Expenditure dan BMR atau Basal Metabolic Rate yang adalah kebutuhan kalori paling sedikit, oleh tubuh, ketika beraktifitas ringan, seperti saat, tidur, duduk, baca buku, rebahan, gibah, nonton video sedangkan organ tubuh tetap bekerja, seperti bernapas, recovery sel, pertahankan sel tubuh dan lain-lain.

Sedangkan TDEE tadi adalah, total pengeluaran energi harian, yang akan mempengaruhi BMR tubuh kita.

Rumusnya adalah sebagai berikut, untuk orang yang tidak pernah olahraga: kalikan BMR dengan 1,2
Kemudian untuk yang jarang olahraga (1-3 hari/minggu): kalikan BMR dengan 1,375
Bagi kamu yang olahraganya teratur (3-5 hari/minggu): kalikan BMR dengan 1,55
Dan untuk kamu yang seringkali berolahraga (6-7 hari perminggu): kalikan BMR dengan 1,725
Berbeda lagi untuk para sports addict (yang olahraganya per hari mencapai 2 kali dalam sehari): kalikan BMR dengan 1,9

Sekarang, kita coba menghitung contoh kebutuhan kalori per hari seseorang, semisal seorang perempuan berusia 25tahun dengan berat badan 60kg dengan tinggi 165cm
dan tingkat kesibukan olahraganya termasuk teratur, cara menghitungnya adalah :

BMR = 447.593 + (9.247 x 60) + (3.098 x 165) – (4.33 x 25)
    = 447.593 + 554.820 + 511.170 + 108.25
    = 1621.833 

Sehingga memiliki konsumsi kalori harian yang harus di penuhi = BMR x TDEE
= 1671.575 x 1,55
Sehingga di dapati nilai 2.513,84 dan di bulatkan jadi 2.513

Maka, saat kamu akan diet dengan melakukan defisit kalori untuk mengurangi berat badan, kamu harus mengurangi porsi makan, jika kamu ingin mengurangi berat badan sebanyak 1kg, jadi kamu tidak boleh lebih dari 2,513 kalori per hari, harus hati-hati terutama dengan goreng-gorengan, makanan bersantan, jerohan dan makanan yang di masak dengan cara di bakar / panggang.

Nah rumus di atas 447.593 adalah untuk wanita  yang di rumuskan secara Internasional oleh seorang ahli gizi Roza dan Shizgal sejak 1984.

Rumus BMR untuk Wanita adalah = 447.593 + (9.247 x berat badan [kg]) + (3.098 x tinggi badan [cm]) – (4.33 x umur)

Sedang untuk Pria = 88.362 + (13.397 x berat badan [kg]) + (4.799 x tinggi badan [cm]) – (5.677 x umur) .(arm)

...
17 February 2021

Beberapa metode olahraga yang dapat di lakukan untuk memenuhi kebutuhan jasmani harian, dapat di klasifikasikan menjadi 2 jenis, olahraga cardiovascular atau sistem olahraga yang berkaitan dengan sistem kesehatan pernapasan dan jantung sangat cocok untuk mencegah penyakit kolesterol, jantung, juga sakit asma. Adapun Weight Lifting atau angkat beban seperti yang kita ketahui dapat melatih ketahanan otot serta tulang, keduanya memiliki efektifitas yang sama untuk mengkonversi lemak menjadi otot, selama asupan nutrisi dan jam tidur kita juga teratur.

Kedua olahraga ini tentu sama baiknya, dan dapat di sesuaikan dengan kebutuhannya, untuk cutting(diet) atau bulking(tambah berat badan / massa otot), khusus untuk Weight Lifting yang bertujuan untuk membentuk badan, tak ada salahnya mengikuti beberapa tips yang sudah pernah kami posting.

Baca Juga : Pengetahuan Dasar Olahraga Beban, Untuk Pemula

Baca Juga : Langkah-Langkah Melatih Tubuh Ideal (2 -end)

Baca Juga : Langkah-Langkah Melatih Tubuh Ideal (1)

Dan pastikan juga untuk terus menambah beban setiap latihan, ketika fokusnya untuk bulking / penambahan massa ottot, sementara untuk olahraga yang peruntukannya diet (cutting) variasinya adalah 2:1:1:2, maksudnya di sini adalah 2 hari berlatih beban( misal senin-selasa), 1 hari berlatih kardio,skipping (rabu), 1 hari istirahatkan badan (kamis-off), dan 2 hari lagi kardio (jumat jogging-sabtu bersepeda), dan di hari minggunya off lagi.

Dengan durasi latihan 45 - 60 menit untuk setiap latihan beban, juga 30 - 45 menit setiap latihan kardionya, dan pastikan perhitungan kebutuhan nutrisi kamu seimbang, pertama gunakan rumus takaran BMI, kedua dengan durasi latihan setiap minggunya, jika tepat mengikuti ratio saran yang kami ketik di atas, tentu kebutuhan kalori kamu akan lebih banyak, selama konsumsi kalori di imbangi dengan olahraga, tak perlu takut kalori menjadi lemak.

