PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

6 Nutrisi Sehat Untuk Puasa Ramadan 2021

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  12 April 2021  |   140 Pengunjung

6 Nutrisi Sehat Untuk Puasa Ramadan 2021

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  12 April 2021 6 Nutrisi Sehat Untuk Puasa Ramadan 2021

Konsumsi makanan yang sehat diperlukan tubuh supaya aktivitas sehari-hari berjalan lancar. Lebih lagi pada bulan puasa Ramadan seperti 14 April 2021 nanti. Asupan nutrisi mulai makanan sehat wajib menjadi prioritas utama supaya ibadah puasa bisa berjalan lancar. Selama ibadah puasa, tubuh mesti menahan rasa lapar serta dahaga lebih kurang selama 13 jam. Hal ini menjadi faktor utama tubuh menjadi kurang bertenaga sewaktu menjalankan puasa. Apalagi bila asupan makanan sewaktu sahur serta berbuka tak dijaga baik, alias asal-asalan. Tubuh dapat cepat lemas hingga tak berenergi.

Oleh sebab itu, penting untuk setiap umat Muslim menjalankan ibadah puasa serta memperhatikan asupan makanan sehat sewaktu bulan Ramadan April 2021. Baik asupan makanan sewaktu sahur atau berbuka. Hal ini berguna untuk tubuh agar bisa mempersiapkan serta mengembalikan asupan energi bagi tubuh ketika puasa satu hari penuh.

Oleh karena itu, ASURANSIKU.id merangkum beberapa makanan sehat supaya dikonsumsi selama puasa Ramadhan April 2021. berikut penjelasan lengkap tim asuransi kesehatan dari ASURANSIKU.id.

Karbohidrat Kompleks
Makanan sehat sebaiknya dikonsumsi dimasa puasa Ramadan April 2021 yang pertama tentulah kandung karbohidrat kompleks. Konsumsi makanan karbohidrat kompleks bisa membuat tubuh mendapat asupan cukup glukosa untuk sumber energi yang utama.
Asupan glukosa bisa disimpan untuk waktu-waktu menjalani ibadah puasa. Hal ini bisa membuat tubuh jadi tak mudah lemas meski berpuasa sehariam. Konsumsi makanan dengan karbohidrat berkandungan kompleks dapat ditemukan dari oatmeal, nasi merah, pasta, dan kacang almond.

Makanan Berprotein
Makanan sehat diwaktu puasa Ramadan bisa didapatkan dari makanan dengan protein tinggi. Zat protein sendiri adalah nutrisi untuk tubuh demi proses metabolisme. Nutrisi ini bisa dicerna di dalam tubuh lalu nantinya diubah jadi asam amino dan di alirkan ke bagian tubuh keseluruhan.
Selain penting bagi metabolisme tubuh, zat protein baik juga untuk beri energi tubuh dimasa puasa. Konsumsi makanan dengan protein tinggi bisa membantu perut kenyang agak lama. Hal lainnya menurut tim kesehatan dari ASURANSIKU.id protein sanggup untuk membantu memberi kestabilan pada kadar gula darah pada tubuh. Agar manfaat ini bisa di dapat, tim asuransi kesehatan dari ASURANSIKU.id menyarankan untuk memulai konsumsi makanan sehat yang tinggi zat protein seperti daging, ikan, telur, produk susu, sampai kacang-kacangan.

Kurma
Makanan sebagai panganan khas puasa Ramadan seperti kurma pasti banyak di bulan puasa April 2021 ini. Kurma telah dikenal sebagai buah dengan nutrisi tinggi untuk sunah Rasul. Dikatakan, mengkonsumsi buah kurma baik demi pengembalian energi tubuh setelah puasa seharian. Manfaat ini tak lain karena kandungan gula alami dalam sebuah kurma.
Selain gula alami, kurma mengandung juga nutrisi-nutrisi lain yang bagus untuk tubuh. Seperti kalium, tembaga, dan beberapa sumber serat. Tak heran bila kurma dikatakan makanan sehat yang baik bagi sistem pencernaan manusia.
Selama berpuasa, disarankan mengonsumsi kurma sewaktu berbuka puasa. Rasul sih nganjurin kurma dikonsumsi ganjil-ganjil aja yekan, bisa 3 sampe 7 butir uda gumoh koq. Mengonsumsi kurma bisa mengembalikan energi tubuh yang memuai dimasa puasa dengan mudah. 

Sayuran
Sayuran termasuk makanan sehat konsumsi pada masa Ramadan. Jenis sayur-sayuran berserat dapat larut dan berguna menjaga sistem kerja cerna dalam usus serta lambung. Konsumsi sayur dianggap sanggup memperlambat penguraian makanan jadi glukosa pada darah. Hal ini bisa mengontrol kadar kolesterol darah sewaktu mengkonsumsi hidangan berbuka puasa.
Konsumsi sayur-sayuran menjalani ibadah puasa dapat membantu untuk cukup cairan tubuh dengan baik. Hal ini bisa bikin cairan tubuh hilang selama puasa jadi lebih mudah dikembalikan dengan mengonsumsi beragam menu olahan sayur. Tim kesehatan asuransi dari ASURANSIKU.id dapat mencampurkan ragam macam sayur jadi hidangan sup lezat buat buka puasa.

Buah-Buahan
Selain sayur, konsumsi buah-buahan juga tidak boleh ketinggalan. Jenis panganan sehat satu ini telah dikenal sebagai makanan dengan sumber vitamin dan mineral tinggi yang sangat bermanfaat untuk tubuh. Tak heran bila konsumsi buah bisa membantu cukupi cairan tubuh selama berpuasa.
Agar dapat manfaat ini, tim asuransi kesehatan dari ASURANSIKU.id menyarankan dapat mulai tambahkan melon atau buah semangka sewaktu buka puasa atau sahur. Konsumsi buah-buahan bisa bikin kebutuhan cairan tubuh selama berpuasa dapat tercukupi dengan baik.

Minuman
Selain perhatikan makanan sehat, tim asuransi kesehatan dari ASURANSIKU.id menyarankan agar asupan minuman juga wajib menjadi perhatian. Seperti sebelumnya disebut oleh tim asuransi kesehatan dari ASURANSIKU.id, aktivitas puasa bebrapa hari penuh bisa nguras cadangan cairan pada tubuh. Oleh sebab itu, mesti dikembalikan segera supaya tubuh tak mengalami kondisi kekeringan.
Disarankan meminum sekurangnya 5 gelas air putih di waktu sahur serta 5 gelas ar putih ketika berbuka. Cara ini terbilang ampuh menjaga tubuh agar selalu terhidrasi dengan sempurna sewaktu puasa. Selain meminum air putih, tim asuransi kesehatan dari ASURANSIKU.id juga telah mengonsumsi susu, smoothies dan jus buah tanpa tambahan  gula. Sebab susu serta buah-buahan telah mengandung gula alami dengan baik bagi tubuh manusia.(rsv)