PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
...
21 July 2021
Kenapa Airbag Tidak Mengembang ?

Sempat heboh diberitakan insiden kecelakaan yang dialami oleh mantan bos GDI (Garansindo Distributor Indonesia) Muhammad Al Abdullah atau yang biasa di sapa, Memet yang kala itu berkendara menggunakan Jeep Cherokee 3.6L di Tol Kanci pada Kamis 15 Juli 2021 lalu.

Pada kejadian tersebut, saat mobil menabrak truk di jalur yang berkaitan dengan fitur keselamatan SUV dari USA itu tidak bekerja dengan baik, termasuk kantung udara (airbag) sang pemilik mobil, Memet, menyebutkan bahwa airbag di mobilnya tidak muncul dan melindunginya saat terjadi benturan.

Baca Juga : Efek PPKM Sering Kena Macet ? Rawat Mobil Dengan Cara Ini

Beberapa foto kecelakaannya pun di bagikan, melalui akun sosial media, dimana memang tidak ada air bag yang keluar, meski mobil bagian depan hancur.

Padahal seharusnya, airbag bekerja menjadi sistem penahan agar meminimalisir kerasnya benturan yang dialami pengemudi dan penumpang disebelahnya, fitur ini bekerja dengan mengembangkan airbag ketika sensor mobil mendeteksi benturan keras.

Untungnya, korban tidak mengalami cidera serius yang diakibatkan kecelakaan itu, namun memunculkan beberapa pertanyaan, bagaimana bisa airbag tidak mengembang ?

Dikutip dari beberapa sumber situs otomotif, bahwa satu dari beberapa penyebab airbag tidak mengembang adalah saat mobil menabrak benda yang diam persis di bagian depan mobil, disamping disebabkan sensor sisi depan, airbag juga akan mengembang ketika terjadi benturan pada 30 derajat di pinggir mobil depan, kanan atau kiri.

Faktor lainnya adalah, airbag bisa saja tidak mengembang apabila benturan di picu dari belakang, atau kendaraan menabrak obyek lebih tinggi atau bahkan benturan menyudut bisa tak mengembang bila benturan terjadi dari belakang, kendaraan menabrak objek lebih tinggi, dan benturan menyudut.

Atas kejadian ini, kita dapat belajar bahwa pemilik mobil atau korban kecelakaan yang memiliki cover asuransi mobil yang membuat biaya perbaikan mobil yang seharusnya lebih mahal, bisa menjadi lebih ringan, serta biaya perawatan bagi korban dari perlindungan asuransi jiwa.(Arm)

...
15 July 2021
Pengendara Moge Wajib Punya Sim C1 dan C2

Akan ada SIM jenis C2 kedepannya yang wajib dimiliki oleh pengendara moge (motor gede) dengan kapasitas mesin 500cc keatas, sedang move dengan mesin 250cc sampai 500cc, harus memiliki SIM C1, yang artinya, kedua pemakai motor jenis ini tidak bisa memakai sim C biasa.

Disebutkan oleh Kasi Standar Pengemudi dari Korlantas Polri Subdit SIM Regident, AKBP Arief Budiman, aturan ini akan diberlakukan pada Agustus 2021, apabila tidak ada halangan. Kini, lanjut Arief SOP terkait kepemilikan SIM C1 dan C2 telah dibuat, begitupun dengan sarana dan prasarananya.

Untuk materi uji praktik juga telah dikirim sejak 2017 lalu, yaitu unit motor dengan kapasitas mesin 250cc pada 2018, dan motor bermesin 600cc.

Untuk pembuatan SIM C1 dan C2, akan mengikuti PP (Peraturan Pemerintah) 76 tahun 2020, tentang Penerimaan Negara Bukan Pajak(PNBP) yang berlaku dari lingkungan Polri. Untuk tarif sama, yaitu SIM C1 juga C2 sebesar Rp 100,000 untuk penerbitan baru, dan perpanjang seharga Rp 75,000.

Tapi, biaya diatas belum termasuk biaya lainnya, diantaranya biaya asuransi Rp 30,000 dan biaya jasa pemeriksaan kesehatan Rp 25,000. Yang artinya biaya keseluruhan untuk pemohon SIM adalah sebesar Rp 155,000. Siapkan surat-surat saat berkendara di jalan, dan lindungi diri dan kendaraan dengan Asuransi Mobil TLO atau Asuransi Mobil Komprehensif.(Arm)

...
13 July 2021
Mobil Parkir Selama PPKM Darurat, Rem Tangan atau Ganjal ?

PPKM darurat telah berjalan setengah masa, hingga 7 hari kemudian, seharusnya pada tanggal 20 Juli PPKM darurat di hentikan, tentu kita juga berharap agar Covid-19 tidak lagi mengganas selamat masa pembatasan ini, masyarakat diharuskan berada di rumah.

Sehingga membuat mobil harus terparkir lebih lama di garasi rumah, bahkan ada yang sengaja memarkirnya di halaman kantor, meski tidak dipakai, mobil tetap perlu menjadi perhatian, terlebih apabila selama parkir, mobil memakai handbrake atau rem tangan.

Seperti yang kita ketahui, bahwa rem tangan yang digunakan lalu didiamkan dalam jangka waktu lama, berpotensi membuatnya menjadi rusak. Pada kondisi begini, kampas rem tentu sulit lepas dari brake drum, yang membuat mobil harus di gerakkan dipaksa dorong maju atau mundur, secara berulang, hingga kampas rem lepas.

Baca Juga : Cara Perawatan Motor Sport Selama PPKM

Namun, jika metode tersebut masih tidak bisa menggerakkan mobil, terpaksa memanggil mekanik bengkel, tentunya kita harus punya langganan bengkel mobil atau jika tidak, kita harus mempercayakan mobil di perusahaan asuransi dengan produk asuransi mobil yang memiliki rekanan bengkel yang banyak.

Beberapa mekanik mobil dari bengkel-bengkel seringkali menyarankan, apabila akan diparkir dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya tidak menggunakan rem tangan, dan akan lebih baik apabila terparkir di tempat yang rata, sebagai gantinya, dapat mengganjal ban dengan batu atau kayu.

Namun, jika harus terpakir dengan rem tangan, ada baiknya sekali dalam satu hari, tetap memanaskan mesin mobil dan menjalankannya sejenak, semisal keliling komplek tempat tinggal, sedikitnya 10 - 15 menit saja.(Arm)

...
08 July 2021
Efek PPKM Sering Kena Macet ? Rawat Mobil Dengan Cara Ini

Masa-masa PPKM di Jawa Bali membuat arus lali lintas mengalami macet, karena banyak pemilahan dari aparat petugas, mana yang di izinkan melintas atau malah di putar balikkan, pada kondisi tersebut tentu membuat semua komponen bekerja lebih keras.

Berikut tips perawatan sederhana, agar kendaraan khususnya mobil tetap awet meski sering menghadapi macet.

Baca Juga : Cara Perawatan Motor Sport Selama PPKM

Komponen

Cek komponen mobil seperti lampu, rem agar tetap menjaga performa kendaraan anda, pastikan juga transmisi baik mobil matic atau manual dapat berpindah gigi dengan baik, saat macet, jangan gunakan setengah kopling pastikan memakai rem tangan.

Kampas Rem

Secara berkala pastikan kampas rem di cek dengan baik, umumnya tanda bahwa kampas rem akan habis memiliki tanda getaran dan muncul suara saat rem di injak.

Mengganti Oli

Pastikan rajin mengganti oli, karena saat mengalami kemacetan lebih boros dan lebih cepat membuat mesin panas, sesuaikan karakter mesin mobil dengan oli pilihan anda, atau rekomendasi mekanik bengkel kepercayaan anda.

Beberapa tips perawatan sederhana di atas tentu akan sangat membantu untuk merawat dan menjaga mobil anda, setelah mengalami kemacetan akibat PPKM Jawa-Bali, tingkatkan perawatan mobil dengan bantuan bengkel rekanan mobil dari asuransi kepercayaan anda, tentunya, jangan lupakan perlindungan mobil dengan asuransi mobil.(Arm)

...
23 July 2021
Jenis Investasi Menguntungkan Di Properti

Saat mulai menginvestasikan uang di bidang properti, tentu faktor lokasi yang strategis adalah hal yang paling utama, karena faktor lainnya seperti keamanan adalah hal yang masih bisa di rencanakan dengan pihak lainnya.

Pada artikel kali ini, kita akan menjelaskan mengenai jenis investasi properti serta apa saja faktor yang mempengaruhi nilai yang dihasilkannya.

1. Properti Untuk Ritel

Ruko, kios, bangunan besar yang difungsikan untuk toko besar yang terletak di akses strategis dan area parkir luas, tentu menambah nilai tambah bagi pegiat bisnis, karena memudahkan akses pelanggan, sehingga untuk disewakan atau dijual akan mendatangkan untung besar dengan harga yang bagus.

2. Properti Hunian

Jika anda memiliki sebidang tanah dengan sedikitnya luas 3000m2 di tepi jalan utama sebuah kota, tidak ada salahnya membangun rumah dengan konsep town house, yang sangat ideal bagi keluarga besar untuk berkumpul, apalagi lokasi tanah tersebut berada di kota dengan banyaknya obyek wisata.

Baca Juga : Mempertahankan usaha kos-kosan di masa pandemi

Atau jika bukan town house, membangun kamar kos adalah ide menarik apabila tanah tersebut terletak diantara pusat bisnis, maupun kampus terkenal seperti di kota Malang atau Yogyakarta.