Untuk weightlifting pun tak melulu harus isolation dengan beban, bisa juga dengan calisthenic, atau olahraga yang memanfaatkan beban tubuh, seperti push up, sit up, pull up, plank dll, calisthenic juga jenis olahraga compund movement atau pergerakan yang melatih beberapa otot sekaligus, untuk yang berniat diet khususnya wanita, tak perlu takut jika olahraga ini bukannya mengecilkan malah membesarkan otot, bukan begitu konsepnya, karena membesarkan otot juga tak mudah dan butuh waktu lama.

Jadi, jika bertanya, apakah Kardio atau Angkat beban olahraga yang layak untuk diet ? jawabannya keduanya layak atau jika salah satunya, harus di imbangi dengan pola makan yang sehat,
jangan sampai olahraganya 30 menit, di balas dengan makan dan jajan sampai 1 jam dengan gula dan tinggi kalori.

Selamat mencoba, dan untuk kesehatan perlindungan, diri kita juga tentu membutuhkan perlindungan dari Asuransi Kesehatan untuk menjamin kita di masa-masa sulit, khsususnya pandemi sekarang ini.

...
15 February 2021

Banyak yang menyangka bahwa kebahagiaan berasal dari terpenuhinya segala yang kita inginkan, tidak salah memang, namun bagaimana jika apa yang  kita dapatkan tak sesuai yang di harapkan? bukankah akan semakin menyiksa? beberapa kalimat dari seorang bijak bestari di masa lalu menyebutkan, "hasrat adalah akar penderitaan, attachment atau kemelekatan sangatlah dekat dengan penderitaan, semakin sedikit kita memiliki hasrat dan kemelekatan atas sesuatu, semakin kecil resiko kita akan menderita".

Apa yang di maksud dengan penderitaan di sini? adalah saat kita terlalu berhasrat dan hasrat tersebut tak ter-realisasikan, tentu ada perasaan sedih, duka, kecewa dan menurunnya semangat akan segala sesuatu, hal ini tentu dapat mempengaruhi psikologis kita, memberikan efek stress jika keinginan tersebut sangat kuat namun realisasinya tak demikian.

Lalu bagaimanakah supaya kebahagiaan dapat kita capai? karena sejatinya kebahagiaan adalah di saat kita tidak berhasrat dan melekat atas sesuatu, bagaimana dengan mimpi dan harapan, bukankah kedua hal tersebut adalah motivasi kita untuk hidup? Betul sekali, namun tidak di sarankan terlalu terpaku dan ambisius dengan mimpi-mimpi tersebut.

Cara mengkonversi atas kebahagiaan menjadi kekuatan adalah dengan memiliki rasa syukur, rasa puas hati dengan apa yang kita dapatkan, meskipun tak bisa menutup kekecewaan, namun perlu kita ketahui beberapa hal bahwa kebahagiaan batin, jiwa dan rohani mampu menguatkan mental dan fisik kita. Membahagiakan diri dengan menguatkan kesadaran agar kita tak mudah melekat dan berambisi besar atas sesuatu, dengan tak hanya mengejar keuntungan semata, tetapi juga hadir sebagai seorang yang membantu / memberi dan berbagi pada sesama, tentu hal ini juga mampu meningkatkan kebahagiaan.

Untuk menjadi bahagia tidak perlu berpura-pura atau menjadi orang kuat, karena saat kita berbahagia, kekuatan mental dan jasmani kita semakin meningkat, di musim penyakit seperti ini, tentu kebahagiaan yang menguatkan imun, dapat membantu kita terhindar dari segala macam penyakit, termasuk penyakit spiritual, mental, dan jiwa, jangan lupakan juga Asuransi Kesehatan untuk kebutuhan perlindungan anda dan sekeluarga.
Semoga Semua Makhluk Berbahagia.(arm)

...
18 February 2021

Baru saja beli bunga atau tanaman hias yang di letakkan di rumah beberapa hari saja tapi sudah layu ? kemungkinannya tanaman hias ini mengalami stress ketika pindah ke media tanam lain.
Tentu ini bisa membuat tanaman tersebut jadi layu, di samping itu biasanya terdapat akar tanaman yang putus ketika memindahkan tanaman itu sendiri, kemungkinan lainnya adalah penggunana pupuk kimia yang terlalu banyak di tanaman, tapi, bukan berarti tanaman layu tak akan bisa selamat lagi, beberapa di bawah ini bisa mengembalikan kesegaran bunga atau tanaman hias yang telah layu.

Bahan Yang Di Butuhkan

Bahan organik yang dapat di pakai untuk menyegarkan kembali tanaman layu, cukuplah mudah di dapat, termasuk bumbu dapur, adalah bawang putih atau bawang merah, pakai sedikitnya 3 hingga 5 siung bawang merah atau putih, bawang merah di yakini berfungsi sebagai ZPT (zat pengatur tumbuh), untuk menetralisir kandungan racun dalam tanah, sedangkan bawang putih, dapat berfungsi sebagai fungisida organik di media tanaman.

Siapkan Bahan

Setelah bawang merah dan putih di potong, dapat di campurkan dengan sedikit air, tapi bukan untuk bumbu bikin tempe goreng ya, tapi untuk di siramkan ke tanah di mana bunga tersebut di tancapkan. Cara menyiramkannya pun juga dengan takaran yang sesuai, air yang secukupnya untuk membasahi media tanam di tiap sore, jangan lupa juga meletakkan di tempat yang teduh selagi si tanaman masih layu,perlahan tapi pasti, silahkan tunggu hingga 3 hari kedepan, pertumbuhan bunga akan kembali segar dan tampak, ini berkat larutan bawang putih yang merangsang pertumbuhan akar.

