PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Mengenal Apa Itu Indeks Saham

Bisnis  |  17 December 2020  |   171 Pengunjung

Mengenal Apa Itu Indeks Saham

Bisnis  |  17 December 2020 Mengenal Apa Itu Indeks Saham

Buat kamu yang sering nonton TV berita bisnis atau headline news dari situs berita online sering ada tulisan IHSG atau Indeks Saham Gabungan, pas di klik isinya cuma grafik naik turun kan? Nah, grafik ini sangat berhubungan dengan nilai tukar Rupiah pada Dollar Amerika

Kira-kira apa sih pentingnya Indikator IHSG ini buat investor? Apalagi buat kamu yang baru belajar investasi / trading, ini juga info penting loh buat kamu.

Indeks Saham adalah grafik pengukuran nilai pada pasar saham, saham indeks di hitung dari pergerakan pada harga saham tertentu, yang pada dasarnya memakai pertimbangan harga rata-rata. Indikator yang terpampang seringkali di gunakan oleh investor dan manager investasi,buat merepresentasikan keadaan pasar saat itu dengan pandangan mengenai pengembalian di investasi tertentu. 

Pengukurannya adalah dari tingkat IHSG akan menampilkan penguatan grafik, jadi para investor akan lebih percaya diri pada pasar saham dan menganggap sebagai timing yang pas buat investasi. Indeks Saham seringkali menjadi Indikator utama untuk para investor saat berinvestasi, karenanya penguatan maupun pelemahan di indeks saham adalah cerminan situasi pasar saham.

Pergerakan grafik ini sangat di pengaruhi oleh perekonomian serta suhu politik sebuah negara contoh, saat Presiden A terpilih sebagai Presiden RI, di mana terpilihanya kursi kepala negara itu tidak menyebabkan kegaduhan atau demonstrasi, maka perekonomian negara stabil sebaliknya, jika banyak kegaduhan yang menyebabkan perekonomian macet, maka akan terjadi fluktuasi di IHSG dari sini juga lah kondisi makro ekonomi sebuah negara terbaca.

Terdapat sekira 11 Indeks Saham yang terdaftar di BEI, salah 1 index tersebut ialah IHSG yang menjadi tolok ukur di keseluruhan emiten yang tercatat di bursa saham. Seorang investor dapat melihat jenis Indeks LQ45 untuk memantau perkembangan saham secara sektoral atau saham yang berpotensi memasuki kapitalisasi pasar yang besar, adapun sektor lain adalah Jakarta Islamic Index untuk emiten yang masuk dalam kategori Saham Syariah.

Umumnya Indeks Harga sering di release oleh Bursa Efek Indonesia sebagai acuan para investor untuk transaksi di pasar saham.(arm)