3. Home Industri

Jangan lupakan jenis usaha ini, biasanya terdapat area terpadu untuk perusahaan-perusahaan kecil yang memproduksi aneka cinderamata atau kerajinan tangan, seperti home industri sepatu dan sandal di Desa Bojong Cikupa Tangerang, apabila punya lahan kosong di area tersebut, ada baiknya membangun dan menyewakan properti jenis ini.

Baik menyewakan bangunan atau membangun lahan kosong lalu menjualnya kembali properti jenis-jenis diatas tentu akan mendapatkan untung besar, untuk berbisnis pertimbangkan segala aspek lainnya, serta beberapa kewajibannya, tak sampai disitu terdapat kebutuhan untuk perlindungan properti dengan asuransi properti.(Arm)

...
16 July 2021
Mau Beli Rumah ? Pertimbangkan Harga Naik Turun Kawasannya

Pada tahun 2021 kemenkeu memberikan perpanjangan insentif pajak hingga akhir tahun ini, satu diantaranya adalah pajak pertambahan nilai (PPN) properti yang diperpanjang, karena sebelumnya PPN yang ditanggung pemerintah akan berakhir pada Agustus 2021.

Insentif yang diberikan pemerintah adalah PPN untuk rumah yang harga pasarannya mencapai maksimal 2 miliar rupaih, spesifiknya, insentif yang menjadi target PEN (Program Pemulihan Nasional) 2021 adalah rumah dengan tipe rumah tapak ataupun rumah susun.

Pengurangan PPN pun juga diberikan oleh pemerintah hingga 50% untuk tipe rumah dengan range harga jual dari 2 hingga 5 miliar, insentif ini berlaku bagi satu unit rumah susun ataupun rumah tapak untuk satu orang pembeli, dan tidak dapat dijual dalam waktu hingga satu tahun.

Kebijakan pemerintah yang memperpanjang insentif PPN properti adalah angin segar agar ada peningkatan konsumsi masyarakat di sektor properti, dan menjadi katalisator perekonomian agar sektor properti berkontribusi atas efek berganda pada 174 industri lainnya dan 350 industri turunan kecil terkait.

Mengacu dari situs agregator properti ternama yang mempunya akurasi tinggi dalam menggali informasi atas dinamika yang terjadi di pasar properti, yaitu data yang berdasar analisa dari beberapa agent marketing properti hingga 600ribu an listing properti yang melakukan jual dan sewa di seluruh Indonesia.

Baca Juga : Mengenali Jenis Hak Surat Rumah atau Properti

Data tersebut mencatat bahwa beberapa provinsi masih mencatat kenaikan penjualan di Banten hingga 1,62%, Jawa Tengah 1,37% juga Jawa Barat 0,49%, ada pun beberapa kota yang cukup resisten saat indeks properti nasional mengalami penurunan per kuartalnya, yaitu disebabkan atas naiknya harga untuk tipe rumah tapak.

Di Kabupaten Tangerang misalnya, mencapai 7,3% kenaikan dari indeks harga pasar pada kuartal pertama, di susul kota Depok yang mengalami peningkatan sebesar 5,76% sedang apartemen yang mengalami penurunan hingga 2,42%.

Di Semarang mengalami kenaikan 1,44% yang dikarenakan kenaikan penjualan rumah tapak, adapun di wilayah DKI Jakarta yang rata mengalami penurunan 0,44% per kuartal.

Beberapa informasi data diatas dikutip dari situs penjualan properti ternama, informasi yang kami sampaikan dapat menjadi acuan bagi anda yang ingin membeli properti untuk rumah tinggal atau sebagai investasi, pastikan properti rumah anda terlindung dengan produk asuransi properti atau asuransi rumah terpercaya.(Arm)

...
13 July 2021
Merawat Properti Mewah yang Di Jual Murah

Kini makin banyak ditemui orang kaya di daerah elite DKI Jakarta menjual propertinya dengan harga miring dari pasaran, beberapa penulusuran tim ASURANSIKU.id dengan kata kunci Jual Rumah Pondok Indah, ternyata banyak sekali yang menjualnya.

Harganya bervariasi, dari yang bisa nego hingga turun harga, seperti di kawasan Pondok Indah dari 21.5M menjadi 19.5M, ketinggalan di utara Jakarta yang dikenal kawasan naga Kelapa Gading, hingga tertulis dijual cepat atau butuh uang.

Begitupun dengan hotel atau villa yang dijual, banyak ditawarkan di marketplace, mulai dari kawasan puncak yang trend, hingga area wisata seperti pulau dewata Bali.

Umumnya menjual properti pribadi adalah cara mereka bertahan hidup dari terpaan pandemi yang berdampak pada ekonomi, termasuk cara menyelamatkan usahanya, agar terdapat cashflow yang bisa memutar dan menghidupkan usahanya.

Di jual pun bukan karena properti tersebut di nilai jelek atau produk tidak menarik, justru karena memiliki nilai jual pada end user ditambah faktor internal yang sedang membutuhkan stimulus keuangan, agar usaha tetap berjalan.

Lantas bagaimanakah merawat properti yang kini sedang trend dijual murah ? umumnya kondisi properti ini sedang dalam 'mati suri' dikarenakan semi terbengkalai tapi masih tetap di maintenance agar tetap terjaga secara konstruksi dan interior.

Beberapa cara yang dianjurkan oleh para ahli interior adalah memastikan pewarnaan bangunan yang tampak depan, agar menarik minat calon pembeli, yang selanjutnya di susul tetap menjaga keindahan landscape seperti taman, kolam renang, halaman depan.(Arm)

...
07 July 2021
Mempertahankan usaha kos-kosan di masa pandemi

Pandemi Covid-19 terus berlangsung hingga hampir 2 tahun sejak kemunculannya, dalam kurun waktu ini, beberapa lembaga pendidikan dan sekolah menjalankan sistem sekolah daring (dalam jaringan), begitupun dengan pekerja kantoran, menjadi work from home, beberapa rumah kos, ada yang mulai ditinggal ada yang tetap berpenghuni.

Bagi pemilik bisnis rumah kontrakan atau kamar kos, tentu pandemi ini memberikan pukulan keras, karena rata-rata kamar kos dihuni mahasiswa atau pekerja luar kota, di kota-kota besar pun, hanya segelintir yang tetap bertahan, yang rata-rata berlatar belakang pekerja kantoran, berbeda dengan pekerja non formal atau mahasiswa.

Berbeda dengan bisnis kontrakan, yang umumnya di isi pasangan suami-istri, beberapa diantaranya terdampak secara ekonomi baik pemutusan hubungan kerja, hingga pengurangan gaji atau terlambat pembayaran gaji, hal ini meski terpaksa.

Namun memberikan tenggat waktu pada penyewa adalah solusi, karena meskipun harus tegas dengan penyewa yang menunggak, belum tentu bisa mendapat penyewa baru yang rajin membayarnya, mengingat kondisi sekarang ini.

Baca Juga : Kebahagiaan dari dalam rumah yang membawa keberuntungan

Satu hal lain dari solusi alternatif adalah dengan menjadikan kos ekslusif, yang apabila diperhatikan, masih terdapat keuntungan diantara lain adalah, dikarenakan banyaknya penyewa yang membutuhkan rasa tenang dan sepi selama WFH (work from home).

Dengan sedikit menambah layanan kos seperti internet gratis, layanan keamanan, layanan kebersihan bagi penyewa dan dengan menerapkan kenaikan biaya sebesar 10% saja, tentu hal ini sangatlah berpengaruh, guna mempertahankan usaha kos-kosan di masa pandemi.

Benefit lainnya adalah, akan mendapat rekomendasi dari penghuni existing, dikarenakan tempat kos yang sepi tenang dan ekslusif, akan menambah minat bagi para pekerja Work From Home di masa pandemi, dalam menjalankan bisnis kos-kosan, pastikan properti anda terlindungi oleh asuransi properti.(Arm)

...
21 July 2021
Apa Itu Adjuster ? Sub Bidang Profesi Asuransi

Profesi di bidang Asuransi memang masih tidak terlalu banyak seperti arsitek, dokter atau pengacara yang banyak diminati sejak dulu, namun seiring dengan kesadaran masyarakat akan kebutuhan asuransi, profesional di Asuransi menjadi hal yang menarik, khususnya adjuster.

Job desc adjuster adalah melakukan pemeriksaan serta penilaian atas klaim dari nasabah melalui agen asuransi atau melalui pialang asuransi, terhadap perusahaan asuransi, di balik itu karena industri asuransi yang berkontribusi atas pertumbuhan ekonomi di negara ini.

Maka, tentu kebutuhan akan adjuster di sebuah perusahaan, khususnya di general insurance, tak menutup kemungkinan adjuster juga dapat mengisi di marine,asuransi property, asuransi kendaraan, energi hingga asuransi aviasi.

Terdapat sebuah asosiasi yang menaungi yaitu APKAI (Asosiasi Penilai Kerugian Asuransi Indonesia) yang menerbitkan sertifikat profesi, sayangnya peran adjuster masihlah tidak sebanyak demandnya, serta salah satu masalahnya di karenakan bahasa pengantarnya masih memakai Bahasa Inggris.

