PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
021 806 00 828 / 0812 1234 7023
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812 1234 7023

Tidak Perlu Repot Ke Bengkel, 6 Langkah Mudah Ini Cara Merawat Mobil Di Rumah

Otomotif  |  03 March 2020  |   201 Pengunjung

Tidak Perlu Repot Ke Bengkel, 6 Langkah Mudah Ini Cara Merawat Mobil Di Rumah

Otomotif  |  03 March 2020 Tidak Perlu Repot Ke Bengkel, 6 Langkah Mudah Ini Cara Merawat Mobil Di Rumah

Mobil wajib dirawat supaya awet serta nyaman dikendarai. Lantas tips seperti apa guna merawat kendaraan roda empat supaya nyaman digunakan dan awet tentunya? Mobil dengan pemakain rutin tentu perlu perawatan. Tentu menjadi meyebalkan bila tiba-tiba kendaraan roda empat kesayangan mogok di jalan?

Apapun saja jenis mobilnya, mobil manual atau yang bertenaga matic memerlukan perawatan. Servis berkala atau tune up sangat wajib dilaksanakan agar merawat mobil tetap prima serta kondisi yang selalu oke untuk digunakan.
Berikut ini beberapa cara yang disarankan asuransi mobil dan motor online terbaik dari ASURANSIKU.id dan dijamin tidak merepotkan untuk merawat mobil di rumah supaya awet seperti dirangkum di bawah ini:

1. Bagian Ban
Usahakan mengganti bagian ini setelah 5-8 ribu kilometer melenggang dijalanan. Bersihkan brake dust-nya sebab disinilah banyak kotoran melekat mulai dari aspal atau sekedar debu tanah. Jangan lama dibiarkan agar bagian ini tidak terpanggang karena bergabungnya panas serta lembab dari rem. Secara berkala cek seminggu sekali tekanan ban. Hindari berkendara menggunakan ban botak. Bila seperti itu bisa membahayakan nyawa, sebab ban botak lebih cenderung licin.

2. Bagian Mesin
Mengganti sabuk mesin per 25 ribu mil adalah hal yang baik. Pastikan bagian belt ini selalu dalam keadaan yang baik sebab spare part ini garda depan untuk menghadapi situasi ekstrem di luar kendaraan. Tidak kalah penting juga, periksa cairan mesin serta level oli. Setiap kendaraan roda empat letak cairan mesinnya berbeda-beda. Namun pada buku petunjuk sewaktu pertama kali membeli mobil pasti dijelaskan letak dimana mesinnya. 

3. Bahan Bakar Sebagai Sumber Kekuatan Mesin
Bahan bakar dengan oktan yang tinggi belum tentu juga dapat menjamin kekuatan mesin. Maka itu sesuaikan tipe mobil dengan bahan bakar yang akan dipakai. Bila dalam buku petunjuk tertulis dinyatakan menggunakan premium maka pakailah bahan bakar tersebut.

4. Bagian Kelistrikan 
Pada cara merawat mobil dengan mudah di rumah asuransi mobil dan motor online terpercaya dari ASURANSIKU.id menyarankan, jika ingin memperbaiki yang ada hubungannya dengan elektrik, putuskan dulu aliran listrik dari aki. Sekalian bersihkan juga bagian kelistrikan, sebab benda asing yang melekat dapat melambatkan hubungan pada sistem elektrik.

5. Bagian Lampu
Bila satu saja lampu sein berkedip cepat lebih dari seharusnya, berarti ada lampu pecah di dalamnya. Lampu semacam ini sangat mudah untuk diganti, cukup cari di toko otomotif di dekat rumah. Jika sudah mengganti sendiri, hindari menyentuh bagian kacanya. Tangan manusia biasanya berminyak dan ada lemaknya. Bagian ini dapat bereaksi terhadap halogen yang ada di dalam bohlam. Akibatnya tentu saja bohlam dapat pecah sewaktu mesin dinyalakan.   

6. Indikator Warning Lights 
Nampak sepele memang, namun warning lights yang terdapat di dashboard wajib dirawat. Lampu indikator seperti aki, panasnya mesin dan bensin sangat membantu dalam perawatan. Pastikan semua lampu berfungsi dan menyala sesuai fiturnya.

asuransi mobil dan motor online termurah dari ASURANSIKU.id menawarkan klaim asuransi mudah dengan biaya ringan. Miliki perlindungan yang asuransi mobil yang lebih lengkap, mulai dari kehilangan, kerusakan ringan, sampai jaminan pemeliharaan mobil yang disertai perluasan. Contoh jaminan ini, bila wilayah tempat tinggal terdampak bencana banjir, sudah pasti mobil terendam banjir serta mengalami kerusakan yang terbilang parah. 

Tentu perusahaan asuransi pasti memberi perlindungan serta perbaikan mobil dibiayai hingga seperti semula. Hanya saja juga terdapat pengecualian lain dan bisa saja klaim asuransi ditolak oleh penyedia asuransi. Oleh sebab itu, sewaktu memutuskan membeli asuransi mobil, sebaiknya cari tahu dengan rinci dan jelas apa saja  ketentuan serta syaratnya.