Perawatan

Setelah berhasil mengobati tanaman yang layu, perawatan tetap harus di jalankan supaya tanaman terus segar dan berkembang biak, mulai dari pupuk, cahaya matahari yang cukup dan pengairan yang normal, di butuhkan ketelatenan dan keuletan untuk mempertahankan kesegaran bunga atau tanaman hias, harus juga rajin untuk menyiangi rumput atau lumut yang tumbuh di sekitar tanah dari tanaman tersebut.

Jika tanaman tersebut untuk di budidaya serta menjadi sumber penghasilan atau bisnis sampingan anda, ada baiknya anda melindunginya juga dengan Asuransi Pertanian, Asuransi Perkebunan

...
29 January 2021

Tanaman hias yang jadi booming bahkan dengan harga yang spektakuler ini, ternyata tidak membutuhkan perawatan khusus seperti jenis-jenis anthurium lain, sayangnya tanaman dari keluarga Araceae yang tengah viral ini memang mengharuskan kita sedikit mempersiapkan pertumbuhannya sejak awal, seperti yang di tulis bawah ini.

Tempat Merambat Untuk Si Janda 
Jenis tanaman ini memiliki sifat hemifit dengan sebagian epifit, yaitu membutuhkan induk sementara untuk bertumbuh sebelum mampu hidup mandiri, si 'janda' yang suka jual mahal ini di kabarkan bahkan bisa meninggi hingga 20 meter, sehingga sehingga medium untuk merambat sedikitnya butuh pohon yang lebih tinggi.

Bekas Cucian Air Beras untuk Menyiram
Ketika mencuci beras untuk di masak, jangan buang air sisa cucian beras, sebaiknya di letakkan di sebuah baskom lalu siramkan ke tanaman, janda bolong ini, agar menutrisi pertumbuhannya, di ketahui bekas air cucian beras mengandung vitamin B1 yang mudah mempercepat pertumbuhan klorofil, agar tanaman lebih hijau dan sehat.

Pakai Pupuk Tiap 2 Minggu
Jangan lupakan pupuk, untuk mempersubur tanah yang di diami oleh tanaman hias ini, sedikitnya 1 kali dalam 2 minggu, ingat, gunakan pupuk organik, dan tentunya, jangan lupa penyiramannya.

Siram Air 1 Hari hingga 2 kali 
Seperti tanaman pada umumnya, setiap pagi dan sore membutuhkan penyiraman supaya lebih indah dan subur, tanaman ini memiliki struktur akar yang tidak sekuat tumbuhan anggrek, sehingga apabila sudah terkena air hujan, tidak perlu melakukan pengulangan dengan menyiraminya.

Letakkan di Tempat Teduh 
Cahaya matahari di butuhkan secukupnya oleh tanaman ini, tidak seperti tanaman hias lainnya, jika sudah terkena paparan panas matahari dalam 2 jam, segera letakkan ke tempat teduh, untuk menjaga kelembaban suhunya.

Selain perawatan di atas, seperti jenis tanaman lainnya, bahwa gulma atau tumbuhan liar di sekitarnya haruslah di bersihkan agar tidak merebut nutrisi yang seharusnya untuk si janda mahal ini.(arm)
 

...
07 January 2021

Jenis tanaman pisang chalatea, adalah spesies pisang hias yang dapat di pergunakan untuk menanam di pot dan area taman tanaman jenis ini sering di pakai untuk tanaman tropis, karena jenis ini memiliki daun yang lebar, peletakkannya biasanya berada di sudut taman, juga dapat di letakkan di pinggir pagar untuk menambah variasi hiasan yang nyaman di lihat.
Lebih detailnya, di bawah ini terdapat klasifikasi secara morphology serta perawatan untuk pisang kalatea

1. Klasifikasi 

2. Morphology
Tanaman hias dari kalangan pisang ini, berbentuk oval lebar dan menyejukkan mata, serta asik di pegang, lembut...Tanaman bertangkai panjang, dengan ciri khas tampilan sebagai tanaman tropis ini memiliki tekstur daun berlipat, dengan tangkai lilin yang indah, yang nampak membuat bawah daun ini berwarna perak. Panjangnya mampu mencapai hampir 1meter, dan lebar kurang lebih 40-50cm, dengan daun yang berbentuk mirip sekali daun pisang, tampilan bunga yang memukau, meskipun bagi sebagian orang tak begitu menarik, memiliki warna coklat kemerahan yang menjadikannya sedikit lebih unik, sebagian lain bunganya juga memiliki bulatan kecil bersarang yang tumpang tindih, hingga wujudnya memanjang menyerupai cerutu, sehingga tanaman Calathe Lutea ini, juga di kenal dengan sebutan Cerutu Kuba.