Baca Juga : Sukses Jadi Agen Asuransi ? Begini Caranya

Untuk memulai karir sebagai adjuster, dapat dimulai dari lulusan dari jurusan apapun, selama memiliki mental open minded, good attitude, professional dan memiliki integritas, di tambah lagi untuk pendalaman ilmunya juga dibutuhkan sedikitnya 3 hingga 7 tahun.

Tidak ada salahnya bagi angkatan kerja muda masa kini, bagi yang masih kebingungan untuk mendalami jurusannya, memulai berkarir di bidang asuransi sebagai adjuster, masih banyak peluang kerja terbuka, di samping itu peran ini sangatlah krusial, sebagai decision maker atas permasalahan yang panjang dari sebuah klaim.

Maka dari itu, industri asuransi akan semakin banyak membutuhkan adjuster profesional terbaik agar, peran ini tidak lagi di isi dari pekerja luar negeri.(Arm)

...
15 July 2021
Sukses Jadi Agen Asuransi ? Begini Caranya

Agen asuransi atau tenaga pemasaran produk asuransi, menjadi salah satu profesi yang cukup menjanjikan di Indonesia, penghasilan yang menarik tentu bisa didapat dari pekerjaan ini, tak hanya itu, pekerjaan ini cukup baik, karena sebagai seorang profesional yang bertugas membantu rakyat untuk merencanakan keuangan masa depan.

AAJI (Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia) mencacatkan bahwa kini terdapat lebih dari 595,000 orang agen yang mendapat lisensinya, sayangnya, jumlah tersebut baru 0,22% dari total jumlah penduduk Indonesia yang totalnya 265 juta.

Berbeda dengan jumlah nasabah tertanggung individual di produk asuransi jiwa, yang baru terisi 17,4 juta jiwa yang tak lain 6,5% dari total penduduk Indonesia, maka asumsi ini menciptakan peluang bagi para agen asuransi untuk produk asuransi jiwa.

Sebagaimana berbisnis, menjadi agen asuransi haruslah mampu menawarkan sebuah solusi atas kesulitan yang dihadapi setiap calon nasabahnya, terdapat beberapa tips yang bisa di jadikan contoh.

Semangat Membantu

Motivasi terbesar seorang agen asuransi adalah membantu orang dengan produk yang dibawa, adalah sebuah solusi yang hendak ditawarkan, agar ketika mengalami penolakan, tidak merasakan kecewa apalagi putus asa, karena apabila penolakan dari calon nasabah dengan alasan yang jelas, agen tentu bisa memaklumi.

Aktif

Para agen asuransi haruslah aktif menawarkan produk, menjalin networking yang baik.

Sepenuh Hati

Menjadi agen asuransi tidak hanya bekerja menawarkan sebuah produk, melayani calon atau nasabah yang telah positif membeli produk asuransi, sangatlah diutamakan dengan konsisten, maka si agen akan memiliki nama baik, dan tentu akan di referensikan oleh nasabah existing.

Kesadaran

Menjual produk asuransi, terlebih asuransi jiwa, adalah produk jangka panjang, artinya pelayanan yang diberikan akan berlangsung seumur hidup nasabah, terkadang sebagai agen asuransi tidak jarang juga menjadi 'pendengar' bagi nasabahnya, dengan kesadaran sebagai perannya ini, tentu dapat membuat dirinya maklum akan beberapa masalah yang dihadapi nasabah.

Perencana Keuangan

Jika telah menjalin hubungan dekat dengan nasabah yang menjadi seperti seorang teman, tidak jarang agen asuransi juga harus bertindak seperti seorang perencana keuangan, yang memberikan nasihat pengelolaan keuangan bagi nasabahnya.

Cara-cara diatas kerap diterapkan oleh para agen asuransi yang telah sukses membawa produk-produk asuransinya menjadi konsumsi terbaik oleh nasabahnya, apakah anda sudah berasuransi ? Jika belum, pastikan proteksi diri dan keluarga dengan produk asuransi jiwa dari pialang asuransi terpercaya.(Arm)

...
12 July 2021
Bisnis Networking, Masih Bergairahkah ?

Bisnis networking adalah kegiatan bisnis yang menggunakan jaringan berbasis relasi, yang dipasarkan secara direct selling, dengan setiap pertemuan dan penawaran untuk bergabung, salah satunya adalah affiliate business atau afiliasi atau dengan referensi penjualan.

Tak berbeda jauh, saat seseorang merekomendasikan sebuah produk dan menjualnya, yang kemudian dengan suatu kode secara sistem yang mencantumkan referensi sang penjual maka, penjual tersebut mendapat bonus dari penjualannya.

Seringnya, produk bisnis networking yang diantaranya adalah MLM, adalah suatu produk yang umumnya produk kebutuhan wanita, produk kecantikan atau produk rumah tangga misal. Sehingga tidak semua bisnis networking, baik itu MLM atau affiliate atau penjualan referal adalah bisnis yang sulit di jalankan.

MGM atau Mitra Ganda Manfaat dari ASURANSIKU.id misal, yaitu sebuah solusi, bagi anda yang menjadi pelanggan broker insurtech ASURANSIKU.id atau yang senang menjual produk berdasar referal atau keagenan, karena dengan mendaftar menjadi agen ASURANSIKU.id anda bisa menjual produk asuransi dengan komisi yang menarik.

Atau, ketika anda menjadi pelanggan tetap ASURANSIKU.id dengan referal agent, bisa mendapatkan komisi penjualan, baik itu untuk kebutuhan pribadi atau anda bisa menjualnya kembali.(Arm)

...
07 July 2021
Bukan Aphelion, Ini Penyebab Bumi Lebih Dingin dari Biasanya

Fenomena Aphelion seringkali menjadi penyebab Bumi berada di titik terjauh dari Matahari, umumnya terjadi pada bulan Juli setiap tahunnya, tepatnya kemarin hari Selasa 6 Juli 2021 pada pukul 5:27 WIB, diketahui jarak Bumi dan Matahari hingga 152,100,527 Kilometer.

Di kutip dari laman Edukasi Sains Lapan seorang peneliti bernama Andi Pangerang menyebutkan, bahwa suhu pagi belakangan ini hal yang biasa terjadi pada musim kemarau, dikarenakan tertutup awan yang sedikit, bukan karena Aphelion.

Umumnya, panas Matahari diserap oleh Bumi, yang kemudian dilepas pada malam hari dan dipantulkan kembali ke permukaan Bumi melalui awan.

Suhu dingin ini juga dipengaruhi oleh posisi Matahari di belahan Utara Bumi, yang mengakibatkan tekanan udara di sisi Utara lebih rendah apabila di banding belahan Selatan bumi, itulah mengapa angin dingin bertiup dari Selatan ke Utara.

Dikarenakan kini angin bergerak dari Selatan ke Utara, maka suhu terasa lebih dingin, karena sesungguhnya jarak terjauh Bumi dan Matahari tidak mempengaruhi panas yang diterima Bumi, karena salah satunya yang mempengaruhi distribusi hawa panas adalah pola angin.(Arm)

...
22 June 2021
Blue Moment, Fenomena Alam Khas Pantai Belitung

Siapa tak kenal Belitung, yang seringkali disebut sebagai negeri laskar pelangi, tempat kelahiran penulis fenomenal Andrea Hirata dengan karya ternama laskar pelangi, sebuah kepulauan yang terletak di sekitar selat malaka.

Sebuah pulau di lautan tropis yang indah dengan pantai pasir putih dan ombak yang tenang, menjadikan pantai-pantai di pulau belitung sebagai destinasi wisata yang menarik di kunjungi.

Namun, tahukah kamu pada menjelang akhir-akhir musim penghujan, terdapat fenomena Blue Moment, yang biasanya terjadi di bulan Februari, diawali hujan deras di siang hari, dan setelah hujan berhenti terdapat pelangi di ujung pantai timur Belitung, yang kemudian dalam waktu sekejap, seluruh angkasa menjadi biru.

Warna biru menghiasi langit dan menyinari seluruh daratan, semua tak terkecuali, dedaunan hijau, pantai pasir putih, hingga obyek-obyek bangunan berwarna biru, bukan dari sinar matahari, bahkan saat itu matahari sedang dalam pelukan awan gemawan.

Tidak lebih dari 5 menit, fenomena alam ini terjadi, yang tak lama kemudian, matahari sedikit bersinar, setelah itu bersinar cerah, hingga memerah saat terbenam, malamnya, bulan bersinar terang, sangat terang, air laut pasang.

Suasana langka yang tak selalu ada di setiap pantai, berkunjung ke Belitung adalah sebuah pilihan untuk mendapatkan pengalaman yang menyenangkan, adalah pulau Lengkuas, pulau Burung,atau pantai Burung Mandi, lokasi yang seringkali menawarkan fenomena Blue Moment.

Silahkan di simpan dan bookmark untuk informasi ini, agar nanti saat pandemi berakhir, tidak kebingungan hendak pergi kemana untuk berwisata, tentu menggunakan travel agent yang memakai jasa asuransi perjalanan sangatlah di rekomendasikan, agar perjalanan anda terhindar dari segala resiko.(Arm)

...
07 June 2021
Tempat Wisata Seru di Purwakarta

Sebuah kabupaten yang terletak kurang lebih 80km jauhnya dari ibukota DKI Jakarta ke arah Tenggara, yang tak kalah menarik memiliki beragam obyek wisata favorit, akses pun tak terlalu sulit dari Jakarta, terlebih setelah di resmikannya tol Jakarta - Cikampek elevated II.

