PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Perawatan Mesin Diesel

Otomotif  |  19 October 2021  |   128 Pengunjung

Perawatan Mesin Diesel

Otomotif  |  19 October 2021 Perawatan Mesin Diesel

Kendaraan yang memiliki mesin jenis diesel, seringkali dikenal tangguh serta efisien terlebih untuk pemakaian bahan bakar, meski begitu, dibutuhkan perawatan maksimal bagi mesin jenis ini karena jika abai akan perawatannya, tentu menyebabkan mesin ini rapuh dan mudah rusak, simak cara merawat mesin diesel dibawah ini.

Panaskan sebelum pemakaianĀ 

Sebelum menggunakan mobil anda, sebaiknya lakukan pemanasan pada mesin kendaraan, sama halnya pada tubuh sebelum olahraga, tentunya kita tidak bisa memaksa badan untuk langsung menggerakkan badan untuk tujuan olahraga, begitupun pada mesin mobil diesel, efeknya tidak berbeda jauh, yang artinya akan mengganggu kinerja mesin.

Meski begitu proses pemanasan mesin tidak bisa dilakukan terlalu lama, karena bisa menjadi polusi gas buangan, demi menghindari ini, maksimal lakukan pemanasan 15 hingga 20 menit saja.

Rajin Ganti OliĀ 

Seperti perawatan mesin pada umumnya, tapi khusus mesin diesel, lakukan penggantian oli setelah jarak tempuh mencapai 5000km, karena jika tidak, oli kotor bisa menyebabkan mesin aus, lantaran kandungan residu dalam oil itu sendiri, pastikan juga melakukan pengecekan filter oli, bila perlu, lakukan penggantian, agar penyaringan tetap berfungsi.

Bahan Bakar Berkualitas

Jangan sampai memakai bahan bakar murah yang ternyata kualitas tidak sesuai dengan spesifikasi dan kebutuhan mesin, meski sedikit mahal, justru mengurangi pemborosan dalam hal perbaikan, karena dalam jangka waktu lama jika terus menerus memakai solar kualitas rendah, tentu akan merusak filter dan menurunkan kualitas mesin.

Jangan Mematikan Mesin Mendadak

Khusus mesin diesel, perawatannya pun tidak terlalu rumit, cukup hal-hal diatas, dan cara pemakaiannya lebih diperhatikan lagi, dengan cara, membiarkan mesin tetap menyala sebelum dimatikan sedikitnya 5 hingga 8 menit, yang bertujuan, agar mesin tidak terkejut saat dimatikan, yang berdampak macet saat dinyalakan nantinya.

Seperti yang kita ketahui bahwa terdapat plus minus dari mesin berbahan bakar diesel maupun bensin, meski banyak orang beranggapan mesin berbahan bakar lebih baik, tapi banyak juga yang lebih memilih mesin diesel karena lebih efisien bahan bakar dan tangguh, dan tentunya lebih tahan panas, karena bahan bakar solar itu sendiri.

Di samping itu diesel lebih terjaga daripada bahaya percikan api apabila dibanding bahan bakar besin, walaupun terdapat treatment khusus agar tetap menjaga performa mesin diesel tetap lebih baik.

Dalam perawatan mobil, hal terpenting adalah memperhatikan apa saja part yang harus diganti dan apa saja yang telah lama belum diganti, karena hal ini bisa menimbulkan masalah yang serius di masa mendatang, tips diatas bisa diterapkan untuk perawatan mobil, namun untuk perlindungan mobil, dapat menggunakan jasa asuransi mobil, dari perusahaan pialang asuransi mobil terbaik.(Arm)