3. Cara Merawatnya
Cara menanamnya, dapat memotong kecil sebagian anakan dari induk calathe lutea yang segar, medium yang di pakai pun juga seharusnya memakai tanah yang di beri pupuk kompos, sekam yang di bakar, serta serbuk kelapa dari kulit kelapa yang sudah sangat tua, sesaat setelahnya dapat di pindahkan untuk di tanam di pot. untuk memeliharanya juga tergolong mudah, cukup lakukan penyiraman setiap harinya dengan air secukupnya, dengan interval 6 bulan 1x untuk pemupukannya, dapat sekalian penggantian media tanam baru, seperti pot yang baru.
Pupuk buatan atau NPK sangat di anjurkan agar tanaman tumbuh lebih cantik hijau segar dan menarik, dengan pupuk kandungan nitrogen, posphor, unsur hara 
atau apapun NPK dengan bentuk cair maupun padat. Terakhir, supaya tidak gampang layu, tentu harus rutin memotong batangannya, terkhusus jika sudah tampak salah 1 batangnya mati, jika tangkainya tampak berdebu, anda bisa mengelap daunnya saja, dan pastikan untuk meletakkan tanaman ini di area yang dekat dengan pantulan cahaya.

Dalam 1 bulan sekali, silahkan keluarkan tanaman Calathea anda untuk di jemur di bawah sinar matahari, lakukan secara rutin, jangan terlalu lama, apabila matahari sudah mulai panas terik, kembalikan tanaman pisang calathe ini ke dalam rumah atau ruangan. Jika anda menanam Pisang Calathea ini sebagai budidaya untuk di jual ataupun sebagai pemborong taman landscape, ada baiknya, lindungi kebun anda dengan layanan Asuransi Mikro yang menjamin keamanan bisnis anda, melalui Pialang Asuransi Terpercaya.(arm)

...
29 December 2020

Pernah dengar petuah bijak dari masa dulu, Hadits Nabi "Tuntutlah ilmu sampai negeri China" atau "Tidak ada batas usia untuk belajar" ? semua kalimat tersebut masih relevan hingga di zaman modern ini, karena para cendekiawan sejak zaman itu telah memahami betapa pentingnya ilmu.

Apapun ilmunya, selama mendatangkan manfaat dan kebaikan untuk bersama, sangatlah layak di pelajari namun dalam proses belajarnya tentu akan menyita fokus keseharian kita, jika tak cermat mengatur waktunya tak perlu khawatir, karena ada beberapa keterampilan yang dapat di pelajari tanpa harus mengganggu rutinitas utama kita tentu ini cocok bagi siapapun latar belakangnya.

1. Masak
Bagi para ibu yang terbiasa dengan memasak, mungkin bisa mempelajari dengan trik atau teknik memasak baru jika biasanya memasak makanan lokal, dapat mencoba berlatih masakan oriental, arabic atau daerah lain. Kalau kamu sahabat ASURANSIKU.id belum pernah belajar memasak, laki-laki atau perempuan
kamu perlu coba berlatih mengolah makanan, karena cepat atau lambat kamu akan berada di kondisi yang membutuhkan teknik memasak, semisal saat kamu camping bersama teman, self isolation seperti masa pandemi 2020 ini.

2. Bermain Musik atau olah suara
Pelajari dan mainkan alat musik apapun jenis juga genrenya, karena musik adalah penghantar jiwa karena musik adalah resonansi untuk merefleksi syaraf otak, di masa-masa stress yang mendera kamu akan membutuhkan sebuah penyaluran rasa, salah satunya adalah bermain musik jika kamu pernah mencoba dan gagal, masih ada teknik olah vokal untuk di latih gunanya selain untuk menghibur diri, di dalam olah vokal terdapat teknik dasar pernasapan untuk melatih pernapasanmu.

3. Teknik Menggambar atau design
Menciptakan sebuah gambaran dari hal yang tak nyata adalah bakat alami seorang seniman hal ini memang sulit untuk di pelajari, namun teknik menggores pensil di atas kertas maupun canvas adalah sebuah skill yang dapat di latih, begitupun men-design sesuatu di komputer sedikit banyak kamu akan membutuhkannya suatu hari, bahkan saat kamu akan berpikir untuk memulai toko online di sini kamu membutuhkan sebuah design untuk logo usahamu.

4. Fotografi
Tak perlu mempelajari hingga mengambil kursus mahal, cukup ikuti teknik yang di ajarkan di youtube banyak sekali ilmu pengambilan foto di sana, memang kita tidak terlalu memerlukannya namun pada sebuah acara tertentu, semisal pernikahan saudara, atau ulang tahun orang terkasih kita membutuhkan sedikit teknik fotografi untuk mendokumentasikan acara bahagia tersebut.

5. Reparasi
Pelajari cara kerja elektronik atau mekanik mesin secara sederhana, baik mesin motor ataupun mobil meskipun tak jarang kendaraan anda telah di cover oleh Asuransi Kendaraan All Risk karena suatu hari itu akan bermanfaat, apabila kita mengalami mogok kendaraan di jalan dan tak lagi satupun manusia di sekitar. atau alternatifnya adalah mempelajari reparasi alat elektronik yang ada di rumah semisal kipas angin, kulkas pompa air hingga komputer, kesemuanya akan sangat membantu.

Masih banyak ilmu yang menarik di pelajari di samping akan memudahkan kita jika menghadapi kesulitan atau sekedar membantu seseorang yang membutuhkan, bahkan tak jarang, hal baru yang di pelajari dapat mendatangkan keuntungan finansial kedepannya.
 

