PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Manfaat Meditasi Untuk Olah Jiwa dan Kesehatan Mental

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  15 December 2020  |   163 Pengunjung

Manfaat Meditasi Untuk Olah Jiwa dan Kesehatan Mental

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  15 December 2020 Manfaat Meditasi Untuk Olah Jiwa dan Kesehatan Mental

Meditasi adalah kegiatan spiritual yang telah di kenal oleh manusia sejak sekitar tahun 2500 sebelum Masehi oleh umat Agama Budha dan Hindu. Kegiatan yang tidak banyak menggerakkan badan namun manfaat yang di rasakan bagi tubuh sangatlah luar biasa. Kendati tampak sederhana karena olah pernapasan,impact yang di hasilkan dapat me-recovery stress dan emosi yang berlebihan dalam diri kita.

Jika belum pernah melakukannya, tak ada salahnya mencoba karena aktifitas ini tidak mengikat berdasar keyakinan Agama tertentu. Penulis ASURANSIKU.id membagikan tips yang tepat untuk di lakukan oleh semua kalangan karena kegiatan ini tidak mengharuskan menggunakan atribut keagamaan. Di dalam tubuh kita terdapat 7 chakra inti dengan perannya masing-masing yang menjadi agregat atas konektivitas fisik mental dan spiritual kita, diantaranya adalah : 

1. Shahasrara Chakra : Chakra pertama mahkota yang terletak di ubun-ubun
2. Ajna Chakra : Chakra kedua mata ketiga yang terletak di tengah-tengah antara alis mata 
3. Visuddha Chakra : Chakra ketiga yang terletak di leher
4. Anahata Chakra : Chakra ke empat yang terletak di dada yang menjembatani lengan hingga tangan, punggung, dada dan organ di dalamnya
5. Manipura Chakra : Chakra ke lima yang terletak di pusar yang memberi energi pada fisik di area sekitarnya
6. Svadisthana Chakra : Chakra ke enam yang terletak di tulang pelvis (bawah pusar) yang menjadi tenaga inti dalam tubuh kita 
7. Muladhara Chakra : Chakrta ke tujuh yang terletak di tulang ekor dan mewakili seluruh kaki

Sebagai contoh stress yang berakibat sakit kepala adalah ketidak seimbangan dari chakra pertama di mana menyeimbangkannya adalah dengan melatih pernapasan dan mengosongkan pikiran sejenak membuatnya totally empty, jika di lakukan dengan sungguh-sungguh dan niat yang baik maka ketenangan akan bisa di dapatkan.

Pertama, ambil posisi dalam keadaan dimana kepala dan tulang ekor sejajar lurus bisa dengan bersila atau berbaring tanpa menggunakan bantal dan meluruskan tangan juga kaki 

Kedua, pandang satu titik lurus di hadapan mata anda, sembari menarik nafas panjang dalam dalam dari hidung dan keluarkan perlahan melalui mulut, lakukan terus menerus hingga merasa mata anda terasa ingin menutup karena perih dan perlahan akan mengeluarkan air mata, dan jika sekali menutup,biarkan menutup terus dan fokus lah pada pernapasan.

Ketiga, rasakan perlahan napas yang keluar dan masuk, sambil melatih kesadaran nafas yang masuk dan yang keluar hal ini akan membuat melatih kesadaran, sehingga di kehidupan sehari-hari fokus dan konsentrasi anda terlatih agar di hindarkan dari kejadian-kejadian di luar kesadaran termasuk menghindari serangan panic attack, materi ini cukup sering di gunakan oleh para praktisi kejiwaan untuk pengobatan pasien yang sering mengalami serangan panik.

Ke Empat, biarkan diri larut dalam tenangnya olah napas, kosongkan segalanya tanpa ada pikiran,hasrat,pandangan,terngiang-ngiang suara apapun,tetap fokus dengan olah nafas bayangkan oksigen yang tarik dalam-dalam adalah sebuah obat penyembuhan dari Alam untuk menyegarkan otak besar otak kecil, tahan sejenak dan keluarkan perlahan melalui mulut. Lakukan yang sama untuk titik tengah antara alis anda menyebar ke wajah ke telinga, dan hembuskan kembali melalui mulut Selanjutnya lakukan lagi ke leher, ke dada ke pusar, ke tulang pelvis hingga ke tulang ekor.

Tak butuh waktu lama, sedikit nya 10-15 menit per sesi untuk melakukan meditasi ringan ini dan jangan lupa teguk segelas air mineral setelah melakukannya setiap pagi bangun tidur yang akan lebih efektif jika di sambung dengan olahraga. Untuk yang mengalami stress berat, lakukan juga pada malam hari sebelum tidur agar lebih relax saat tidur dan lebih segar keesokan harinya.

Simulasikan seluruh nafas anda adalah sebuah energi baru dari alam untuk menyegarkan kembali chakra-chakra dalam diri anda dengan tujuan dan di niatkan untuk kesehatan mental dan kesehatan jiwa anda, karena hanya anda sendiri yang mampu menjamin kesehatan diri sendiri, dengan cara-cara olah jiwa maupun penjaminan melalui Asuransi Kesehatan atau Asuransi Jiwa.(arm)