Atau bagi pengguna sepeda motor juga tidak terlalu macet (selepas melewati Bekasi), hanya mengalami jalanan yang rusak setelah melewati klari, apabila sudah cukup bosan berwisata akhir pekan di wilayah Bogor atau Sukabumi, Purwakarta adalah alternatif terbaik, apa sajakah ?.

Waduk Jatiluhur

Dinobatkan sebagai waduk terbesar di Indonesia, di bangun pada masa pemerintahan Soekarno dan diresmikan oleh presiden Soeharto, tempat wisata air dengan view gunung parang, gunung lembu dan gunung bongkok, dan didalamnya terdapat pemandian yang ramah dengan anak-anak, sehingga wisata ini cocok menjadi destinasi bagi keluarga.

Parang Gombong

Sebuah camp ground yang tak jauh dari pusat kota Purwakarta, untuk tempat ini lebih cocok dipilih bagi para pecinta touring motor dikarenakan jalanan menuju lokasinya menanjak, namun bukan berarti mobil tidak bisa menjangkaunya, belum ada tarif khusus untuk tiket masuk, namun untuk berkemah di kenakan tarif Rp 10.000,- begitupun dengan parkir motor, sedangkan parkir mobil sebesar Rp 20.000,- keistimewaan tempat ini adalah view sunrise/sunsetnya.

Curug Cipurut

Jarak yang cukup jauh dari pusat kota Purwakarta, sekitar 30km ke arah kaki gunung Burangrang, terdapat 3 cabang air terjun di curug ini, dengan ketinggian maksimal 25meter, berada di wilayah Babakan, kendaraan yang banyak di dapati dari terminal Wanayasa.

Gunung Lembu

Bagi yang menyukai pendakian, gunung lembu yang berketinggian 792Mdpl, biasanya ditempuh dengan cara tektok alias tanpa menginap, namun banyak juga yang mendaki pada sore hari, agar bisa menyaksikan sunset yang menawan dari puncaknya, dan menikmati lampu-lampu indah di waduk jatiluhur, serta keesokan harinya menikmati sunrise di tempat yang sama.

Kendati gunung ini tidak setinggi gunung umumnya, tetap di perlukan persiapan yang memadai, mulai dari outfit yang nyaman dan perbekalan secukupnya, seperti gunung pendek umumnya, tracknya cukup terjal, persiapan fisik juga sangat di butuhkan.

Curug Cisomang

Jarak tempuh ke arah padalarang kurang lebih 25km dari pusat kota Purwakarta, perjalanan yang cukup menguras tenaga karena letaknya masih kurang dikenali, namun perjalanan yang cukup melelahkan ini akan terbayar,tatkala memandang sebuah tebing curam yang di aliri air deras dan sejuk, menurut informasi warga sekitar, masih banyak binatang liar di sekitar air terjun ini, sehingga harus berhati-hati.

Kampung Tajur

Jika di Garut terdapat kampung Naga, di kota yang masih bernuansakan keraton ini memiliki kampung Tajur, jika membutuhkan tempat tinggal semalam untuk menikmati wilayah pedesaan, nan tenang, sejuk, asri, destinasi wisata ini adalah pilihan utama, menginap di pedesaan dengan penduduk ramah ini tentu memberikan pengalaman yang tak akan terlupakan.

Tentu masih sangat banyak lagi area di Purwakarta yang selain memanjakan mata, meneduhkan jiwa, dan pastinya instagramable, sangat layak di jelajahi, kalau hendak eksplor Purwakarta,
di butuhkan waktu sedikitnya 3 hari untuk lebih memuaskan dahaga travellig kita.

Untuk berlibur, dapat berkunjung dengan solo travelling atau kendaraan keluarga, jika dalam kuota besar, pilihan terbaik adalah menggunakan travel agent, pastikan travel agent anda telah memberikan layanan asuransi perjalanan selama kegiatan liburan anda berlangsung.(Arm)

...
05 May 2021
Mudik Dilarang, Obyek Wisata Masih Buka

Hari Raya Idul Fitri 2021 atau 1442H sudah dalam hitungan pekan, beberapa warga mulai merencanakan acara hari bahagia nanti dengan hal yang baru, baju baru, hati yang baru, kadar keimanan yang baru, rumah dengan nuansa yang baru, meski sebagian besar tidak bisa berjumpa dengan keluarga di kampung halaman, karena larangan pemerintah.

Namun pemerintah memberikan alternatif lain, dengan membuka obyek wisata, khususnya di kota-kota besar, dimana banyak penduduk rantau yang tidak bisa pulang kampung tahun ini, beberapa syarat di dalamnya adalah penerapan prokes, batasan pengunjung dengan bantuan pengawalan dan penjagaan oleh aparat untuk penegakan disiplin.

Baca Juga : Menyadari Seberapa Bahayanya Covid19

Untuk beberapa daerah di seluruh Indonesia, obyek wisata yang cocok menjadi kunjungan saat hari raya adalah

1. Pantai

Hari Raya Idul Fitri Tahun ini, tepat memasuki musim panas, sehingga kemungkinan badai laut akan kecil terjadi, maka berlibur di pantai dengan menikmati sunset dan seafood adalah pilihan utama.

2. Pegunungan atau Bukit

Masih bertemakan alam terbuka, meski biasanya di daerah dataran tinggi lebih mudah terjadi hujan rintik atau sekedar kondensasi, justru berkabut seperti itu akan menjadi nuansa sendu yang indah sambil menikmati makanan minuman hangat bersama keluarga.

3. Air Terjun

Masih nuansa alam, biasanya diarea perbukitan,perkebunan atau pegunungan tidak jauh dari obyek wisata air terjun, jika musim liburan atau akhir pekan saja sudah sangat ramai, bisa di bayangkan apabila masyarakat kota yang tidak pulang kampung, kemudian mengunjungi wilayah ini, berhati-hati dengan kesehatan begitupun menjaga sang buah hati.

4. Danau

Bagi kota yang jarang sekali terdapat danau, mungkin tempat wisata jenis ini akan ramai, berbeda dengan sebuah kota atau kabupaten yang memilik banyak danau, pasti obyek wisatanya tidak terlalu ramai.

5. Alun-alun kota

Alun-alun atau Taman kota, biasanya akan sedikit berbeda jika hari raya, mulai dari para penjaja, sampai tema hiburan yang di sediakan oleh pihak pengelola, pastikan tidak terpisah dengan keluarga dan jangan sampai membuat sampah di sana.

Berlibur hari raya tanpa keluarga besar sangatlah sulit, karena sudah menjadi tradisi dan budaya bersama, sempatkan waktu minimal 30 menit untuk berbincang melalui panggilan video untuk saling melepas rindu.(Arm)

 

...
29 April 2021
Libur Ramadhan ? Begini Supaya Lebih Seru

Libur Ramadhan menjelang lebaran, umumnya tempat perbelanjaan akan sangat ramai, begitupun dengan area kuliner, lalu apa saja yang bisa di lakukan mengingat pemerintah melarang masyarakatnya mudik, sehingga kota bisar dan sekitarnya yang di tinggali akan tetap ramai, berbanding terbalik dengan kota kecil atau daerah pedesaan.

Berikut ASURANSIKU.id bagikan kegiatan seru saat libur Ramadhan

Perpustakaan
Mengunjungi perpustakaan umum bersama keluarga sangatlah jarang terpikirkan dan dilakukan, namun kegiatan seperti ini cukup seru dan bisa menambah minat baca bagi anak-anak, tak jarang pula di perpustakaan kini terdapat beberapa permainan sederhana yang bertemakan edukasi untuk anak-anak.

Museum
Mengenalkan sejarah pada anak adalah ide bagus, khususnya sejarah Bangsa, sejarah Keagamaan, hingga mengenang perjuangan para pahlawan negeri ini.

Nonton Seharian
Apabila bioskop masih terbatas karena perlahan di beberapa wilayah mulai di izinkan buka oleh pemerintah daerah, sehingga ketika bioskop sudah sebagian buka 
otomatis pada hari libur bioskop pun akan ramai, solusi lainnya adalah nonton home movies bersama keluarga adalah pilihan.

Wisata Religi
Mengunjungi tempat-tempat keagamaan adalah pilihan lainnya agar menambah keimanan bersama anggota keluarga, mengenal bagaimana agama Islam mulai menyebar di nusantara, pergerakan ormas islam, bagaimana kerajaan Islam pernah berjaya dan melakukan penaklukan, mengenal asimiliasi kebudayaan adat daerah nusantara dan islam, adalah hiburan yang edukatif.

Beberapa hal di atas dapat di lakukan meski kondisi sangat tidak memungkinkan untuk mudik, namun tidak menghilangkan makna berlibur agar tidak jenuh di rumah dan hari libur lebih berwarna.(Arm)

...
22 July 2021
Peneliti Menyebut, Azithromycin Tidak Menyembuhkan Gejala Covid

Dikenal sebagai obat yang mampu mengobati infeksi bakteri di saluran pernapasan, kelamin, kulit dan mata, namun beberapa artikel banyak menyebutkan bahwa obat ini mampu menyembuhkan gejala Covid-19, hingga akhirnya direvisi oleh WHO beberapa waktu lalu.

