PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  23 November 2021  |   85 Pengunjung

Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  23 November 2021 Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Pada situasi yang masih dalam pandemi covid, kebersihan diri tentunya harus menjadi perhatian khusus, selain dengan usaha melindungi pernapasan dari polusi dan radikal bebas dengan masker.

Lalu, seberapa pentingkah kebersihan mulut dan gigi ? karenanya mulut adalah pintu masuk sesuatu menuju tubuh yaitu pernapasan dan saluran pencernaan, padahal mulut dikenal sebagai sarang sampai 700 mikroba.

Yang diantaranya termasuk bakteri baik dan bakteri jahat, maka dari itu dengan menyikat gigi ataupun memakai benang gigi secara rutin, dapat membantu menjaga kesehatan mulut dan gigi.

Meski begitu menjaga kebersihan mulut dan gigi, akan membuat bakteri jahat menjadi infeksi seperti sariawan, kerusakan gusi atau gigi yang apabila tidak diobati, dapat mengganggu kesehatan tubuh menyeluruh, berikut tips lainnya.

Sikat Gigi

Rajin menyikat gigi dengan cara yang baik dan benar, dapat membantu menghilangkan bakteri mulut, lakukan 2 kali sehari saat pagi dan malam, dengan durasi sedikitnya 2 menit, setelah sarapan pagi dan sebelum tidur malam.

Menggosok Lidah

Jangan lupakan lidah, karena, lidah juga dapat menjadi sarang penyakit, menggosok dan membersihkan bagian lidah dan bawahnya, agar seluruh rongga mulut juga dapat dibersihkan.

Pemeriksaan

Lakukan pemeriksaan gigi secara teratur, seperti 6bulan sekali, karenanya setiap kunjungan, gigimu akan dibersihkan oleh dokter gigi secara profesional, catat setiap kali berkunjung, termasuk apa saja nasihat dari dokter gigi, dan jadikan agenda untuk jadwal kunjugannya.

Ganti Sikat Gigi

Lakukan penggantian sikat gigi secara berkala, biasanya setiap 2bulan sekali, tidak harus rentang waktu tersebut, perhatikan juga apakah bulu-bulu sikat gigimu mulai menipis, maka saatnya mengganti dengan yang baru.

Hindari Makanan Manis

Khususnya sebelum tidur, hal ini memang akan membantu untuk menjaga kesehatan gigi, rajin-rajinlah minum, minuman dengan kandungan air mineral yang tinggi, seperti jus wortel atau jika memakan buah, makanlah apel, karena cukup efektif untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menumpuk di dalam mulut.

Menjaga kesehatan gigi dan mulut tampaknya mudah dan sederhana, namun membutuhkan kemauan keras untuk menjalankan agar mulut dan gigi sehat, dan jangan lupakan produk asuransi kesehatan untuk perlindungan tambahan, agar di masa mendatang tidak terjadi pengeluaran besar yang tidak terduga.(Arm)