PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Mengelola Keuangan Dari Pekerjaan atau Bisnis Sampingan

Finansial  |  30 April 2021  |   104 Pengunjung

Mengelola Keuangan Dari Pekerjaan atau Bisnis Sampingan

Finansial  |  30 April 2021 Mengelola Keuangan Dari Pekerjaan atau Bisnis Sampingan

Memiliki pekerjaan atau bisnis sampingan tentu menjadi sebuah berkah dan kebahagiaan tersendiri bagi para pekerja, tapi jika tidak terbiasa mengelola uang tambahan tentu hal ini bisa membuat kita kaget lalu kebablasan, di butuhkan sedikit trik dan kemauan agar penghasilan utama dan penghasilan sampingan tidak tercampur, lalu menguap begitu saja.

1. Disiplin

Memiliki komitmen pada diri sendiri dan disiplin dalam pengaturan keuangan, tentukan target lalu eksekusi target perencanaan keuangan tersebut sesuai rencana, jangan hanya komitmen diatas kertas saja, semua harus di realisasikan.

2. Laporan Keuangan

Pengeluaran atau pemasukan sekecil apapun yang pemakaiannya dari uang sampingan, wajib di catat, baik itu untuk investasi atau untuk keperluan konsumtif pribadi, sehingga bisa memonitor dan mempertimbangkannya lagi di kemudian hari, apabila akan memakainya kembali.

Untuk usaha sampingan pastikan juga aset dan seluruh inventaris tercatat rapi, tidak perlu advance table, cukup sederhana dan mudah di pahami, dengan begini jika ternyata usaha sampingannya berkembang pesat dan membutuhkan investor, maka pertimbangan utama sang investor adalah dari laporan keuangan kamu.

3. Control Cashflow

Laporan keuangan sudah termonitor, saatnya mengatur cashflow dengan memprioritaskan pengeluaran dan menggenjot produktifitas, kalau kerja sampingan tidak ada salahnya mengejar progress dan kerja lembur, kalau bisnis afterhour, bisa di perpanjang jam bukanya atau mulai rajin-rajin cari lapak di sebuah bazar.

4. Jangan Campur Rekening

Pisahkan rekening pribadi dan rekening pemasukan tambahan, jangan sampai pemakaiannya tercampur aduk, salah satunya jika bisnis sampingan memang membutuhkan tenaga baru, pakai rekening tersebut untuk menambah karyawan untuk gajinya, pastikan semuanya tercatat rapi transaksinya.

Apapun jenis pekerjaan atau usaha sampingannya, tentu membutuhkan cara pengelolaan yang benar, semudah cara memisahkan mana dana utama mana dana yang harus di simpan, karena goal dari penghasilan tambahan ini umumnya adalah jika bisnis, tentu akan membesarkan lagi usahanya, jika sebuah side job, tentu dapat di kembangkan dengan investasi pada skill yang telah di kuasai atau network yang telah di miliki.(Arm)