Journal of the American Medical Association (JAMA) menyebutkan bahwa Azithromycin tak lagi menjadi obat standar penyembuhan Covid-19, melalui uji coba acak, berdasar dosis tunggal antibiotik spektrum secara luas, obat ini tidak mengubah proporsi pasien Covid, yang melapor gejala hingga 14 hari.

Penelitian yang diadakan oleh University of California di San Fransisco, bersamaan dengan 263 pasien dewasa Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri, mendapat dosis 1,2gr oral sebanyak 171 orang, atau plasebo 92 orang sejak Mei 2020 hingga Maret 2021.

Baca Juga : Cara Cegah Varian Delta Covid-19

Peserta yang telah positif Covid dalam 7 hari terakhir, ternyata tidak mencegah perkembangan hingga 14 hari, tak ada perbedaan signifikan pada proporsi pasien hingga 14 hari lamanya.

Bahkan lebih banyak peserta pengobatan azitromisin melaporkan gangguang pencernaan di hari ke 3 di banding kelompok plasebo, mulai dari diare, sakit perut, mual dan lain sebagainya.

Meski begitu, tak ada efek samping berat hingga kematian, pada kelompok tes ini rata-rata Usia peserta 40 tahun lebih, 66% adalah wanita dengan 57% diantaranya wanita berkulit putih, 29% Latin atau Hispanik, yang diantara 76% nya telah menyelesaikan uji coba.

Pada hasil studi ini, serta dewan pemantau pelaksana, mengakhiri penelitian lebih cepat, pada 16 Maret, dengan analisis sementara yang menunjukkan hasil yang sia-sia.(Arm)

...
16 July 2021
Jaga Kesehatan Mental Saat Isolasi Mandiri

Di landa perasaan khawatir, sedih, takut saat dinyatakan positif Covid-19 seringkali menyerang psikis penderita, belum lagi saat harus isolasi mandiri yang membatasi mobilitasnya, kondisi seperti ini lumrah terjadi, meski begitu, tidak harus dibiarkan agar kondisi mental tetap sehat.

Di kutip dari jurnal psikiater dari UGM (Universitas Gadjah Mada) Ronny Wirasto, menuliskan bahwa isolasi mandiri sebenarnya adalah kondisi yang membuat jarak secara fisik, emosi atau finansial memiliki gap yang menimbulkan beberapa permasalahan baru.

Perasaan frustasi, bosan, stress yang dialami pasien baiknya dialihkan dengan menghibur diri dengan kesibukan-kesibukan bermanfaat, seperti menonton, membaca, membaca berita, mengikuti informasi terbaru mengenai Covid-19, menghubungi sanak family yang jauh.

Beberapa yang layak dilakukan adalah menjaga kebersihan tempat, menggerakkan badan meski tak harus gerakan olahraga berat, agar tetap sehat, seperti olahraga pernapasan, peregangan, meditasi, hingga beribadah.

Baca Juga : Membersihkan Rumah Selama Isolasi Mandiri

Di tambah lagi, pola makan seimbang, hindari informasi yang membuat stress dan tetap melakukan pekerjaan dari rumah, apabila memungkinkan.

Terdapat beberapa perasaan anxiety lainnya yang banyak menghampiri para penderita seperti rasa marah, rasa bersalah, rasa takut menularkan keluarga, sedih, hilangnya nafsu makan, energi yang berkurang, sulit tidur, dan yang paling penting menjadi perhatian adalah rasa sakit kepala dan ulu hati.

Ada baiknya, jika mengalami hal-hal diatas, menghubungi orang terpercaya atau pihak konselor dari applikasi telemedicine untuk mendapat dukungan dan saran profesional untuk meredakan perasaan tersebut selama menjalani isolasi mandiri.

Dukungan moral dan sosial amatlah dibutuhkan untuk memberikan rasa aman serta bantuan kebutuhan utama saat menjalani isolasi mandiri, dukungan dari masyarakat sekitar sangat diperlukan dengan cara tidak melabeli penderita atau memberi stigma yang membuat pasien lebih khawatir, terlebih saat-saat menanti hasil tes Covid-19.(Arm)

...
14 July 2021
Metode Diet Intermittent Fasting

Intermittent Fasting adalah metode diet dengan cara membatasi makan melalui porsi jam makannya, berbeda dengan diet yang membatasi jenis makanan serta kandungan kalori maupun karbohidratnya, sederhananya diet ala puasa seperti ini lebih mengatur pola makan.

Diet puasa ini umumnya berjalan total selama 16 jam, dengan waktu yang dapat kita tentukan sendiri.

Banyak olahragawan, khususnya body builder atau petarung yang memakai jenis puasa ini, karena lebih efektif untuk pengendalian tekanan darah, kolesterol hingga pembakaran lemak yang paling efektif selamat jam puasa berjalan, karena mampu membuat hormon insulin sensitif atas makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Baca Juga : Waspadai Bahaya Retensi Air Dalam Tubuh

Bagaimana Cara Intermittent Fasting ?

Sesederhana mulai berpuasa, kapan berpuasa dan apa saja yang boleh di konsumsi selama puasa diet ini, karena berbeda dengan puasa spiritual, karena anda masih dapat mengkonsumsi air mineral, bisa dimulai saat setelah makan malam, semisal terakhir makan malam jam 8 malam.

Maka anda bisa mulai sarapan jam 8 pagi, yang kemudian di lanjut tidak akan mengkonsumsi apapun (selain air mineral) pada 4 jam selanjutnya, artinya jam 12 siang anda baru bisa makan.

Tentunya sebelum makan siang, anda bisa memulai dengan berbuka puasa dengan yang manis, seperti buah pisang yang kaya akan protein dan kalium guna memberikan energi bagi tubuh sebelum tubuh mengkonsumsi makanan utama.

Setelah makan siang hingga menjelang makan malam, anda bisa bebas makan apapun selama masih dalam hitungan konsumsi harian, perhatikan juga berapa kebutuhan maksimal kalori harian anda, sangat di sarankan dalam 1 hari itu anda tetap berolahraga sedikitnya 15 menit.

Baca Juga : Diet Sederhana, Cara Mudah Turunkan Berat Badan

Perhatikan Dalam Menjalankan Diet Puasa

Apabila belum terbiasa dengan intermittent fasting, tentu akan mengalami beberapa efek samping, mulai dari kelaparan, stress karena belum terbiasa terlebih sebelumnya terbiasa mengkonsumsi banyak jenis makanan, bahkan beberapa diantaranya terlalu ketat pada pola diet ini malah terjadi malnutrisi.

Efek samping lain yang ditimbulkan adalah perubahan jam tidur, karena dalam tahap adaptasi, meski diet ini dikenal paling aman diantara metode diet lainnya, tetap saja, diet jenis ini tidak dianjurkan bagi para penderita diabetes, tekanan darah rendah, perempuan yang hamil dan menyusui, perempuan yang sering pendarahan berlebih saat menstruasi, dan mereka yang menjalani pengobatan.

Kunci dari diet puasa yang sehat ini adalah kecukupan nutrisi serta olahraga dan jam tidur teratur, efek dari diet inipun dapat bervariasi, tentunya dalam mencapai kesehatan dan body goal komitmen dan konsistensi dalam menjalani diet dan olahraga adalah yang terutama, pastikan juga dalam hidup, anda terlindung dengan asuransi kesehatan.(Arm)

...
08 July 2021
Mengenal Manfaat Olahraga TRX

Olahraga TRX atau TRX workout, kini sedang populer semua kalangan, selain karena praktis dan terjangkau, olahraga jenis ini dapat digunakan untuk melatih bentuk tubuh dan endurance, apa itu olahraga TRX ? adalah olahraga yang berguna melatih kekuatan tubuh dengan memanfaatkan berat badan tanpa harus barbell, dumbel atau ke tempat gym center.

Manfaat olahraga TRX adalah bisa mengencangkan dan melatih kekuatan otot, sehingga dapat digunakan untuk memperbesar massa otot, pemanasan beladiri dan alternatif dari olahraga beban, selain itu terdapat beberapa manfaat lainnya, yaitu.

Melenturkan Otot

Fleksibilitas badan akan lebih meningkat, karena latihannya hampir sepenuhnya sama seperti stretching, selain keseimbangan yang didapat dari olahraga ini adalah membuat tubuh lebih lentur dan kuat, serta memperbaiki kordinasi serta refleks tubuh.

Baca Juga : Olahraga Pembentukan Otot Tanpa Suplemen, Bisakah ?

Memperbaiki Sendi

Olahraga TRX selain untuk pelenturan dan melatih keseimbangan, jika di lakukan dengan rutin dan tepat, dapat menguatkan sendi-sendi terutama otot disekitar punggung, bahkan mampu meredakan nyeri tulang belakang bagian bawah, jika masih pemula, pastikan memiliki mentor atau sering-sering mengikuti video tutorial TRX.

Meredakan Stress

Olahraga hampir apapun jenisnya, baik kardio atau olahraga beban, dapat mereduksi stress pikiran, meningkatkan hormon endorfin, dengan adanya hormon ini, dapat mengatasai stress dan cemas, selain menghilangkan nyeri di beberapa tubuh, dapat meningkatkan kualitas tidur.

