PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Melatih Kesadaran

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  08 October 2021  |   195 Pengunjung

Melatih Kesadaran

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  08 October 2021 Melatih Kesadaran

Apakah anda hidup dalam kesadaran penuh, atau jauh dari kesadaran ? seringkali berbuat diluar kendali, karena kurang fokus, atau terlalu sering multitask,  sehingga menciptakan suatu aktifitas yang tampak seperti autopilot, namun sering kebablasan, bahkan membuat anda sulit sekali mengingat sesuatu.

Berawal dari stress yang mendalam, hingga depresi yang tak terselesaikan umumnya memberikan kebiasaan buruk pada alam bawah sadar kita, yang menjadikan kita overthinking, terlalu jauh mikir kedepan, atau terlalu mengingat masa lalu, alih-alih kita hidup di hari ini dan menikmatinya, kita seakan disiksa oleh hal dimasa lalu atau dihantui oleh hal-hal yang belum tentu terjadi.

Kesadaran atau hidup dalam kesadaran penuh akan membuat kita bisa lebih memaknai kehidupan dan atau membuka mata hati, lebih menyadari siapa kita,dimana kita dan untuk apa kita hidup, menggunakan semua indera yang dimiliki, dan apa pengaruhnya kesadaran tersebut dalam diri kita.

Manfaat meningkatkan kesadaran dalam diri adalah mampu mengendalikan kesehatan salah satunya kesehatan pikiran dan jiwa, memudahkan kita mengingat  akan suatu hal, selain itu mampu membuat kita lebih mengenali siapa diri kita, lebih dalam lagi, mampu mengenal hakikat dalam hidup, dan yang terpenting adalah, kendali penuh atas pikiran.

Dalam hidup, kita tidak bisa dikendalikan oleh emosi, karena hal ini akan membuat hidup kita menjadi berantakan, coba tanyakan dalam diri, apakah emosi yang mengendalikan diri atau kita yang mengendalikan emosi, perhatikan lagi, apakah hati dan pikiran kita tidak bisa sinkron atau seringnya malah sering tarik menarik ?.

Dalam melatih kesadaran penuh, tentu kita harus belajar menyadari hal-hal kecil yang kita lakukan, seperti saat bernafas, setiap detik nafas yang kita tarik, setiap inchi volume udara yang kita keluarkan, apakah bisa kita menyadarinya ?

Mulai dengan meditasi, olah nafas, duduk memejamkan mata menikmati hawa segar yang masuk ke tubuh, dan keluarkan perlahan, dengarkan suara disekitar, rasakan keberadaan diri di tempat tersebut, fokuskan diri pada kehidupan sekarang, tanpa harus memikirkan semua beban hidup dimasa lalu atau yang belum tentu terjadi di masa mendatang, usir juga segala kepenatan dalam diri meski di masa sekarang.

Melatih fokus seperti ini, sedikitnya 3 minggu, akan membawa kita pada kebiasaan untuk belajar megnuatkan kesadaran atau mindfullness, dan akan membawa kebiasaan untuk memperkuat daya ingat tentunya akan membuat kita lebih menyadari apa yang sedang terjadi dan harus bagaiman respon kita.

Sehingga kedepannya tidak akan lagi ada perasaan menyesal karena baru saja membuat keputusan atau berlaku atas sesuatu yang tidak disadari, hal diatas amat berisiko terhadap kesehatan mental, jiwa dan fisik, bagi otak, daya ingat dan fokus yang terpecah akan mengancam kita atas penyakit alzheimer, biaya pengobatan penyakit jenis ini sangatlah tidak murah.

Tentunya selain mencegah penyakit psikis atau fisik, dengan cara olahraga atau olahnafas (olahbatin) ada baiknya kita memproteksi diri dengan asuransi kesehatan, agar kedepannya tidak ada biaya besar untuk pengobatan.(Arm)