PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Menjaga Kesehatan Ginjal

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  22 September 2021  |   107 Pengunjung

Menjaga Kesehatan Ginjal

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  22 September 2021 Menjaga Kesehatan Ginjal

Di bagian tulang rusuk belakang, tepat dibawahnya diantara pinggang, terdapat organ yang seukuran kepalan tangan, yang sering disebut ginjal, organ ini amatlah penting, karena bekerja menyaring limbah kotoran dalam darah dan air yang berlebih.

Kotoran limbah tadi, kemudian di buang ke kandung kemih yang selanjutnya akan diteruskan menjadi urine, hormon yang mengontrol sel darah merah dan mengatur tekanan, juga di atur dari ginjal, selain itu ginjal juga digunakan pembentukan vitamin D yang bertugas menyerap nutrisi Kalsium dari makanan untuk menguatkan tulang.

Begitu pentingnya ginjal dalam tubuh, maka sudah tentu kita harus merawatnya, bagaimana caranya ?

Konsumsi Air

Agar ginjal terus dapat bekerja dengan baik, jaga diri jangan sampai dehidrasi, meski kelebihan air tidak baik, tentu kekurangan cairan juga harus di hindari demi menjaga kesehatan ginjal.

Berat Badan

Menjaga berat badan ideal sesuai BMI sangat dianjurkan dalam semua lini kesehatan, baik menjaga ginjal atau menghindari penyakit-penyakit serius lainnya, seperti darah tinggi, kolesterol, asam urat dll, maka olahraga dan diet adalah solusi.

Baca Juga : Langkah-Langkah Melatih Tubuh Ideal

Makanan Sehat

Seperti yang kita ketahui, sayur, buah dan makanan berserat amatlah bermanfaat bagi tubuh, selain dapat menjauhkan kita dari segala penyakit berbahaya seperti yang tertulis diatas, makanan sehat dapat secara langsung menyehatkan ginjal, seperti bawang putih, kacang-kacangan, roti gandumm dan lain sebagainya, hindari makanan asin dan berlemak.

Hindari Alkohol dan Rokok

Semua sepakat, bahwa dua hal ini adalah pertanda anda menjalankan hidup yang tidak sehat, karena selain merusak otot dan paru-paru, rokok dan alkohol berpotensi menyebabkan kerusakan ginjal, efek terburuknya adalah gagal ginjal yang membuat kita bergantung dengan cuci darah.

Ongkos cuci darah tidaklah murah, begitupun dengan biaya membeli rokok dan alkohol, apakah kita harus mengeluarkan uang untuk membuat tubuh kita menjadi rusak ? hmm...

Selain 4 hal diatas, perbanyak bergerak dapat juga menyehatkan ginjal, karena melancarkan metabolisme tubuh dengan membuang air berlebih melalui keringat, kesehatan ginjal membuat kita menjadi nampak awet muda, dan apabila kelak kita kembali pada Sang Pencipta.

Ginjal yang sehat dapat kita donorkan bagi manusia lain yang membutuhkannya, hidup dan mati yang bermanfaat bagi sesama, tentu mendatangkan kebahagiaan bagi diri kita sendiri bukan ? selain menjaga kesehatan, membeli asuransi kesehatan dengan fitur perawatan ginjal kini mudah didapatkan melalui pembelian daring juga loh.(Arm)