PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812 1234 7023
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812 1234 7023

Hepatitis Dan Perilaku Seksual Yang Keliru

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  07 July 2020  |   165 Pengunjung

Hepatitis Dan Perilaku Seksual Yang Keliru

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  07 July 2020 Hepatitis Dan Perilaku Seksual Yang Keliru

Hepatitis merupakan bentuk penyakit yang menyerang hati atau peradangan. Pada umumnya, penyakit Hepatitis disebabkan infeksi virus. Tapi, hepatitis bisa disebabkan juga karena kondisi yang lain seperti kebiasaan meminum alkohol, ketergantungan obatsampai penyakit autoimun. 

Pada dasarnya kondisi hepatitis bisa sembuh sendiri. Namun, pada keadaan yang paling buruk penyakit hepatitis bisa berkembang jadi fibrosis atau bahasa umumnya kanker hati. Ilmuwan dan ahli kesehatan telah melacak setidaknya sekitar lima virus  jenis hepatitis yang menjadi penyebab masalah hati. Virus-virus Hepatitis dikenal dengan kode A, B, C, D, serta hepatitis E. Virus hepatitis bisa menyebar lewat makanan yang sudah terkontaminasi serta jarum suntik bekas. Bukan hanya dari jarum suntuk dan makanan, virus hepatitis bisa juga menyebar lewat aktivitas seksual. 

Sebagian besar masyarakat dunia terinfeksi virus Hepatitis karena kualitas sanitasi yang kurang baik. Kini vaksin pencegah penularan Hepatitis sudah ditemukan. Hepatitis B Virus(HBV) dikenal penularannya liwat cairan tubuh pada manusia seperti air mani, darah, liur, serta lain sebagainya. Hal tersebut sangat membuktikan HBV bisa menular lewat seksual. 

Seks oral serta anal menjadi cara paling memungkinkan penularan HBV. Virus ini bukan menular lewat pegangan tangan, ciuman kering pada bibir atau berpelukan. Sedang untuk penularan lewat ciuman basah belum bisa dipastikan. Namun oleh karena HBV ditemukan juga pada air liur, maka penularan dengan berciuman dimungkinkan ada. Ditambah lagi bila ada luka yang terbuka di mulut. 

Pada Hepatitis C Virus atau sering disingkat HCV disinyalir dapat menyebar lewat kontak darah dengan mereka yang terinfeksi. Lebih besar kemungkinannya dengan mereka yang punya riwayat perilaku seksual. 

Hepatitis D biasa terjadi dengan orang yang sudah terinfeksi HBV. Infeksi Hepatitis ganda seperti ini bisa menyebabkan penyakit yang sangat serius dan buruk. Dan lagi-lagi perilaku seks yang serampangan menjadi pemicunya. Asuransi kesehatan hepatitis dari ASURANSIKU.id menjamin mereka yang berisiko terkena penyakit Hepatitis dengan perlindungan asuransi kesehatan selama 24 jam.