...
19 February 2021

Di masa kini, usaha rintisan digital menjadi hype baru diantara kalangan millenial, bahkan gen Z, semangat untuk berwirausaha dengan mendigitalisasi bisnis proses atau mendisrupsi / mengubah kebiasaan umum, menjadi tren baru, konsepnya hanya dengan menawarkan solusi kemudahan operasi sehari-hari melalui gadget.

Yang umum terjadi adalah platform e-commerce, contoh kemudahan yang di tawarkan dari bisnis usaha rintisan digital ini, agar para pengguna tak lagi repot-repot berbelanja dengan beranjak kaki, dan memanfaatkan perusahaan ekspedisi yang semakin menjamur, cukup download dan mendaftar, dan berikan promo menarik, semua tertarik membeli apapun jenis e-commerce nya, ini adalah contoh kemudahan yang di tawarkan beberapa perusahaan bisnis usaha rintisan.

Kira-kira bagaimanakah kiat untuk belajar dan membangun startup ?

Baca Juga : Startup Digital atau Ikut-ikutan ?

Menemukan Ide Startup

Layaknya seperti menjalankan bisnis konvensional, carilah sesuatu yang menawarkan sebuah solusi dari beberapa permasalahan yang ada, dan jangan lupakan diversity dari sesuatu yang telah ada, tentu memikirkan sebuah ide bisnis, tidak lagi membicarakan sesuatu yang orisinil, jika kita tengok bisnis konvensional, di mana kendaraan / alat transportasi adalah solusi dari permasalahan jarak tempuh, maka beberapa industri kendaraan tersebut bersaing dari kelemahan para pelaku industri terdahulu.

Begitupun di startup digital, jika kita ingin menciptakan sebuah produk, apakah produkmu ini akan menjadi solusi atau hanya sekedar meramaikan saja? kita ambil contoh, google meet atau zoom, yang tidak terlalu populer sebelum pandemi, nah ketika bencana kemanusiaan covid-19 melanda, semua berlomba-lomba mengunduh aplikasi untuk meeting online, siapa yang tahu bahwa Eric Yuan akan menjadi milliarder karena produk online meetnya ini.

Pandanglah suatu masalah adalah sebuah solusi, solusi untuk kamu membantu orang lain, semisal contoh, kamu sedang jalan-jalan bersama keluarga dengan sebuah mobil yang bertujuan untuk makan malam di sebuah restoran yang sedang menggelar promo, tentu restoran tersebut akan ramai pengunjung dan slot parkir tak mudah di dapat, jadikan ini sebuah peluang, misal kamu buat applikasi dari smartphone yang dapat membantumu mencarikan lokasi parkir terdekat dari suatu tempat yang akan kamu tuju, ini contoh saja, tapi jika kamu bisa mengembangkan ide ini dan me-moneytisasi-nya dengan pandai, tentu akan menjadi peluang usaha untuk startupmu

Kuasai Skill dan Cari Team

Jika kamu percaya diri dengan modal yang kamu miliki (pengalaman, skill, uang, relasi bagus) sebagai founder, maka kamu harus bersiap untuk menjadi CEO, dengan segala skill terbaik, menjadi CEO memang tidak mudah, tapi selama kamu memiliki niat dan kemauan, mempelajari skill yang harus di miliki CEO, tentu bisa kamu dapatkan asal kamu niat, yang paling utama adalah, jika kamu masih bekerja sebagai karyawan dan berniat jalani usaha startup, jangan sekali-kali meninggalkan pekerjaan utama untuk fokus pada startup, ingat, kamu masih harus bekerja untuk belajar skill, untuk penuhi kebutuhan hidupmu juga menabung untuk modal awal startup mu.

Untuk mencari team, pastikan kamu bisa mendapat seseorang yang bisa membantu permasalahan kamu, dan tidak serta-merta meletakkan bebanmu di pundaknya, kamu dan co-foundermu harus bekerja sama dan bersinergi.

Product Development

Ada istilah yang di namakan MVP (minimum viable product) bisa di bilang adalah product sample, yang masih belum apa-apa, sambil lakukan pendekatan pada user, mengenai apa dan bagaimana product kita, apakah ada yang harus lebih di kembangkan, yang di hilangkan atau malah harus pivot ? FYI, ini bukan tahap beta, tapi masih anggap aja masih product mentah, yang layak atau tidaknya di rilis di pasar.

Marketing

Setelah product di rilis dan mendapat respon positif dari pasar, jangan lupakan teknik marketing, tentu saat tahap cari team di atas, kamu harus bisa mendapatkan tim marketing yang hebat, yang campaignnya sesuai dengan visi dan misi produkmu, ingat juga, meski startup rata-rata pakai konsep bakar uang, kamu jangan terus-menerus ikut-ikutan bakar duit, udah gak seksi lagi bakar duit, yang seksi adalah, pinter dapat strategi untuk gaet pasar.

Fundraising

Kalau dari cara pemasaranmu efektif dan efisien, sampai sedikitnya menghasilkan cashflow yang menarik, maka sudah waktunya kamu mencari investor untuk pendanaan startup kamu, di sinilah tantanganmu, visi misi kedepan, bagaimana strategimu, sampai cara kamu meyakinkan para calon investor tersebut.

