PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Trigliserida Tidak Terkontrol Bahaya Bagi Tubuh

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  24 November 2020  |   127 Pengunjung

Trigliserida Tidak Terkontrol Bahaya Bagi Tubuh

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  24 November 2020 Trigliserida Tidak Terkontrol Bahaya Bagi Tubuh

Trigliserida merupakan jenis lemak darah yang sebenarnya berguna untuk me-recovery energi. Namun, bila kadarnya terlampau malah meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke. Trigliserida yang sehat yaitu di bawah 150 mg/dL dan 200-499 mg/dL termasuk kurang sehat. Di atas 499 mg/dL sangat mengkhawatirkan, kadar yang tinggi sebaiknya jangan diremehkan. 

Dokter biasanya memberi resep obat-obatan penurun trigliserida, selain perubahan pola makan serta gaya hidup. Pola makan memang tak dipungkiri, ada jenis-jenis makanan yang mempengaruhi besaran trigliserida, terutamanya asupan berkarbohidrat tinggi. Berikut ASURANSIKU.id sebagai penyedia asuransi kesehatan akan jabarkan jenis minuman serta makanan bisa menaikan trigliserida.
 
1. Minuman manis 
Minuman yang mengandung gula, seperti soda, es teh, jus buah, serta lain sebagainya bisa memberi tubuh dibanjiri kelebihan gula. Setidaknya batasi konsumsi minuman pemanis agar kadar trigliserida turun.
 
2. Makanan berkarbohidrat 
Makanan berkarbohidrat tinggi, seperti kentang, pasta, atau nasi sebenarnya sumber energi yang baik. Namun, makanan sehat ini bisa dipecah menjadi gula ketika sudah ada di sistem pencernaan. Kelebihan gula merupakan penyebab kadar trigliserida meningkat.
 
3. Kelapa 
Manfaat sehat kelapa terkenal sudah di seluruh dunia, namun kelapa memiliki juga kandungan lemak jenuh. Batasi saja sampai kadar trigliserida dapat dikontrol.
 
4. Madu dan sirup 
Madu atau sirup memiliki simpanan gula yang tinggi. Bila kadar trigliserida sudah tinggi, batasi asupan minuman pemanis ini.
 
5. Lemak jenuh 
Produk susu, butter, dan lain sebagainya, merupakan makanan yang mengandung lemak jenuh. Tentu ini bisa menyebabkan peningkatan pada trigliserida. Mengurangi makanan berjenis seperti ini dapat menurunkan level kolesterol terjaga. 

6. Alkohol 
Kadar trigliserida tinggi merupakan alasan lain agar segera menjauhi alkohol. 

7. Makanan yang dipanggang 
Kadar trigliserida dipicu juga asupan makanan dengan masakan dipanggang, seperti roti dan sejenisnya. Biasanya lemak jenuh yang juga tinggi terkandung juga dalam asupan ini.