PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Mengajarkan Anak Mengelola Keuangan

Finansial  |  18 November 2021  |   123 Pengunjung

Mengajarkan Anak Mengelola Keuangan

Finansial  |  18 November 2021 Mengajarkan Anak Mengelola Keuangan

Saat baru mengenal bahasa dan tahu siapa sosok yang dianggapnya memberi rasa aman dan nyaman, anak akan belajar dan mengikuti apapun yang dilihat dan didengar, dari orang tuanya.

Salah satu hal terpenting yang sepatutnya diajarkan pada anak sejak awal adalah, soal keuangan, tentunya tidak hanya memperkenalkan apa itu uang saja, namun bagaimana cara memperoleh dan menggunakan benda berharga ini.

Ajari Uang Berasal

Tidak melulu mengajarkan tentang bagaimana cara membelanjakan uang, memberitahunya dari mana orang tua mendapatkan uang, lalu dengan uang tersebut dapat digunakan membeli segala keperluan adalah hal yang krusial.

Seperti kenapa orang tua harus bekerja, hasil dari bekerja tersebut dapat digunakan untuk membelikan susu atau mainan baginya, sehingga dengan ini, anak akan belajar, menghargai segala sesuatu yang diberikan dari orang tuanya.

Menyisihkan Uang

Mengajarkan tanggung jawab dengan cara membeli sesuatu dari hasil uang tabungan adalah hal yang bijak, selain membentuk mental dan karakter sebagai pejuang, memperkenalkan cara menabung, juga dapat melatihnya menjadi pribadi yang sabar.

Kebutuhan dan Keinginan

Tak ubahnya orang tua, begitupun buah jatuh tak jauh dari pohon, sang anak bisa juga  menuruni sifat orang tuanya yang terkadang ingin memiliki barang atas dasar keinginan sesaat, trend sesaat, atau merasa teriming-iming temannya.

Toh sebenarnya si anak tidak terlalu membutuhkan, maka dari itu kita ajarkan yang mana kebutuhan yang mana keinginan, apabila sejak kecil diajarkan hal seperti ini, tentu di masa mendatang tidak akan sulit baginya menahan rasa lapar mata.

Permainan Dagang

Belajar mengelola dan mengenal uang dari permainan akan lebih membuatnya menangkap maksudnya, bermain jual beli bersama anak, akan mengajarkan sesuatu akan dapat dimiliki dengan uang, dan tidak ada sesuatu di dunia ini yang cuma-cuma.

Setelah memahami konsep tersebut, ajak praktek dengan membeli sesuatu di warung terdekat, mulai dari jajanannya atau mainan sederhana berapa uang yang dibelanjakan dan berapa seharusnya uang kembalian yang didapatnya.

Belajar mengatur keuangan adalah hal yang cukup mudah dipelajari namun sulit diterapkan, karena berkaitan dengan hasrat dan keinginan, terlebih apabila harus dibandingkan dengan kebutuhan pokok.

Hal terpenting dalam mengatur keuangan adalah pengeluaran tidak lebih besar dari pemasukan, dari sini seharusnya tabungan juga dapat terisi, guna perencanaan masa depan, terapkan pula tabungan dana darurat agar bisa menjadi backup di masa-masa sulit.

Setelah dua uang cadangan terisi dan aman, ada baiknya untuk menjaga uang tersebut tidak bocor di masa mendatang, tentu dibutuhkan asuransi, sesuai fungsinya, asuransi kendaraan berguna agar biaya perbaikan kendaraan tidak membengkak apabila terjadi hal yang tidak di inginkan.

Begitupun dengan Asuransi Kesehatan, agar kebutuhan untuk pengobatan dapat dibantu oleh pihak asuransi, apabila di masa mendatang terjadi sesuatu yang tidak di inginkan yang berkaitan dengan kesehatan.(Arm)