PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Pentingnya Analisa Manajemen Risiko dan Asuransi Dalam Berbisnis

Umum  |  02 November 2020  |   140 Pengunjung

Pentingnya Analisa Manajemen Risiko dan Asuransi Dalam Berbisnis

Umum  |  02 November 2020 Pentingnya Analisa Manajemen Risiko dan Asuransi Dalam Berbisnis

Pasti dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari, sering kita dengar istilah manajemen risiko dan asuransi. ASURANSIKU.id sebagai penyedia layanan asuransi terpercaya akan menjabarkan dan mengenalkan manajemen risiko dan asuransi yang sangat penting dalam hidup ini.

Hal yang perlu dipahami yaitu definisi dari risiko. Risiko merupakan sebuah konsekuensi atau bahaya yang dapat saja terjadi akibat dari kejadian yang sedang berlangsung atau yang akan datang. Risiko bisa diartikan juga sebagai keadaan yang belum pasti saat terjadi sesuatu serta bisa menimbulkan kerugian. Sedangkan manajemen risiko adalah sebuah proses untuk mengelola risiko yang di dalam ruang lingkupnya mencakup evaluasi, identifikasi, serta pengendalian risiko terjadi.

Asuransi sendiri merupakan istilah untuk tindakan perlindungan finansial atau ganti rugi atas terjadinya suatu hal yang tidak bisa diduga seperti kehilangan, kematian, kerusakan, di mana melibatkan keteraturan pembayaran pada jangka waktu tertentu dan menjamin perlindungan tersebut. Maka dari itu, manajemen risiko sangat penting agar terhindar dari kerugian yang diakibatkan oleh suatu hal. 

Mengenal syarat-syarat risiko sebuah objek asuransi    
Setelah mengenal penjelasan manajemen risiko dan asuransi diatas, maka syarat risiko yang bisa dijadikan obyek asuransi juga harus diketahui. Tujuan mengenal objek-objek asuransi terutama pada perusahaan adalah mencegah perusahaan agar terhindar dari kegagalan, menekan kelebihan biaya produksi, dan lain sebagainya. Oleh karena hal tersebut maka bisa diasuransikan pemilik perusahaan.

Di bawah ini beberapa syarat risiko yang bisa diasuransikan.

  • Economically Feasible Losses, sebuh kerugian yang bisa dialami oleh seseorang dengan potensi cukup besar, namun kemungkinan tak tinggi.
  • Accidentality Losses. Ketika nasabah (tertanggung) tak memiliki pengaruh atas kontrol terhadap kejadian yang bisa diasuransikan, baik berupa bahaya atau moral.
  • Determinability of Losses, adalah tingkat premi asuransi yang berdasarkan prediksi untuk masa yang akan datang.
  • Mass and Homogenity, objek asuransi yang memiliki sejumlah besar unit.

Itulah beberapa hal tentang ilmu yang juga menjadi mata kuliah manajemen risiko dan asuransi. ASURANSIKU.id sebagai pialang penyedia layanan asuransi terpercaya mengingatkan selalu bahwa risiko ada setiap saat, namun dapat diminimalisir bila mendapat manajemen risiko yang terarah dengan baik.