PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Mengenal Asuransi Perjalanan, Jenis, dan Fungsinya

Pariwisata  |  24 November 2022  |   123 Pengunjung

Mengenal Asuransi Perjalanan, Jenis, dan Fungsinya

Pariwisata  |  24 November 2022 Mengenal Asuransi Perjalanan, Jenis, dan Fungsinya

Asuransi menjadi andalan untuk menjamin sesuatu yang cukup membantu saat terjadi hal tidak terduga. Salah satunya saat melakukan kegiatan perjalanan yang membutuhkan asuransi, karena melakukan kegiatan liburan tidak semuanya mengasyikkan, melainkan terdapat berbagai hal yang bisa menyebabkan kerugian. Mulai ada kemungkinan keterlambatan hingga mengalami kecelakaan di perjalanan, kini sudah ada asuransi perjalanan yang siap menanggungnya, lho!

Liburan memang memang mengasyikkan, tetapi tidak bisa dipungkiri terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan, salah satunya kecelakaan yang sudah terjadi. Dalam hal ini, kerugian dari batalnya perjalanan, lambatnya bagasi, hingga kecelakaan bisa ditanggung oleh perusahaan asuransi. Tak hanya ada asuransi kendaraan, tetapi makin tenang melakukan perjalanan dengan adanya asuransi perjalanan. Maka dari itu, Anda membutuhkan asuransi perjalanan agar bisa nyaman liburan. Apalagi saat berwisata ke negara asing, Anda perlu asuransi perjalanan luar negeri.

Asuransi ini memberikan ganti rugi untuk kejadian tak menyenangkan yang menimpa Anda saat bepergian. Di beberapa negara Eropa, memiliki asuransi perjalanan menjadi keharusan saat mengajukan visa. Ya, memang asuransi mobil, asuransi jiwa, asuransi pendidikan, asuransi kesehatan sudah tidak asing lagi dan sudah banyak yang memilikinya. Sedangkan asuransi perjalanan, masih terdengar tabu bahkan ada yang memilih mengabaikannya. Belum tahu, apabila Anda liburan atau tugas mengharuskan Anda ke luar kota yang satu ini sangat penting.

Mungkin karena asuransi yang satu ini menjamin keamanan selama melakukan perjalanan, ada yang berpikir ini sama dengan asuransi kendaraan atau kecelakaan. Anda salah, karena dalam beberapa hal asuransi tersebut berbeda. Dengan memiliki asuransi ini, Anda akan dilindungi dengan asuransi kecelakaan yang merupakan bagian dari asuransi jiwa. Asuransi perjalanan juga memberi perlindungan dari COVID-19. Sedangkan dengan asuransi kecelakaan saja belum tentu terjaga secara langsung dari berbagai risiko atau hal yang membuat Anda tidak nyaman di perjalanan, misalnya jatuh sakit, terlembat, bahkan bagasi hilang, dan masih banyak lagi.

Asuransi perjalanan sendiri merupakan asuransi yang melindungi seseorang dari berbagai risiko yang mungkin terjadi saat melakukan perjalanan di dalam negeri maupun di luar negeri. Jenis asuransi ini sering menjadi keutamaan untuk orang-orang dengan mobilitas tinggi, misalnya ketika pergi ke luar kota bahkan ke luar negeri. Dengan adanya asuransi ini, bermanfaat untuk mengurangi dampak keuangan dari risiko kerugian yang bisa terjadi selama perjalanan.

Asuransi jenis ini perlu dimiliki oleh Anda yang hobi traveling sertaa sering melakukan perjalanan. Apalagi asuransi perjalanan sangat efektif dan fleksibel, di mana bisa dibeli secara mendadak sebelum bepergian, Anda pun bisa membeli asuransi ini saat melakukan pembelian tiket pesawat. Eits, tetapi sebelum beli asuransi perjalanan, Anda harus tahu jenis asuransi perjalanan berikut:

  • Asuransi perjalanan menurut tujuan perjalanannya

    Menurut tujuannya, asuransi perjalanan dibedakan menjadi dua, yaitu tujuan liburan serta asuransi dengan tujuan kerja. Keduanya bermanfaat untuk Anda yang memang melakukan perjalanan karena liburan atau ada tugas dinas ke luar kota. Dalam hal ini, keduanya mempunyai perbedaan pada jumlah premi yang diberikan. Tentunya, asuransi untuk tujuan pekerjaan atau bisnis memberikan jumlah premi lebih besar karena risiko selama perjalannya lebih besar.

