PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Efek Kurang Baik Bila Waktu Tidur Sedikit


Gaya Hidup dan Kesehatan  |  09 March 2023  |   426 Pengunjung

Efek Kurang Baik Bila Waktu Tidur Sedikit

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  09 March 2023 Efek Kurang Baik Bila Waktu Tidur Sedikit

Kurang tidur dua hingga tiga jam saja dapat berpengaruh pada suasana hati juga pada fisik kita yang menjadi kurang sehat. Biasanya, mereka yang kurang tidur dapat mengalami gejala sebagai berikut:

  • Sulit atau mengalami gangguan konsentrasi
  • Pelupa akut alias pikun
  • Kehilangan semangat motivasi hidup
  • Mudah emosi dan gampang marah
  • Sepanjang hari merasa kantuk.

Dalam jangka panjang, tentu saja kurang tidur dapat menjadi pemicu bagi penyakit-penyakit kronis. Sebut saja penyakit gangguan jantung, diabetes, tekanan darah yang tak teratur, hingga penyakit kelebihan berat badan atau obesitas. Kurang tidur dapat membuat seseorang menjadi depresi serta sistem imun menjadi turun. Riset-riset yang dilakukan hingga Maret 2023 ini menunjukkan pola tidur seseorang membawa pengaruh besar pada kadar gula darah, persepsi otak, hingga daya serap makanan berkalori tinggi.

Sebuah penelitian dilakukan tim Asuransi Kesehatan dari ASURANSIKU.id memberi bukti, kurang tidur mengurangi kemampuan sel pada tubuh manusia. Hormon yang mengatur metabolisme lemak merespon insulin dengan lamban, hingga dapat memicu diabetes. 

Lebih lanjut, sensitivitas insulin pada sel lemak menjadi terganggu. Sel lemak pada dasarnya butuh tidur, bila jam tidur kurang maka metabolik tubuh pasti terganggu. Bila daya tahan insulin yang sebelumnya hanya bersifat sementara kemudian menjadi sering terjadi, maka kelebihan gula darah serta kolesterol mengganggu aliran darah yang menyebabkan diabetes serta penyakit jantung.(rsv/ast)