PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Telur Mentah atau Matang


Gaya Hidup dan Kesehatan  |  07 December 2021  |   2781 Pengunjung

Telur Mentah atau Matang

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  07 December 2021 Telur Mentah atau Matang

Telur ayam adalah jenis makanan yang banyak diterima oleh semua kalangan masyarakat, selain rasanya yang gurih dan lezat, kandungan gizi dan nutrisinya cukup tinggi, serta manfaat yang diberikan amat besar, ditambah lagi dengan harga yang relatif murah.

Beberapa orang menyukai telur yang goreng dadar, digoreng mata sapi, direbus matang, rebus setengah matang, bahkan bagi beberapa kalangan dimakan mentah karena khawatir mengurangi kandungan gizi, khususnya vitamin A, meski berisiko banyak kuman dan bakterinya.

Nutrisi Telur Mentah dan Matang

Apabila telur dimasak dengan penggorengan bersama minyak goreng, maka kandungan lemak di telur tersebut bertambah bersamaan dengan lemak dari minyak goreng tersebut.

Karena telur dapat menyerap minyak saat di penggorengan, sehingga jumlah minyak yang dipakai saat menggoreng telur juga mempengaruhi kandungan kalori dalam telur, jadinya telur mentah memang tidak terlalu tinggi kalorinya, apabila dibanding dengan telur yang di goreng.
 
Berdasar informasi dari Dinas Pertanian Amerika Serikat, atau U.S Department of Agriculture, telur yang digoreng akan memiliki 90 kalori, dan lemak sebanyak 6,8 gram, berbeda jika telur mentah yang memiliki 72 kalori dan 4,8gram lemak.

Berbeda dengan nutrisi lain yang memiliki kandungan telur mentah dan perbandingan dengan telur matang yang keduanya, memiliki kandungan protein 6,3 gram protein, sedang 60% protein lainnya terdapat di bagian putih telur.

Berbeda dengan lemak telur yang mencapai 5gram, diantaranya terdapa 1,6 gram lemak jenuh ditambah 210mg kolesterol, sedang 90% sisanya terdapat lemak yang di dalam kuning telur.

Sedangkan fungsi penyerapan nutrisi dari telur matang ataupun telur mentah didalam tubuh jelas berbeda, karenanya protein di dalam telur yang telah dimasak, akan lebih mudah diserap tubuh.

Berbeda dengan kandungan nutrisi telur mentah, dalam hal ini ketika dimasak, tentu akan mengubah struktur protein dalam telur itu sendiri, sehingga telur yang telah dimasak akan lebih mudah diserap dan dicerna oleh tubuh.

Meskipun kandungan protein telur matang dan mentah sama, tapi tubuh akan lebih bisa memaksimalkan protein dari telur matang, dibanding telur mentah. Meski Begitu dalam proses pematangan ini, kandungan nutrisinya pun cenderung berkurang, diantaranya adalah Vitamin A, B5, Fosfor dan Kalium.(Arm)