PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Menabung atau Arisan ?

Finansial  |  21 September 2021  |   110 Pengunjung

Menabung atau Arisan ?

Finansial  |  21 September 2021 Menabung atau Arisan ?

Biasanya dari kalangan ibu-ibu nih atau nggak teman sekantor, yang solid dan komitmen untuk mengumpulkan sejumlah uang yang disepakati setiap bulannya, teknisnya seperti menabung, karena setiap bulan pembayaran, setiap bulan ada yang mendapat uang dengan cara di undi dan bergilir.

Serunya kegiatan arisan adalah, selain memepererat tali silaturahmi, seringnya digunakan sebagai waktu luang untuk gibah membicarakan atau merencanakan kegiatan positif, seperti bakti sosial berbagi makanan atau sambil merencanakan kumpul keluarga bersama, namun seberapa pentingnya menabung ataukah arisan ? mari kita kupas.

Jangka Waktu

Jika di banding dengan menabung di bank, arisan yang di isi dengan 10 - 15 peserta dengan nominal di bawah 2juta, masih akan lebih baik, karena jangka waktu yang tergolong singkat, yaitu kurang dari 2 tahun, sedangkan, apabila nilai setor arisan adalah 2juta dengan 20 peserta, alangkah baiknya di tabungkan di bank atau, menginvestasikan di instrumen P2P lending, karena nilai growthnya akan lebih terasa.

Tanpa Biaya

Tentu dalam arisan, baik itu kalangan sosialita atau kantor atau antar tetangga, dalam acara perkumpulan seperti itu akan membutuhkan dana konsumsi, sedikitnya ongkos untuk sekedar minum bersamaa atau snack, belum lagi ongkos dan waktu yang harus dikeluarkan, hal ini tentu harus menjadi perhatian khusus.

Berbeda dengan menabung, selain bisa diambil kapanpun, menabung di bank atau di kotak celengan, tentu tanpa biaya, selama itu bukan jenis tabungan berjangka.

Pencairan Kapanpun

Sisi positif dari menabung adalah pencairan uang dapat dilakukan kapanpun, berbeda dengan arisan yang menanti undian keluar, sedang sisi positifnya dari arisan adalah, jika kita tidak terlalu membutuhkan uang yang di setorkan, kita akan mendapat sensasi mendapat hadiah, apabila uang arisan cair.

Beberapa hal diatas adalah plus minus dari menabung dan arisan, semuanya kembali pada para pemilik uang,apakah menabung konvensional atau dengan arisan, keduanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing, namun ada baiknya, menabung dan arisan dapat dilakukan bersamaan, baik itu arisan skala kecil atau menengah, asal para pesertanya komitmen.

Strategi perencanaan keuangan haruslah dilakukan dengan cermat agar menjamin kemapanan finansial masa depan, pastikan selain menabung dan dana darurat, asuransi diri, dengan asuransi jiwa asuransi kesehatan dan asuransi harta benda atau asuransi mobil, jangan sampai dilewatkan.(Arm)