PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
...
18 May 2022
Asuransi Mobil Terbaik 2022

Asuransi mobil adalah produk asuransi dengan jaminan pemberian ganti rugi, apabila mobil mengalami kerusakan, kerusakan ringan, kerusakan berat sampai kehilangan, namun diklasifikasikan berupa paket asuransinya seperti TLO (total loss only) ataupun Comprehensive, terdapat beberapa manfaat tambahan seperti penggantian kerusakan karena bencana alam, kerusuhan maupun kebanjiran, selengkapnya kita akan kupas satu per satu.

  1. Asuransi Mobil TLO
  2. Asuransi Mobil All Risk
  3. Asuransi Mobil Gabungan
  4. Asuransi Mobil Perluasan
  5. Asuransi Personal Injury Protection
  6. Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga

Asuransi Mobil TLO
Asuransi Mobil jenis TLO atau Total Loss Only adalah asuransi yang memberi jaminan maupun biaya pertanggungan, meskipun mobil hilang yang diakibatkan pencurian, ataupun kerusakan dengan total kerugian 75% lebih ataupun dengan biaya perbaikan yang senilai harga mobil pada saat diasuransikan.

Yang artinya, mobil harus dalam rusak total yang menyebabkan tidak bisa digunakan, dimana hal secara sah dapat diajukan oleh tertanggung, maka, jika anda membeli asuransi mobil TLO, namun mengalami kerusakan lecet atau spion patah, klaim anda tidak akan disetujui, dalam hal ini biaya premi tentu lebih terjangkau dibanding All Risk.

Asuransi Mobil All Risk 
Berbeda dengan asuransi mobil TLO, asuransi jenis ini akan menerima apapun klaim daripada kerusakan mobil yang anda ajukkan, seperti kerusakan ringan hingga rusak parah, asuransi mobil all risk, sangat ideal bagi anda yang baru saja memiliki mobil, supaya saat terjadi kerusakan ringan, anda bisa meminta biaya klaim pertanggungan sesuai kesepakatan polis.

Biaya premi asuransi jenis ini tentu lebih mahal, karena menanggung segala risiko kerusakan, sebagai contoh, untuk pertanggungan all risk di seluruh Jakarta adalah 3,26% dari harga mobil, persentase premi ini lebih besar daripada asuransi mobil TLO, yang hanya di kisaran 0,78%

Asuransi Mobil Gabungan
Asuransi jenis ini adalah penggabungan dengan all risk dan TLO, hanya bisa dimiliki saat pembelian mobil secara kredit, dimana pada tahun pertama mobil akan ditanggung all risk, yang di tahun selanjutnya, asuransi yang dimiliki hanyalah TLO saja.

Asuransi Mobil Perluasan
Meski All Risk ataupun TLO, terdapat asuransi mobil perluasan lainnya, dimana ini adalah add-on dari satu diantara 3 produk asuransi yang tertulis diatas, perluasannya adalah :

  1. Perluasan asuransi mobil untuk risiko banjir dan angin topan
  2. Perluasan asuransi mobil untuk risiko tsunami dan gempa bumi
  3. Perluasan asuransi mobil untuk risiko kerusuhan dan huru-hara
  4. Perluasan asuransi mobil untuk risiko Sabotase dan terorisme
  5. Perluasan asuransi mobil untuk risiko tanggung jawab hukum pihak ketiga atau Third Party Liability
  6. Perluasan asuransi mobil untuk risiko kecelakaan penumpang dan kecelakaan diri
  7. Perluasan asuransi mobil untuk risiko tanggung jawab hukum kepada penumpang

Asuransi Personal Injury Protection
Asuransi jenis ini menjamin perlindungan untuk pembeli ataupun pemegang polis saat mengalami kecelakaan yang terjadi pada diri sendiri maupun sedang berkendara, kelebihan lainnya adalah, pemberian biaya tambahan atas ganti rugi insiden kecelakaan yang dialami tertanggung maupun penumpangnya.

Tanggung Jawab Hukum Pihak Ketiga
Adalah jenis asuransi mobil terbaik yang khusus memberikan pertanggungan biaya pengobatan yang diakibatkan tabrakan yang terjadi karena disebabkan pengemudi, asuransi ini juga memberi pertanggungan kerusakan maupun ganti rugi sesuai harga mobil yang dimiliki tertanggung saat membeli asuransi tersebut.

Ditambah lagi pemberian jaminan atas biaya tambahan berupa tagihan tindakan medis yang dialami oleh pemegang polis.

Beberapa jenis proteksi asuransi mobil terbaik diatas, perusahaan asuransi tentunya akan memberikan jaminan terhadap kendaraan yang diasuransikan, ketika terjadi sebuah insiden yaitu kehilangan ataupun kecelakaan dalam masa kontrak perlindungan asuransi.

Maka memilih untuk pembelian produk asuransi mobil terbaik dan terjangkau sesuai kebutuhan, perlu mempercayakan pembeliannya melalui broker asuransi sebagai perusahaan yang menawarkan dan merekomendasikan produk-produk asuransi terbaik untuk pelanggan.(Arm)

...
14 May 2022
Perawatan Mobil Listrik

Mobil listrik kini merambah pasar Indonesia, tidak sedikit para pecinta otomotif dengan budget yang sesuai, berhasil memiliki mobil yang terkenal eco friendly ini, karena sistem pembakarannya berbeda, jelas penggunaan dan perawatannya berbeda.

  1. Servis Rutin
  2. Slow Charging
  3. Filter AC
  4. Cek Radiator
  5. Buku panduan

Mobil listrik seringkali tidak memberikan sensasi berkendara mobil pada umumnya, karena mobil ini tidak mempunyai suara mesin, sehingga terasa sangat berbeda, namun bagi sebagian orang, terdapat daya tarik tersendiri, mesi begitu pabriknya bisa saja membuat suara mesin buatan.

Beberapa part perawatan seperti komponen utama, yang tetap dibutuhkan mobil listrik supaya tetap bisa bekerja dengan baik adalah motor listrik, sistem penggerak dan baterainya, yang juga 
tidak kalah penting dari software yang mengatur sistem komputasinya.

Tak menampik pula pembakaran internal yang terlibat didalamnya, sebagai komponen penggerak yang berjumlah banyak didalam mesinnya, karena semua bagian partnya membutuhkan sistem pelumasan, yang harus diganti secara insentif, karena jika tidak, tentu akan rusak.

Servis Rutin 
Perawatan mobil listrik agar lebih optimal, tentunya si pemilik disarankan mengunjungi bengkel resmi, karena mobil listrik masih menjadi yang terbaru di Indonesia, maka, perawatannya harus dilakukan oleh pihak yang benar mengenal secara principal produk ini.

Sama halnya seperti mobil pembakaran internal, servis rutin, berguna untuk melakukan cek up atas bagian penting kendaraan, sebagai contoh, mobil listrik Hyundai, cukup melakukan servis rutin di dealer resmi setiap 15.000km.

Slow Charging
Mobil listrik terdapat beberapa mode pengisian energi yang berbeda, contohnya adalah slow charging atau fast charging, penggunaan mode ini juga berpengaruh terhadap kondisi juga usia baterai yang digunakan, mode charge baterai dengan slow charging ini memakai AC atau alternating current.

Sedangkan untuk Fast Charging memakai DC atau Direct Current, meski melambat, metode pengisian baterai seperti ini adalah cara yang paling disarankan, karena aman dan membuat baterai lebih awet, sangat cocok saat dicharge di area pribadi, namun jika di charge di fasilitas pengisian umum, fast charging adalah pilihan utama.

Filter AC
Memang tidak langsung berkaitan dengan performa mesin, tentunya perawatan part filter AC mobil listrik sangatlah penting, karena berkaitan dengan kenyamanan dan kesehatan udara didalam mobil, konsultasikan dengan mekanik dealer, mengenai perawatan dan penggantian rutin filter AC.

Cek Radiator
Beberapa kesamaan mobil mesin reguler atau mobil mesin dengan pembakaran internal dan mobi listrik adalah, sama sama memiliki radiator didalamnya, yang berfungsi sebagai komponen pendingin, perlu diingat, bahwa mobil listrik harus tetap menjaga suhu kerja agar tetap berjalan dengan baik, contohnya adalah coolant atau air radiator yang memang tidak harus sering diganti.

Buku Panduan
Petunjuk yang paling informatif berada di buku manual atau buku panduannya, pemilik diwajibkan memahami anjuran yang tertulis dibuku ini, hal ini karena mobil listrik menjadi sesuatu yang baru, bagi pecinta otomotif umumnya, meski begitu, terdapat beberapa aspek yang belum familiar, bahkan bagi anda para pengguna mobil roda empat umumnya.

Memiliki mobil listrik memang memberikan kesan eksklusif karena masih jarang penggunaannya, meski begitu cara pengoperasiannya haruslah mengikuti panduan yang dianjurkan pabrikan. Meski begitu, di Indonesia, sudah terdapat asuransi mobil listrik, untuk anda yang telah memiliki mobil jenis ini.(Arm)

...
14 May 2022
Mengecek kondisi perusahaan asuransi

Beberapa kasus perusahaan asuransi, umumnya asuransi jiwa, juga tak terlepas asuransi mobil yang sering muncul belakangan ini, dimana kasus yang seringkali dianggap merugikan konsumen ataupun tertanggung, seringkali tidak mendapat haknya sebagai nasabah yang mendapat jaminan.

Kasus ini seringkali terjadi pada nasabah asuransi jiwa, tidak menutup kemungkinan asuransi mobil yang juga membuat beberapa perusahaan asuransi tercoreng, padahal kedua layanan asuransi ini sedang tumbuh pesat di Indonesia.

Perusahaan asuransi ini ternyata mengalami likuiditas, dimana aset yang dimiliki perusahaan tidak cukup untuk melakukan pembayaran kewajibannya terhadap nasabah tertanggungnya, tidak terkecuali asuransi milik Negara maupun Swasta.

Gagal bayar yang tidak bisa diselesaikan pada para nasabahnya, meskipun nasabahnya membayar setiap tahunnya, sehingga masalah tersebut menjadi keraguan bagi calon pembeli asuransi mobil, untuk memakai jasa perlidnungan yang seharusnya diberikan oleh perusahaan asuransi, bagaimanakah cara memilih perusahaan asuransi yang tidak bermasalah ?

  1. Kesehatan Keuangan 
  2. RBC 

Pernah juga diulas di situ ASURANSIKU.id untuk mengetahu sehat tidaknya keuangan asuransi yang bisa memberikan jaminan pada tertanggung apabila pengajuan klaim yang seusai polis, karena dari sini, sehat tidaknya perusahaan akan memberikan jaminan yang disepakatinya, seperti apa ?

Kesehatan Keuangan Asuransi 
OJK sebagai Otoritas Jasa Keuangan yang me-regulasi Industri jasa keuangan diseluruh Indonesia, seringkali menerapkan aturan mengenai kesehatan atas keuangan dari perusahaan asuransi, dimana aturan tersebut tertulis di Peraturan Nomor 27 Tahun 2018, sebagai perubahan POJK no 71, tahun 2016, tentang kesehatan keuangan Asuransi ataupu Reasuransi.

Di pasal 2 POJK dituliskan bahwa perusahaan asuransi diwajibkan selalu memenuhi syarat tingkat kesehatan keuangan, yaitu salah satunya adalah solvabilitas, yang dimaksudkan adalah selisi jumlah aset yang diperkenankan dikurangi dengan jumlah liabilitas.

Liabilitas adalah kewajiban perusahaan untuk pembayaran klaim kepada tertangugng, sedangkan aset perusahaan asuransi, seperti saham, obligasi, reksadana, deposito, dan lain sebagainya, tentu dikelolakan di pelbagai instrumen investasi.

Lebih lanjut, aturan OJK menyebut, setiap saat perusahaan asuransi harus memenuhi tingkat Solvabilitas paling kecil adalah 100% dari Modal Minimum Berbasis Risiko, dimana MMBR ini adalah jumlah dana yang dibutuhkan sebagai antisipasi risiko kerugian yang bisa saja timbul dari akibat deviasi dimana pengelolaan liabilitas dan aset terjadi.

Perusahaan asuransi, wajib menetapkan tingka solvabilitas di internal paling keil 120% dari MMBR dengan perhitungan profil risiko bagi setiap perusahaan juga memberikan pertimbangan hasil simulasi dan skenario perubahan solvabilitas.

RBC
Lakukan cek dan validasi RBC di situs perusahaan asuransi, dari sini bisa terlihat sehat atau tidaknya perusahaan asuransi yang akan kita beli produknya, karena perusahaan asuransi yang baik, tentu akan mempublikasikan laporan keuangannya, termasuk ringkasan laporan di website resminya.

Bahwasanya OJK juga memerintahkan para pelaku bisnis asuransi di tanah air untuk terus melaporkan laporan keuangan setiap tahunnya di situs resmi perusahaan asuransi tersebut, didalam laporan keuangannya, para pemegang polis, pemilik saham, hingga calon nasabah bisa melihat nilai besaran RBC.

Gunakan kata kunci RBC (nama perusahaan asuransi) di mesin pencari seperti Google, maka seringnya akan menampilkan RBC tersebut, jika memang benar perusahaan asuransi tersebut terbuka dan dalam keadaan sehat, akan menampilkan transparansi data besaran RBC, jika angkanya diatas 120%, tentu keuangan perusahaan tersebut dalam keadaan sehat.

Sehingga perusahaan asuransi, umumnya asuransi jiwa ataupun asuransi mobil, akan bisa memenuhi kewajibannya atas pembayaran klaim terhadap tertanggungnya, sebaliknya, jika RBC dibawah 120%, tentu perusahaan asuransi tersebut, dalam keadaan tidak sehat, dan rentan tidak bisa memenuhi kewajibannya.

Maka opsi terbaik adalah dengan membeli asuransi melalui broker asuransi online, karena dengan pembelian secara online, dan melalui broker, tentu pihak broker akan hanya menampilkan dan merekomendasikan perusahaan asuransi yang sehat, berkualitas dan berkomitmen membayar pertanggungan pada pemegang premi, apabila terjadi insiden yang sesuai dalam cakupan polis.(Armin)

...
14 April 2022
Asuransi Mobil Untuk 60 Tahun Keatas

Jika Anda berusia 65 tahun atau lebih, Anda mungkin mendapat manfaat dari menyimpan uang pada polis asuransi mobil Anda. Bergantung pada apakah Anda memiliki riwayat mengemudi yang baik dengan klaim asuransi minimal atau tanpa klaim asuransi, perusahaan asuransi mobil seringkali bersedia memberikan tarif asuransi mobil yang lebih baik kepada pengemudi yang sudah dewasa. Mengemudi dengan hati-hati selama bertahun-tahun, Anda dapat secara konsisten mengurangi premi asuransi mobil Anda, dan ini adalah sesuatu yang hanya mungkin terjadi dengan usia dan pengalaman mengemudi. Tidak semua perusahaan asuransi menawarkan manfaat ini dan penting untuk mencari tahu perusahaan asuransi spesialis yang melakukannya.

Mengapa asuransi mobil berbeda ketika Anda berusia di atas 65 tahun?
Secara umum, individu yang berusia 65 tahun ke atas memiliki lebih banyak pengalaman berkendara di jalan raya. Mereka sering kali menjadi pengemudi yang lebih berhati-hati dan berhati-hati. Individu di bawah usia 30 tahun membayar beberapa harga tertinggi di pasar untuk mengasuransikan mobil mereka, ini karena tingkat insiden yang lebih tinggi di antara kelompok usia ini. Untuk mendapatkan manfaat dari penghematan ini, pengemudi yang sudah dewasa wajib untuk menyatakan segala kondisi medis atau cacat yang dapat mempengaruhi mengemudi mereka ke perusahaan asuransi mobil mereka sebelum membuka polis baru.

Bagaimana saya bisa menghemat asuransi mobil saya?
Premi yang Anda bayarkan untuk asuransi mobil Anda tidak hanya berdasarkan usia dan perilaku mengemudi tetapi juga pada jenis dan nilai mobil yang Anda kendarai, tingkat pertanggungan yang Anda miliki pada kendaraan Anda dan apakah Anda ingin menambahkan tambahan opsional atau tidak. Menyimpan catatan mengemudi yang baik penting bagi individu yang berusia 65 tahun ke atas ketika menanyakan tentang diskon pada asuransi mobil Anda. Simpan dan kirimkan sertifikat diskon tanpa klaim Anda saat meminta penawaran dari asuransi atau diskualifikasi yang mungkin Anda miliki terhadap nama Anda.

Cara lain untuk mengurangi premi Anda saat Anda berusia di atas 50 tahun adalah dengan menghindari perpanjangan otomatis paket asuransi Anda, menentukan tambahan opsional mana yang penting dan mana yang tidak mengurangi jarak tempuh yang Anda tuju, menjaga mobil Anda di tempat yang aman dan terlindungi. (sebaiknya di mana terkunci di garasi), membayar di muka dan mengutak-atik tarif berlebih Anda.

