PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Apa Itu Adjuster ? Sub Bidang Profesi Asuransi

Umum  |  21 July 2021  |   109 Pengunjung

Apa Itu Adjuster ? Sub Bidang Profesi Asuransi

Umum  |  21 July 2021 Apa Itu Adjuster ? Sub Bidang Profesi Asuransi

Profesi di bidang Asuransi memang masih tidak terlalu banyak seperti arsitek, dokter atau pengacara yang banyak diminati sejak dulu, namun seiring dengan kesadaran masyarakat akan kebutuhan asuransi, profesional di Asuransi menjadi hal yang menarik, khususnya adjuster.

Job desc adjuster adalah melakukan pemeriksaan serta penilaian atas klaim dari nasabah melalui agen asuransi atau melalui pialang asuransi, terhadap perusahaan asuransi, di balik itu karena industri asuransi yang berkontribusi atas pertumbuhan ekonomi di negara ini.

Maka, tentu kebutuhan akan adjuster di sebuah perusahaan, khususnya di general insurance, tak menutup kemungkinan adjuster juga dapat mengisi di marine,asuransi property, asuransi kendaraan, energi hingga asuransi aviasi.

Terdapat sebuah asosiasi yang menaungi yaitu APKAI (Asosiasi Penilai Kerugian Asuransi Indonesia) yang menerbitkan sertifikat profesi, sayangnya peran adjuster masihlah tidak sebanyak demandnya, serta salah satu masalahnya di karenakan bahasa pengantarnya masih memakai Bahasa Inggris.

Baca Juga : Sukses Jadi Agen Asuransi ? Begini Caranya

Untuk memulai karir sebagai adjuster, dapat dimulai dari lulusan dari jurusan apapun, selama memiliki mental open minded, good attitude, professional dan memiliki integritas, di tambah lagi untuk pendalaman ilmunya juga dibutuhkan sedikitnya 3 hingga 7 tahun.

Tidak ada salahnya bagi angkatan kerja muda masa kini, bagi yang masih kebingungan untuk mendalami jurusannya, memulai berkarir di bidang asuransi sebagai adjuster, masih banyak peluang kerja terbuka, di samping itu peran ini sangatlah krusial, sebagai decision maker atas permasalahan yang panjang dari sebuah klaim.

Maka dari itu, industri asuransi akan semakin banyak membutuhkan adjuster profesional terbaik agar, peran ini tidak lagi di isi dari pekerja luar negeri.(Arm)