PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Waspada Asam Lambung Bukan Sekedar Penyakit Ringan

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  21 September 2020  |   131 Pengunjung

Waspada Asam Lambung Bukan Sekedar Penyakit Ringan

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  21 September 2020 Waspada Asam Lambung Bukan Sekedar Penyakit Ringan

Asam lambung adalah kondisi penyakit yang terjadi karena asam lambung dari perut naik ke kerongkongan. Tubuh kita memiliki Saluran pencernaan yang didalamnya ada katup pintu masuk ke perut. Katup itu berupa cincin otot dengan nama lain sfingter esofagus di bagian bawah. Pada  keadaan normal, katup tersebut bisa tertutup kembali rapat setelah makanan lewat.

Namun, bila ada masalah, kerja katup dapat terganggu hingga tidak mau tertutup sempurna.  Saat katup pada saluran pencernaan tak tertutup dengan sempurna, asam perut bisa naik ke kerongkongan. Bila dalam seminggu lebih dari tiga kali asam lambung naik, ada kemungkinan mengidap gastroesophageal reflux disease ( GERD).

Asam lambung mudah naik akibat kelainan di lambung. Selain kelainan, asam lambung naik juga akibat: 

  • Makan kebanyakan
  • Langsung rebahan usai makan 
  • Makan ga jauh waktu tidur 
  • Makanan tertentu seperti tomat, jeruk, mint, cokelat, makanan pedas 
  • Minum, kopi, soda, alkohol, dll 
  • Merokok 
  • Hamil 

Ketika asam lambung menuju kerongkongan, tubuh dapat merasakan beberapa gejala. Gejala tersebut tergantung organ yang terpengaruh dengan asam lambung. Oleh karena itu, tak semua penderita asam lambung mempunyai gejala sama. Gejala penyakitnya dapat ringan hingga berat. Beberapa ciri-ciri berikut penyakit asam lambung terjadi:
Heartburn
Heartburn merupakan ciri-ciri asam lambung yang kerap dilapor para penderitanya. Perut secara alami terlindungi sifat korosif asam lambung. Namun bila klep tak berfungsi optimal, asam lambung menimbulkan heartburn. Heartburn merupakan sensasi panas serta terbakar di bagian dada. Tingkat heartburn yang dirasa penderita asam lambung dapat saja ringan hingga pada stadium tertentu sangat menyakitkan. 

Mulut terasa asam atau pahit 
Beberapa penderita asam lambung melapor, rasa asam serta pahit di mulut dan diikuti timbulnya perasaan panas mirip terbakar pada kerongkongan dan mulut.

Dispepsia 
Masalah pencernaan yang satu ini menyebabkan rasa tak nyaman pada bagian tengah serta atas perut. Penderita penyakit asam lambung dengan gangguan dispepsia merasakan mual, sakit perut, sering bersendawa, hingga muntah.

Sakit tenggorokan 
Ciri-ciri asam lambung yang lain adalah tenggorokan sakit. Asam lambung mengiritasi kerongkongan karenanya tenggorokan jadi sakit. Suara serak, radang tenggorokan, hingga timbul sensasi bentol di tenggorokan.
 
Batuk Kering
Gejala asam lambung lainnya yaitu batuk kering. Iritasi asam lambung awam dialami anak-anak serta orang dewasa. Batuk berulang merupakan reaksi alami tubuh guna membersihkan zat asing yang melekat pada tenggorokan, termasuk pada asam lambung.