PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Menentukan Niche Market Untuk Bisnis Online

Bisnis  |  06 October 2021  |   52 Pengunjung

Menentukan Niche Market Untuk Bisnis Online

Bisnis  |  06 October 2021 Menentukan Niche Market Untuk Bisnis Online

Sebuah industri dengan target pasar yang spesifik dengan lingkup konsumen kecil, atau yang biasa disebut dengan niche market adalah segmentasi mass market.

Satu diantara contohnya adalah industri alat komputer, dimana industri ini akan bisa memperluas dengan pasar laptop gaming atau laptop karyawan, sedang pasar  ini jelas memiliki pasar yang spesifik tapi beda dari keuangan atau kebutuhannya.

Selain dua faktor diatas, niche market juga teridentifikasi berdasar elemen lainnya, seperti umur, gender, geografis, infografis, gaya hidup, hobi dan lain sebagainya.

Meski begitu cara menentukan niche yang akan dijalani tidak semudah yang dikira, karena harus memilih satu atau beberapa faktor ini, apa sajakah ?

Mesin Pencari 

Supaya mendapat ide bagi produk yang cocok, anda harus bisa mencari nicher marketi yang akan ada pasarnya, yaitu cara yang di lakukanya dapat dimulai  dengan mesin pencari google.

Biasanya akan memunculkan saran dari keyword di google bar mesin pencari, dan menampilkan topik yang sering dicari di mesin pencari seperti google atau bing.

Contohnya adalah, jika anda mencoba searching, kamera keamanan, di search bar akan menampilkan beberapa saran yang sesuai dengan niche marketnya,  seperti kamera keamanan dengan nama merknya

Namun jika mencari dengan keyword lain, misal Kamera Infra Merah, akan menampilkan langkah awal dari pencarian mendalam dari niche yang anda cari, namun perlu diketahui, bahwa hal ini hanya akan berlaku apabila anda tidak login dengan akun google anda, satu-satunya cara, lakukanlah di PC atau laptop, tanpa login gmail.

Google Research Keyword

Setelah mendapat inspirasi dari niche anda, maka untuk memastikannya kembali adalah dengan google research keyword, seberapa sulit atau seberapa  memungkinkannya anda menguasai di pencarian google.

Lakukan langkah konkret untuk mencari seberapa banyak produk anda dicari, bagaimana produk anda akan di cari dan seberapa hypenya produk anda akan di  incar.

Jika dominasi produk anda berada di e-commerce, ada baiknya anda memasarkan produk anda di marketplace, agar produk yang anda jual melalui website  misalnya, agar tidak bersaing dengan situs besar, seperti e-commerce yang sudah menguasai keyword pencarian.

Memilih Niche Market adalah langkah awal untuk mencari peluang atau ide bisnis yang akan dipasarkan secara online, agar anda kelak tidak merasa bisnis berjalan sia-sia.

Selain itu agar produk anda mudah dikenali, dan mempersempit persaingan pasar, selanjutnya anda akan lebih terfokus dengan cara berjualan dan memberi  layanan terbaik bagi customer, seperti seberapa cepat anda merespon pesan dari calon pelanggan.

Jika bisnis telah berjalan dengan lancar, maka saatnya anda mulai memikirkan juga jaminan asuransi pertanggungan anti gangguan usaha, dengan asuransi properti pencegahan bisnis interruption.(Arm)