Anda kemudian dapat membandingkan penawaran di seluruh papan untuk menemukan polis asuransi yang sesuai dengan Anda dan anggaran Anda. Kami secara independen membandingkan kebijakan dari perusahaan teratas dan memberi Anda penawaran dalam waktu kurang dari 5 menit yang mempertimbangkan usia dan riwayat mengemudi Anda, sehingga Anda dapat menerima manfaat yang layak Anda dapatkan

...
18 May 2022
Mengenal Beberapa Pelabuhan dan Manfaat Asuransi Pelabuhan

Masih terasa hype mudik beberapa waktu lalu, yang membuat Airport, Terminal, Stasiun Kereta, sampai Pelabuhan menjadi ramai, karena menjadi gate keberangkatan juga kedatangan para pemudik menuju kampung halaman maupun ibu kota, lalu apa saja sih pelabuhan besar di Indonesia.

  1. Sunda Kelapa Jakarta
  2. Patimban Jawa Barat
  3. Tanjung Priok Jakarta
  4. Pelabuhan Tanjung Emas Semarang
  5. Pelabuhan Bakauheni Lampung

Sebagai poros maritim dunia khususnya khatulistiwa, Indonesia memiliki beberapa banyak pelabuhan, 5 diantaranya adalah pelabuhan tersibuk di negara ini, sebagai pintu masuk logistik dari jalur laut perdagangan internasional, begitupun keluar masuknya setiap orang dalam transportasi.

Sunda Kelapa Jakarta 
Begitu tingginya, transportasi laut maupun supply logistiknya, sehingga pelabuhan ini dibangun diatas tanah yang mencapai ratusan hektare, begitu luasnya pelabuhan tersebut, karena memang bertujuan untuk menampung beberapa kendaraan laut dan kendaraan darat skala besar.

Pelabuhan Sunda Kelapa telah dikenal sejak awal abad 12, yang mana sejak masa tersebut sebagai pelabuhan terbesar Indonesia, dimana fungsi utamanya sebagai pelabuhan untuk loading atau bongkar muat barang yang paling banyak adalah barang untuk perniagaan dalam peti kemas.

Luasan pelabuhan Sunda Kelapa mencapai 760 hektare dengan luas perairan mencapai 16,470 hektare, lokasinya sangat strategis, disekitar area perdagangan di jantung kota Jakarta, seperti mangga dua, passer baroe yang dulu identik dengan pedagang dari Tiongkok, Arab dan India.

Patimban Jawa Barat 
Selanjutnya pelabuhan yang berada di kawasan Subang, Jawa Barat, dengan total luas pelabuhan 654 hektare, diantara terdapat 300 hektare terminal peti kemas dan terminal kendaraaan, lalu 
354 hektare  diantaranya adalah area back up yang diperuntukkan sebagai perkantoran, pengelolaan, bisnis area, termasuk pergudangan.

Pelabuhan ini menelan biaya investasi sekitar Rp 50 Triliun, dan mulai beroperasi sejak akhir 2020 lalu, pembangunan pelabuhan ini bertujuan sebagai strategi untuk pengurangan akan kelebihan kuota kedatangan kapal yang bersandar di Tanjung Priok Jakarta.

Karenanya pelabuhan ini juga menjadi stimulus untuk pekembangan ekonomi di daerah Subang, dengan cakupan kapasitas mencapai 7,5juta TEUs untuk terminal peti kemas, dengan potensi pertumbuhan di wilayah timur propinsi Jawa Barat.

Tanjung Priok Jakarta
Di posisi ketiga terdapat pelabuhan yang tak kalah penting dan sibuknya di Ibu Kota DKI Jakarta, yaitu Tanjung Priok, dimana lalu lintasnya menjadi yang terpadat, karenanya luat perairan 
yang mencapai 424 hektare, dan luas lahan 604 hektare, selalu sibuk sepanjang tahun.

Pelabuhan Tanjung Priok, adalah menjadi gate paling utama sebagai keluar masuk Ekspor dan Impor barang, bahkan pengiriman barang antar pulau, di pelabuhan ini terdapat lima terminal yang bisa ditemui, yaitu Jakarta International Container Terminal 1 dan 2, Terminal Petikemas Koja, terminal Mustika Alam Lestari dan Multi Terminal Indonesia.

Dengan fasilitas intermoda yang memadai dan lengkap, sebagai pendorong distribusi logistik yang juga menjadi hub ke pelabuhan diseluruh kota di Indonesia, lokasi yang strategis diantara hinterland dimana kawasan yang memiliki aktivitas padat perdagangan dan industri, membuat pelabuhan Tanjung Priok, sebagai pelabuhan paling sibuk di Pulau Jawa.

Fasilitas dan teknologi yang modern menunjang lalu lintas pelabuhan ini, hingga melayani kapal generasi terbaru dan canggih untuk sekedar transit atau langsung direct call ke pusat perdagangan dunia.

Pelabuhan Tanjung Emas Semarang
Berjajar dermaga besar, terminal petikemas, pergudangan, yang berkaitan sambung menyambung dengan alur pelayaran, terletak di kota patriot Semarang, luas lahan mencapai 500 hektare dengan luas perairan yang mencapai 400 hektare.

Satu-satunya mercusuar di Jawa Tengah berada di pelabuhan ini, yaitu Willerm III yang dibangun sejak jaman kolonial, pelabuhan ini menjadi tonggak penting bagi kemajuan ekonomi pulau jawa khususnya propinsi Jawa Tengah.

Pelabuhan Bakauheni Lampung
Selanjutnya adalah pelabuhan Bakauheni yang terletak di kabupaten Lampung Selatan, sebagai penghubung infrastruktur dan perdagangan utama bagi Sumatera dan Jawa, meskipun terdapat pelabuhan besar lainnya di Sumatera yaitu Belawan.

Dengan luas pelabuhan sekira 15 hektare yang terdiri dari 6 dermaga utama, dimana jalur perairan terkenal ini telah berperasi sejak bulan Mei pada tahun 1981

Pelabuhan menjadi infrastruktur terpenting disetiap negara, karenanya berkaitan langsung dengan nadi perekonomian sebuah negara, maka kebutuhan akan penanganan risiko besar akan pelabuhan diperlukan, dan patut dipercayakan pada para ahli profesional terpercaya.

Perusahaan Risk Management, perusahaan Asset Management, hingga perusahaan Broker Asuransi yang berpengalaman dalam menilai risiko dan penanganan yang memadai, sangat dibutuhkan perannya untuk selalu membantu dalam pengawasan risiko besar setiap pelabuhan.(Arm)

...
14 May 2022
Asuransi Properti

Properti menjadi aset paling utama, bagi setiap individu yang tentunya perawatan dan penjagaannya sangat ketat dan sebaik mungkin, selain karena biaya pembeliannya membutuhkan dana besar, begitupun perlindungannya yang harus menggunakan produk dan perusahaan asuransi yang sangat terpercaya layanan jasa dan after salesnya.

Sesuai nama produknya, Asuransi properti memberi solusi dengan produk perlindungan untuk properti, bisa rumah, toko, pabrik, gudang, vila, apartemen, kantor, ruko dan lain sebagainya, umumnya pada pembelian melalui KPR atau kredit pemilikan rumah.

pihak bank telah menyertakan pembayaran asuransi properti dalam biaya angsurannya, masa berlakunya juga berjalan sesuai jangka waktu angsuran rumah, maka bagi calon pembeli rumah, apakah itu dengan metode kredit ataupun pembelian secara tunai, biasakan juga mengasuransikan rumah yang anda beli, guna melindungi dari biaya kerusakan yang tidak diinginkan, yang tentunya, sesuai dalam cakupan polis.

  1. Mengenal Asuransi Properti
  2. Manfaat Asuransi Properti
  3. Jenis Asuransi Properti
  4. Membeli Asuransi Properti Terpercaya

Mengenal Asuransi properti
Sedikit berbeda dengan asuransi kebakaran, meski pada perusahaan asuransi umumnya, asuransi properti dibedakan, sedangkan pada beberapa perusahaan asuransi lainnya, asuransi kebakaran adalah bagian dari asuransi properti, dimana perlindungannya juga bergantung pada jenis properti yang diasuransikan.

Umumnya, terdapat proteksi dari risiko seperti kebakaran, pencurian dengan pengerusakan, huru-hara dan kerusuhan, kebanjiran, hingga tanggung jawab hukum pihak ketiga, yang terkadang termasuk juga didalamnya kerusakan yang disebabkan tabrakan kendaraan.

Tak hanya di produk asuransi mobil, di asuransi properti juga terdapat all risk, yang kesemua risiko pertanggungan apabila kerusakan akibat lain hal seperti kejatuhan pesawat, petir, ledakan, kebakaran, asap, bencana alam hingga perampokan dan pencurian.

Manfaat Asuransi Properti
Banyak nasabah yang terus membandingkan antara asuransi dan investasi, padahal sudah jelas bahwa premi yang dibayarkan pada perusahaan asuransi adalah jaminan atas kejadian musibah yang menimpa, bukan investasi di masa depan, meskipun memang ada beberapa perusahaan yang menyebut unit link sebagai penyertaan investasi dalam preminya.

Dari pengalaman nasabah asuransi, terdapat manfaat asuransi properti yang akan menyadarkan pembelinya bahwa produk ini sangat dibutuhkan, terlebih saat terjadi bencana, baik itu dari orang terdekat, ataupun orang lain, terkhusus rumah yang rawan banjir, tanah longsor maupun kejatuhan pohon, manfaat lainnya adalah.

Ganti rugi kerusakan yang disebabkan bencana alam, ganti rugi santunan yang terjadi karena kebakaran, santunan penggantian hilang harta benda yang dijaminkan, contohnya, apabila anda memiliki pabrik dan didalamnya terdapat mesin bernilai mahal dan tercuri oleh atau menjadi korban jarahan, hal ini bisa diajukan claim pada pihak asuransi.

Jenis Asuransi Properti
Dalam prosedur KPR, khususnya KPR bersubsidi, suku bunga senilai 5% yang dibayar oleh debitur atau anda sebagai pengangsur rumah, sudah termasuk didalamnya premi asuransi kebakaran,asuransi jiwa dan asuransi kredit, maka dari itu, rumah subsidi pun juga dalam perlindungan asuransi, hal ini jarang sekali diketahui oleh khalayak umum.

Berbeda dengan angsuran rumah, apabila anda membangun rumah custom yang tidak termasuk didalamnya angsuran dan pembayaran asuransi properti, maka dengan membeli asuransi properti terpisah, melalui broker asuransi terpercaya, biasanya anda akan dihadapkan 2 pilihan, asuransi rumah untuk hunian, atau asuransi bisnis untuk properti komersial.

Membeli asuransi properti terpercaya 
Prinsip asuransi adalah memproteksi kerugian secara finansial yang terjadi karena sesuatu yang tidak pasti, contoh, apabila lokasi rumah yang akan diasuransikan berada di area banjir, bisa dipastikan properti anda tidak bisa mengikuti program asuransi banjir.

Karena sudah kepastian bahwa rumah anda akan terus terkena banjir disetiap musim hujan dengan curah hujan yang tinggi, begitupun asuransi kebakaran tidak akan bisa mengcover rumah anda, apabila berada dikawasan padat penduduk dan tidak ada akses mobil pemadam kebakaran.

Dalam proses pembeliannya, asuransi properti sudah dapat dibeli secara instan dan mudah melalui aplikasi di mobile anda, baik dengan download ataupun mengunjungi situs asuransiku.id, banyak pilihan dari perusahaan asuransi terpercaya, dan proses pembelian mudah, serta claim juga tergolong relatif mudah.(Arm)

...
14 May 2022
Untuk yang enggan membeli asuransi properti

Seringkali kejadian banjir, angin puting beliung ataupun kebanjiran menerpa suatu daerah, hingga menyebabkan kerugian finansial dari seorang yang mengalami kerugian propertinya seperti rumah, ataupun toko sebagai roda ekonominya.

Sehingga korban bencana tersebut hanya bisa menanti uluran tangan dari pemerintah, yang tentunya proses penyaluran bantuan tersebut membutuhkan waktu yang relatif lama, sehingga hal seperti ini baru saja terucap dalam hati, seandainya memiliki asuransi properti, sebelum menggali lebih jauh, kenapa ya orang jarang sekali mengasuransikan rumahnya, diantaranya adalah 

  1. Citra Asuransi 
  2. Hangusnya Pembayaran Premi 
  3. Kurangnya Literasi Keuangan

Asuransi dikenal sebagai produk yang kurang dibutuhkan, karena memang jarang kejadian, justru saat membeli asuransi, sebaiknya kita tidak perlu berharap uang pertanggungan cair, karena 
uang tersebut hanya akan cair apabila terjadi kerugian, yang mana akan ada penderitaan dari si pemilik properti.

Mengutip dari data OECD atau Organization for Economic Co Operation and Development, statistik yang membahas mengenai penetrasi asuransi,  bahwa Indonesia hanyalah mencapai 1,9% dalam penetrasi asuransi, pada 2017.

Padahal ditahun bersamaan, negara tetangga Singapura telah mencapai 9%, disusul Malaysia 4,5% Australia 4,1%, perhitungan tersebut adalah rasio premi asuransi jika dibanding PDB, dengan kata lain Indonesia sangat kurang akan minatnya terhadap asuransi, kenapa ?

Citra Asuransi 
Asuransi sudah mendapat citra buruk, dikalangan masyarakat Indonesia, karena seringnya dikaitkan dengan perusahaan asuransi seperti asuransi jiwa, dimana perusahaan tidak membayar kewajiban nasabah, penipuan dari agen asuransi, sampai bangkrutnya perusahaan asuransi, sehingga menciptakan Citra buruk "untuk apa berasuransi, kalau uang tidak dikelola dengan benar".

Hangusnya Pembayaran Premi
Di beberapa peraturan asuransi, dimana premi yang dibayarkan, sama dengan uang hangus, yaitu uang yang tidak kembali pada nasabah apabila risko yang dicover tidak terjadi, contoh kasus :
Pak Kholis membayar premi asuransi properti 500ribu untuk satu tahun, apabila rumahnya yang senilai 400juta kebakaran.

Sayangnya rumah tersebut baik-baik saja, maka uang 500ribu tersebut tentu menjadi hak milik perusahaan asuransi, dan pak Kholis tidak akan mendapatkan uangnya kembali, padahal, jika terjadi kebakaran di rumah pak Kholis tersebut, sudah tentu perusahaan asuransi akan membayar kerugian senilai yang dipertanggungkan.

Sayangnya, mindset tidak kembalinya uang yang dibayarkan tadi kesalahan cara berpikir, karena sudah tentu tidak terjadi insiden adalah hal yang paling baik, dari pada uang cair, namun terjadi insiden.

Kurangnya Literasi Keuangan 
Di Indonesia sendiri, literasi keuangan sangatlah rendah, pemahaman dan kesadaran masyarakat atas produk dan jasa keuangan formal, tentu sangatlah dibutuhkan untuk mencapai kemakmuran dan kemapanan keuangan, agar lebih sadar pentingnya produk asuransi properti, karena mengutip data OJK, literasi keuangan Indonesia pada 2019 hanyalah mencapai 38%, sebuah kenaikan sebesar 8% dari 2016.

Tentunya, menghindari risiko terjadinya kerusakan dan kerugian finansial akan kerusakan properti yang menimpa, membeli asuransi properti adalah langkah bijak untuk masyarakat Indonesia.(Armin)

...
21 March 2022
Rapi dan Bersih Untuk Membantu Penjualan Property

Sejauh ini, banyak argumen tercipta mengapa menyewa pereka panggung profesional bernilai investasi. Namun, Anda mungkin memiliki alasan bagus mengapa Anda memutuskan untuk melakukannya sendiri. Mungkin Anda kebetulan memiliki gelar desain interior atau telah berhasil menampilakan beberapa sisi terbaik rumah Anda. Kendala anggaran juga merupakan hambatan umum.

Terlepas dari alasan Anda, Anda pasti menginginkan semua bantuan yang Anda butuhkan. Berikut adalah beberapa tips yang perlu diingat saat menata rumah sendiri:

Rapikan & Bersih
Tidak perlu dikatakan bahwa pembeli potensial hanya ingin melihat rumah yang bersih. Coba pikirkan kembali saat terakhir kali Anda melihat pratinjau sebuah rumah. Apakah Anda merasa terdorong untuk mengeluarkan buku cek Anda jika properti itu terasa kotor, atau penuh dengan kekacauan? Kemungkinan besar, jawabannya adalah "tidak." Rumah yang bersih juga memberi sinyal kepada pembeli bahwa rumah itu diperlakukan dengan hati-hati.

Pastikan untuk membersihkan setiap sudut dan celah rumah Anda. Ini termasuk membersihkan langit-langit dan perlengkapan lampu dan masuk ke sudut dan ventilasi yang gelap. Juga, pastikan untuk membuat peralatan dapur dan perlengkapan kamar mandi Anda berkilau. Tujuannya adalah untuk membuat semuanya terasa baru.

