PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
021 806 00 828 / 0812 1234 7023
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812 1234 7023

Si Kecil Daun Sirih Dengan Manfaat Besar

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  06 April 2020  |   121 Pengunjung

Si Kecil Daun Sirih Dengan Manfaat Besar

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  06 April 2020 Si Kecil Daun Sirih Dengan Manfaat Besar

Daun Sirih merupakan tanaman asli Indonesia yang ada dimana-mana dan sangat mudah ditemukan. Daun sirih merupakan tanaman yang merambat. Tanaman ini biasanya ditemukan menempel atau merambat di batang pepohonan. Asuransi Kesehatan dari ASURANSIKU.id yang merangkum dari berbagai sumber, daun kecil ini mempunyai banyak khasiat atau manfaat yang terkandung didalamnya. Daun ini banyak digunakan sebagai obat-obatan herbal oleh para orang tua di zaman dahulu bahkan hingga sekarang. Daun sirih biasanya direbus terus airnya diminum atau dimakan secara langsung.

Asuransi kesehatan terpercaya dari ASURANSIKU.id meyakini daun sirih punya ragam jenis vitamin seperti vitamin C, tiamin, niasin, riboflavin, karoten yang merupakan sumber kalsium yang bagus, tanning, saponin, eugenol, dan beragam jenis minyak esensial. Daun yang satu ini diketahui mempunya sifat antiseptik, antiinflamasi, dan pendingin kulit. Sehingga dapat mengatasi berbagai masalah penyakit kulit. Akan tetapi, khasiat yang ada di daun sirih tak hanya sebatas untuk kulit. Saat dikonsumsi, daun ini akan memberikan banyak manfaat bagi kesehatan organ tubuh, terutama daun sirih merah. Sebagai obat diabetes dan asam urat misalnya. Daun sirih ada dua ada yang merah dan juga ada yang hijau. Berbeda warna bukan berarti khasiatnya berbeda, walaupun berebeda warna ternyata khasiat yang dikandungnya sama dan tidak jauh berebeda diantara keduanya.

Diketahui bahwa kandungan yang ada di Daun Sirih merah yaitu zat yang berkhasiat untuk menyembuhkan dan mencegah penyakit. Bila dibandingkan dengan manfaat sirih merah, hanya sebagian  kecil terdapat efek negatifnya. Bahkan penyakit paling mematikan seperti kanker dan diabetes melitus pun bisa dicegah dengan kandungan yang ada di daun sirih merah ini. Kandungan senyawa yang di dalam sirih merah ini digolongkan menjadi 3, flavonoid, polivenol, dan alkoloid.
Dua senyawa ini yaitu flavonoid dan polifenol, Kedua senyawa ini bertugas untuk mencegah dari penyakit kanker dan juga biasa digunakan sebagai bahan antiflamasi, antiseptik, antioksidan, dan antideabetik. Senyawa alkoloid, Mempunyai Manfaat yang hampir sama dengan senyawa flavonoid dan polivenol, yakni menghambat pertumbuhan sel-sel kanker yang ada di dalam tubuh manusia. Daun sirih hijau bedanya hanya tidak mengandung flavonoid.

Daun sirih merah diantaranya dapat Menghentikan mimisan, Pengobatan luka bakar ringan, Obat gusi berdarah, Obat bronchitis, Mengobati sakit perut, dan masih banyak lagi. Sedangkan daun sirih hijau dapat mengobati beberapa penyakit ringan seperti Menyembuhkan luka, Mengobati nyeri, Mengobati gangguan pencernaan, Mengobati sakit tenggorokan, Melawan kanker, bahkan dapat mencegah bau badan.Dan juga daun sirih ini berguna bagi para wanita karena biasanya wanita menggunakan daun sirih ini untuk menjaga kebersihan diarea kewanitaan. Berkat kandungannya yaitu flavonoid, polivenol, dan alkoloid daun sirih dapat membantu pengobatan secara herbal dan pastinya juga tidak membuang banyak biaya. 

Daun sirih ini juga kabarnya bermanfaat untuk mata karena kandungannya. Menggunakannya dengan cara di rebus airnya kemudian diteteskan ke mata yang perih. Daun sirih juga dapat membantu mengobati mata minus, mengatasi mata merah atau iritasi, dan mengobati mata yang sakit. Dr. Johan Butaharuk MD, seorang spesialis mata, mengatakan bahwa menggunakan daun sirih dapat mengurangi iritasi pada mata karena daun sirih mengandung sifat antibakteria.
Nenek moyang kita juga menggunakan daun sirih untuk menjaga kesehatan rongga mulut dan gigi. Dengan cara dikunyah agar minyak atsiri yang ada didalamnya keluar. Minyak atsiri yang ada pada daun sirih merupakan zat yang didalamnya terkandung  antiseptik, antioksidan, antimikroba, dan mempunyai reaksi terhadap beberapa macam bakteri yang ada didalam mulut. Kandungan-kandungan yang ada di minyak atsiri inilah yang mampu mengurangi peradangan gusi, di mana peradangan tersebut disebabkan oleh bakteri yang ada dalam karang gigi.

Manfaat daun sirih merupakan yang paling dikenal dalam melawan penyakit dan masalah seputar kulit, terutama jerawat. Sifat anti-septik dan anti-bakteri dalam daun sirih merah dan sirih hijau cukup efektif dalam mengatasi jerawat yang ada di wajah, dada, atau punggung. Gunakan handuk bersih kalau bisa yang baru dicuci, celupkan ke dalam air hangat yang sudah dicampur sirih yang sudah di tumbuk. Oleskan ke wajah yang sudah dibersihkan dari makeup. Kemudian wajah dicuci seperti ini minimal 2 kali sehari, sesudah mandi dan sebelum tidur. Sementara untuk jerawat di area dada atau punggung, Anda bisa menggunakan air rebusan sirih yang masih hanga tyang di gunakan untuk mandi. 

Meskipun daun sirih itu banyak khasiat dan manfaatnya tetap lah ada sisi negatifnya. Jika terlalu sering digunakan dapat beresiko tinggi, dengan begitu mohon lebih bijak lagi dalam penggunaannya agar tidak berlebihan mengingat akan efek negatif yang diberikan jika digunakan terlalu sering. Semoga info diatas dapat menambah pengetahuan, sekian dan terima kasih.