Hal di atas tidaklah mudah, karena menjalankan usaha, baik itu rintisan online atau bahkan menjadi reseller toko online saja juga membutuhkan perhatian khusus dan perjuangan ekstra, sehingga kamu harus mempunyai mental baja, karena yang namanya bisnis, kelak akan membuahkan hasil yang menyenangkan tapi tahap mencapainya ini yang tidak mudah.(arm)

...
10 February 2021

Hari raya selalu menjadi hari yang di nanti dengan momen bahagia bagi setiap orang, di awal tahun 2021 adalah Imlek hari raya kebangsaan yang di rayakan oleh warga Tionghoa di seluruh dunia, yang juga perayaan musim semi di negara asalnya di Tiongkok ini akan terjadi pada 12 Pebruari 2021.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, sejak di tetapkan bencana pandemi yang di sebabkan covid19 ini, banyak dari kalangan Tionghoa yang lebih memilih membatasi silaturahmi pada sanak saudaranya, meski begitu, beberapa produk konsumsi masyarakat yang berkaitan dengan kebutuhan Imlek mengalami peningkatan kebutuhan,berikut adalah produk yang ASURANSIKU.id himpun yang menjadi peningkatan kebutuhan masyarakat menjelang Sincia.

Kue Kering 
Sama seperti hari raya Idul Fitri maupun Natal, sejumlah penjaja kue kering mengaku bahwa beberapa orang mulai memborong kue kering untuk sajian tamu yang berkunjung ke rumahnya saat perayaan Imlek, begitupun kue keranjang, kue lapis adalah hal yang wajib ada di hari besar yang selalu di awali musim hujan ini.

Di kutip dari situs detik, para pedagang kue kering, di beberapa wilayah Jakarta seperti Petak Sembilan atau Glodok, banyak di borong para pembeli yang akan di gunakan untuk hidangan hari rayanya, sebagai alternatif, kue kering juga dapat di jadikan buah tangan bagi yang hendak berkunjung.

Peningkatan Dupa Hio
Di kabupaten Jombang terdengar santer peningkatan kebutuhan hio, penjualan hio di daerah tersebut meningkat hingga, di kutip dari Harian Bhirawa, bahwa beberapa penjualnya meski begitu dari para pedagang di sana, banyak yang menyebut bahwa peningkatan ini tak sebanyak di banding Imlek tahun lalu, namun para pedagang juga masih bersyukur penjualannya meningkat tinggi.

Sedang di beberapa daerah di Tangerang, penjualan Hio masih sama seperti perayaan Imlek tahun lalu, terlebih saat musim hujan, produksi hio cukup sulit, terkhusus pada proses pengeringan, sehingga permintaan pasar tetap sulit tercukupi.

Kim Cua atau emas amplop 
Di kutip dari Okezone, ada pula amplop emas yang juga mengalami peningkatan permintaan pasar, beberapa daerah yang banyak pecinannya, seperti Semarang, Surabaya dalam sehari, penjualan bisa naik hingga sebanyak ribuan lembar.

Beberapa jenis amplop pun juga mulai kesulitan di cari di pasar, dari yang biasa hingga yang harga mahal, harga biasa kurang lebih hanya Rp 5000
sedang yang paling mahal mencapai Rp 150,000 - Rp 200,000, bahkan ada juga amplop yang berbanderol Rp 1,000,000 - Rp 2,000,000.

Beberapa Bahan Makanan Seperti Ikan Juga Mengalami Kenaikan
Di pasaran, beberapa bahan pokok telah mengalami kenaikan harga, sejak permintaan menjelang Imlek seperti daging, ikan bandeng juga ikan babi, tak sampai di sana, sejumlah bumbu dapur, seperti cabai, bawang dan rempah-rempah mengalami kenaikan harga.

Peluang usaha di balik meningkatnya kebutuhan menjelang Imlek
Tentu atas meningkatnya kebutuhan pokok dasar ini dapat menjadi peluang usaha bagi siapapun, termasuk kamu, bisa ikutan dapat cuan loh berbisnis saat menjelang Imlek 2021.
Sama halnya seperti orang-orang yang memanfaatkan trend Ramadhan dan Idul Fitri juga Natal, kalau kamu jeli dan bisa mudah dapat suplai produk untuk di jual kembali, seperti amplop, kue untuk Imlek, tentu kamu juga bisa dapat hokinya.

Selamat mencoba ya.

...
01 February 2021

Meskipun masa-masa 'bakar duit' di startup jadi trend yang berlalu, bukan berarti gairah investor pada startup digital di Indonesia meredup, bahkan meski di masa pandemi gini investor yang melirik startup, malah berani hadir sejak early stage, data di Cento Venture Capital menunjukkan pendanaan tahap awal pada pertengahan 2019 cukup naik di banding 2016-2018 yang cukup stagnan.

Tahap early stage adalah situasi di mana startup ini sudah punya produk final dan memiliki pasar, bahkan telah mampu menghasilkan Gross Merchandise Value (GMV) atau jurnal transaksi dan siap untuk ekpansi bisnis. Sebut saja Victo, seorang angel investor dan C level di sebuah perusahaan startup, mengaku sering bertukar pikiran dengan beberapa rekan yang juga investor, diantara hasil diskusi yang ia dapatkan adalah, bahwa investor lebih menyukai pendanaan di startup early stage, di karenakan deal tiap startup yang cukup kecil, bahkan di bawah 500ribu USD tapi dengan equity tinggi.

