PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Untuk Diet, Cardio Atau Weight Lifting ?

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  17 February 2021  |   100 Pengunjung

Untuk Diet, Cardio Atau Weight Lifting ?

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  17 February 2021 Untuk Diet, Cardio Atau Weight Lifting ?

Beberapa metode olahraga yang dapat di lakukan untuk memenuhi kebutuhan jasmani harian, dapat di klasifikasikan menjadi 2 jenis, olahraga cardiovascular atau sistem olahraga yang berkaitan dengan sistem kesehatan pernapasan dan jantung sangat cocok untuk mencegah penyakit kolesterol, jantung, juga sakit asma. Adapun Weight Lifting atau angkat beban seperti yang kita ketahui dapat melatih ketahanan otot serta tulang, keduanya memiliki efektifitas yang sama untuk mengkonversi lemak menjadi otot, selama asupan nutrisi dan jam tidur kita juga teratur.

Kedua olahraga ini tentu sama baiknya, dan dapat di sesuaikan dengan kebutuhannya, untuk cutting(diet) atau bulking(tambah berat badan / massa otot), khusus untuk Weight Lifting yang bertujuan untuk membentuk badan, tak ada salahnya mengikuti beberapa tips yang sudah pernah kami posting.

Baca Juga : Pengetahuan Dasar Olahraga Beban, Untuk Pemula

Baca Juga : Langkah-Langkah Melatih Tubuh Ideal (2 -end)

Baca Juga : Langkah-Langkah Melatih Tubuh Ideal (1)

Dan pastikan juga untuk terus menambah beban setiap latihan, ketika fokusnya untuk bulking / penambahan massa ottot, sementara untuk olahraga yang peruntukannya diet (cutting) variasinya adalah 2:1:1:2, maksudnya di sini adalah 2 hari berlatih beban( misal senin-selasa), 1 hari berlatih kardio,skipping (rabu), 1 hari istirahatkan badan (kamis-off), dan 2 hari lagi kardio (jumat jogging-sabtu bersepeda), dan di hari minggunya off lagi.

Dengan durasi latihan 45 - 60 menit untuk setiap latihan beban, juga 30 - 45 menit setiap latihan kardionya, dan pastikan perhitungan kebutuhan nutrisi kamu seimbang, pertama gunakan rumus takaran BMI, kedua dengan durasi latihan setiap minggunya, jika tepat mengikuti ratio saran yang kami ketik di atas, tentu kebutuhan kalori kamu akan lebih banyak, selama konsumsi kalori di imbangi dengan olahraga, tak perlu takut kalori menjadi lemak.

Untuk weightlifting pun tak melulu harus isolation dengan beban, bisa juga dengan calisthenic, atau olahraga yang memanfaatkan beban tubuh, seperti push up, sit up, pull up, plank dll, calisthenic juga jenis olahraga compund movement atau pergerakan yang melatih beberapa otot sekaligus, untuk yang berniat diet khususnya wanita, tak perlu takut jika olahraga ini bukannya mengecilkan malah membesarkan otot, bukan begitu konsepnya, karena membesarkan otot juga tak mudah dan butuh waktu lama.

Jadi, jika bertanya, apakah Kardio atau Angkat beban olahraga yang layak untuk diet ? jawabannya keduanya layak atau jika salah satunya, harus di imbangi dengan pola makan yang sehat,
jangan sampai olahraganya 30 menit, di balas dengan makan dan jajan sampai 1 jam dengan gula dan tinggi kalori.

Selamat mencoba, dan untuk kesehatan perlindungan, diri kita juga tentu membutuhkan perlindungan dari Asuransi Kesehatan untuk menjamin kita di masa-masa sulit, khsususnya pandemi sekarang ini.