Push Up, Sit Up, Squat, pull up juga masuk kategori olahraga TRX, tidak membutuhkan alat rumit, terkhusus squat dan push up, lakukan sedikitnya 15 menit setiap hari, jangan lupakan stretching sebelum olahraga TRX dan juga pastikan berolahraga di ruang terbuka, pastikan menjalankan prokes dan jangan lupa bahagia.(Arm)

...
19 July 2021
Kucing Ikut Stress Saat Isoman ? Kenali Cirinya

Kucing pun juga bisa mengalami stress yang berlangsung pada kesehatan fisiknya, stress yang dialami kucing pun juga berpengaruh pada perilaku yang menyebabkan depresi, terlebih menjelang musim kawin dan saat si mpus harus mencari pasangannya.

Pengaruh ke fisik lainnya adalah di saluran metabolisme nya, yang menjadi salah satu tanda-tandanya.

Baca Juga : Pelihara Kucing Saat Pandemi, Dapat Naikan Mood dan Imun

Anggota Keluarga Baru

Apabila PPKM kali ini menyebabkan anggota keluarga yang datang jauh atau tidak bisa membuatnya pulang kampung yang terpaksa harus tinggal lama di rumah anda, tentu anggota keluarga ini tergolong baru bagi kucing, dan ini tentu bisa membuat kucing mudah stress.

Rasa Takut

Jauhkan si mpus dari segala perasaan yang sering membuatnya takut, suara berisik, hujan deras, badai dan peristiwa lainnya, tempat teraman adalah bersama pemilik di ruangan yang nyaman, seperti kamar, mudahkan akses makanan dan pasir untuk buang airnya.

Sering Meong

Tidak semua jenis kucing sering-sering mengeluarkan suara, tapi ketika kucing jenis milik anda yang jarang bersuara namun tiba-tiba menjadi sering mengeong, tentunya dia sedang membutuhkan perhatian, perhatikan juga perilakunya, ada baiknya melakukan pengecekan pada tubuhnya, apakah ada masalah atau tidak.

Jika kucing tengah mengalami hal-hal diatas, pastikan menghubungi puskeswan atau petshop untuk menghindari kondisi memburuk, untuk perlindungan menyeluruh kini telah hadir asuransi kucing untuk hewan gemoy kesayangan anda.(Arm)

...
15 July 2021
Cara Merawat Kucing Anggora

Ras kucing yang terkenal memiliki keindahan bulu ini membuat para cat lovers ingin memilikinya, selain tingkahnya yang lucu dan warna matanya yang unik, kamu pun juga tentu setuju kalau kucing ini indah dengan bulu-bulu panjangnya.

Di ketahui jenis kucing ini asalnya dari Turki, wilayah Ankara, daerah tersebut juga dikenal dengan sebutan Anggora, sedang dinegara tersebut, jenis kucing ini bernama Ankara Kedishi yang artinya kucing Ankara.

Umumnya, jenis kucing ini biasa hidup hingga usia 13 tahun dengan rata-rata berat badan hingga 5 kg, pemilik pun perlu perawatan ekstra untuk memelihara kucing ini, jika dibanding kucing lokal lainnya, karena memiliki bulu tebal dan sifat yang manja, mudah percaya dengan orang asing.

Dalam istilah perawatan kucing modern, breeding bukan hanya berternak, memperbanyak anakan dari kucing, dalam hal ini perbaikan fisik dari ras si kucing, atau menciptakan silang corak bulu maka dari itu, harus juga memperhatikan jenis rasnya.

Hal yang perlu diperhatikan sebelum merawat kucing anggora adalah, usia, kondisi kesehatan baik mental atau fisiknya, karena terdapat beberapa penyakit kucing yang dapat menularkan ke pemiliknya, jangan sampai kucing tidak sehat malah menularkan penyakit pada si pemilik.

Baca Juga : Mengenali Gejala Kucing Cacingan dan Pengobatannya

Ada baiknya, kucing sebelum di bawa pulang di vaksin terlebih dulu, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhannya, jika konsultasi melalui dokter hewan terlalu mahal, mungkin bisa minta nasihat komunitas pecinta kucing, tentang standar vaksin kucing adopsi.

Untuk tips merawat kucing anggora sangatlah sederhana, yaitu rajin menyisir bulunya, agar tidak mudah kusut, kemudian memotong kukunya, agar tidak melukai pemilik saat bermain dengan si  mpus, rutin membersihkan telinga, memberi makanan pilihan penuh gizi, sering mengajaknya berinteraksi agar akrab dan nyaman dengan pemilik.

Cara-cara mudah merawat kucing anggora diatas dapat diterapkan bagi kamu para cat lovers, semakin sehat kucing, semakin lincah dan cerdas, tentunya kita akan semakin menyayangi si  gemoy, ada baiknya menjaganya dengan asuransi kucing dengan harga yang sangat terjangkau, agar kita lebih tenang dalam memeliharanya.(Arm)

...
12 July 2021
Perlindungan Peternakan Unggas

Metode Biosecurity seringkali digunakan oleh teknologi peternakan untuk mencegah dan menjaga beberapa penyakit unggas dari luar dan ke dalam area kandang agar ternak unggas tetap aman hingga tahap konsumsi oleh manusia.

Inti dari pekerjaan biosecuriti adalah proses yang berguna menjaga agar unggas terhindar dari bibit penyakit, karena dengan cara ini dapat mencegah penularan virus, bakteri, jamur, protozoa, parasit yang membahayakan yang seringkali mengancam kesehatan unggas, karena jika dibiarkan akan menjadi penyakit klinis yang dapat menularkan ke manusia.

Umumnya terdapat 5 cara penanganan biosekuriti pada unggas :

1. Kebersihan

Jaga kebersihan kandang, makanan, tempat makan dan minum unggas setiap hari, semprot dengan disinfektan yang memang farm grade, serta bagi pekerja ternak, pastikan sepatu dan pakaian khusus selama aktifitas ternak terpisah dan selalu jaga kebersihannya juga.

2. Tidak Saling Silang

Maksud tidak saling silang disini adalah, khusus bagi peternakan kecil, agar tidak saling meminjamkan antar peternakan, semisal peternakan burung dan peternakan ayam, baik itu alat kebersihan atau kandangnya, bahkan kardus telur yang notabene barang berpori sehingga sulit di disinfeksi.

Baca Juga : Kenali Cara Kerja Asuransi Peternakan

3. Kenali Tanda Penyakit Menular Unggas

Kematian mendadak atau tahap sakit memang sulit di diagnosa, namun jika memperhatikan tanda berikut, dapat meminimalisir penyebaran penyakit, bersin, terengah-engah, leleran hidung, batuk, lemah dan nafsu makan berkurang,pembengkakan jaringan di sekitar mata dan leher, perubahan warna pada pial, sisir dan kaki, diare, penurunan produksi telur/telur cacat.

4. Sterilkan Sebelum Istirahat

Bagi anda pekerja peternakan atau anda sendiri yang memiliki usaha ternak kecil, pastikan semua yang anda gunakan dan bawa di peternakan, di sterilkan dahulu sebelum memasuki kendaraan atau tempat istirahat anda, atau rumah anda, tak terkecuali saat anda mengirimkan ternak ke pelanggan anda.

5. Laporkan Jika Unggas Mati

Jika terdapat kematian unggas yang mendadak, baik jumlah kecil maupun jumlah besar, segera hubungi mantri, dokter hewan lokal, dinas yang membidangi peternakan, petugas akan segera datang dan melakukan pengecekan memastikan unggas yang mati tidak terkena penyakit serius yang menular.

Poin penting diatas adalah 5 langkah agar unggas di peternakan tetap terjaga dan terlindung, bagi anda pemilik ternak, pastikan juga kesehatan unggas dengan vitamin yang direkomendasikan oleh dokter hewan atau tenaga ahli dari dinas peternakan, pastikan juga usaha ternak anda terlindungi oleh asuransi peternakan.(Arm)

...
06 July 2021
Pelihara Kucing Saat Pandemi, Dapat Naikan Mood dan Imun

Kembali pandemi membuat kita harus menahan diri diam di rumah sesuai anjuran pemerintah, dikarenakan mutasi virus covid-19 varian delta ini lebih berbahaya dari musim-musim pembatasan sebelumnya, sehingga membuat mood kita menjadi naik-turun, serba terbatasi, terlebih saat kita mengetahui banyak kabar duka atau kabar orang terdekat yang sakit.

Kesepian saat pandemi seperti Long Distance Relationship, hidup sendiri diperantauan, bahkan saat terlalu banyak anggota keluarga di satu rumah yang ter-isolasi, seringkali ada rasa ingin berbicara dengan seseorang, saat itu semua sulit di lakukan, berbicara dengan anabul kesayangan (kucing atau anjing) adalah solusi yang tepat.

Seperti yang diketahui, kucing atau anjing terkadang bisa merasakan suasana hati yang kita alami, berbicara dengan mereka memang tampak aneh, namun respon mereka tidak pernah  enghakimi, ditambah melihat tingkahnya yang lucu, binatang ini dapat menghibur kita, selain itu bisa membuat kita lebih aktif bergerak.

Olahraga, merawat kucing atau anjing tentu dapat membuat kita terus bergerak, baik mengajak anjing jalan-jalan atau membawa kita berjemur dengan kucing.

Persahabatan, untuk kali ini, bersahabat dengan anabul cukup membawa kebahagiaan tersendiri, karena sudah sesuai fakta bahwa makhluk berbulu lucu ini tidak menularkan Covid-19 pada manusia.

