PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Kenali Unitlink, Asuransi dengan Fitur Investasi

Finansial  |  31 May 2021  |   129 Pengunjung

Kenali Unitlink, Asuransi dengan Fitur Investasi

Finansial  |  31 May 2021 Kenali Unitlink, Asuransi dengan Fitur Investasi

Apakah yang di maksud dengan Unit Link? hal ini berkaitan dengan asuransi, sebelum mengenalnya lebih jauh, ada baiknya tahu bagaimana asuransi bekerja, asuransi adalah sebuah ikatan perjanjian profesional antara penanggung dan tertanggung yang membuat tertanggung wajib membayar sejumlah premi untuk biaya resiko kerusakan, penggantian, kerugian, santunan kematian yang di harapkan dari kejadian yang tak terduga.

Intinya, asuransi adalah sebuah bentuk perlindungan pada individu, keluarga, harta benda, jika menderita sebuah bencana atau musibah, dalam hal ini, peran asuransi sangatlah vital di setiap kehidupan manusia.

Lantaran bisa meringankan hidup tiap manusia sebagaimana tanggungan biaya untuk pengobatan, tak sampai di sana, berdasar produk kendaraan seperti mobil atau motor tertabrak dan sebagainya, umumnya asuransi terdapat 2 jenis, yaitu asuransi tradisional atau non-tradisional.

Asuransi tradisional pun terdapat 3 jenis lagi, antara lain term life (asuransi berjangka), whole life (asuransi seumur hidup) dan ada juga asuransi dwiguan (endowment).

Unit link adalah asuransi non tradisional, pengertian dari jenis asuransi ini adalah yang bisa mengkombinasikan dua produk keuangan, yaitu asuransi dan produk investasi.

Sehingga, pada unit link asuransi, uang yang di setor nasabah, di atur dalam premi asuransi menjadi keperluan perlindungan dan di setorkan oleh perusahaan asuransi pada manajer investasi, agar di olah dan di kelola sebagai instrumen investasi, umumnya di reksadana.

Reksadana dapat di ibaratkan sebuah wadah yang dapat di gunakan untuk menghimpun uang dari para investor, agar dapat diinvestasikan, sehingga dalam pengelolaannya menjadi portfolio efek atau beberapa hasil efek dari manajer investasi.

Baca Juga : Perbedaan Asuransi dan Investasi

Nasabah sendiri akan diberikan pilihan oleh perusahaan asuransi, apakah nanti uangnya akan di alokasikan di reksadana saham, pendapatan tetap, atau pasar uang, dan di bawah ini adalah pengertian lengkap unit link itu sendiri.

Beberapa jenis produk unit link yang beredar adalah sesuai pengelompokannya yang di pisah menjadi beberapa kelompok, yaitu tipe pembayaran preminya, penempatan dana, serta tujuan investasi.

Berdasar jenis pembayaran premi, unit link terdapat 2 jenis,yaitu unit link premi tunggal dan premi berkala.

Unit link premi tunggal adalah ketika nasabah wajib membayar premi tunggal secara sekaligus di awal, cara pembayaran premi tunggalnya pun cocok bagi orang yang telah mapan secara finansial, karena setoran preminya besar di muka, maka dapat di lakukan satu kali selama masa perlindungan polis asuransi, kelebihannya adalah nasabah tidak perlu lagi membayar premi lagi, yang artinya nilai premi yang harus di bayar adalah yang paling tinggi di banding jenis asuransi lainnya.

Unit link premi berkala adalah saat nasabah harus membayar premi secara bertahap atau berkala (sesuai namanya), tahapan pembayaran premi ini dapat di lakukan setiap bulan, triwulan atau per tahun, umumnya jenis unit link berkala ini cocok bagi pengguna yang mendapat perlindungan beserta investasinya, namun dengan dana terbatas, produk ini pun juya menjadi pilihan bagi kamu yang berusia muda.(Arm)