PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Cara Menjaga Kesehatan Telinga

Umum  |  20 September 2021  |   133 Pengunjung

Cara Menjaga Kesehatan Telinga

Umum  |  20 September 2021 Cara Menjaga Kesehatan Telinga

Selain kesehatan seluruh tubuh, terdapat hal lain yang harus dilakukan karena kita tentunya harus menjaga dan merawat kesehatan telinga, karena selain mengganggun pendengaran, gangguan telinga dapat menyebabkan masalah serius lainnya.

Seperti vertigo, berkurangnya keseimbangan, hilangnya fokus dan konsentrasi, hingga masalah-masalah lainnya, perhatikan hal dibawah ini karena terdapat cara menjaga kesehatan telinga.

Mengorek Telinga

Rasa gatal dalam telinga seringkali disalah artikan sebagai banyaknya kotoran, meski memang kerap diduga demikian, beberapa alasan lainnya karena kelembaban dan jamur yang tumbuh diarea kulit dalam liang telinga.

Liang telinga memilii cara tersendiri untuk membersihkan kotoran di dalamnya, karena zat lengket berwarna kuning di dalam telinga yang sering kita ketahui adalah cara telinga melindungi dirinya dari kotoran dan debu yang hendak masuk didalamnya.

Justru umumnya orang-orang seringkali menggunakan cotton buds dan alat-alat berbahaya lainnya untuk membersihkan telinga maupun menggaruknya dengan cara berlebihan, hal ini sangat berbahaya jika memungkinkan periksakan diri ke dokter THT sesuai periode yang dianjurkan.

Ear Candle

Sebagai alternatif dari kegiatan membersihkan telinga menggunakan alat pengorek, alih-alih cara ini aman, ternyata malah membahayakan telinga, mulai dari cedera hingga iritasi.

Suara Keras

Lindungi dan jauhkan telinga dari suara keras, earphone, headphone, headset adalah hal yang tidak bisa terus-menerus digunakan, istirahatkan telinga dari perangkat tersebut, setelah 1 jam memakainya dan gunakan volume yang standar atau daya jaangkau telinga anda.

Tetap Kering

Jaga agar telinga tetap kering, guna menghindari adanya infeksi jamur atau bakteri didalamnya, selain itu guna menghindari iritasi yang terjadi didalamnya, pastikan juga setelah mandi atau berenang membalut daun telinga agar didalamnya mudah cepat kering.

Selain hal diatas, pemeriksaan rutin amatlah disarankan untuk perawatan kesehatan telinga, periode yang disarankan untuk memeriksakan telinga pada dokter THT adalah dari 3 hiingga 5 tahun, namun meski baru saja memeriksakan teliga, ternyata terdapat gejala-gejala tidak nyaman lainnya, jangan ragu menghubungi dokter atau mengunjungi rumah sakit.

Untuk opsi aman dalam segala situasi, memproteksi diri dengan asuransi kesehatan yang termasuk didalamnya perawatan THT sangatlah dianjurkan.(Arm)