Bertemu Komunitas Baru, kita akan belajar tentang bagaimana merawat kucing atau anjing, setelah kita menemukan komunitas binatang ber-kaki empat ini, selain bisa mendatangkan ilmu baru, kemungkinan besar jika kita berkomunitas akan mendatangkan pengalaman dan kawan baru.

Apapun jenis kucing atau anjingnya, dalam perawatan memiliki satu prinsip sama yaitu, makanan pokok, tingkat stress, serta cara perawatannya, nah untuk cara perawatan bisa didapat dengan  mengikuti artikel-artikel di situs ASURANSIKU.id ini, jangan lupakan asuransi kucing atau asuransi anjing dengan premi mulai 100ribuan.(Arm)

...
22 July 2021
Perbedaan Bank Garansi dan Surety Bond

Bagaimanakah cara kerja kedua surat penjamin penawaran sebuah tender yang diakui yaitu Bank Garansi atau Surety Bonds ? secara teori, perbedaan keduanya cukup luas, sebagaimana L/C, Bank garansi adalah cara untuk menjamin pembayaran pemilik proyek pada kontraktor melalui uang yang dijaminkan pada bank.

Sedangkan Surety Bond adalah jaminan dari perusahaan pialang asuransi untuk melindungi pemilik proyek dari resiko wanprestasi kontrak.

Tugas Bank Guarantee (Bank Garansi) menjamin realisasi pembayaran sesuai perjanjian kontrak atas kontraktor pada pemilik proyek, dibanding membayar langsung kepada kontraktor, sehingga kontraktor akan membuat jaminan di Bank dengan sejumlah uang yang di keep oleh Bank.

Yang selanjutnya, apabila terjadi wanprestasi kedepannya, Bank akan memberikan uang jaminan tersebut pada kontraktor, dengan catatan kontrak berakhir.

Baca Juga : Surety Bond dan Tujuannya

Sedangkan Surety Bond, adalah salah satu jenis asuransi penjamin yang melindungi salah satu pihak terutama pemilik proyek daripada resiko wanprestasi, Contoh, apabila sebuah perusahaan developer, memakai jasa kontraktor untuk membangun sebuah gedung.

Agar kontraktor melaksanakan tugasnya sesuai perjanjian, maka perusahaan developer tersebut meminta jaminan pekerjaan dengan cara membeli Surety Bond, melalui perusahaan pialang asuransi, sehingga apabila kedepannya kontraktor tidak memenuhi kontrak perjanjian kerja sama, maka pemilik proyek, dalam hal ini developer mendapat kompensasi dari penerbit Surety Bond tadi.

Begitupun dapat menjamin kontraktor ketika pihak project owner tidak melunasi pembayarannya setelah kontrak terselesaikan dengan baik, dari kedua hal diatas dapat disimpulkan bahwa Bank Garansi dan Surety Bond adalah kedua hal yang berbeda, namun memiliki fungsi yang di anggap sama oleh beberapa pihak, yaitu sebagai penjamin kontrak.(Arm)

...
16 July 2021
Tips Investasi Saham Di Masa PPKM

Seperti informasi yang sering kita dapatkan, bahwa mencapai kesuksesan perencanaan keuangan dimulai dengan cara kita mengelola tabungan, salah satunya investasi saham, salah satu cara untuk memulainya adalah mengenali resiko yang akan terjadi.

Pada musim PPKM seperti ini, tentu resiko nilai saham akan turun, meskipun akan turun tentu investor tidak akan kehilangan asetnya, karena ada regulasi dari OJK, Bappebti, sehingga menjamin bahwa saham tidak akan hilang 100%, yang kemungkinan besar adalah cut los atau nilai investasinya berkurang.

Untuk membeli saham, disarankan membeli saham diperusahaan farmasi atau FMCG (Fast Moving Cunsomer goods) dimana perusahaan-perusahaan ini seringkali berinovasi atas permintaan pasar.

Baca Juga : Ide Bisnis Yang Potensial Di Masa Pandemi

Apabila, terpaksa membeli diperusahaan yang bergerak dibidang lain, potensi rugi investasi saham, dapat diminimalisir dengan menggunakan jasa pialang yang mampu merencanakan investasi, sehingga mengurangi resiko berinvestasi di pasar modal.

Berbeda dengan trader yang hanya memanfaatkan keuntungan harian atau mingguan, karena untuk investasi saham tentu akan memiliki time frame yang panjang, dengan harapan, resiko dapat diminimalkan, setelah uang investasi dirasa aman dan uang dana darurat dirasa terpenuhi, jangan lupakan berasuransi untuk melindungi diri dengan asuransi jiwa.(Arm)

...
13 July 2021
Emas Pegadaian Termurah Dalam 3 Bulan

Selasa 13 Juli 2021 ini, emas Pegadaian mengalami penurunan harga di perdagangannya, hingga nilai terendah sejak awal Juli ini, bisa di katakan level paling murah dalam 3 bulan terakhir ini, di kutip dari situs resmi pegadaian, emas 0,45% turun hingga Rp 882,000 per gram nya.

Pada 1 Juli lalu, nilai acuan harga jual emas berada pada angka Rp 878,000 per batang, bahkan paling rendah sejak bulan Mei, begitupun harga belinya hingga di 0,47% di Rp 855,000/batang. Begitupun dengan emas batangan Antam dan UBS yang dijual juga semua mengalami penurunan.

Harga terakhir, emas UBS tersedia dipasaran dengan satuan 0,5 gram sampai 1 gram, dan turun di sekitar 0,43% sampai 0,59%. Satuan 0,5gr ini yang mengalami penurunan harga terbesar, bahkan 0,59% ini berada di Rp 503,000/batang.

Peluang Menabung

Menabung dengan emas, sudah lama menjadi cara yang di jalankan secara turun-temurun sejak generasi terdahulu, karena dengan menabung emas, cukup menjaga keuangan kita dari inflasi, mulai men-trading-kan emas, menyimpan emas dengan perhiasan, hingga emas murni.

Baca Juga : Ide Bisnis Yang Potensial Di Masa Pandemi

Peluang terbesar adalah hari ini, membeli emas batangan baik dengan emas Antam atau UBS bisa didapatkan melalui ecommerce atau membeli melalui broker investasi untuk apabila ingin trading emas, dengan nilai jual yang di kemudian hari akan memberikan profit.(Arm)

...
09 July 2021
Macam-macam Pinjaman Modal Usaha Untuk Mengembangkan Usaha

Usaha yang tengah berjalan dan memiliki pertumbuhan, tentu sangat memberikan harapan untuk terus tumbuh bagi pemilik, apalagi memiliki rekan bisnis baik sebagai supplier atau mitra penjual yang solid, di perlukan stimulus untuk mengembangkan usaha agar lebih baik lagi, beberapa solusi muncul yaitu mulai mencari investor atau mengajukan pinjaman modal usaha, apa saja?

Kredit Tanpa Agunan

Memiliki kredit score yang baik sebagai pengguna kartu kredit ? biasanya bank akan menawarkan pinjaman tanpa agunan untuk nasabah-nasabah yang memiliki usaha, dengan bunga relatif rendah, dengan jangka waktu pinjaman relatif lama hingga 60 bulan atau 5 tahun lamanya.

Syarat yang diberikan juga tidak terlalu rumit, cukup KTP, NPWP, SIUP, rekening koran dan kartu kredit, yang terakhir, peminjam harus lolos tahap BI Checking, memastikan terhindar dari riwayat kredit macet.

KUR (Kredit Usaha Rakyat)

Bantuan pinjaman pemerintah melalui bank-bank pemerintah guna membantu usaha mikro, kecil dan menengah milik rakyat, pinjaman yang ditawarkan KUR hingga 500juta, dengan ratio bunga 7% tiap tahunnya, atau sekitar 0,58% per bulan.

Syarat pengajuan KUR cukup banyak, kartu identitas, akte pendirian usaha, SIUP/TDP, laporan keuangan perusahaan, proposal usaha dan persyaratan lain yang mungkin diminta oleh pihak bank.

Pinjaman Modal Ventura

Adalah pinjaman dalam bentuk investasi saat kreditur memberi penyertaan modal, dengan perjanjian kerja sama di jangka waktu yang di sepakati, modal ventura termasuk high-risk, dengan imbal jasa yang juga tinggi, konsepnya modal ventura tak beda jauh dengan bagi hasil.

Beberapa jenis modal ventura adalah equality financing yang memberikan pembiayaan langsung, semi equality financing yang memberikan pinjaman sebagian dalam bentuk saham dan obligasi mendirikan usaha baru dan jenis bagi hasil yang pembagiannya telah disepakati di awal perjanjian.

Multiguna

adalah sebuah produk perbankan yang bisa syarat peminjamannya adalah debitur harus memberi jaminan atau agunan, dari agunan ini akan menentukan seberapa besar dana tunai yang bisa di pinjam, semakin besar jaminan yang di agunkan makin besar pinjaman yang dapat diberikan.

Sayangnya, untuk suku bunga yang diberikan jenis pinjaman ini masih cukup tinggi, dengan menyesuaikan kondisi pasar.

Beberapa diatas adalah contoh, pinjaman modal yang dapat dijadikan refernsi untuk pinjaman modal pengembangan usaha, masih terdapat lain pihak lagi, seperti angel investor, yang umumnya akan memberi pendanaan di stage awal, seringnya bagi pelaku industri startup.

