PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Pengetahuan Dasar Olahraga Beban, Untuk Pemula

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  01 February 2021  |   201 Pengunjung

Pengetahuan Dasar Olahraga Beban, Untuk Pemula

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  01 February 2021 Pengetahuan Dasar Olahraga Beban, Untuk Pemula

Halo apa kabar sobat ASURANSIKU.id, selamat hari Senin selamat mengawali awal bulan Februari yang indah, bagaimana target olahragamu ? tercapaikah misi mu menaikkan massa otot atau menurunkan berat badannya ? atau malah berantakan ? hehe, tenang, kali ini penulis akan sharing tentang konsep ngecilin lemak tapi tetep gedein otot, gimana caranya ?

Compound and Isolate

Compound dalam istilah Gymnastics di kenal sebagai gerakan yang melatih beberapa otot sekaligus, biasanya berurusan dengan otot di tubuh, lengan, pinggang hingga kaki. Sedangkan Isolate adalah gerakan yang melatih 1 otot saja. Contoh, jika Deadlift adalah termasuk gerakan yang melatih otot kaki, pinggang, bahu, hingga sebagian triceps. Maka, untuk latihan yang hanya di fokuskan pada triceps saja, yaitu dengan incline dumble curl.

Ini bukan soal kalau ingin sekaligus dapat melakukan deadlift saja, sehingga tidak lagi melatih triceps, bukan begitu, kita akan kupas lagi setelahnya.

Baca Juga : Langkah-Langkah Melatih Tubuh Ideal (1)

Otot Besar Otot Kecil

Tidak beda jauh dengan Compound dan Isolate, begini konsep dasarnya, untuk melatih otot harus kenali dulu jenis ototnya, ada otot besar ada otot kecil, otot besar meliputi chess (dada) back (otot sekitaran punggung) dan lain-lain, di mana kedua otot ini saling berlawanan, tidak bisa di latih di hari yang sama, di karenakan, setelah otot 'dirusak' setelah recovery semalaman, harus di istirahatakan, dengan kata lain, jika hari ini melatih otot depan, jadinya besok harus melatih otot belakang.

Begitupun metode melatih otot besar dan otot kecil ini, sangat di sarankan melatih otot kecil setelah kita menutup sesi latihan akan otot besar, karena jika kita balik, melatih otot kecil dahulu lalu otot besar, contoh : melatih Hammerl Curl lalu melatih Seated Cable Row, di khawatirkan otot kecil sebagai kekuatan tangan yang menarik beban mengalami kelelahan, sehingga latihan otot besarnya tidak lagi optimal.

Pull and Push

Setelah pengetahuan akan cara melatih otot besar dan otot kecil, kini bagaimana cara agar misi kita untuk melatih masa otot agar bertambah ? ketahui jenisnya, yaitu dengan otot yang di gunakan untuk mendorong dan menarik, jika kita ingin melatih biceps, lakukan pull (tarik) dengan biceps curl bars. Sedang jika kita ingin melatih triceps, lakukan gerakan yang melatih otot dengan dorongan contoh dengan rope pushdown, atau bar pushdown.

Baca Juga :  Langkah-Langkah Melatih Tubuh Ideal (2 -end)

Latihan dengan teknik-teknik semacam ini dapat di pakai untuk memperkuat otot agar semakin hari kamu dapat menambah beban supaya bisa memperbesar masa otot.

Biceps dan Triceps

Ketahui cara melatih biceps, karena tidak dapat 1 jenis latihan saja, karena sesuai namanya, Bi yakni ada 2 jenis otot di lengan yang tampak seksi jika di latih ini, yaitu biceps dalam dan bicep luar, perhatikan gambar

Di atas adalah latihan untuk biceps luar, sedangkan di bawah ini untuk melatih biceps dalam

Begitupun dengan Triceps, sesuai namanya, tri, ada 3 iris otot yang harus di capai, perhatikan gambar

Sehingga cara melatihnya pun juga serupa tapi dengan hasil yang berbeda, di bawah ini adalah melatih triceps bagian luar

Sedangkan gambar di bawah ini akan menghasilkan 2 bilah triceps, yakni triceps bagian tengah dan bawah.

Porsi latihan bagi pemula khususnya 3 bulan pertama tidak perlu lama, selayaknya cukup 45 - 60 menit saja, untuk melatih keseluruhan, namun tetap menaikkan porsi beban dan repetisi di tiap set latihannya, dan jangan pernah lupakan nutrisi, karena jika latihan beban tanpa nutrisi, alih-alih ingin otot besar, hanya akan menyusutkan masa otot, protein dan jam istirahat adalah hal terpenting, untuk diet dan latihan di tahap awal ini jangan sampai kamu alergi dengan karbo dan kalori, karena bagaimanapun karbohidrat dan kalori adalah sumber energi untuk latihan.

Usahakan semuanya kamu konsumsi seimbang, jangan berat sebelah, begitupun dengan serat dan vitamin-vitamin lainnya, selamat mencoba semoga kamu selalu sehat dan jangan lupakan juga Asuransi Kesehatan untuk perlindunganmu di setiap saat, terlebih di masa pandemi seperti sekarang ini. (Arm)