Ruang membantu menjual rumah, jadi lakukan apa yang Anda bisa untuk membuat rumah Anda terlihat seminimal mungkin. Decluttering adalah peluang bagus untuk menyumbangkan atau menjual barang yang tidak ingin Anda bawa ke tempat tinggal baru Anda. Jika Anda tidak merasa siap untuk berpisah dengan beberapa item, Anda dapat menyimpannya di penyimpanan. Ingatlah bahwa pembeli rumah akan mengintip ke area seperti lemari dan dapur.

Depersonalisasi Kamar Anda
Salah satu tujuan utama penataan rumah adalah untuk membantu calon pembeli memvisualisasikan seolah-olah itu bisa menjadi rumah mereka sendiri. Ketika rumah Anda menampilkan barang-barang yang dipersonalisasi, itu dapat mempengaruhi fantasi itu. Kemungkinannya, mereka tidak akan melakukan penawaran jika terlalu banyak sentuhan pribadi.

Buat kanvas kosong dengan menghapus item yang dipersonalisasi. Contohnya termasuk foto keluarga, handuk bermonogram, perlengkapan mandi, dan dekorasi khusus selera. Anda dapat mempertimbangkan untuk mengganti seprai dan penutup furnitur yang terasa nyaman. Saat melakukan penggantian, pilih warna netral jika memungkinkan.

...
16 May 2022
Merenungi ajaran Dhamma

Pada Hari Raya Waisak, seluruh umat Buddha akan memperingati tiga peristiwa penting, Yang pertama yakni lahirnya Sidharta Gautama, penemu sekaligus pencetus Agama Buddha, Peristiwa kedua adalah tercapainya Sidharta Gautama pada tahap penerangan Agung dan menjadi Buddha, Sabbe Satta Bhavantu Sukithata

...
14 May 2022
Pengertian Manajemen Risiko

Manajemen risiko memiliki peran terpenting untuk mengurangi sebuah risiko yang bisa saja terjadi dalam sebuah kegiatan usaha ataupun badan usaha, risiko disini bisa diartikan sebagai akibat 
dari suatu aksi maupun tindakan, risiko seringkali kita dengar dengan konotasi yang negatif.

Contoh, apabila sebuah bisnis beroperasi namun berada diarea bencana, maka risiko bisnis akan mengalami kerusakan secara operasional, hal-hal yang mengganggu jalannya bisnis, maka pengelolaan risiko ditengah kondisi tersebut, sangatlah dibutuhkan, terdapat beberapa metode untuk mencegahnya.

Apa itu Manajemen Risiko ?
Diawali dengan hal ketidak pastian, dimana terdapat minimnya informasi tentang apa yang akan terjadi, sesuatu yang tidak pasti, bisa saja menimbulkan keuntungan maupun kerugian, tentu dalam kegiatan bisnis, kerugian adalah hal yang wajib dihindari, maka dengan manajemen risiko sebisa mungkin hal yang merugikan harus dihindari.

Risiko, dibagi menjadi dua, yaitu Risiko Murni ataupun Risiko Spekulatif, Pure risks adalah risiko dimana kemungkinan kerugian bisa terjadi, tapi bisa juga tidak, seperti kecelakaan, kebakaran, kebanjiran dan lain sebagainya, berbeda dengan risiko spekulatif, dimana mengharapkan terjadinya keuntungan, seperti membeli saham, memulai bisnis, dan lain-lain.

Manfaat Manajemen Risiko 
Perusahaan yang menerapkan manajemen risiko dengan baik, maka akan lebih jelas proses pencapaian tujuannya, jika dibandingkan dengan perusahaan yang tidak mengetahui apalagi tidak menerapkan manajemen risiko yang teratur.

Perusahaan yang menjalankan risk management secara terarah, maka akan sanggup dan siap berhadapan dengan segala kemungkinan, bahkan yang bisa saja merugikan dan akan menimpa perusahaannya, hal seperti ini bisa saja meminimalisir, kerugian material dan eksistensial perusahaan yang bisa dijaga nama baiknya.

Tujuan Manajemen Risiko 
Tujuan dari kegiatan manajemen risiko adalah memberikan penilaian dan jaminan, serta langkah mitigasi, sebuah badan usaha maupun organisasi, agar memahami, serta memantau, beberapa risiko yang bisa saja terjadi kapanpun, dan pastinya memastikan kebijakan dan SOP yang dibuat dapat dijalankan oleh para stakeholder, agar meminimalisir risiko yang bisa saja terjadi.

Agar pelaksanaan berjalan dengan baik, maka, dukungan untuk pembuatan kebijakan dan SOP manajemen risiko, harus sesuai dengan kondisi operasional badan usaha tersebut, secara garis besar, tujuan manajemen risiko, dipakai untuk memprediksi bahaya, atau hal yang mengancam kelancaran jalannya usaha, dengan perhitungan dan pertimbangan yang jelas dan matang.

Konsep Manajemen Risiko 
Dalam menjalankan sebuah kegiatan, tentunya harus diarahkan oleh pihak yang berpengalaman dan memimpin jalannya manajemen risiko,dimana jika seorang karyawan bekerja dan mendapat instruksi, tentang kegiatan yang diperintah dari atasannya, maka karyawan tersebut, harus mematuhi serta merta untuk menghindari risiko yang bisa saja terjadi.

Pembagian wewenang dan pendelegasian pekerjaan dari sebuah unit usaha, harus dikerjakan, agar setiap unit menyadari jelas tanggung jawab dan wewenang dalam pengawasan dan penyelenggaraan, tugas manajemen risiko, hal ini supaya mendapat hasil yang sesuai yang ditargetkan.

Termasuk didalamnya adalah Koordinasi yang menjadi satu diantara sekian banyak fungsi, maupun proses sinkronisasi atas tugas penanganan risiko untuk mencapai tujuan efisien dan efektif, 
dengan kordinasi dan pengawasan, dan mengenali bentuk macam-macam risiko, dapat mengenali dan mencegah hal buruk terjadi.

Manajemen risiko, terbentuk karena seringnya terjadi risiko atas suatu kegiatan dari badan atau unit usaha, maka dengan jasa risk management dan pengelolaan aset, akan membantu pemilik usaha, untuk meminimalisir hal yang tidak diinginkan, salah satunya dengan mempercayakan melalui jasa pialang asuransi.(Arm)

...
13 May 2022
Jenis Klausul dalam Asuransi Jiwa

Klausul adalah satu yang paling menjadi ciri utama dari polis asuransi, hal ini seringkali merujuk diantara kewajiban khusus yang sangat harus terpenuhi, baik pemegang polis maupun perusahaan asuransi, karenanya, bagi perusahaan asuransi, klausul adalah batasan tanggung jawab dalam mengcover nasabahnya, semua di rinci dari klausul yang dimuat dalam polis.

Maka, dalam artikel ini akan dibahas beberapa pengertian-pengertian klausul asuransi jiwa, yaitu :

  1. Incontestable Clause
  2. Grace Period
  3. Free look provision
  4. Waiting Period
  5. Reinstatement Clause
  6. Pre Existing Condition
  7. Klausul Pengecualian
  8. Area Pertanggungan
  9. Lapse
  10. Cuti Premi

Karena seringnya terdapat perbedaan pertanggungan obyek dan risiko yang berbeda, maka, setiap klausul yang diberlakukan di sebuah jenis asuransi, dalam hal ini asuransi jiwa, tentu akan berbeda dengan klausul produk asuransi lainnya, yang seringnya ada di polis asuransi jiwa adalah..

Incontestable Clause
Sebuah klausul yang sudah menjamin ketetapan, dimana jaminan terhadap nasabah, yaitu dimana kesalahan minor yang dapat dilakukan oleh pemohon pertanggungan, maka tidak bisa ada alasan dari perusahaan asuransi, untuk menolak klaim yang diajukan ketika terjadi risiko.

Grace Period
Adalah masa tenggang selama klausul, dimana klausul ini mencantumkan pernyataan-pernyataan dimana perusahaan asuransi akan menerima pembayaran premi pada jangka waktu yang ditentukan, setelah jatuh tempo, dimana dalam periode tersebut, polis akan tetap berkekuatan hukum.

Free look provision
Terdapat jenis klausul lain, dimana selama pemegang polis mempunyai waktu untuk melakukan pengecekan atas status polisnya, dan memutuskan, akan melanjutkan atau menutup polis, biasanya jenis free look provision ini memiliki durasi 14 hari kerja sejak calon nasabah memiliki polis.

Waiting Period 
dimana klausul yang akan menentukan jangka waktu dimana untuk penilaian terhadap calon tertanggung sebelum dinyatakan memenuhi syarat untuk menjadi penerima manfaat atas polis asuransi jiwa.

Reinstatement Clause
Jenis klausul dimana pemberian hak kepada pemegang polis, guna pemulihan polis yang sudah melewati jangka waktu dengan syarat-syarat yang ditentukan, syarat dari setiap perusahaan asuransi jiwa jelas berbeda, namun umumnya adalah, sebelum polis dipulihkan, nasabah harus melengkapi bukti jaminan, serta pembayaran premi yang melewati jatuh tempo.

Pre Existing Condition
Suatu kondisi kesehatan yang sudah ada sejak sebelum pembelian polis asuransi, bahkan sampai polis aktif, biasanya pada tahap ini, terdapat pengecualian coverage dari pihak asuransi terhadap nasabah, contoh : jika seorang memiliki pre-existing kondisi sakit paru-paru kronis, maka, nasabah tidak dijamin, jika meninggalnya karena kematian paru-paru kronis dan turunan lainnya.

Klausul Pengecualian
Meski begitu terdapat pengecualian atas segala yang ditentukan, dalam hal ini manfaat asuransi jiwa, yang dalam intinya, klausul yang menyatakan, bilamana tertanggung melakukan hal yang dikecualikan, maka uang pertanggungan, tidak akan dibayarkan oleh perusahaan asuransi, diantaranya adalah 

Bunuh diri, hukuman mati pengadilan, keterlibatan tindak kriminal, kematian yang sengaja yang disebabkan oleh pihak yang berkepentingan atas uang pertanggungan, meninggal karena HIV AIDS, begitupun jika tertanggung bekerja di sektor yang berisiko tinggi seperti militer, pemadam kebakaran, pekerja tambang maupun konstruksi.

Area Pertanggungan
Biasanya terdapat batas manfaat pertanggungan berdasar wilayah yang dijamin oleh perusahaan asuransi, dengan produknya asuransi jiwa, semisal pemberian manfaat apabila tertanggung meninggal, di area tertentu, contoh di Antartika, atau di negara yang tertulis dalam polis tidak di area pertanggungannya.

Lapse 
Yaitu kondisi, dimana polis asuransi jiwa tidak lagi berlaku, seringnya disebabkan karena nasabah tidak membayar premi sampai waktu grace period atau lewat masa tenggang.

Cuti premi
Adalah klausul yang memberikan fasilitas penawaran pembayaran premi bukan dari pembayaran tunai, namun dari nilai tunai yang telah terbentuk, atau nilai investasinya sudah ada, biasanya berlaku jika jenis asuransinya terdapat unit link.

Sebelum membeli asuransi jiwa, agar dipahami, bagaimana cara mengenal dan mengetahui produk apa yang anda beli, sehingga tahu batasan untuk menikmati layanan dan fasilitas yang diberikan, tentunya dalam klausul yang diberikan akan sangat panjang, banyak dan relatif membosankan untuk dibaca, maka dari itu, ASURANSIKU.id menjabarkan untuk anda.(Armin)

...
14 April 2022
Cara Aman Membuang Limbah Beton dan Batu Bata

Sekarang mari kita lihat beberapa bahan konstruksi umum dan cara membuangnya.
Berton-ton limbah industri konstruksi menghasilkan sekitar sepertiga dari keseluruhan limbah dunia, dan setidaknya 40% dari emisi karbon dioksida di dunia. Dengan kata lain industri konstruksi wajib mengadopsi serta memperkenalkan bahan ramah lingkungan. Tujuannya tentu saja untuk menyelamatkan lingkungan sekitar. Pada artikel kali ini ASURANSIKU.id akan memeri tata cara terbaik menyelamatkan lingkungan dengan pengolahan kembali limbah industri konstruksi beton dan batu bata.

Buang batu bata
Dilihat dari ukurannya, relatif mudah untuk menyingkirkan batu bata tua atau rusak dan jika Anda ingin melepaskannya dari tangan Anda, dengan beberapa opsi pembuangan batu bata yang efektif, Anda dapat membuangnya dengan cepat. 
Cara yang cocok dan hemat biaya untuk menghilangkan sejumlah besar batu bata lama Anda adalah dengan menyewa tempat sampah. Tergantung pada ukuran dan berat tempat sampah, Anda dapat memuat dan menurunkan hingga 10 ton puing. Keuntungan menyewa tempat sampah roll-off adalah memungkinkan Anda menyingkirkan batu bata tua bersama dengan jenis puing lainnya. Kerugiannya adalah Anda harus memuat sampah sendiri.

Temukan layanan pembuangan sampah lokal jika ada di sekitar Anda. Menyewa layanan ini bisa menjadi pilihan pembuangan murah yang ideal, terutama jika Anda ingin membuang sejumlah kecil batu bata. Layanan mereka juga termasuk memuat material Anda ke dalam truk atau pick-up.
Jika Anda pandai membuang batu bata, lebih baik Anda mengangkutnya sendiri. Yang Anda butuhkan hanyalah menentukan berapa banyak batu bata yang Anda miliki, dan sebuah truk besar dengan ruang yang cukup untuk memuat bata-bata tersebut. Ini adalah pilihan pembuangan murah yang sangat baik. Berhati-hatilah saat memilih kendaraan dan biaya yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Buang beton
Membuang beton lama Anda bukanlah ide yang baik. Jadi apa yang Anda lakukan dengan beton tua dan tidak terpakai? Opsi apa yang akan Anda pilih untuk membuangnya?
Jika Anda beruntung, Anda akan memiliki akses ke truk pickup. Jika tidak, maka sewalah satu. Hati-hati saat memuat; pastikan Anda tidak membebani kendaraan karena akan membuatnya menjadi berat, yang akan menyebabkan kendaraan kelebihan beban..

Anda dapat mempertimbangkan untuk menghubungi perusahaan pemasok bahan bangunan - perusahaan yang mengoperasikan operasi skala besar bersama dengan armada besar pencampur semen atau truk pengangkut kerikil - yang mungkin mengambil beton lama Anda. Beberapa dari mereka melakukannya secara gratis, mengangkut dan menurunkan beton Anda di lokasi mereka.
Ide bagus lainnya untuk membuang beton lama Anda adalah dengan meletakkan tanda "bebas" di samping tumpukan beton Anda, yang mungkin menarik perhatian orang yang lewat yang membutuhkan beton.

...
17 May 2022
Cara Klaim Asuransi Jasa Raharja

Dari kabar duka yang datang dari rombongan bus pariwisata di daerah Jawa Timur, tentu sepatutnya kita berbelasungkawa, namun ada satu pelajaran penting dari seringnya kasus kecelakaan di jalan raya seperti selebriti yang meninggal karena kecelakaan tahun lalu dan kasus yang masih baru ini, yaitu bus pariwisata.

  1. Asuransi Jasa Raharja
  2. Santunan Jasa Raharja
  3. Persyaratan Klaim Jasa Raharja
  4. Asuransi Serupa Jasa Raharja

Asuransi Jasa Raharja
Dikutip dari situs resmi jasaraharja.co.id, UU No 34 Tahun 1964 Jo PP No 18 Tahun 1965 tentang Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan menjelaskan bahwa korban yang berhak atas santunan adalah setiap orang yang berada di luar angkutan lalu lintas jalan yang menjadi korban akibat kecelakaan dari penggunaan alat angkutan lalu lintas jalan. 

Serta setiap orang atau mereka yang berada di dalam suatu kendaraan bermotor dan ditabrak, dimana pengemudi kendaraan bermotor yang penyebab kecelakaan, termasuk dalam hal ini para penumpang kendaraanbermotor dan sepeda motor pribadi.

Santunan Jasa Raharja
Dilansir dari situs resmi indonesia.go.id dimana korban yang dikategorikan berhak mendapat santunan Jasa Raharja adalah penumpang sah yang menaiki angkutan umum yang kemudian mengalami kecelakaan, yang terjadi karena aktivitas angkutan umum, selama yang bersangkutan didalam angkutan tersebut.

Penumpang angkutan umum seperti bus yang dalam perjalanan menyebrangi laut, dengan moda transportasi kapal feri lalu mengalami insiden kecelakaan, maka akan mendapatkan santunan ganda, begitupun korban kecelakaan tanpa ditemukan jasadnya.

Dimana pembayaran santunan akan ditentukan berdasar Putusan Pengadilan Negeri setempat, lain daripada itu korban yang berhak mendapat santunan adalah setiap orang yang berada di luar angkutan lalu lintas yang menjadi korban, yang diakibatkan kecelakan dari pemakaian alat angkutan lalu lintas jalan.