Dalam berbisnis yang penuh resiko, seperti pengerjaan proyek atau jaminan pengiriman barang, percayakan pada lembaga penjamin dengan produk surety bond dari ASURANSIKU.id atau produk lainnya, yaitu asuransi pengiriman barang.(Arm)

...
19 July 2021
Mindset Perencanaan Keuangan di 2021

Pada masa-masa sulit seperti tahun 2021 ini, akibat dari efek pandemi yang berkepanjangan ini, tentu dibutuhkan mindset kuat untuk keuangan supaya terkontrol, dikutip dari seorang Financial Consultant Prita Hapsari menyebutkan, terdapat mindset yang harus di milik agar keuangan tetap terkontrol.

Yang pertama adalah mengatur mindset bukan lagi seberapa banyak menghasilkan uang, namun fokus pada seberapa besar pengeluaran, agar dapat menyadarkan diri bahwa tiap individu berkesempatan untuk mengelola keuangan.

Selanjutnya, karakter keuangan, apabila seseorang berharap keuangannya sehat, aturan paling utama adalah, agar kuat mental dan tidak boros, tidak mudah tergoda dengan promo-promo diskon sangat penting bahwa kita sadar batasan diri dalam hal mengatur pengeluaran.

Baca Juga : Mengatur Keuangan Selama Pandemi

Dan mindset terakhir adalah, pastikan untuk menjadi kaya, bukan terlihat kaya, sehingga tahap awal adalah menabung, yang kemudian dari tabungan dapat di investasikan, jangan lupa meningkatkan pendapatan dengan cara bekerja sampingan misalkan, dan lebih jeli dalam mencatat keuangan.

Pastikan dalam mengatur pendapatan, terkhusus pendapatan tambahan, agar lebih mengontrol, tidak serta merta bertambah penghasilan, bertambah pula pengeluarannya, namun tambahlah nominal tabungan anda, dalam merencanakan keuangan adalah yang paling penting lebih teliti dalam mengelolanya.(Arm)

...
14 July 2021
Asuransi Sebagai Warisan

Bermacam pekerjaan yang kita lakuan setiap hari,tentu adalah bertujuan untuk menjamin masa depan diri dan keluarga, agar bisa mencapai kebahagiaan bersama.

Tapi, pernahkah terpikir bagi anda, sampai kapan kita akan menjamin mereka (orang yang kita cintai / keluarga kita) bahagia ? bagaimanakah masa depan mereka ? pertanyaan demikian semakin hadir bagi mereka yang selalu bertambah usia.

Beberapa perasaan khawatir pun hadir, karena umumnya mereka yang berposisi sebagai kepala keluarga tentu tidak mudah memprediksi apa yang akan terjadi pada masa depan, apakah penyakit, bencana, kematian yang bisa saja menjemput tiba-tiba.

Asuransi hadir sebagai solusi guna membantu masyarakat, termasuk diri anda, bagaimanakah asuransi menjamin masa depan keluarga dan orang yang kita cintai ? melalui produk asuransi jiwa, yang bisa sedikit membantu dan memberi rasa aman bagi penggunanya.

Karena dengan jaminan dan santunan yang berikan, ketika mengalami kecelakaan berat, kematian, sakit, nasabah asuransi jiwa tidak perlu khawatir, karena dengan penjaminan masa depan dan warisan, bahwa keluarga akan diberi santunan atas premi yang dibayarkan tiap bulan atau tahunnnya.

Perencanaan masa depan yang baik, selain menabung, adalah asuransi, karena asuransi jiwa juga dapat menjadi salah satu aset yang bisa di wariskan, untuk itu dengan jeli tentu kita harus bisa memilah produk asuransi jiwa mana yang terbaik, serta memili siapa yang akan menjadi penerima manfaat.

Asuransi jiwa memiliki nilai plus sebagau perlindungan yang juga produk investasi, karena menjamin sejumlah keuntungan saat kita dihadapkan atas resiko seperti kematian, sehingga ahli waris yang di tunjuk sebagai penerima manfaat akan diberikan pertanggunan dengan nilai investasi yang terbentuk.

Berbeda dengan aset yang diwariskan yang umumnya harus melalui proses pengadilan, jika dengan asuransi jiwa, penerima manfaat akan langsung dibayarkan pada ahli waris, tanpa menunggu ketetapan pengadilan.

Menjamin Masa Depan Keluarga

Beberapa asuransi yang ditawarkan oleh broker asuransi akan menjelaskan banyaknya benefit yang di dapat dari sebuah asuransi, karena dapat menjamin keluarga yang ditunjuk sebagai penerima manfaat, seperti asuransi pendidikan misalnya yang juga memiliki fitur asuransi jiwa.(Arm)

...
10 July 2021
7 Hal Yang Rawan Disesali Di Masa Depan

Penyesalan seringkali datang belakangan, memang tidak seharusnya hal-hal yang telah terjadi layak disesali terus menerus, namun sebelum penyesalan datang, ada baiknya kita belajar agar tidak ada penyesalan di masa mendatang, apa saja ?

Tidak Investasi Di Masa Muda

Di masa muda terlebih saat belum menikah, selain menabung, berinvestasi adalah pilihan tepat, sebuah keharusan untuk perencanaan masa depan, bukan lagi sebuah anjuran, karena belum terlalu memiliki beban pembiayaan pada anak atau istri, pelajari cara berinvestasi, baik di instrumen saham atau mengelola usaha.

Selalu Overthinking

Berpikir berlebih tanpa action, sudah memiliki gagasan dan rencana yang baik untuk masa depan hanya berpikir bagaimana jika atau terlalu banyak teori tanpa tindakan, hal seperti ini hanya akan menghambat diri, dan lama-kelamaan akan muncul mental block.

Tidak Pernah Upgrade Skill

Merasa cepat puas dengan apa yang dimiliki, terutama merasa pandai, itu hal yang sangat bahaya, selama masih dapat bernafas, ilmu tetap harus di cari dan di dapat, untuk mengembangkan karir atau hanya sekedar menambah wawasan.

Terlalu Kaku Akan Perkembangan Zaman

Tidak jauh berbeda dengan poin di atas, mengikuti perkembangan zaman, bukan berarti mengikuti arus utama, tetap harus punya pendirian dan mampu berkembang sesuai zaman.

Tidak Berasuransi

Melindungi diri dan keluarga dengan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan adalah sebuah keharusan, tak sampai disitu semua aset atau properti yang kita miliki haruslah terlindungi,baik dengan asuransi kendaraan atau asuransi rumah.

Terlalu Traumatis Masa Lalu

Menengok kebelakang akan kenangan masa lalu kenangan baik atau kenangan buruk untuk mawas diri, namun tidak terlalu menjadikannya trauma, berdamailah dengan masa lalu agar bisa dijadikan pelajaran.

Selalu Menunda Pekerjaan

Stress tidak harus selalu dijadikan alasan untuk burnout hingga menunda pekerjaan, karena sekali mengalami stress, hanya perlu istirahat sejenak, yang kemudian harus kembali menyelesaikan pekerjaan, be professional untuk terus menyelesaikan tugas.

Beberapa hal diatas sangatlah sering terjadi dimasa muda, dan jangan mudah terlena akan keberhasilan sesaat, teruslah berjuang, pastikan dengan tidak meninggalkan 7 hal besar ini agar tidak menyesal dikemudian hari.(Arm)

...
07 July 2021
Mengatur Keuangan Selama Pandemi

Kejadian pandemi dengan wabah mematikan sekarang ini memang memaksa banyak perubahan kebiasaan pada manusia, baik dari cara interaksi, cara menjaga kesehatan hingga mengatur uang, yang tadinya serba cash, kini melalui transfer tunai, bermacam-macam platformnya, termasuk cara mengatur keuangan.

Per awal Juli 2021 tercatat telah lebih dari 20 juta orang kehilangan pekerjaannya, 55% diantaranya adalah pekerja sektor non formal, hampir menyamai pada krisis ekonomi 1998.

Namun, meski begitu dikutip dari situs para pengamat keuangan, terdapat 5 strategi umum yang dapat digunakan mengelola keuangan saat masa ketidakpastian seperti sekarang ini.

Evaluasi Pengeluaran

Pastikan skala prioritas pengeluaran tertata dengan baik, pastikan mana primer, sekunder, tersier, sama halnya seperti komunikasi tidak bisa di anggap lagi kebutuhan tersier, komunikasi internet maupun pulsa reguler, pastikan tetap terisi.

Baca Juga : Skala Prioritas Dalam Pengelola Keuangan

Dana Darurat

Pastikan dana darurat tersedia, sedikitnya 3 hingga 6 bulan biaya hidup kedepan, mulailah dengan menabung sedikit demi sedikit sebagai langkah kecil agar alternatif dana darurat terpenuhi.

Tetap Profesional Meski WFH

WFH work from home memang cukup melelahkan secara psikis, dikarenakan ruang kerja dan ruang istirahat hanya berjarak beberapa meter yang artinya kita hanya akan di suguhkan pemandangan yang itu-itu saja, pastikan tetap perform dan profesional selama WFH.

Dana Pendidikan

Pastikan dana pendidikan baik diri sendiri atau keluarga dapat ditentukan kedepannya, semisal memang untuk diri sendiri dapat direncanakan guna meningkatkan skill untuk menaikkan jenjang  karir.

Pastikan 4 hal diatas dapat teratur untuk menata keuangan pada masa pandemi ini, dikarenakan mengatur keuangan sangatlah penting dan dibutuhkan meski pandemi menimpa.(Arm)