PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Melatih Pernapasan Paru-paru

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  11 November 2021  |   107 Pengunjung

Melatih Pernapasan Paru-paru

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  11 November 2021 Melatih Pernapasan Paru-paru

Pernapasan adalah dasar kehidupan, karena dengan pernapasan terdapat pula energi murni dari setiap makhluk hidup, segala aktifitas baik berat atau ringan, akan lebih powerful apabila di bantu dengan pernapasan.

Melatih pernapasan juga dapat membantu menenangkan seseorang yang panik, dengan cara melatih dan membiasakan pernapasan dengan baik dan benar , maka akan membuat paru-paru semakin sehat.

Berdasar informasi yang dihimpun dari kalangan praktisi olahraga, terdapat 2 teknik pernapasan yang beda yaitu dari mulut dan diafragma (perut), khusus diafragma seringnya dipakai oleh para penyanyi.

Umumnya durasi yang cocok untuk melatih dua jenis latihan pernapasan yang berbeda adalah 5 - 10 menit tiap harinya, dan berbeda dengan kondisi pernapasan apakah masih normal ataukah memang pernapasan yang jarang di latih dengan olahraga fisik, tentunya bertahap.

Dalam artian, jika 2 minggu ini melatih pernapasan 5 - 10 menit setiap harinya, maka di minggu-minggu selanjutnya bisa dinaikkan durasi latihannya, karena peningkatan power seperti ini harus dilakukan secara bertahap.

Beberapa tips dapat dicoba dirumah dengan mengerucutkan bibir sambil duduk rileks meregangkan otot leher dan bahu,lalu bernapaslah dari hidung untuk sembari menjaga mulut tertutup sedikit.

Tarik dan tahan napas selama anda sanggup dengan kondisi bibir mengecil seperti bersiul, lalu keluarkan napas dengan perlahan hingga oksigen yang anda tarik, anda keluarka nsampai habis, lakukan hingga 10 menit.

Selanjutnya lakukan pernapasan diafragma, kali ini dapat dilakukan sambil duduk ataupun berbaring, letakkan kedua tangan diatas perut sambil rasakan getaran perut dari naik turunnya napas.

Setelah tarik dalam-dalam tutup mulut dan keluarkan perlahan melalui hidung sembari merasakan kembang kempis perut, lakukan dua hingga tiga kali lebih lama disetiap hela napas, ulangi hal ini hingga 10 menit.

Setelah menguasai teknik pernapasan, lakukan hal ini hingga menjadi rutinitas anda, jangan jemu, lakukan setiap hari sedikitnya 10 - 15menit, sambil konsentrasikan pikiran.

Kesehatan paru-paru dapat dilatih dengan cara demikian, dan dapat dijaga dengan menjauhi radikal bebas, juga konsumsi makanan bergizi, lindungi diri dengan asuransi penyakit kritis, agar jika kelak, terkena penyakit dalam, keuangan anda tetap terjaga.(Arm)