Di kutip dari detikinet "Saya sering bertemu dengan beberapa startup yang sedang mencari pendanaan tahap awal. Namun ketika berdiskusi dan menggali lebih dalam tentang bisnis mereka, seringkali sebuah startup terlalu menjual mimpi dibandingkan produk," kata Victo. Dari perjalanannya, Victo menyimpulkan beberapa hal yang bisa membuat investor gagal mendanai startupmu, ketika kamu pitching cari investor.

1. Business Idea
Yang paling penting adalah, diferensiasi dari yang sudah-sudah apakah sama atau hanya sekedar meng-copy lalu memodifikasinya? sebenarnya para investor lebih menyukai harga dan daya jangkau pembelinya, karena dari harga dan keuntungan tersebut, berimbas dengan rasional atau tidak untuk masuk ke pasar, bagaimana fiturnya, apakah bundle atau standalone, dan lain sebagainya.

2. Profil Founder
Founder startup juga menjadi tolok ukur, latar belakang, jam terbang, seberapa tangkasnya dalam mengurus bisnis, pendidikan, kehidupan dan kemampuannya di ranah sosial dan problem solving-nya, bahkan tak jarang investor yang mengulik ke hal-hal privasi seperti bagaimana keluarga dan lainnya. Ini adalah hal terpenting di karenakan founder akan di percaya untuk memegang peran penting kepengurusan bisnis.

"Banyak kami temukan startup yang tidak layak di-invest hanya karena salah satu founder di awal berdiri tidak full time di startup yang dia bangun. Secara gampang, investor hanya membeli idenya saja, hal ini tentu merugikan bagi investor," kata Victo.

Pria yang bekerja sebagai Business Analyst Strategic dan Development Manager di Jakarta Notebook ini juga menyebutkan, bahwa sangat banyak startup yang tidak akan berjaya karena foundernya sendiri tidak menaruh perhatian penuh pada startupnya. Pertimbangan kuat diantara para investor yaitu, di karenakan orang inti di startup itu sendiri tidak fokus, sehingga tidak layak mendapat kucuran investasi.

3. Besaran Market
Berurusan dengan daya jangkau pasar, pasti akan ada timing tanya jawab seputar, apakah akan ada feature baru ? apakah startup ini dapat di kolaborasikan dengan perusahaan lain? Apakah scalingnya bisa lebih cepat dari target waktu sebelumnya? Khusus hal ini, investor seringnya bertanya berapa matrix yang bergantung pada industri apa yang akan jadi entry startup tersebut, semisal total pelanggan, partner, klien, GMV dan lain sebagainya.

4. Valuasi
Beberapa startup, bahkan seringkali tidak tahu bagaimana cara menggambarkan valuasi startupnya sendiri, sehingga, data valuasi yang mereka sajikan pada investor seringkali tidak sesuai dengan profil keuangan perusahaannya. Pada dasarnya, valuasi adalah nilai yang jadi harga jual ke pasar modal kelak dan menjadi acuan harga startup itu sendiri, contoh : startup xyz sedang mencari investor baru dengan target sebesar 300ribu USD dengan memberikan 20% ekuitasnya.

Untuk nilai tersebut, masih tidak terlalu besar umumnya di mata investor, tapi, seberapa nilai ekuitasnya ? nah, dari kondisi keuangan perusahaan itulah yang akan jadi penilaian mahal tidaknya nilai investasi tersebut. berbeda jika startup itu masih belum mampu menghasilkan keuntungan bersih, tentunya 300ribu USD tersebut sangatlah mahal, solusinya dapat menaikkan nilai sahamnya.

Berdasar contoh kasus di atas, founder harus lebih jeli lagi memberi penilaian terhadap valuasi startupnya, supaya investor lebih mantan dan yakin untuk menanamkan modalnya, berikan data finansial serta proyeksimu, dan lakukan pendekatan apapun untuk mendapat data tersebut.

5. Strategi
Di depan investor startegimu harus jelas, rinci, detail, logis dan terencana dengan baik, berdasar target dan realisasi yang sudah tercapai sebelumnya, tanpa rencana yang hebat, tentu investor akan kesulitan memprediksi seberapa cepatnya startupmu growth, jelaskan rencanamu kedepan mulai dari pemasaran, pengemangan, operasi apa saja dan lain sebagainya, dengan data-data ini, investor akan lebih mudah memutuskan pendanaannya ke startupmu.

6. Tetap berkomunikasi dan jangan ada kesan pemaksaan
Jalin silaturahmi dengan calon investor, kalaupun dia tidak langsung melakukan pendanaan, dan mendiamkanmu hingga 1 atau bahkan 1,5tahun lamanya bisa saja yang ia lakukan adalah mengamati startupmu apakah benar sesuai yang kamu proyeksikan? Jika dengan pendanaannya akan mencapai penjualan sekian persen, tentu sang investor juga punya hitungan sendiri, bahwa tanpa pendanaannya, seharusnya growth mu tetap tampak sekalipun tak sebesar mimpimu, tetap follow up pelan-pelan, dan saling berkomunikasi, siapa tau investor yang juga pernah berbisnis ini membagikan pengalaman bisnisnya padamu.