Dan setiap orang ataupun individu yang berada didalam sebuah kendaraan lalu ditabrak, dimana pengemudi kendaraan tersebut adalah penyebab kecelakaan, termasuk dalam hal ini para penumpang kendaraan ataupun sepeda motor pribadi.

Persyaratan Klaim Jasa Raharja
Terdapat beberapa syarat untuk pengajuan klaim asuransi Jasa Raharja, dimana pihak Jasa Raharja tentunya berkoordinasi terlebih dahulu dengan Kepolisian Lalu Lintas, untuk proses pengajuan klaim, yaitu :

  • Meminta surat keterangan kecelakaan dari Unit Lakalantas Polres setempat atau instansi serupa yang memiliki wewenang (misalnya PT KAI untuk kereta api dan Syah Bandar untuk kapal laut). 
  • Membuat surat keterangan kesehatan atau kematian dari rumah sakit. 
  • Membawa identitas pribadi korban (asli dan fotokopi) seperti: 
  • Kartu Keluarga (KK). 
  • Kartu Tanda Penduduk (KTP). 
  • Surat Nikah. 

Mengunjungi kantor Jasa Raharja dan mengisi formulir, di antaranya: 

  • Formulir pengajuan santunan. 
  • Formulir keterangan singkat kecelakaan. 
  • Formulir kesehatan korban. 
  • Keterangan ahli waris jika korban meninggal dunia. 
  • Menyerahkan formulir serta melampirkan dokumen pendukung kepada petugas. 

Untuk korban luka-luka yang mendapatkan perawatan harus memiliki: 

  1. Laporan polisi berikut sketsa tempat kejadian perkara (TKP) atau laporan kecelakaan pihak berwenang lainnya. 
  2. Kuitansi biaya perawatan, kuitansi obat-obatan yang asli dan sah yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit. 
  3. Fotokopi KTP korban. 
  4. Surat kuasa dari korban kepada penerima santunan (bila dikuasakan) dilengkapi dengan fotokopi KTP korban penerima santunan. 
  5. Fotokopi surat rujukan bila korban pindah ke Rumah Sakit lain.

Asuransi Serupa Jasa Raharja
Asuransi Jasa Raharja adalah asuransi yang dimiliki dan dikelola oleh negara dibawah pengawasan BUMN, namun, adakah alternatifnya apabila anda merasa ragu saat proses klaimnya susah ataupun ingin lebih mudah memiliki asuransi?

Jawabannya adalah asuransi kendaraan, asuransi jiwa, tentunya akan banyak, tapi dengan memiliki 3 produk asuransi ini, dimulai dengan asuransi kendaraan, produk tambahan seperti tanggung jawab hukum pihak ketiga akan dijamin, apabila anda memilikinya, lalu terjadi kecelakaan saat mengendarai mobil pribadi.

Lalu, bagaimana jika saya kecelakaan saat mengendarai kendaraan umum seperti bus ? Asuransi jiwa adalah pilihan tepat, dalam asuransi jiwa, saat anda mengalami kecelakaan yang dapat menyebabkan kecacatan permanen atau sementara, maupun menyebabkan meninggal dunia, pihak perusahaan asuransi akan memberikan santunannya.

Dalam perjalanan segalanya sulit diprediksi, saat kita berhati-hati belum tentu orang lain berhati-hati, yang berisiko menyebabkan kita sebagai pengendara yang sadar dan taat hukum, terkena imbasnya, maka dengan memproteksi diri dari asuransi jiwa ataupun asuransi kendaraan adalah pilihan bijak.(Armin)

...
15 May 2022
Asuransi perjalanan : Pengertian, Jenis dan Manfaatnya

Asuransi perjalanan, adalah produk yang berbeda dengan asuransi kecelakaan, meskipun saat membeli asuransi jenis ini, tertanggung akan tercover dari kerugian akibat kecelakaan, saat berlibur i wilayah tempatnya berlibur yang menjadi perlindungan sesuai tercantum dipolis, kita akan membahas tentang.

  1. Pengertian Asuransi Perjalanan
  2. Jenis Asuransi Perjalanan
  3. Manfaat Asuransi Perjalanan
  4. Jenis Asuransi Perjalanan

Sejak pandemi COVID-19 pun, asuransi perjalanan umumnya sudah include memberikan coverage dari risiko penyakit ini di tempat yang dituju, nah, yang membuat berbeda dengan asuransi kecelakaan adalah saat diperjalanan risiko seperti sakit, keterlambatan penerbangan, bagasi hilang, tentu tidak dicover.

Pengertian Asuransi Perjalanan 
Apaa itu Asuransi perjalanan ? yaitu produk asuransi yang memberikan perlindungan dari risiko kerugian yang bisa saja terjadi saat melakukan perjalanan, baik perjalanan domestik ataupun 
mancanegara, asuransi ini sangat dianjurkan dimiliki bagi anda yang mempunyai kesibukan besar pergi keluar kota ataupun luar negeri, keuntungannya adalah meminimalisir kerugian finansial saat melakukan perjalanan yang dimaksud.

Meski jenis asuransi ini tidak diwajibkan, tetap dianjurkan untuk dimiliki, terkhusus buat kamu seorang part time traveler, dan seringkali menempuh perjalanan, apalagi yang tujuannya adalah 
daerah-daerah yang masih sangat asing buatmu, asuransi ini sangatlah mudah dibeli bahkan secara mendadak sekalipun, biasanya bisa sekalian include saat beli tiket pesawat.

Jenis Asuransi Perjalanan 
Biasanya dibedakan dari tujuan perjalanan, seperti asuransi yang bertujuan untuk berlibur, maupun asuransi perjalanan yang berkaitan dengan business trip, perbedaan keduanya adalah, biaya premi, memang untuk perjalanan bisnis preminya jauh lebih besar, karena risiko dan coveragenya yang besar pula.

Asuransi perjalanan seringkali dibedakan juga dari alat transportasinya, seperti darat, udara dan laut, begitupun tujuan luar negeri atau lokal, yang membedakan adalah coverage keduanya dan ketersediaan rumah sakit ataupun proses reimbursenya.

Manfaat Asuransi Perjalanan 
Asuransi perjalanan sebenarnya sangatlah penting dimiliki, terlebih saat perjalanan kamu adalah business trip, karena manfaat dan jaminannya cukup worth, yaitu ganti rugi dan kehilangan bagasi, karena dengan membeli polis ini, biaya ganti rugi kehilangan atau kerusakan bagasimu akan ditanggung.

Kemudian, package yang termasuk adalah, penggantirugian biaya perjalanan yang molor atau mendadak delay, seringnya rencana yang ditata rapi, bisa berantakan karena keterlambatan penerbangan, termasuk itinerary dan waktu check in hotel dikota tujuan, biasanya ini dicover untuk penerbangan.

Selanjutnya manfaat asuransi perjalanan adalah, perlindungan saat kamu sakit diperjalanan nanti,di masa-masa liburanmu, tentu ini sangat menggangu, dan bahkan bisa menambah cost tak terdugamu, saat perjalanan, dengan asuransi perjalanan, biaya perawatan medis, akan ditanggung yang umumnya akan di reimburse oleh perusahaan asuransi.

Tidak hanya asuransi jiwa, asuransi perjalanan di masa-masa kamu melakukan perjalanan, memberikan santunan kecelakaan dan kematian saat kamu menikmati momen liburanmu, uang pertanggungan yang dibayarkan, tentu akan memberi manfaat bagi tertanggung atau pihak keluarga tertanggung.

Jenis Asuransi Perjalanan 
Sebelum memutuskan membeli produk asuransi perjalanan, pastikan kamu memahami detail produk apa yang akan kamu beli, dan jenis perjalananmu, apakah memang untuk wisata atau perjalanan bisnis, karena, beda harga, beda manfaat dan pertanggungannya.

Pastikan juga jangka waktu perjalanan, jumlah tertanggung, serta tempat perjalanan, apakah kamu keluar negeri ? apakah negara tersebut berdekatan atau sedang rawan konflik ? karena hal ini akan menentukan pengajuan asuransi diterima atau tidak.

Kemudian, tempat perjalanan kamu, apakah di itinerary nanti kamu akan mengunjungi tempat rawan bencana alam, atau tempat yang berisiko ? tentu jika kecelakaan kamu adalah karena hiburan yang berkaitan dengan kegiatan extreme, seperti paralayang, banana boat, tentu tidak semua perusahaan asuransi akan meng-covernya.

Menikmati liburan, setelah hampir 2 tahun lamanya terkungkung karena pandemi COVID-19, tentu akan memberikan kebebasan yang menyenangkan saat bepergian, namun jangan terlalu embrace, karena perlindungan dalam perjalanan sangatlah dibutuhkan setiap saat, dengan asuransiku.id broker asuransi terpercaya, dapatkan harga dan penawaran khusus.(Arm)

...
14 May 2022
Trend Work From Bali, berapa Budgetnya ?

Work from Bali mulai banyak terdengar bahkan terbaca sekilas di sosial media, sederhananya, trend ini menjadi program pemerintah yang berniat mempromosikan pariwisata Bali, dengan program kerja secara remote dari jauh khususnya dari Bali, Menparekraf atau Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, mengajak trend ini sejak Juli 2021.

Salah satu tujuannya adalah mencoba menghidupkan sektor pariwisata di pulau Dewata ini yang sempat terdampak pandemi Covid-19, lokasi awal saat itu disebutkan untuk di daerah Nusa Dua, dan ditujukan utamanya bagi para ASN.

Meski begitu, sebelum ajakan dari Menparekraf ini, mode Work From Bali, sudah sering dilakukan oleh para pekerja hybrid di Indonesia, begitupun bagi para konten kreator ataupun traveler,
terlebih biaya akomodasi dan penerbangan bagi warga Jakarta dan sekitarnya, lebih terjangkau, selain Nusa Dua, terdapat area alternatif lainnya, seperti Denpasar, Seminyak, Kuta ataupun Ubud.

Berapakah Budgetnya ?
Budget yang dibutuhkan untuk per orangan apabila merencanakan perjalanan dan menginap beberapa waktu untuk program Work From Bali, dengan asumsi melalui Jakarta dengan penerbangan adalah dengan Citilink tiket termurah yaitu Rp 718,000 kita ambil waktu weekdays terdekat, yaitu Selasa 17 Mei 2022, dengan target kepulangan pada Kamis, 26 Mei 2022.

Sesampai di Bandara Internasional Ngurah Rai, tentu membutuhkan biaya transportasi menuju penginapan, dengan total kisaran Rp 120,000 dalam satu kali perjalanan dan jika perjalanan kembali ke Bandara membutuhkan dana yang sama, tentu Rp 240,000, sedangkan 8 hari perjalanan, untuk berkeliling kurang lebih membutuhkan Rp 800,000.

Penginapan sangatlah banyak jenisnya, seperti homestay, guesthouse, apartment, hotel sampai penginapan dengan aplikasi, dengan harga termurah Hotel bintang 2 bisa dimulai dengan biaya sebesar Rp 250,000 - Rp 400,000 per malam, ambil angka tengah di kisaran Rp 300,000 kalikan 8 hari, yaitu 2,4juta rupiah.

Untuk biaya makan, akan disarankan di tempat makan biasa-biasa saja, warung padang atau makanan lokal yang halal atau non halal, berada dikisaran angka Rp 40,000 Rp 60,000, kita perkirakan diangka tengah yaitu 50ribu, jika 3kali sehari mencapai Rp 150,000 dan dikalikan 8 hari, adalah 1,2juta rupiah.

Untuk budget belanja dan oleh-oleh, seperti di Joger atau Sukawati, mari budgetkan sekitar 800ribu rupiah, maka didapati totalnya, sekitar Rp 5.440.000,- dengan begitu selama 8 hari bekerja di Bali, biaya yang kamu butuhkan, jika dibulatkan sekitar Rp 5.500.000,- mahal atau murahnya biaya tersebut, bergantung dengan total pendapatanmu.

Bergantung juga apakah layak kamu menempuh gaya hidup seperti itu, asal jangan ikutan trend yang sedang hype, tidak harus dari Bali, jika ingin merasakan suasana berbeda dengan tema Mental Health, Work From kepulauan Seribu juga menjadi alternatif yang tidak kalah serunya, bahkan lebih mudah jika kamu harus ke Jakarta dalam hitungan jam.

Dalam bekerja dalam perjalanan, tentu terdapat risiko, dimana risiko tersebut sangat sulit dihindari, maka dibutuhkan kesadaran diri dengan pembagian alokasi dana sebagai pengaman, dalam hal ini asuransi, memberlakukan asuransi perjalanan dalam trip kemanapun, apapun latar belakangnya, adalah sebuah hal yang sudah seharusnya menjadi bucket list perjalananmu.(Armin)

...
30 March 2022
Belajar dan Berwisata di Karimunjawa

Karimunjawa tidak hanya menawarkan berbagai pemandangan pantai yang eksotis. Namun, di sini Anda bisa menikmati indahnya panorama hutan bakau di Mangrove Education Forest. Pada hutan seluas 10,5 hektar ini sudah hidup berbagai jenis pohon bakau dan hewan-hewan liar.

Sesuai dengan namanya, beberapa bagian tempat wisata ini dibuat sebagai sarana edukasi tentang pentingnya keberadaan wisata hutan mangrove untuk mencegah terjadinya abrasi pantai. Selain  tempat wisata dan edukasi, tentunya hutan mangrove ini bisa menjadi spot yang bagus untuk Anda yang ingin berselfie ria.

Bahkan, hutan mangrove ini memiliki peran sebagai paru-paru kota agar udaranya senantiasa bersih dan warga nyaman tinggal di kota ini. Selain Karimunjawa,masih banyak beberapa tempat wisata mangrove lainnya yang wajib Anda kunjungi. Itu ulasan tempat wisata hutan mangrove Karimunjawa yang ada di Indonesia. Karimunjawa bisa dikunjungi setiap saat dan menjadi referensi untuk Anda yang hobi jalan-jalan.

...
15 May 2022
Kenali Gejala Hepatitis Misterius pada anak

Setelah dinyatakan banyakanya penurunan kasus Covid-19 dan pandemi perlahan dianggap akan hilang, kini muncul kasus lain yang tak kalah seramnya, yaitu Hepatitis anak yang sedang banyak mengincar anak-anak diusia 8 - 13 tahun.

Beberapa kasus lain, penyakit SARS-CoV-2 pun terdeteksi bersarang ditubuh penderita, sebagai kemungkinan dimana anak-anak penyintas Covid-19 dengan sistem kekebalan tubuh atau imun lemah, sehingga membuat tubuh mudah terserang virus lainnya.

Berikut adalah gejala hepatitis akut misterius yang patut diwaspadai : 

  1. Perubahan urine menjadi gelap bahkan hitam kecokelatan 
  2. Warna Feses pusat
  3. Kuning di kulit dan mata 
  4. Nyeri perut
  5. Kadang disertai rasa gatal dan nyeri sendi 
  6. Mual dan muntah
  7. Anak merasa lesu, letih dan lemah 
  8. Diare kadang disertai demam 
  9. Kehilangan Nafsu makan

Polemiknya belum jelas, para ahli kesehatan seluruh dunia belum bisa menyimpulkan, bahkan sampai menyebabkan kematian, tepat pada 5 April 2022 silam, di Inggris Raya, ditemukan 10 kasus Hepatitis Akut yang aneh yang hanya menyerang anak-anak, bahkan penyebabnya pun tidak diketahui, karena virus hepatitisnya tidak dapat dikenali apakah hepatitis A, B atau lainnya.

Pada 8 April 2022, setelah diselidiki mendalam, ternyata menjangkiti 74 anak lainnya dengan kasus serupa, yang ternyata pasien serupa harus dirawat intensif di rumah sakit, sebagian besar banyak ditemukan di Pasifik Barat, Asia Tenggara termasuk Indonesia, Eropa dan Amerika.

Informasi dari Sekretaris Dirjen Kesehatan Masyarakat, Siti Nadia Tarmizi, menyebutkan hingga kini di Indonesia terdapat penularan Hepatitis Akut terdeteksi sebanyak 4 kasus, per 9 Mei 2022,
sedang dalam tahap pemeriksaan dan verifikasi lebih lanjut dari dinkes kabupaten dan kota.

Lebih lanjut menyebutkan, laporan umumnya sebagai penyakit sindrom kuning, KEMENKES menghimbau melakukan peningkatan dan waspada dalam 2 minggu terakhir, karena kasus misterius yang menyerang anak-anak ini, karenanya WHO juga memperingatkan bahwa kasus ini ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa.

Sebagai bentuk antisipasi kita terhadap penyakti misterius baru yang masih terus diselidiki ini, berikut beberapa hal tentang Hepatitis Akut Misterius Anak yang harus Anda 
ketahui berdasarkan penjelasan dari Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI). Apa penyebab Hepatitis Akut Misterius Anak? Hepatitis adalah penyakit peradangan hati. 