  • Asuransi perjalanan menurut tempatnya

    Menurut tempatnya, asuransi perjalanan dibedakan menjadi 2, yaitu asuransi dalam negeri dan asuransi luar negeri. Asuransi domestik atau asuransi dalam negeri adalah asuransi yang memberi perlindungan untuk perjalanan dalam negeri, sementara asuransi perjalanan luar negeri memberi perlindungan untuk mobilitas ketika perjalanan ke dan di luar negeri.Selain itu, premi untuk keduanya berbeda sesuai dengan tempat tujuannya, misalnya untuk perjalanan ke negara seperti Eropa maka jumlah preminya lebih besar. Ada pula asuransi perjalanan luar negeri yang dikhususkan, misalnya asuransi haji serta umroh yang preminya pun lebih besar sesuai risiko perjalanannya.

  • Asuransi menurut lamanya perjalanan

    Terdapat dua jenis asuransi perjalanannya menurut jangka waktunya, yaitu satu kali perjalanan atau single trip insurance serta asuransi semua perjalanan dalam satu tahun atau jangka waktu tertentu atau annual trip insurance. Annual trip insurance sangat disarankan untuk Anda yang sering melakukan perjalanan dalam jangka waktu satu tahun, ini lebih efektif karena Anda tidak perlu ribet membeli asuransi saat bepergian secara berulang. Apalagi jika Anda sering melakukan perjalanan karena bisnis, ada baiknya menggunakan asuransi tersebut. Sementara single trip insurance cocok untuk Anda yang jarang melakukan perjalanan, asuransi jenis ini juga bisa dipilih sesuai kebutuhan dan sudah bisa beli asuransi perjalanan online yang lebih memudahkan.

  • Asuransi menurut jumlah tertanggungnya

    Menurut jumlah tertanggungnya terdapat dua jenis asuransi, yaitu asuransi perjalanan individu atau individual travel insurance serta kelompok atau group travel insurance. Dari keduanya, tentu premi asuransi kelompok lebih hemat dan murah daripada asuransi individu. Perlu diketahui, semakin banyak individu yang ditanggungkan, akan semakin kecil jumlah premi yang perlu dibayarkan. Umumnya, asuransi tersebut digunakan oleh agen travel, sekolah, atau kampus yang membawa rombongan untuk melakukan perjalanan.

Nah, setelah membahas beberapa jenis asuransi di atas tentu Anda bisa membeli asuransi sesuai kebutuhan. Terlebih seiring perkembangan zaman terdapat asuransi perjalanan online yang lebih mudah dan fleksibel. Tentu, asuransi yang satu ini bisa digunakan saat butuh mendadak karena Anda hanya perlu membelinya lewat smartphone. Apalagi sekarang banyak asuransi perjalanan murah yang tidak diragukan pula fasilitasnya.

Rasanya tidak perlu diperimbangkan lagi untuk membeli asuransi yang memiliki banyak manfaat, seperti mengganti rugi kerusakan atau kehilangan bagasi, keterlambatan atau pembatalan perjalanan, biaya pengobatan yang ditanggung, dan masih banyak lagi. Tentunya, Anda perlu membutuhkan asuransi perjalanan terbaik untuk membuat perjalanan lebih nyaman dan tenang. Apalagi Anda tidak perlu risau lagi dengan beberapa kejadian yang tidak menyenangkan hari seperti yang telah disebutkan.

Kini, tidak perlu risau saat tiba-tiba membutuhkan pengobatan saat melakukan perjalanan, karena sudah ada asuransi perjalanan cashless. Di mana Anda tidak perlu membayar dulu untuk ditangani, tetapi hanya dengan menunjukkan kartu bisa mendapatkan pelayanan medis dengan mudah. Tak hanya itu, asuransi perjalanan pun memberi kemudahan dengan adanya asuransi perjalanan internasional yang semakin memudahkan Anda melakukan perjalanan lintas negara karena bisnis ataupun liburan.

Menarik, bukan manfaat dan kemudahan yang diberikan oleh asuransi perjalanan? Tentu, tidak diragukan lagi untuk memilikinya ketika melakukan perjalanan atau Anda akan melakukan tugas dinas ke luar kota. Beli asuransi perjalanan zurich sangat disarankan, karena asuransi yang satu ini sangat dipercaya dalam memberikan perlindungan untuk perjalanan luar negeri dan dalam negeri. Apalagi asuransi ini termasuk asuransi murah yang bisa dipilih saat ingin budget liburan tipis.

Serta masih banyak lagi kemudahan yang diberikan oleh layanan asuransi yang satu ini, sehingga banyak pengguna yang percaya. Nah, tidak ragu lagi untuk memberikan perlindungan pada perjalanan Anda di masa depan, bukan? Yuk, segera miliki asuransi perjalanan untuk tahun baru yang akan datang sehingga bisa melakukan liburan dengan nyaman dan menyenangkan.