PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Makanan Khas Jawa Timur: Wisata Kuliner yang Tak Terlupakan


IT Digital  |  Pariwisata  |  10 June 2024  |   187 Pengunjung

Makanan Khas Jawa Timur: Wisata Kuliner yang Tak Terlupakan

Pariwisata  |  10 June 2024 Makanan Khas Jawa Timur: Wisata Kuliner yang Tak Terlupakan

Jawa Timur, sebuah provinsi yang kaya akan budaya dan tradisi, juga dikenal sebagai surga bagi pecinta kuliner di Indonesia. Di antara pegunungan yang hijau dan pantai yang indah, terdapat berbagai macam hidangan yang menggugah selera dan mengundang selera petualang kuliner untuk menjelajahi kekayaan rasa yang tak terlupakan. Dari rawon yang kaya rempah hingga soto yang hangat, setiap suapan menghadirkan kisah panjang akan sejarah dan keberagaman budaya daerah ini. Ayo, ikuti kami dalam petualangan kuliner kami melalui rasa dan aroma dari makanan khas Jawa Timur yang memikat ini.

Menggali Kelezatan Makanan Khas Jawa Timur

1. Rawon: Sajian Kuah Kental Beraroma Rempah

rawon makanan khas jawa timur

Salah satu makanan khas yang tak boleh dilewatkan dari Jawa Timur adalah rawon. Hidangan ini terkenal dengan kuahnya yang kental dan beraroma rempah-rempah. Dibuat dengan menggunakan daging sapi yang dimasak hingga empuk dan disajikan dengan tauge, irisan telur asin, dan taburan bawang goreng, rawon adalah hidangan yang memukau setiap lidah yang mencicipinya.

2. Soto: Hangatnya Kuah Bening yang Gurih

soto khas jawa timur

Soto adalah hidangan khas Indonesia yang juga mendapat tempat istimewa di hati masyarakat Jawa Timur. Soto Jawa Timur memiliki ciri khas kuah bening yang gurih, biasanya disajikan dengan daging ayam atau sapi, serta tambahan telur rebus, tomat, daun seledri, dan bawang goreng. Rasanya yang segar dan hangat membuat soto menjadi pilihan yang populer untuk sarapan atau makan siang.

3. Rujak Cingur: Paduan Unik dari Daging Cingur dan Sayuran Segar

rujak cingur makanan khas jawa timur

Rujak cingur adalah hidangan tradisional Jawa Timur yang unik dan menggugah selera. Terbuat dari irisan daging cingur (hidung sapi yang dimasak), sayuran segar seperti timun dan tauge, serta lontong, semuanya disiram dengan bumbu saus kacang yang khas. Rujak cingur menawarkan kombinasi tekstur yang menarik dan rasa yang menyegarkan, membuatnya menjadi hidangan favorit di musim panas.

4. Lontong Balap: Camilan Pedas yang Menggugah Selera

Lontong balap adalah hidangan street food yang populer di kota-kota Jawa Timur. Hidangan ini terdiri dari lontong (nasi ketan yang dikukus dalam anyaman daun pisang), tauge, tahu goreng, dan taoge yang disiram dengan kuah kental kacang kedelai dan bumbu petis. Rasa gurih dan pedas dari bumbu petis membuat lontong balap menjadi camilan yang sangat nikmat dan mengenyangkan.

5. Tahu Tek: Paduan Gurih dari Tahu dan Kuah Kacang

Tahu tek adalah hidangan khas Surabaya yang menggabungkan tahu goreng, irisan mentimun, kentang rebus, dan taoge, disiram dengan kuah kacang yang kental dan bumbu petis. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah membuat tahu tek menjadi hidangan yang sangat disukai oleh banyak orang, terutama saat dinikmati di malam hari.

Dari rawon hingga tahu tek, makanan khas Jawa Timur menawarkan pengalaman kuliner yang tak terlupakan bagi siapa pun yang mencicipinya. Setiap hidangan mengandung cerita panjang tentang budaya dan tradisi yang kaya, memberikan kita lebih dari sekadar kenikmatan rasa, tetapi juga kekayaan warisan yang harus dihargai.

Baca Juga: Makanan Khas Madinah: Pesona Kuliner di Kota Suci

WhatsApp ASURANSIKU.id WhatsApp Customer Service