PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Mengintip Hongqi L5 Mobil yang dipakai presiden Jokowi di Tiongkok

Otomotif  |  26 July 2022  |   214 Pengunjung

Mengintip Hongqi L5 Mobil yang dipakai presiden Jokowi di Tiongkok

Otomotif  |  26 July 2022 Mengintip Hongqi L5 Mobil yang dipakai presiden Jokowi di Tiongkok

Pada kunjungan kerja luar negeri kali ini Presiden Joko Widodo dan istri pergi ke negeri Tirai Bamum dan telah sampai dengan selamat di China, guna melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri dan Presiden Republik Rakyat Tiongkok (RRT) Tibanya di Negeri Tirai Bambu itu, Jokowi menumpangi mobil yang sangat mewah.

Kunjungan kerja ini dilakukan untuk misi penguatan kerja sama ekonomi baik di bidang perdagangan ataupun investasi, saat tiba di bandara, ia langsung disambut beberapa pejabat tinggi dan kemudian dijemput dengan mobil seharga miliaran Rupiah.

Mobil limusin tersebut adalah Hongqi L5, dan terlihat Jokowi menuju ke tempatnya bermalam di Diaoyutai State Guesthouse, pada mobil Hongqi sendiri merupakan produsen otomotif tertua di China, sejak pertama diluncurkan pada 1959, yang biasa dipakai oleh kelas VVIP, dan menjadi pesaing mobil-mobil mewah asal Eropa, seperti Mercedes Benz dan BMW. L5 memiliki gaya retro modern, terlihat dari gril dan kap mesin hingga lampunya bulat.

Konsep desainnya terinspirasi dari Hongqi CA770, yang hanya dibuat 847 unit saja, tentang dalaman mesinnya, Hongqi L5 dijejali mesin V12 6,0 liter bertenaga 408 hp dan 550 nm, mesin tersebut dipadukan transmisi otomatis enam percepatan untuk menggerakkan keempat roda, karena pada Dimensi mobil ini panjangnya 5,55 meter, lebarnya lebih dari dua meter, tinggi 1,5 meter, dan jarak sumbu roda 3,4 meter.

Berat mobil mencapai 3.150 kilogram, belum yang dipakai untuk para pejabat yang dilapisi baja. Mobil ini juga punya identitas yakni lencana bendera merah pada spatbor depan, sedangkan harga, mobil ini dijual dengan bandrol yang bervariasi sesuai tipe, tapi diperkirakan mencapai US$760 ribu atau setara Rp11 miliar, tentu harga bisa lebih mahal jika ada permintaan khusus soal spesifikasi dari konsumen.

Bagi yang belum tahu, Hongqi memang merupakan salah satu merek mobil mewah yang bermarkas di Changchum, China, pabrikan itu perdana memproduksi mobil tahun 1958, sejak tahun itu pula Hongqi menjadi pabrikan perdana yang memproduksi mobil atas merek sendiri di China. Saat ini, Hongqi merupakan pabrikan tertua di China.

Kalau melihat tampilannya, Hongqi L5 bisa dibilang tampak jadul dengan desain klasiknya bila membandingkan dengan Rolls-Royce ataupun Bentley, lantas mengapa yang membuat harga jual Hongqi L5 begitu fantastis? Di bagian dalam mobil, penumpang  akan dimanjakan dengan interior yang sangat nyaman nan elegan, karena kenyamanan itu berkat jok berlapis kulit yang dijahit secara manual. Instrumen klaster mobil juga terlihat klasik disertai ornamen kayu dengan desain bunga matahari dimana-manam dan di konsol tengah, sudah hadir tampilan digital.

Dari sisi fitur, Hongqi L5 menawarkan keamanan dan keselamatan lewat anti-theft alarm, central locking, auto handbrake release function, brake assist, electric sunroof, kursi pemanas atau pendingin, serta fungsi pijat, terdapat pula layar hiburan di kursi  belakang berupa layar sentuh LCD berukuran 8 inchi dengan resolusi 800x600 yang terletak di arm rest.

Di balik kapnya, Hongqi L5 menggendong mesin V12 6.0L yang bisa menghasilkan tenaga hingga 402 daya kuda dengan sangat halus, karena inti dari tenaga tersebut disalurkan melalui penggerak di keempat rodanya.(Arm)