PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Jalan Tol Cisumdawu Resmi Beroperasi Setelah 12 Tahun


Rosasiva  |  Informasi Penting  |  12 July 2023  |   2086 Pengunjung

Jalan Tol Cisumdawu Resmi Beroperasi Setelah 12 Tahun

Informasi Penting  |  12 July 2023 Jalan Tol Cisumdawu Resmi Beroperasi Setelah 12 Tahun

Jalan Tol Cileunyi–Sumedang–Dawuan adalah singkatan Jalan Tol Cisumdawu. Sebuah jalan tol dengan panjang 62,60 kilometer ini merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa. Berada di Jawa Barat, jalan tol Cisumdawu menghubungkan daerah Bandung, Sumedang, serta Majalengka. Perlintasan jalan ini mulai dari Kabupaten Bandung, Kabupaten Majalengka hingga Kabupaten Sumedang. Jalan tol ini adalah bagian dari jalan tol yang menjadi penghubung dua kota besar di Jawa Barat yaitu Bandung dan Cirebon. Tol ini nanti akan tersambung pada Jalan Tol Cikopo-Palimanan. Bila telah tersambung maka jarak tempuh Bandung - Cirebon lebih kurang hanya 45 menit. Kemudian Bandara Kertajati menjadi titik temu bagi persimpangan Tol Cikopo-Palimanan dan Tol Cisumdawu. Nantinya bandara Kertajati mampu mengakomodir penumpang dari wilayah Cirebon Bandung.

Konstruksi jalan tol Cisumdawu terbagi menjadi 2 bagian pekerjaan konstruksi, dengan dukungan pemerintah serta swasta yaitu PT CKJT. Pada seksi 1 dan seksi 2 pengerjaan dilakukan oleh pemerintah sepanjang 28,50 km. Pada bagian seksi 3 dan seksi 6 dilakukan oleh swasta PT CKJT dengan total panjang 32,60 km. 
Seksi 1 ruas jalan Cileunyi-Pamulihan resmi dioperasikan tanggal 25 Januari 2022 silam. Kemudian seksi 2 ruas Pamulihan-Sumedang serta seksi 3 ruas Sumedang-Cimalaka resmi berjalan tanggal 15 Desember 2022.

Awalnya peresmian jalan tol Cisumdawu pada rencananya diresmikan bulan Juni 2023, ketika momen libur panjang Idul Adha. Namun karena satu dan lain hal, akhirnya 11 Juli 2023 Presiden Joko Widodo kini meresmikan tol Cisumdawu tepat pada bagian twin tunnel atau terowongan kembar. Dimana twin tunnel adalah icon jalan tol cisumdawu. Per tanggal 12 Juli 2023 ini, pantauan tim ASURANSIKU.id tol cisumdawu telah sepenuhnya dapat beroperasi.

Proyek Pengerjaan
Diawali tahun 29 November 2011, Menteri Pekerjaan Umum pada masa itu Bapak Djoko Kirmanto dengan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan melakukan peletakan batu pertama pada proyek jalan tol ini. Peletakan batu pertama di lakukan di Desa Citali, Rancakalong , Kelurahan Pamulihan, Kabupaten Sumedang. Lalu di tanggal 25 Oktober 2013, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar turut meninjau proyek jalan tol ini yang pada masanya menjabat juga masih tahap pembangunan. Deddy berharap tol dapat selesai pada tahun 2016 mendatang. Yang kurang lebih sama dengan proses pembangunan Bandar Udara Internasional Kertajati Majalengka, Jawa Barat. Namun, dalam pembebasan lahan jalan terjadi hambatan  tol hingga target pengoperasian molor untuk jalan tol ini.
Peresmian

Tol Cisumdawu pada hari Selasa kemarin tanggal 11 Juli 2023 telah diresmikan oleh Bapak Presiden Joko Widodo. Bapak Presiden Joko Widodo berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma kemudian mendarat di Bandara Kertajati sekira pukul 08.00 WIB. Bapak Presiden Joko Widodo disambut oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Pangdam III/Siliwangi Mayjen. TNI Kunto Arief Wibowo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, serta Kapolda Jawa Barat Irjen. Pol. Akhmad Wiyagus. Bapak Presiden Joko Widodo melakukan peninjauan di Bandara Kertajati serta melakukan press conference, sebelum akhirnya berangkat ke Tol Cisumdawu.

Awalnya lokasi tol Cisumdawu akan diresmikan dilakukan di ujung tol yaitu di Gerbang Tol Ujung Jaya Utama. Namun hal tersebut mendadak dipindah ke Terowongan kembar yang berada di seksi 2.

Jokowi meresmikan tol Cisumdawu di depan terowongan kembar bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir, Menteri BUMN Erick Thohir, Bupati Majalengka Karna Sobahi, serta Direktur Utama PT Citra Karya Jabar Tol (CKJT) Jusuf Hamka yang merupakan pengelola Tol Cisumdawu. Acara peresmian dilakukan dengan simbolis penempelan kartu elektronik pada replika gardu tol otomatis serta penandatanganan prasasti oleh Bapak Presiden Joko Widodo.

sumber gambar : https://pu.go.id/

WhatsApp ASURANSIKU.id WhatsApp Customer Service