Sampai saat ini para ahli di berbagai negara masih terus menyelidiki penyebab utama penyakit Hepatitis Akut Misterius anak, karena penyebaran infeksi yang sering menjadi penyebab virus 
tersebut adalah Hepatitis A, B, C, D dan E, yang implikasinya tidak ditemukan pada pasien penderita, meski begitu, indikasi kuatnya disebabkan dari Adenovirus 41.

Adenovirus 41, adalah pemicu infeksi umumnya yang terjadi pada anak dibawah usia 10 tahun, dan umunnya terjadi sebagai kasus normal, dimana menjadi penyebab muntah-muntah dan diare, kendati demikian, hanyalah indikasi kuat, karena Adenovirus 41, tidak berkaitan secara langsung dengan hepatitis.

Dalam kondisi kronis, gejala penyakit ini bisa menurunkan kesadaran hingga kejang-kejang, lalu bagaimanakah mendeteksi penyakit hepatitis akut pada anak-anak ? penyataan dari Ketua Umum Pusat IDAI dari akun resmi instagramnya di @idai_ig Dr Piprim menyebutkan, pemeriksaan laboratorium dengan peningkatan hasil serum Glutamin Oxaloacetic Transaminase(SGOT) dan (SGPT).

Dimana keduanya adalah enzim yang membuat organ hati memproses protein dan lemak, maka pada anak yang menderita hepatitis akut misterius ini, hasil laboratorium SGOT dan SGPT bisa mencapai 500unit per liter atau mencapai 10kali dari normlanya.

Pada Anak yang Harus Diketahui Saat ditemukan hasil pemeriksaan ALT (SGPT) dan AST (SGOT) tinggi lebih dari 500, maka akan dilakukan pemeriksaan lanjutan yang mencakup beberapa 
hal berikut. - IgM anti-HAV - HBsAg - IgM anti-HBc (bila HBsAg positif) - Anti-HCV atau HCV RNA - IgM anti-HDV (bila HBsAG positif) - IgM anti-HEV.

Seorang anak akan dinyatakan sebagai probable hepatitis akut misterius apabila hasil pemeriksaan minimal yang ada yaitu IgM anti-HAV negatif, HBsAg negatif atau IgM anti-HBc negatif (pada HBsAg positif), dan Anti-HCV atau HCV RNA negatif. 
 
Apa hepatitis akut bisa sembuh? Gejala-gejala umum seperti demam, mual, muntah, dan tidak nafsu makan biasanya akan menghilang sendiri setelah satu sampai dua minggu. Sedangkan, berubahnya kulit dan mata menjadi warna kuning akan memuncak sekitar 2 minggu setelah munculnya gejala dan hilang sedikit lebih lama. 

Untuk mengatasi hepatitis akut, perlu diketahui penyebabnya terlebih dahulu agar bisa diberikan pengobatan dengan tepat. Jika hepatitis akut disebabkan oleh virus, biasanya pasien akan 
sembuh dalam waktu 4 sampai 8 minggu. Namun, jika hepatitis terjadi karena kerusakan hati akibat infeksi virus yang parah, konsumsi obat-obatan dan alkohol berlebihan, hepatitis bisa 
memicu terjadinya gagal hati. Kegagalan hati membuat hati tidak bisa menghasilkan protein yang membantu pembekuan darah. 

Jaga anak untuk saat-saat ini dari kegiatan yang membahayakan dan cegah penularan infeksinya, dengan menjaga imun tubuh dan asupan vitamin dan makanannya, perlindungan dengan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan untuk pencegahan dini dari kerugian finansial untuk pengobatan.(Arm)

...
14 May 2022
Milenial dan Gen Z rawan alami gangguan Mental Health

Mental breakdown atau gangguan mental, yang sering dialami gen Z atau Milenial, seringkali baru terdiagnosa, di kondisi-kondisi kritis, biasanya karena cukup lama diabaikan, sehingga saat 
sudah cukup parah, maka membutuhkan biaya dan effort ekstra untuk pengobatannya.

Maka itu sepatutnya perlu di sadari akan kebutuhan mentalh health, baik jiwa ataupun raga, baik diri sendiri maupun orang terdekat, dimulai dengan pertanda ringan seperti mulai banyak pikiran hingga stress, mengganggu jam tidur sampai kurang tidur dan tidak fokus akan rutinitas, sampai perasaan burnout, semua ini terjadi karena.

  1. Milenial dan Gen Z rawan mengalami Mental Breakdown
  2. Kesulitan adaptasi pada teknologi 

Sebaiknya dalam titik ini, sudah mulai sadar inti dari permasalahan, menyadari dalam hal ini seperti kualitas hidup, karena stress bisa terjadi pada siapapun, maka penanganan cepat sangatlah dibutuhkan,peran diri sendiri dengan keterbukaan pada orang terdekat, seperti orang tua adalah hal yang sangat membantu.

Sehingga dukungan dari keluarga ataupun orang terdekat, untuk mengunjungi dan meminta saran ahli professional akan sangat memberikan solusi, sehingga tidak perlu merasakan aib atau sesuatu yang tabu, jika mengalami gangguan mental, karena tidak sepenuhnya merusak nama baik sendiri ataupun keluarga.

Perasaan takut dikucilkan ataupun dijauhi adalah salah satu masalah besar yang menghalangi keterbukaan diri, biasanya takut dibully atau disebut gila, kesehatan mental juga sama seperti kesehatan fisikumumnya, seperti halnya terkena penyakit prostat atau HIV, tidak perlu malu, karena hal itu musibah yang bisa menerpa siapapun dan siapapun butuh pengobatan.

Dari berbagai kasus yang pernah terjadi, stigma buruk bahkan penerimaan diri yang palsu atas pribadi yang mengalami gangguan mental, seringkali membuat diri menjauh dari orang terdekat,
menganggap diri tidak berdaya, tidak berani konsultasi ke psikolog / psikiater.

Padahal jika terus dibiarkan, hal ini akan sangat membahayakan pasien, karena penyakit ini tidak bisa sembuh secara otomatis seperti kita saat terkena flu, terlebih gejala pada penyakit mental 
yang lebih spesifik, sangatlah sulit disembuhkan, bahkan jika terlambat penanganannya, maka penyakit akan semakin parah.

Milenial dan Gen Z rawan mengalami Mental Breakdown
Dikutip dari WHO, dimana lebih dari 50% penyakit mental, sering terjadi pada remaja masa kini, sejak usia 14 tahun, dari penyakit dini yang tidak tertangani dengan baik, diawali dari stress berkepanjangan, depresi, self-harm, hingga keinginan bunuh diri, yang tertinggi di usia 15 - 29 tahun.

Di rentang usia 20 - 40, seseorang memiliki keinginan untuk tampil dan menunjukkan kemampuan diri untuk pencarian jati dirinya di masa mendatang, dalam fase perubahan fisik, finansial, lingkungan pergaulan, psikologis dan emosional yang begitu cepat, seringkali membentuk pribadi yang akan matang nantinya, tapi rawan mengalami gangguan mental.

Contoh, ditahap lulus sekolah dan akan menempuh perguruan tinggi, namun akan berurusan dengan permasalahan keuangan, jika yang ingin merasakan dunia kerja sembari kuliah, tentu akan merasakan persaingan dunia kerja yang keras dan proses mencari kerja yang sulit, kerap kali membandingkan diri hingga timbul rasa iri dengan teman seusianya.

Maka, bimbingan, dorongan positif orang tua, hingga perhatian dari keluarga besar atau orang terdekat, sangatlah membantu untuk mempersiapkan masa depannya.

Kesulitan adaptasi pada teknologi 
Lingkungan yang berubah cepat dan dinamis, salah satunya yaitu berkembang pesatnya teknologi yang menuntut adaptasi pengguna, namun sayangnya milenial dan gen z tidak bisa mengimbangi dan memanfaatkan dengan baik, alih-alih untuk belajar, malah sering mengadu masalah pribadi dan membuat keributan di platform sosial media.

Sisi lain positifnya adalah membuat konten bermanfaat yang bisa dikonversi menjadi nominal rupiah, namun golongan ini hanya beberapa diantara sekian juta pengguna umum yang sifatnya bermain sosial media untuk membuang waktu.

Sosial media sangat bermanfaat untuk membuah konektivitas atau silaturahmi, sayangnya, malah disalahgunakan menjadi kehidupan fatamorgana atau kebahagiaan palsu dengan memamerkan beberapa sisi kehidupan glamour dalam feed atau story instagram maupun whatsapp, yang biasanya cenderung berbanding terbalik dari realitanya, semua demi membangun image semua, sehingga berhasil membuat pengguna lain iri,atau pengguna pamer kesemuan tersebut semakin menderita narcistik.

Dukungan terhadap dua kalangan ini, khususnya pada warga kota besar yang seringkali mengalami mental breakdown, dapat dimulai dengan sekedar menanya kabar, menjadi teman dekat yang selalu ada, menjadi pendengar atas beberapa keluhannya, namun dengan tidak membuatnya merasa digurui atau didikte, apalagi sampai menghakimi atau mendepat opininya.

Hal ini sering mereka alami, terlebih saat berinteraksi di media sosial, seperti kata-kata nyinyir, dan perlunya mengurangi komentar atas reaksi para gen Z atau milenial atas masalah yang dihadapinya, para orang tua cukup menasihati dengan kalimat yang mengayomi, tanpa membandingkan masalah yang pernah dihadapi di usia yang sama, karena tentu hal itu berbeda zaman.

Dibutuhkan dorongan dari pihak keluarga dan kesadaran internal dari si penderita, untuk pengobatan ke psikolog, meskipun biaya konsultasi, dalam durasi 1 jam mencapai 250-750 ribu rupiah,
namun terdapat bantuan dari BPJS, yang bisa merujuk ke puskesmas terdekat, jika tidak tentu bantuan pihak asuransi swasta akan menjadi solusi, maka segera hubungi broker asuransi terpercaya.(Arm)

...
15 April 2022
Prosedur Bedah Kosmetik Yang Ditanggung Asuransi Kesehatan

Prosedur umum yang sering ditanggung oleh asuransi kesehatan operasi plastik. Penting untuk dicatat bahwa banyak prosedur lain, seperti operasi telinga dan bahkan pelurusan gigi, juga dapat ditanggung dalam keadaan tertentu.

Operasi pengecilan payudara
Agar memenuhi syarat untuk pengurangan mammoplasty, pasien dan dokternya harus dapat menunjukkan bahwa payudara besar telah menghalangi kemampuannya untuk melakukan aktivitas fisik tertentu, atau bahwa mereka telah membuatnya mengalami nyeri fisik — nyeri punggung dan bahu adalah yang paling umum.

Untuk mengatasi gejala fisik yang terkait dengan ukuran payudara yang besar, pembedahan mungkin diperlukan. Sama seperti semua prosedur semi-kosmetik, apakah pengurangan akan ditanggung sepenuhnya berbeda dari perusahaan ke perusahaan dan rencana ke rencana.

Rekonstruksi payudara atau pengencangan payudara mungkin diperlukan untuk hasil yang optimal selain pengurangan. Dalam skenario seperti itu, biasanya perusahaan asuransi membayar pengurangan, tetapi bukan kenaikannya. Tentu saja, ketika seorang pasien menderita kanker payudara, operasi pengecilan payudara atau mastektomi seringkali diperlukan secara medis.

Operasi kelopak mata atas
Seperti disebutkan di atas, jika kelopak mata yang terkulai menghalangi kemampuan pasien untuk melihat – dan tes penglihatan membuktikan hal ini – maka blepharoplasty seringkali diperlukan secara medis. Untuk alasan ini, operasi kelopak mata adalah salah satu prosedur kosmetik paling umum yang ditanggung oleh asuransi.

Jika operasi dilakukan semata-mata untuk membantu memulihkan penglihatan, maka ada kemungkinan besar itu akan ditanggung oleh asuransi. Namun, pasien mungkin memiliki pilihan untuk menambahkan komponen kosmetik dan membayarnya sendiri.

Operasi penurunan berat badan
Banyak perusahaan asuransi besar menyediakan beberapa cakupan untuk prosedur penurunan berat badan, termasuk bypass lambung. Metode yang telah terbukti seperti lengan lambung, pita lambung pangkuan dan bypass lambung sering kali tercakup, sedangkan prosedur eksperimental umumnya tidak.

Orang yang mengalami obesitas tidak sehat dan memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang tinggi serta penyakit penyerta yang parah (sleep apnea, penyakit jantung, diabetes tipe 2, kanker, dan lainnya) memiliki peluang bagus untuk mendapatkan prosedur penurunan berat badan yang ditanggung oleh asuransi.

Penghapusan kulit berlebih
Setelah penurunan berat badan yang dramatis, banyak orang mengalami kulit berlebih yang dapat menghalangi aktivitas fisik dan menyebabkan rasa sakit. Asuransi dapat menanggung operasi panniculectomy atau tummy tuck dalam kasus tersebut.

Namun, ini hampir tidak umum seperti cakupan untuk prosedur penurunan berat badan, karena sebagian besar kasus kulit kendur masih dianggap murni kosmetik. Dalam kasus yang jarang terjadi – seperti jika Anda memiliki riwayat masalah kulit atau tidak dapat berolahraga – asuransi dapat menanggung biaya operasi secara penuh.

Operasi hidung
Pekerjaan hidung medis, seperti operasi septum menyimpang (juga disebut septoplasty) biasanya dicakup oleh banyak rencana kesehatan. Namun, rinoplasti estetika jarang tertutup.

Jika Anda dapat bekerja dengan THT Anda untuk membuat kasus bahwa operasi hidung rekonstruktif akan membantu meningkatkan pernapasan Anda, maka ada kemungkinan polis asuransi Anda akan mengambil sebagian dari beban. Sama seperti operasi payudara, banyak pasien memilih untuk menjalani septoplasti yang digabungkan dengan prosedur rinoplasti kosmetik pada saat yang bersamaan. Dalam kasus seperti itu, asuransi kemungkinan akan menanggung septoplasty yang diperlukan secara medis, sementara Anda membayar bagian kosmetik sendiri.

Botox
Anda mungkin tahu bahwa Botox sekarang secara teratur digunakan untuk mengobati migrain. Dalam kasus seperti itu, ada kemungkinan kuat bahwa perusahaan asuransi Anda akan menanggungnya, selama Anda dapat menunjukkan bahwa migrain Anda telah menyebabkan masalah signifikan dalam hidup Anda.

Namun, penting untuk dicatat bahwa komplikasi yang mungkin terjadi akibat suntikan tersebut (misalnya, pembengkakan atau infeksi yang ekstrem) seringkali tidak tercakup.

...
15 April 2022
Prosedur Perencanaan Asuransi Kesehatan Untuk Operasi Plastik

Asuransi kesehatan operasi plastik bisa dikatakan sebagai prosedur yang dianggap "perlu secara medis" bisa dicakup bahkan bila itu juga berfungsi untuk meningkatkan penampilan fisik Anda. Misalnya, operasi pengecilan payudara untuk mengobati punggung yang sakit atau pengangkatan kulit berlebih setelah penurunan berat badan yang dramatis terkadang dilakukan. Semuanya bermuara pada rencana asuransi kesehatan Anda.

Kunci mendapatkan pertanggungan asuransi kesehatan operasi plastik adalah membuat argumen yang meyakinkan mengapa prosedur itu diperlukan secara medis, dan bagaimana hal itu dapat meningkatkan kualitas hidup Anda. Dengan kata lain, Anda tidak mungkin mendapatkan asuransi kesehatan untuk menutupi operasi kosmetik jika tujuan utama Anda adalah untuk memperbaiki penampilan Anda. Namun, ada banyak kasus di mana itu bisa menjadi bonus tambahan. 

Apa yang diperlukan secara medis?
Sayangnya, tidak ada jawaban yang jelas untuk pertanyaan ini. Setiap perusahaan dan rencana asuransi mendefinisikan "perlu secara medis" secara berbeda. Namun, perbedaan penting dibuat oleh penyedia asuransi kesehatan antara operasi rekonstruktif - yang mencakup prosedur seperti operasi pengurangan payudara dan operasi kelopak mata - dan operasi kosmetik murni.

Bedah rekonstruktif: jenis bedah ini mengacu pada operasi plastik yang dilakukan pada struktur abnormal yang disebabkan oleh cacat bawaan, kelainan perkembangan, trauma, infeksi, tumor, atau penyakit. Ini dapat mencakup pembedahan untuk meningkatkan fungsi atau untuk memberikan penampilan yang normal.

Operasi rekonstruktif untuk memperbaiki cacat lahir dan trauma secara teratur dibayar oleh asuransi. Misalnya, jika Anda dilahirkan dengan telinga yang kurang baik karena proses melahirkan atau penyakit, atau jika Anda memiliki payudara yang sangat asimetris, Anda mungkin dapat menggunakan asuransi kesehatan untuk membayar operasi kosmetik.

Bedah kosmetik: Bedah kosmetik adalah pembentukan kembali struktur normal pada tubuh untuk meningkatkan harga diri atau penampilan fisik pasien. Misalnya, prosedur seperti pelapisan ulang untuk menghaluskan kulit wajah Anda yang tidak rata atau pengencangan bokong untuk meningkatkan bokong Anda sangat tidak mungkin dilakukan.