Menjadi seorang enterpreneur tidaklah mudah, tentu kamu akan terus memikirkan bisnismu kapanpun dan dimanapun, bahkan saat kamu tidur sekalipun, mimpi-mimpi besar akan bisnismu juga hadir di alam mimipimu, terus rajut mimpi besarmu fokus dan biarkan pialang Asuransi Properti yang meng-cover resiko aset-aset bisnismu.(Arm)

...
26 January 2021

Sejak boomingnya film the social network yang menceritakan keberhasilan Mark Zuckerberg dkk atas Facebook, awal era 2010an di Indonesia, makin banyak yang terinspirasi untuk membuat bisnis rintisan digital, baik dari para founder dan co-foundernya ataupun dari sisi investor yang tak mau kehilangan peluang hebat untuk menjadi next Google atau next Facebook.

Baca Juga : Belajar Dari Kejayaan Facebook Serta Kegagalan Platform Forum dan Pesan Instan

Semua berlomba-lomba berpikir keras menciptakan ide, menentukan business plan, dengan semangat change the world, bahkan mencari solusi di setiap permasalahan yang di hadapi umat manusia agar produknya mampu men-disrupsi sesuatu yang prosesnya panjang, menjadi instan dan mudah, begitupun dengan para pemilik modal semuanya rela menjalankan rencana 'bakar uang' untuk sebuah promosi dan naiknya valuasi bisnis yang mereka modali.

Keriuhan startup tak sampai di situ, banyak event-event yang di gelar guna mempertemukan talent dengan founder, menjodohkan founder dengan calon investor, semuanya saling kenal dan menciptakan wadah diskusi dan bertukar informasi antar startup founder, namun seiring berjalannya waktu, mulai banyak cerita bagi pelaku usaha rintisan yang sedang hype ini mulai dari level yang sangat baru sampai level centaurs, runtuhnya startup sebelum booming, cashflownya yang berantakan, begitupun dengan target yang tak sesuai ekspektasi.

Hanya yang mampu bertahan dari persaingan ketat dan kecerdasan para founder itulah yang terus membuatnya exist hingga kini, malah berhasil mencapai di tahap unicorn, dari sisi pegawai, bekerja di perusahaan startup unicorn mampu menciptakan kebangaan tersendiri karena merasa sedang membangun sesuatu yang akan besar di masa depan.

Perhatian Investor

Menurut data yang tim ASURANSIKU.id himpun melalui stream dan trend di twitter, mengenai perkembangan startup, banyak investor yang mengalihkan perhatiannya, dari Based on Apps startup mengarah pada e-commerce, mungkin saja kamu yang sedang membaca tulisan ini, juga tengah menjalankan usaha dagang secara online, bisa saja sekedar menjual makanan atau fashion, lalu mendapat laba yang menguntungkan dan memutar uang tersebut menjadi grosir pakaian yang di jual secara online, bahkan kamu berani mendesain produk dengan menambah nama brandmu tersendiri, di segmen inilah fokus investor berpindah, karena baginya, bakar uang tak lagi sexy, kalau memang kamu berniat mengembangkan bisnismu, tak ada salahnya bergabung dengan komunitas startup untuk belajar dari pengalaman mereka, karena tak jarang di sana jugalah para investor diam-diam bernaung, jangan lupa, Hectocorn yang sekarang sekaliber amazon, yahoo dll memulai bisnisnya dengan sangat sederhana.

Pivot

Menurut pengertian luas, Pivot Bisnis adalah upaya mengubah model bisnis tapi tetap masih dengan pakem sesuai visi-misi bisnis saat ini, buat kamu yang merasa bisnis yang-tadinya-sampinganmu berkembang pesat, tidak ada salahnya investasi diri untuk ilmu bisnis, lalu pelajari pola dan sesuaikan dengan bisnismu,cari mentor, ikuti intuisimu sesuai prediksi kedepannya, kalau memang harus pivot, jangan ragu-ragu, asal semua prediksimu akurat.

Dalami Akuntansi dan Pajak

Dua ilmu keuangan yang tak terbantahkan di masa kini, jangan sampai tempat tinggalmu atau tempatmu jalankan bisnis di datangi orang pajak, maluu, dan jangan sampai juga gagal paham nya kamu dengan ilmu keuangan, malah bikin boncos dan nggak bisa manage neraca dagang.

Jangan Melulu Bakar Uang

Endorse, Iklan, Diskon, Cashback harus kamu perhitungkan dengan tepat dan akurat, jangan sampai malah kamu nombok, iklan di marketplace juga nggak terus-terusan menguntungkan kok, karena tokomu hanya 1 diantara ratusan toko yang bersaing di marketplace tersebut.

Nah, setelah baca artikel ini, semoga niat kamu menjalankan bisnis online bisa terus menanjak dan sukses, meski tak harus setinggi level startup centaurs, sekedar bisa menambah penghasilan tanpa harus bakar uang, dan memberi pekerjaan bagi yang membutuhkan, khususnya di masa pandemi begini, adalah sebuah anugerah yang luar biasa bukan ?

Fokuslah dengan bisnis dan usahamu, biar kita yang fokus dengan perlindungan usahamu dengan Asuransi Properti Terpercaya.