PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Perencanaan Keuangan Kredit Mobil Bekas

Otomotif  |  10 November 2020  |   66 Pengunjung

Perencanaan Keuangan Kredit Mobil Bekas

Otomotif  |  10 November 2020 Perencanaan Keuangan Kredit Mobil Bekas

Dengan perencanaan keuangan yang tepat dan matang, beli mobil idaman yang selama ini dinantikan kehadiannya di garasi pasti dapat terwujud.
Transportasi publik di Indonesia bisa dikatakan belum sepenuhnya nyaman. Karena alasan seperti itulah banyak masyarakat Indonesia memiliki kendaraan sendiri baik roda empat atau sepeda motor roda dua. Bila dibanding sepeda motor, mobil termasuk yang aman dan nyaman untuk berkendara. Namun, tentu saja harga mobil yang tidak murah dan jauh sekali di atas motor.

Perlu diingat, nilai dari mobil dapat turun setiap tahunnya. Beli mobil mesti memiliki perhitungan yang matang agar tidak terbebani biayanya. Berikut ini beberapa cara agar rencana keuangan beli mobil yang tepat.

Pinjaman Uang Muka
Tak perlu memaksakan diri membeli mobil dengan cara kredit bila belum mempunyai uang. Apalagi sampai mesti minjam uang sana sini, baik pada teman atau lembaga keuangan.
Meminjam dana untuk DP kredit mobil dapat menyulitkan keuangan pribadi, karena seperti memiliki dua tanggungan. Pertama cicilan mobil yang mesti dibayar dan Kedua membayar cicilan untuk utang uang muka mobil. Rencanakan keuangan dengan baik, beli mobil untuk DP pembelian mobil dengan penghasilan bulanan yang disisihkan.

Tenor Tepat
Umumnya disaat memasuki usia lima tahun, sebuah mobil memerlukan perbaikan yang cukup lumayan. Saat menentukan besar cicilan kredit oleh periode waktu, cari tenor yang tak melebihi usia ekonomis suatu kendaraan.
Bila tenor lebih dari masa ekonomis mobil, pengeluaran bisa menjadi bengkak. Bayar cicilan mobil sekaligus perbaikan mobil mungkin saja terjadi. Perencanaan keuangan untuk membeli mobil yang tepat maka kejadian seperti diatas dapat dihindari.

Lembaga Pembiayaan
Ketika hendak kredit mobil, bank atau perusahaan pembiayaan dapat menjadi pilihan. Umumnya perusahaan pembiayaan memiliki sistem kesepakatan prasyarat kredit yang lebih cepat. Namun sangat disayangkan, biasanya bunga pinjaman lebih tinggi ketimbang bank.
Sebaliknya, bank memang memberi bunga yang lebih rendah tetapi kriteria dan sistem lebih sulit atau ketat. Sebaiknya, pilihlah sumber pembiayaan dari bank dengan bunga lebih rendah. Lagipula bank umumnya lebih bisa diajak kompromi bila mengalami kesuliatan membayar cicilan. Bila hal itu terjadi, pihak bank dapat menjadwalkan lagi kreditnya.

Pertimbangkan Harga Turun
Sewaktu memilih mobil pertimbangkanlah penurunan harga mobil nantinya. Biasanya mobil yang berperforma bagus serta perawatannya mudah banyak dicari orang. Dengan rencana keuangan yang baik, membeli mobil dengan pertimbangan harga mobil yang baik sangatlah penting. Hal ini pasti sangat membantu sewaktu ingin kembali menjual mobil tersebut.

ASURANSIKU.id menyediakan pilihan-pilihan asuransi mobil terpercaya dan terbaik serta dapat disesuaikan dengan segala keperluan pengguna. Lisensi resmi dari OJK juga sudah dimiliki oleh ASURANSIKU.id dengan nomor izin No.KEP-241/NB-1/2015.