Dari keterangan artikel diatas, ASURANSIKU.id ingin menyampaikan memang sebenarnya tidak mungkin mendapatkan prosedur operasi plastik kosmetik secara murni yang ditanggung oleh asuransi kesehatan. Namun bila digunakan sebagai operasi rekonstruktif disebabkan oleh kelainan perkembangan, tumor, atau penyakit bawaan maka asuransi kesehatan operasi plastik dapat dilaksanakan. 

...
17 May 2022
Menjaga dan merawat hewan ternak

Seringkali peternakan diklasifikasikan sebagai hewan unggas seperti bebek, itik, ayam, juga mamalia seperti domba, sapi, babi, kambing dan lainnya, meski begitu terdapat hewan ternak lain,
seperti ikan atau reptil, khusus reptil memang tidak semua diperjual belikan dan untuk konsumsi.

Terdapat cara dan perawatan khusus untuk hewan ternak, dengan pola makan, konsumsi vitamin untuk kebutuhan nutrisinya, selain itu apa saja ?

  1. Kandang Ternak
  2. Peralatan
  3. Kebersihan dan Kesehatan
  4. Pakan Sehat
  5. Asuransi Hewan Ternak 

Kandang Ternak 
Hal yang paling utama, saat merencanakan untuk memulai bisnis peternakan adalah, rumah dari hewan ternak tersebut, yaitu kandang ternak, bisa dengan memulai dengan membuat kandang tertutup,ataupun yang terbuka dengan rumput liar dan dipagari, baik pagar kayu atau kawat, buatlah sedikit area hewan ternak untuk berteduh.

Begitupun dengan kandang ternak tertutup, pastikan terdapat saluran air dan udara yang sehat, kemudian, jumlah hewan dikandang tersebut harus seimbang dan tidak membuat penghuninya berdesakan, hingga berkelahi, karena rawan menyebabkan hewan ternak menjadi stress.

Peralatan 
Terpenting untuk dimiliki sebagai sarana untuk perawatan dan menjaga hewan ternak, setelah memiliki kandang ternak, peralatan lengkap bisa saja termasuk alat makan, alat pembersihan, termasuk alat pelindung diri untuk mengambil telur atau memerah susu, hingga alat suplai makan dan minum ternak.

Selain peralatan manual, sebagai pemilik peternakan, anda bisa mengeluarkan budget untuk peralatan semi otomatis seperti pemerah, alat penghangat ruangannya saat musim hujan tiba, dengan teknologi yang mengautomatisasi pekerjaan manualmu.

Kebersihan dan Kesehatan 
Kebersihan kandang, selain nyaman dan layak dikunjungi untuk para calon pembeli ataupun investor, juga bisa menjaga kesehatan fisik maupun mental peternak agar tidak stress maupun terkena penyakit akibat kotornya tempat tinggalnya, seperti virus ataupun bakteri.

Perhatikan juga kesehatannya, belajar dari peternak berpengalaman, seringkali menerima saran dari dinas peternakan daerah atau ahli gizi, atau dokter hewan, atau bahkan tingkat pedesaan seperti dukun hewan, yang bisa memberikan vitamin atau jamu untuk hewan ternak, selain menjaga kesehatannya, nutri untuk proses persalinan atau bertelurnya hewan ternak akan sangat menguntungkan pemilik ternak.

Pakan Sehat 
Jika ingin peternakan anda menguntungkan dan menghasilkan kualitas ternak yang layak dikonsumsi dan laris dipasaran, maka memberikan pakan kualitas baik secara teratur, adalah yang utama, pemberian pelet pakan jagung untuk hewan unggas, atau rumput segar untuk hewan mamalia setiap harinya

Siapkan peralatan berupa wadah yang bersih yang setiap saat dapat digunakan saat berkeliling memberikan pakan dan dicuci kembali, setelah digunakan, jangan lupa juga bersihkan kandang setelahnya.

Asuransi Hewan Ternak
Hewan ternak, yang menjadi pekerjaan harian anda apalagi menjadi bisnis anda, pastikan terlindung dari kerugian secara finansial, seperti kematian, penyakit atau tercuri dari pihak tidak bertanggung jawab, kini sudah tersedia dipasar dan dapat dibeli secara online.

Percayakan pembelian asuransi hewan ternak melalui broker asuransi terpercaya, dengan menghubungi customer service dan jadwalkan untuk diskusi mengenai kebutuhan asuransi hewan ternak untuk usaha atau bisnis ternak anda.

Dengan melakukan upaya-upaya diatas, maka bisnis peternakan anda akan tumbuh dan menjadi lebih baik dari sebelumnya, sehingga anda bisa lebih fokus memikirkan perluasan bisnis ternak agar semakin mendapat keuntungan lebih besar.(Armin)

...
14 May 2022
Perusahaan Asuransi Hewan Peliharaan Terbaik

Sudah semakin banyak produk lifestyle yang memenuhi kebutuhan manusia pada umumnya, kali ini asuransi untuk hewan peliharaan, jauh berbeda dengan asuransi hewan ternak, yang bekerja untuk perlindungan jaminan kematian bagi hewan ternak yang relatif mahal, terlebih untuk keperluan konsumsi komersil.

Begitupun hewan peliharaan yang konon mencapai puluhan hingga ratusan juga, maka perusahaan asuransi, bersedia memberi solusi bagi pemilik hewan peliharaan, agar tidak mengalami dampak kerugian psikis maupun materil saat ditinggal hewan peliharaannya, apakah itu mati ataupun hilang, yaitu

Simas Pet Insurance
Perusahaan Asuransi Sinarmas, terkenal dengan asuransi mobil maupun asuransi propertinya, Simas Pet Insurance menjadi salah satu perusahaan asuransi yang mempelopori asuransi hewan peliharaan, karenanya setelah merilis produk asuransi hewan, banyak diikuti oleh perusahaan lainnya.

Produk yang mengcover adalah asuransi kucing juga asuransi untuk anjing,perlindungannya meliputi kejadian yang tak terbayangkan, seperti risiko kecelakaan, pencurian disertai kekerasan, kematian,sampai tanggung jawab hukum pihak ketiga.

Sebelum membeli asuransi hewan peliharaan dengan produk Simat Pet Insurance, pastikan syaratnya terpenuhi, yang berkaitan dengan hewan peliharaan yang akan diasuransikan, adalah 

  • Kucing yang akan diasuransikan, harus bersertifikat Indonesian Cat Association(ICA)
  • Anjing yang akan diberi asuransi, harus mempunyai Stambum
  • Harga yang dipertanggungkan adalah mengikuti harga beli dengan kwitansi yang sah transaksi jual-beli.
  • Apabila hewan peliharaan tidak mempunyai kwitansi pembelian yang menjadi dasar harga, tentunya penggantian biaya akan ditaksir dengan harga rekanan pet shop PT. Asuransi Sinar Mas
  • Risiko sendiri, atau risiko yang juga harus dibayar oleh tertanggung yaitu sebesar 20% dari klaim yang disetujui.
  • Saat membeli polis ataupun tahap perpanjangan, hewan yang diasuransikan, harus mempunya batasan umur.

Pada pembelian polis baru, hewan peliharaan harus berumur paling tidak 2 bulan hingga 3 tahun, begitupun saat perpanjangan polis, umur hewan peliharaan sudah harus diusia 4 atau maksimal sampai 8 tahun, lalu, apasajakah yang ditanggung oleh Simas Pet Insurance ?

  1. Kecelakaan yang mengakibatkan kematian hewan peliahraan
  2. Pencurian yang dilakukan dengan kekerasan, maka jaminan kehilangan hewan peliharaan akan diberikan oleh pihak asuransi
  3. Third party liability atau Tanggung Jawab Pihak Ketiga, dimana tanggung jawab hukum yang disebabkan oleh hewan peliharaan, maka akan dijamin oleh perusahaan asuransi

Apa saja dokumen yang harus dilampirkan dalam pengajuan klaim ?

  • Form Klaim
  • Polis Asuransi dan Lampiran Endorsemen
  • Stambum (Asli) untuk Anjing
  • Sertifikat ICA untuk Kucing
  • Kwitansi Pembelian

Beberapa kejadian yang juga ditanggung adalah, pencurian, kecelakaan juga tanggung jawab hukum pihak ketiga, yang mana tentu dibutuhkan tambahan dokumen lebih lengkap seperti laporan kepolisian, ataupun surat pengantar dari saksi kejadian, meski begitu terdapat beberapa paket asuransi berbeda dengan pertanggungan yang juga berbeda, atas produk asuransi ini.

Kejadian yang sering dialami pemilik hewan peliharaan, khususnya anjing adalah, saat hewan kesayangannya melakukan penyerangan pada seseorang yang mengakibatkan orang lain luka dan cedera, sehingga tuntutan ganti rugi jelas dilayangkan oleh pihak pemilik, jika kejadian dirunut lengkap dan memenuhi persyaratan, maka hal ini bisa dicover oleh pihak asuransi.(Armin)

...
09 March 2022
Manfaat dan Keuntungan Asuransi Pertanian

Manfaat dan Keuntungan Asuransi Pertanian

Asuransi pertanian adalah asuransi yang menjamin risiko kerugian pertanian, pemeliharaan ternak, atau penangkapan ikan. Dengan demikian, asuransi pertanian tidak hanya mencakup sawah atau kebun, tetapi juga peternakan dan perikanan.

Apa bentuk pertanggungan asuransi pertanian? Jika petani mengalami panen yang buruk, maka petani dapat mengajukan klaim. Dengan demikian kerugian akan ditanggung oleh penanggung.

Manfaat dan Tujuan Asuransi Pertanian

Asuransi pertanian di Indonesia mungkin belum sepopuler asuransi jiwa dan asuransi kesehatan. Padahal, peran mereka sangat penting lho, untuk mengantisipasi berbagai risiko di bidang pertanian, seperti cuaca yang tidak menentu atau serangan hama dan penyakit.

Bukan hanya petani dan peternak. Produk ini juga cocok bagi Anda yang ingin memulai atau bahkan memiliki usaha peternakan dan hewan peliharaan.

Sektor pertanian memang terancam. Pasalnya, efek pertanian tergantung pada kondisi alam yang ada. Mungkin ada kondisi cuaca yang tidak menentu, kekeringan atau tanah longsor dan perubahan ekologi yang menyebabkan serangan serangga.

Akhirnya, petani harus meminjam uang dari tengkulak. Untuk membayar, tengkulak biasanya membeli produk pertanian dengan harga yang sangat murah. Kondisi ini tentu merugikan petani dan berdampak pada kesejahteraan petani yang terus memburuk. Itulah mengapa asuransi pertanian penting.

Keuntungan asuransi pertanian

Bagi petani, asuransi usaha pertanian memberikan banyak manfaat. Tidak hanya manfaat finansial tetapi juga manfaat tidak berwujud seperti:

1. Bebas was-was

Prinsip dasar pengelolaan asuransi adalah membebaskan peserta dari perasaan cemas atau khawatir jika terjadi sesuatu yang dianggap merugikan di kemudian hari. Hal yang sama berlaku untuk asuransi pertanian.

Asuransi petani akan memberikan kompensasi untuk tanaman tahunan atau bencana alam yang mempengaruhi produksi. Dengan memiliki asuransi, petani akan terhindar dari kerugian akibat penjualan produk dengan harga murah kepada perantara.

2. Nilai ganti rugi menjanjikan

Program Asuransi Beras dan Kerbau (AUTP/K) Kompensasi yang ditawarkan sangat menjanjikan lho. Dengan demikian, petani merasa lebih nyaman ketika mengalami kerugian panen.

Melalui AUTP, kompensasi sebesar Rs 6 juta per hektar dengan periode tutupan hingga masa panen (4 bulan) diberikan dengan tarif INR 180.000 per hektar. Pemerintah juga memberikan subsidi pembayaran premi sebesar Rp. 144.000 dan petani hanya menerima Rp. 36 juta. Sesuai pesanan, polis klaim akan diperoleh jika intensitas kerugian mencapai 75%. berdasarkan permukaan alami tanaman padi.

Sementara itu, program AUTS/K menjamin iuran hewan sebesar Rp 200.000 per orang per tahun. Dari angka ini 160.000 rupee. Pemerintah dan sisa Rp 40.000 ditanggung swadaya petani. Santunan yang dibayarkan adalah Rp 10 juta per orang jika meninggal dunia dan Rs 7 juta per orang.

3. Pendaftarannya sederhana

Petani online juga dimudahkan dalam proses pendaftaran asuransi pertanian ini. Pemerintah bekerja sama dengan perusahaan asuransi untuk meluncurkan platform digital yang dapat membantu petani mendaftar.

Pendaftaran peserta asuransi pertanian dapat dilakukan melalui layanan digital bernama SIAP (Sistem Informasi Asuransi Pertanian). Sistem online ini memudahkan petani untuk mengikuti program AUTP dan AUTS/K.

Asuransi Pertanian yang Digunakan di Indonesia

Di Indonesia, pemerintah mengembangkan program asuransi pertanian melalui dasar hukum Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia No. 40/Permantan/SR.230/7/201. Dalam undang-undang asuransi pertanian, negara membiayai petani untuk membeli asuransi dari dana khusus dari anggaran pendapatan dan belanja negara (APBN).

Program Hibah Asuransi Pertanian Indonesia diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Prasarana dan Sarana (Dirjen PSP) Kementerian Pertanian Republik Indonesia bekerja sama dengan perusahaan asuransi negara PT Jasa Asuransi Indonesia (Jasindo). Oleh karena itu, petani peserta menyebutnya "Jacinda" untuk asuransi pertanian.

Dalam praktiknya, Jasindo sebagai satu-satunya penyedia asuransi pertanian di Indonesia akan mengelola dana kompensasi dan premi bagi petani. Selain program pemerintah, Jasindo juga memiliki beberapa produk asuransi swasta bagi petani.

...
09 March 2022
3 Perusahaan Asuransi Hewan Peliharaan. Yang Mana Yang Terbaik?

3 Perusahaan Asuransi Hewan Peliharaan. Yang Mana Yang Terbaik?

Pernahkah Anda mendengar tentang asuransi hewan peliharaan? Ketika berbicara tentang asuransi, banyak orang berpikir bahwa asuransi hanya untuk orang. Bahkan kita bisa mengajukan asuransi untuk hewan kesayangan kita.

Meskipun tidak banyak perusahaan asuransi yang menawarkan asuransi hewan peliharaan, tiga perusahaan asuransi yang kita bicarakan sekarang sebenarnya menyediakan asuransi hewan peliharaan dengan persyaratan mereka sendiri, jadi ini akan membantu kita mencegahnya. untuk hewan peliharaan.

Jika Anda memiliki hewan peliharaan favorit, seperti kucing atau anjing, bukan ide yang buruk untuk mendapatkan asuransi. Asuransi hewan peliharaan melindungi orang yang Anda cintai dari kejadian yang tidak diinginkan seperti risiko kematian karena kecelakaan, risiko pencurian dengan kekerasan, dan risiko tanggung jawab pihak ketiga.

Ingin mempelajari lebih lanjut tentang asuransi hewan peliharaan? Yuk simak ulasan selanjutnya.

1. Asuransi Hewan Peliharaan Sinar Mas Simas

Asuransi hewan peliharaan pertama adalah Asuransi Hewan Peliharaan Sinar Mas Simas. Sinar Mas sendiri merupakan salah satu perusahaan terbesar yang beroperasi di berbagai sektor, salah satunya adalah sektor asuransi.

Simas Pet Insurance adalah salah satu asuransi hewan peliharaan yang digunakan untuk melindungi hewan peliharaan, seperti anjing dan kucing, dari barang-barang yang tidak diinginkan termasuk risiko kematian, kecelakaan, perampokan dengan kekerasan, dan risiko tanggung jawab. Para Pihak.

Sebelum Anda mengajukan asuransi hewan melalui Simas Dyreforsikring, tentunya Anda harus terlebih dahulu memenuhi beberapa persyaratan terkait hewan peliharaan. Untuk polis baru, hewan peliharaan harus berusia minimal 2 bulan hingga 3 tahun. Sedangkan untuk memperpanjang polis, usia hewan peliharaan minimal harus berusia 4-8 tahun.

2. Rumah Polis Pet Insurance

Selanjutnya adalah Rumah Polis Pet Insurance adalah bagian dari perusahaan asuransi Indonesia PAIB, yang juga bekerja sama dengan Adira untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk membeli produk asuransi secara digital sehingga masyarakat memiliki akses ke polis asuransi di mana saja, kapan saja. Salah satu produk yang disediakan oleh Rumah Polis adalah asuransi hewan peliharaan. Anda memiliki pilihan antara tiga formula asuransi. Setiap jenis memiliki premi asuransi yang berbeda.

Rumah Polis juga tampaknya menerapkan apa yang disebut sebagai penyangkalan garansi dalam beberapa kasus yang Anda ketahui. Tidak hanya itu, syarat klaim juga berbeda-beda tergantung kasus yang dialami hewan peliharaan Anda.

3. Figo Pet Insurance

Perusahaan asuransi hewan peliharaan terakhir yang akan kami tutupi adalah Asuransi Hewan Peliharaan Figo. Seperti perusahaan hewan peliharaan lainnya, Figo Pet Insurance juga menawarkan perlindungan untuk hewan peliharaan kesayangan Anda. Perusahaan asuransi yang berbasis di Chicago, AS dapat mengunduh aplikasi khusus ke telepon mereka yang memberikan semua yang mereka butuhkan, mulai dari dokter hewan darurat 24 jam hingga pengingat tentang apa yang harus dilakukan untuk hewan peliharaan Anda.

Jika Anda ingin mendaftarkan hewan peliharaan Anda ke Figo Pet Insurance, hewan peliharaan Anda harus berusia minimal 8 minggu atau lebih tanpa batasan usia. Namun, jika Anda ingin memperpanjang polis saat hewan peliharaan Anda berusia 8-10 tahun, Anda harus mengikuti petunjuk dokter mengenai kesehatan hewan tersebut.

 

Saat ini, asuransi hewan peliharaan khususnya di Indonesia masih sangat jarang ditemui, meskipun pada kenyataannya sama pentingnya dengan asuransi untuk Anda dan keluarga. Karena hewan peliharaan juga merupakan bagian dari keluarga, kesehatan dan keselamatan mereka harus diperhatikan. Sekarang, dengan ketiga perusahaan asuransi ini, Anda setidaknya dapat merasa sedikit aman bahwa hewan peliharaan Anda telah menerima perlindungan yang layak.

...
18 May 2022
Langkah Nyaman Investasi Kripto Bitcoin

Sejak 5 tahun terakhir, booming bahasan Cryptocurrency sebagai mata uang kripto yang menjadi alternatif menarik bagi kalangan investor, terutama trader, meski awam tentu untuk masyarakat yang berminat, sebaiknya mempelajari aset seperti Bitcoin, Ethereum Dogecoin dan lainnya, tipsnya adalah.

  1. Pilih Broker
  2. Daftar dan Verifikasi
  3. Pembayaran Tunai
  4. Pilih Jenis Aset Kripto
  5. Metode Penyimpanan

Pilih Broker 
Pembelian aset kripto yang harus menjadi perhatian adalah, exchange atau broker crypto yang menjadi platform digital, dimana terdapat penjual maupun pembeli untuk perdagangan aset kripto,
karenanya broker kripto memang memasang tarif perdagangan dengan biaya relatif murah.

Sayangnya, interfaces yang disediakan cukup kompleks dengan beberapa jenis transaksi perdagangan dengan grafik yang sama sekali baru bagi investro awam, tentu ini cukup menyulitkan, karena bagi anda yang baru mengenal trading, tentu membutuhkan banyak wawasan.

Meski begitu dalam membeli aset Crypto terdapat di broker ternama seperti Binance, Gemini, juga Coinbase, dengan menampilkan grafik perdagangan yang mudah dipahami pengguna umum, begitupun bagi mereka yang masih awam mengenai trading.

Pengguna harus berhati-hati karena bisa saja mengalami batas pemindahan kepemilikan aset ini dari dan ke platform lain, dalam nominal kecil, hal ini bukan masalah serius, dalam investasi lanjut dengan skala besar, tentu membutuhkan penyimpanan aset di crypto wallet untuk ekstra keamanan.

Daftar dan Verifikasi
Setelah yakin dan berniat investasi di kripto dan memilih broker, lalu segeralah membuka account, tergantung juga produk atau platform yang akan dipilih dengan jumlah yang akan diinvestasikan, biasanya akan diminta verifikasi identitas, terlebih pada broker lokal, guna menghindari penipuan maupun menjadi syarat yang ditentukan bank sentral setiap negara.

Pembayaran Tunai
Siapkan kembali dana untuk pembelian kripto, karena saat melakukan setor tunai untuk pembelian uang kripto, maka dengan memasukkan nomor rekening bank, tentunya, dibutuhkan autorisasi transfer tunai, bahkan saat proses pembayaran pada broker atau bursa kripto.

Pada beberapa kasus, bisa saja uang tunai anda segera diproses untuk dikonversi menjadi balance kripto di dashboard account anda, dalam hitungan menit atau jam, tapi tidak jarang juga yang sampai, beberapa hari, tergantung dimana anda membeli melalui broker mana.

Umumnya, terdapat beberapa bursa yang menerima pembayaran melalui kartu kredit, sayangnya sangat berisiko, meskipun banyak perusahaan vendor kartu kredit yang menerima pembayaran pembelian kripto dengan kartu kredit, sayangnya pembayaran melalui CC akan dibebankan biaya dan bunga lebih tinggi dari pembayaran biasa, begitupun saat biaya penarikan tunai.
 
Pilih Jenis Aset Kripto
Setelah balance atau saldo masuk di account, siapkan juga wallet untuk penempatan aset kripto anda, terdapat ratusan aset kripto yang bisa dipilih, seperti yang paling terkenal adalah Bitcoin atau Ethereum, sampai kripto yang masih belum jelas, seperti Holo ataupun Theta Fuel.

Saat mulai memutuskan aset kripto mana yang dibeli, silahkan memilih dengan mengenali simbolnya, adalah BTC untuk Bitcoin, bisa dimulai dengan pecahan terkecil seperti satoshi untuk bitcoin, atau bisa membeli dengan partai besar, seperti 0,5BTC yang kini senilai 250an juta rupiah, ataupun Ethereum.

Metode Penyimpanan Kripto
Perlu diketahui bahwa exchange kripto tidak mendapat pengakuan bahkan perlindungan dari lembaga semacam Federal Deposit Insurance Corporation, dimana risiko pencurian aset sangat besar, bahkan risiko hilang ataupun diretas, maka untuk mengantisipasinya, gunakan kode multiauthenticate untuk mengakses account, maka gunakan salah satu penyimpanan berikut.

- Bursa 
Tentunya saat pembeliannya melalui bursa kripto, terdapat wallet otomatis untuk penyimpanan balance kripto di bursa tersebut, apabila anda merasa asing terhadap broker penyedia bursa perdagangan tersebut, atau berniat memindahkan ke provider lain yang menurut anda aman.

Anda bisa mentransfer dari bursa ke hot wallet ataupun cold wallet yang terpisah, bergantung dari nominal pemindahan transfernya, disarankan untuk pemindahan nominal bernilai besar saja,
karena terdapat charge dengan biaya tidak sedikit untuk pemindahan ini.

Apa itu Hot Wallets dan Cold Wallets ? Hot Wallets adalah crypto wallet yang menyimpan secara online, yang bisa dimonitor dari tab atau smartphone, hot wallet sudah cukup aman serta memberi kenyamanan, meskipun dalam prinsip keamanan teknologi informasi tidak ada yang 100% selama masih terhubung ke internet.

Sedangkan Cold Wallets adalah perangkat keras tambahan untuk penyimpanan account digital anda yang berkeamanan algoritma blockchain ini, maka, bisa dipindahkan pada flash drive atau hardisk portable, untuk proses pencairan atau transaksi perdagangan mata uang kripto ini.

Aset kripto memang seringkali diklaim mendatangkan keuntungan, sayangnya hal ini belum bisa dikategorikan sebagai pemasukan utama untuk sebuah bisnis, tetaplah menjalankan bisnis atau pekerjaan utama anda, karena kripto masih dikategorikan setara dengan trading online dengan batasan investasi yang penuh risiko.

Dalam setiap aspek kehidupan memang selalu berisiko, maka dengan merencanakan segala hal yang berisiko seperti risiko kebangkrutan dalam kantor fisik setiap bisnis yang dijalankan, hal yang bijak adalah dengan mengasuransikan properti atau bangunan kantor bisnis anda.(Arm)

...
14 May 2022
Perencanaan Keuangan Startup

Merencanakan bisnis startup ? terlebih bisnis startup yang bertemakan teknologi, selain menjadi trend, daya tarik dan tantangan, memiliki usaha sendiri dengan penerapan teknologi, tentu akan lebih bergairah, karena pelakunya bukan hanya kamu, maka, sebelum melangkah lebih jauh, kamu harus belajar mengelola keuangannya.

Startup seringkali mengalami kegagalan pada 3 tahun pertama, karena pengelolaan keuangan yang buruk, tentunya bukan diawali dengan perencanaan yang baik dan matang, sehingga pada fase pengembangan dan penelitian terhadap pasar dan minatnya, seringkali sudah pivot tidak jarang juga gulung tikar, simak artikel ini karena akan membahas hal-hal penting.

  1. Setup Cost 
  2. Proyeksi Untung Rugi 
  3. Cashflow Prediction 
  4. Neraca Saldo
  5. Analisa Break Even Point

Di fase pengenalan ini, biaya marketing sangatlah menguras dengan harapan, terciptanya pasar atau bisa mengakuisisi pengguna, kumpulkan beberapa pengguna dan mintalah pendapatnya, apa yang bisa membuatnya betah dan apa yang dibutuhkan untuk mengakomodasi kebutuhannya, agar tidak terus-terusan mengeluarkan biaya marketing besar-besaran.

Setup Cost 
Biaya produksi, perijinan,lisensi, alat, modal awal, biaya marketing, biaya distribusi harus diperhatikan dengan baik, setidaknya untuk satu tahun mendatang, tahap ini besaran biaya yang akan dijalankan wajib dibandingkan dengan sejumlah modal yang dimiliki.

Proyeksi Untung Rugi
Hal ini haram ditinggalkan bagi apapun background dan jenis usahanya, gunakan simulasi perputaran modal, estimasi untung rugi, pengeluaran, analisa pasar dengan SWOT, di titik mana akan balik modal, sampai pendapatan mulai stabil atas penjualan produk kamu.

Dengan proyeksi laba rugi ini, perencanaan keuangan akan lebih jelas, visi misi perusahaan kamu lebih terarah, dari ongkos produksi sampai harga jual produk kamu, polanya sama, gunakan perbandingan omset dengan harga jual pokok serta biaya operasional, lalu tetapkan persentase penjualan sampai bisa mendapatkan profit

Cashflow Prediction
Tidak berbeda jauh dengan proyeksi laba-rugi, di prediksi ini, kamu harus tau estimasi dana yang akan dicatat dan kelak akan dilaporkan sebagai pertanggung jawaban pajak, yang tak lain 
juga menjadi kas besar perusahaan, dalam periode tahunan.

Berkurang atau bertambahnya keuangan ini berkaitan dengan penjualan barang, retensi tagihan, pengeluaran dividen, pembayaran gaji, pembaran hutang, pajak dan lain sebagainya, siapkan data pengeluaran tetap maka kamu bisa memproteksi sampai satu tahun kedepan, karena dengan potensi likuiditas tinggi, tentu cashflow perusahaan kamu sangat rendah, yang artinya startup kamu tidak efektif dalam pemakain uang kas.

Maka, perhitungkan secara matang uang cash perusahaanmu terlebih dalam operasional, piutang perusahaan, lamanya pembayaran dari client, karena ini berkaitan dengan keuntungan semu, yang sering terjadi di startup-startup.

Neraca Saldo 
Memperkirakan neraca saldo sungguh penting, karena dengan perkiraan jumlah pengeluaran dan biaya operasional, kamu akan memiliki keputusan bisnis, apakah dengan membeli aset, pinjaman bank, menambah biaya marketing ataukah waktunya menggaet investor.

Saat melaukan perhitungan neraca, yang perlu menjadi perhatian adalah hasil perkiraan laba-rugi yang meskipun kesemuanya tidak bisa tercatat dengan baik di arus kas, sehingga pencatatannya, kelak dilakukan secara tunai, yang artinya apabila Jumlah Pasiva dan Aktiva tidak seimbang, maka harus di cek kembali, apakah laporan Rugi-Laba dan Cash Flow sudah benar.

Analisa BEP 
Perkirakan juga seberapa anjloknya omset kamu kelak, meskipun bisnis kamu harus tetap jalan dan terus produksi dalam keadaan berdarah-darah, supaya mengetahui pengorbanan ini akan ada hasilnya atau tidak, maka lakukan analisa BEP untuk membantu perencanaan keuangan startup kamu.

Caranya adalah, seimbangkan operasional dengan laba-rugi di level bottom, hitung ilang semua variabel, biaya tetap, volume aktivitas serta keuntungan yang didapat, dalam suatu periode, tentu bisnis kamu mengalaim BEP, sederhananya, dalam situasi tersebut, apabila kondisinya mengindikasikan biaya produksi melebihi total pendapatan, tentunya bisnis kamu di bawah BEP.

Semua ini tentang analisa dan informasi lengkap mengenai jumlah penjualan minimal agar tidak terlalu merugi, serta jumlah penjualan yang harus dicapai untuk meraup laba, pastikan juga,
mengapa dan seberapa besar efek berkurangnya penjualan, agar bisnis tak terus merugi, serta efek perubahan biaya tetap, biaya veriable volume penjualan sampai harga jual, berdasar keuntungan yang didapat.

Menentukan perencanaan keuangan bisnis ataupun startup sangatlah dibutuhkan ketelitian mendalam dan pengalaman dalam berbisnis dan mengelola keuangan lebih baik, maka informasi valid atas keputusan bisnis sangatlah diperlukan, pastikan semuanya terencana, termasuk biaya perbaikan dan pemulihan, terlebih yang berkaitan dengan kejadian tak terduga.

Maka dengan membeli asuransi properti untuk bisnis kamu, segala kemungkinan terburuk bisa diatasi.(Armin)

...
14 May 2022
Asuransi Proyek

Pekerjaan konstruksi pembangunan, menjadi sektor yang terus dikerjakan dan terus tumbuh, meski begitu sangat berisiko besar, tentunya antisipasi dengan asuransi proyek adalah solusi untuk risiko besar yang akan terjadi, karena dengan asuransi konstruksi, terdapat assesment dari beberapa pihak yang juga merupakan ahli konstruksi sipil.

Serta ahli dalam manajemen mutu proyek secara bobot pekerjaan maupun finansial, baik tenaga kerja, bencana alam, material sampai bisnis konstruksi yang terlibat didalamnya, dengan proteksi ini, biasanya mencakup layanan asuransi jiwa, yang akan menyantuni ahli waris dan keluarga pekerja, dengan santunan tunai.

Artikel kali ini membahas lebih men-detail, mengenai pelaksanaan asuransi proyek untuk perlindungan pekerjaan konstruksi dari beberapa risiko sampai bisa menyelesaikannya tepat waktu.

Pengertian asuransi proyek 
Adalah satu dari beberapa asuransi umum yang bisa melindungi kerugian keuangan ataupun kecelakaan pekerja proyek konstruksi yang tentunya mengganggu proses pelaksanaan pekerjaan tersebut,secara umum, asuransi ini akan memberi jaminan atas pelaksanaan proyek konstruksi termasuk penjaminan alat dan tenaga kerja yang terlibat, karena umumnya, yang menjadi pertanggungan asuransi proyek adalah.

  • Bangunan fisik berupa gedung ataupun komersial 
  • Proyek infrastruktur
  • Alat penunjang proyek 
  • Nilai kontrak 
  • Material pemiliki atau dari supplier
  • Biaya demobilisasi
  • Proyek perlu diasuransikan

Pekerjaan proyek pembangunan sangatlah berisiko tinggi, meski sudah ditetapkan langkah mitigasi dan perencanaan matang, tenaga kerja yang sudah berpengalaman dan kontraktor maupun konsultan handal sekalipun, ditambahnya material dengan kualitas tinggi, tetap saja tidak bisa menjamin proyek bebas dari kegagalan ataupun kecelakaan.

Asuransi proyek sangatlah dianjurkan untuk pemakaiannya, dalam pelaksanaan pengerjaan proyek, baik infrastruktur maupun bangunan komersial, berikut beberapa manfaatnya

  1. Jaminan mitigasi risiko dalam bisnis pengerjaan proyek asuransi, dengan asuransi proyek ditambah surety bond.
  2. Jaminan kepastian dan keselamatan kerja, sehingga pemilik proyek tidak harus membayar sejumlah uang saat terjadi risiko pada pekerja.
  3. Penggantian atas kerugian finansial dari berbagai risiko seperti tanggung jawab hukum pihak ketiga (Third party liability) yang seringnya terjadi karena bencana alam ataupun kelalaian, termasuk diantaranya kerusakan alat, pencurian atau kerugian dalam masa pengerjaan.
  4. Mengurangi risiko korupsi, karena asuransi ini bersifat persyaratan ketat sebelum pengajuan asuransi disetujui.

Menghitung premi asuransi proyek

Persentase asuransi pekerja proyek dihitung berdasar beberapa faktor yang menyertainya, seperti lokasi, jenis proyek, siapa kontraktornya, pemilik proyeknya berapa lama perkiraan penyelesaian proyek, sampai jenis alat atau mesin yang akan digunakan.

Terdapat beberapa jenis premi asuransinya, yaitu Surety Bond, EAR ataupun CAR yang jelas berbeda penggunaan dan jaminannya, meski begitu terdapat formula perhitungan yang umum dipakai untuk menghitung biaya jasa asuransi proyek, yaitu 

Premi = JumlahPertanggungan X Suku berdasar persentase premi di jangka waktu proyek

Contohnya adalah, perusahaan X akan mengerjakan proyek pembangunan gedung sekolah dengan nilah pertanggungan sebesar satu miliar rupiah, terdapat Suku atau rate premi sebesar 0.1%, maka premi yang harus dibayarkan oleh perusahaan X untuk asuransinya adalah satu juta rupiah.

Asuransi Jaminan Proyek
Atau yang biasa disebut dengan Surety Bond, adalah sebuah produk asuransi yang sering ditawarkan oleh kontraktor, apabila kontraktor gagal dalam menyelesaikan tugasnya, maka pihak surety yang akan bertanggung jawab pada obligee untuk penyelesaian kewajibannya.

Erection All Risk
Jenis pertanggungan yang akan memberikan ganti rugi kerusakan alat dan mesin saat instalasi ataupun saat deplot untuk pengerjaan proyek konstruksi, tak terbatas pada kontruksi, biasanya EAR  juga memberikan jaminan pada pekerjaan pengeboran minyak maupun pembangkit tenaga listrik.

Biasanya yang dijaminkan adalah Kerusakan Material, dimana kerugian atau kerusakan fisik yang tidak berkaitan dengan proses instalasi mesin, juga tanggung jawab hukum pihak ketiga, yang
berhubungan erat dengan pekerja atau cedera pekerja yang melakukan instalasi alat, yang juga menyebabkan kerusakan harta benda, serta biaya hukum.

Dalam pengerjaan proyek yang berisiko, akan lebih baik apabila dicover dengan asuransi proyek, terlebih infrastruktur maupun komersil, karena asuransi proyek adalah solusi penanggulangan 
agar mencegah kerugian membesar, Artha Bina Bhayangkara sebagai broker asuransi ternama, menyediakan layanan konsultasi atas kebutuhan asuransi proyek yang dibutuhkan kontraktor maupun pemilik proyek.(Armin)

...
12 April 2022
Asuransi Bisnis Waralaba Yang Melindungi Hak Pengusaha

Waralaba adalah hubungan hukum dan komersial antara pemilik merek dagang, merek layanan, nama dagang, atau simbol iklan dan individu atau kelompok yang ingin menggunakan identifikasi itu dalam bisnis. Waralaba mengatur metode menjalankan bisnis antara kedua belah pihak. Umumnya, franchisee menjual barang atau jasa yang dipasok oleh franchisor atau yang memenuhi standar kualitas franchisor.
Waralaba didasarkan pada rasa saling percaya antara franchisor dan franchisee.

Pemilik waralaba memberikan keahlian bisnis (rencana pemasaran, panduan manajemen, bantuan pembiayaan, lokasi lokasi, pelatihan, dll.) yang jika tidak, tidak akan tersedia bagi penerima waralaba. Pewaralaba membawa kepada operasi waralaba semangat kewirausahaan dan dorongan yang diperlukan untuk membuat waralaba sukses.

Waralaba produk/nama dagang dan Waralaba format bisnis.
Dalam bentuk yang paling sederhana, pemilik waralaba memiliki hak atas nama atau merek dagang dan menjual hak tersebut kepada penerima waralaba. Ini dikenal sebagai "waralaba produk/nama dagang". Bentuk yang lebih kompleks, "waralaba format bisnis," melibatkan hubungan berkelanjutan yang lebih luas antara kedua pihak. Waralaba format bisnis sering menyediakan berbagai layanan, termasuk pemilihan lokasi, pelatihan, pasokan produk, rencana pemasaran, dan bahkan bantuan dalam memperoleh pembiayaan.

Tergantung pada jenis bisnis waralabanya, ASURANSIKU.id menyediakan kebutuhan polis yang dapat berubah seiring waktu. ASURANSIKU.id adalah perusahaan asuransi yang didukung oleh lebih dari 20 tahun pengalaman dan ASURANSIKU.id telah membantu lebih dari 1 juta pemilik usaha kecil. ASURANSIKU.id ingin melakukan hal yang sama untuk pemilik usaha dan startup. ASURANSIKU.id dapat bekerja sama untuk memberikan jenis asuransi bisnis waralaba yang diperlukan perusahaan. Dapatkan penawaran asuransi bisnis waralaba hari ini serta pelajari bagaimana ASURANSIKU.id dapat membantu usaha waralabamu.

...
17 May 2022
Startup menjelang IPO ? Mari Belajar dari GOTO dan Bukalapak

Pada akhir pekan lalu, dunia maya sempat dikejutkan anjloknya saham startup unicorn yang sedang naik daun, karena dalam hitungan 2 bulan, baru saja melantai di bursa saham, beberapa analis an pemerhati, mulai mengkritisi para BOD dan komisarisnya, meski pada saat artikel ini ditulis, saham GOTO kembali naik sebanyak 22 poin atau 11.34%.

Startup teknologi yang sedang berkembang dan tumbuh di Indonesia, memang memberikan dampak baik akan terbukanya lapangan pekerjaan, dan tempat berkembangnya para pelajar dan peminat teknologi, bahkan berkontribusi atas pemasukan pada pemerintah Indonesia dari pajaknya, namun terdapat poin yang harus dipelajari.

  1. Perhatian Investor
  2. Konsolidasi
  3. Beli atau Lepas

Perhatian Investor
Pada tahun lalu, Bukalapak melakukan IPO atau Initial Public Offering, dan pada Maret lalu disusul oleh 2 raksasa yang merger, yaitu Tokopedia dan Gojek dengan nama PT. GoTo Gojek Tokopedia Tbk, dan menyisakan pelajaran besar yaitu sebuah konsolidasi sesaat terdaftar di bursa pasar modal.

Perhatian investor untuk menambah portfolio bisnisnya, tentu akan membuat kapitalisasi pasar perusahaan meluas, maka, startup lain pun perlu belajar, bahwa baik di dalam atau di luar negeri pun upaya ini harus dilakukan sebelum IPO terjadi.

Konsolidasi
Pada PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa dan PT. Tokopedia yang telah konsolidasi lebih dulu, dengan konglomerasi bisnis yang membesar juga,diantaranya ada fintech (Gopay), Ridehailing, E-Commerce, belum termasuk GOTO juga mempunyai afiliasi perusahaan seperti ARTO yang menjadi anak perusahaannya di pasar modal, dan beberapa kepemilikan saham kecil lainnya.

Seringnya, emiten yang telah memasuki bursa saham, akan kembali ke hal fundamental, karena secara fundamental, GOTO masih belum bisa mencetak profit hingga 3 tahun mendatang, maka yang bisa dilakukan sebagai nilai dasar untuk valuasinya adalah pertumbuhan transaksi pada setiap penjualan di platformnya.

Beli atau Lepas 
Begitupun dengan saham BUKA atau Bukalapak yang sempat anjlok hingga 6,21% dalam sehari, lalu bagaimanakah langkah yang pas untuk investor ?. Jika merujuk pada beberapa artikel dan twit dari pemerhati saham, pergerakan saham GOTO dan BUKA masih dalam tahap Downtrend, sehingga ada baiknya mengurangi porsi kepemilikan.

Namun jika tetap ingin memiliki dan memandang penurunan saham ini sebagai sebuah peluang, maka tunggulah penurunan harga sampai pada titik terbatas, dengan adanya indikasi trend reversal, yang selanjutnya dapat membeli secara mencicil per 100 lembar atau per 500 lembar sekali beli tahap entry, bisa satu atau langsung dua emiten, GOTO dan BUKA.

Memiliki saham disuatu perusahaan tentu bisa menjadikan portfolio bisnis, serta menjadi sarana investasi, ataukah sekedar trading saham ? keduanya sama baik, namun dalam prinsip perencanaan keuangan, dalam berinvestasi saham tidaklah cukup, jika tanpa memiliki asuransi sebagai pegangan atau jaminan keamanan finansial dan perlindungan diri.(Arm)

...
14 May 2022
Dari Pandemi, Belajar Kesadaran Perencanaan Keuangan

Pandemi banyak memukul semua sektor, yang paling parah diantaranya adalah pariwisata, olahraga, hiburan, termasuk diantaranya properti, meski begitu terdapat beberapa sektor bisnis yang terus menggeliat, yaitu kesehatan dan teknologi, maka dari kejadian tersebut kita akan belajar.

  1. Perencanaan Keuangan
  2. Kesadaran Kesehatan 
  3. Kesadaran Asuransi

Meski sempat dilonggarkan, dan pada 10 Mei hingga 23 Mei 2022, pemerintah kembali memberlakukan PPKM, namun vibes lepasnya pandemi sudah mulai terasa, hal itu dapat terlihat saat kita melihat fenomena mudik beberapa Minggu lalu.

Karena kondisi yang paling memberatkan adalah, saat banyak warga negara Indonesia, tidak lagi bisa bekerja untuk menghasilkan pundi-pundi untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, hal-hal seperti ini, tidak semua bisa tertolong, karenanya kesadaran akan perencanaan keuangan tidaklah banyak diterapkan di Indonesia.

Perencanaan Keuangan
Awal mula pandemi, banyak berita memilukan berkaitan dengan rutinitas harian beberapa masyarakat, yang cukup memberi pengaruh atas pandangan dan cara sebagian besar orang saat menggunakan keuangannya,termasuk diantaranya yang menabung untuk pendidikan, menabung untuk dana darurat, hingga tabungan untuk ibadah.

Karena banyaknya keuangan pribadi dan ekonomi sebagian besar orang yang kolaps, karena minimnya literasi keuangan, bahkan semua kalangan pun mengalaminya, tentu hal tersebut mengajarkan semua pihak untuk lebih mengenal manajemen keuangan serta perencanaan finansial, sejak pandemi, terjadi peningkatan cukup besar, berkaitan dengan penyetoran dana di instrumen investasi.

Jika berkaca dari catatan OJK pada 2019 sebelum pandemi, persentasi literasi keuangan penduduk Indonesia, sempat naik, sejak adanya fenomena crypto sampai 38%, jika melihat 3 tahun sebelumnya, yang hanya 29% saja, meski terdeteksi kenaikan, menurut catatan OJK, masih kalah apabila dibanding negara tetangga, yang literasi keuangannya mencapai 70% keatas.

Kesadaran Kesehatan 
Selama pandemi, tim Tanggap Covid di DKI saja sebagai contoh kasus, menyebutkan pelanggar prokes, terlebih penggunaan masker ditempat umum mencapai 839.355 kasus dengan total denda mencapai 2,3M rupiah, dalam hal ini dapat diketahui bahwa, masyarakat Indonesia, sekalipun berhadapan dengan penyakit berbahaya, tetap saja abai dengan kesehatan diri sendiri, keluarga dan orang lain.

Bahkan saat informasi sebaran Covid-19 diberitakan mengalami penurunan kasus, tetap saja kesadaran akan kesehatan sulit diterapkan, seperti menjaga kebersihan, kebiasaan pemakaian masker, olahraga, makan makanan bergizi, sehingga tetap rentan terjangkit lagi kasus Covid dengan varian berbeda.

Kesadaran Asuransi
Asuransi, baik itu yang dikelola swasta maupun pemerintah, sangatlah dianjurkan untuk terus dimiliki, terkhusus asuransi jiwa, yang memberikan santunan sejumlah uang tunai kepada pemegang polis, terlebih keluarga yang di tinggalkan, manfaat asuransi jiwa sangatlah terasa pada era pandemi 2020-2021 lalu.

Nasabah asuransi yang mengcovider penyakit Covid-19, yang divonis positif virus Covid-19, mendapat santunan dan biaya perawatan, sehingga tidak perlu kesusahan untuk biaya perawatan covid yang tergolong mahal, dengan pengobatan dan instrumennya yang cukup sulit didapat dipasar.

Tentu dari beberapa kejadian, manusia diwajibkan sadar atas hal buruk yang menimpa, agar kelak jika terjadi lagi, bisa lebih siap, maka dengan tiga hal diatas, masyarakat Indonesia, diharapkan
lebih bisa memahami dan mempersiapkan apabila, hal-hal buruk kembali terjadi, meskipun kita tidak pernah berharap hal tersebut benar terjadi.(Arm)

...
14 May 2022
Asuransi Pengiriman Belanja Online, Seperti apa ?

Tentunya dimasa sekarang, kamu sudah sering melakukan belanja online dong, tapi, pernah nggak kamu cari tau cara kerja asuransi pengiriman untuk belanja online ? khususnya barang rawan rusak, seperti logam mulia, alat elektronik, sampai produk konsumen cepat bergerak, semuanya membutuhkan asuransi.

Risiko dalam pengiriman suatu barang, tentu terjadi, maka dengan pertanggungan risiko tersebut, barang yang mengalami kerusakan ataupun kehilangan, bisa ditanggung oleh pihak asuransi tersebut, contoh saat membeli laptop, dalam proses pengiriman terdapat kerusakan, meskipun sudah diproteksi, maka kamu bisa mengajukan klaim asuransi melalui Marketplace tersebut, dan diteruskan ke perusahaan asuransi, untuk mendapat pertanggungan, berupa penggantian uang ataupun penggantian unit baru.

Selain pengiriman, asuransi juga memberikan pertanggungan risiko saat terjadi proses pengiriman kembali atau retur apabila barang yang dibeli tidak sesuai saat sampai di tempat tujuan si pembeli, biasanya besaran premi akan berbeda berdasar nilai barangnya, seperti sekian persen dari harga barang.

Perusahaan asuransi yang bekerja dengan Marketplace ini akan membayar meskipun memiliki batas nominal, seberapa besar, perusahaan asuransi akan memberikan penggantian barang yang rusak ataupun hilang tersebut.

Bagi pengguna marketplace yang berbelanja, kontribusi perusahaan asuransi sangatlah berarti, karena asuransi pengiriman ini bisa mengurangi keresahan pelanggan, karena pelanggan tau akan risiko yang ditanggung oleh pihak asuransi, apabila terjadi kerusakan atau kehilangan barang.

Dilain itu, premi asuransi yang dibebankan pada pembeli, bernilai relatif kecil, karena memang biaya tambahan yang pasti harus dibayarkan oleh si pembeli tadi, meski begitu, asuransi pengiriman ini memberikan manfaat besar terhadap risiko saat barang dikirimkan.

Beberapa perusahaan Marketplace mempunyai fitur khusus apabila pembeli hendak mengklaim secara daring apabila barang yang dibelinya hilang atau rusak, tentu terdapat pula prosedur yang harus dijalani konsumen saat mengklaimnya.

Perusahaan asuransi yang memberikan layanan produk asuransi pengiriman tersebut, tentunya terdaftar dan diawasi juga oleh OJK, sehingga pelanggan belanja online pun juga dapat dengan baik, dilayan oleh perusahaan asuransi.

Apakah kamu yang sedang menjalankan bisnis online sudah mengasuransikan barang yang kamu kirimkan ? ataukah kamu juga sudah mengasuransikan bisnis onlinemu dari segala risiko kerugian yang sulit diduga ? untuk pencegahan, ada baiknya, gunakan asuransi kebakaran untuk perlindungan properti bisnis kamu.(Armin)

...
22 March 2022
Kebutuhan Terpenuhi dan Terhindar dari Hutang

Jika memiliki kebiasaan menyimpsn uang dalam tabungan. Kebutuhan utama Anda akan selalu terpenuhi. Menabung adalah hal yang sangat berguna. Manfaat menabung adalah untuk memenuhi kebutuhan hidup. Khususnya yang termasuk dalam daftar kebutuhan pokok.

Terhindar dari Hutang
Jika Anda memiliki tabungan Anda akan terhindar dari risiko berutang. Tanpa harus bingung mencari uang ketika ada sesuatu yang Anda butuhkan atau butuhkan, Anda bisa langsung membelinya jika memiliki tabungan. Tidak perlu memanjakan dan mengkhawatirkan orang lain, tabungan Anda akan dengan mudah memenuhi kebutuhan Anda.

Sebelum Anda menabung, berjanjilah pada diri Anda sendiri bahwa Anda tidak akan mengambil tabungan Anda hanya untuk memenuhi keinginan Anda, ingatlah selalu tujuan menabung agar Anda dapat segera mencapai tujuan itu dan mencapainya.

Manfaat menabung adalah untuk meningkatkan kondisi keuangan seseorang. Masa depan juga dapat diselamatkan, dan peristiwa penting juga dapat diprediksi dengan menyimpannya. Alangkah baiknya jika budaya menabung dimunculkan secara turun-temurun, untuk melanjutkan kegiatan ekonomi ini agar tidak ada masalah keuangan baik untuk diri sendiri maupun orang lain. Pastikan menabung dengan tujuan yang jelas agar bisa menjadi motivasi yang kuat untuk melakukannya dan akan mendapatkan hasil yang memuaskan pula