PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Ingin luka cepat sembuh ? konsumsi makanan ini

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  17 July 2022  |   116 Pengunjung

Ingin luka cepat sembuh ? konsumsi makanan ini

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  17 July 2022 Ingin luka cepat sembuh ? konsumsi makanan ini

Luka jatuh, atau pasca operasi, tentu sangat diharapkan untuk percepatan recovery atau mengeringnya luka, supaya kita tidak lagi merasakan sakit dan bisa kembali pada rutinitas sehari-hari, hal ini tentu sangat di inginkan oleh siapapun, termasuk ibu hamil pasca operasi sesar.

Tidak hanya obat saja yang diresepkan dan dianjurkan, namun bantuan dari makanan yang dikonsumsi akan mengembalikan kondisi tubuh seperti semula, terdapat beberapa makanan yang mengandung zinc, dan protein yang bekerja cepat untuk recovery, beberapa diantaranya adalah.

Susu dan turunannya
Produk susu seperti susu,yoghurt ataupun keju bisa membantu proses penyembuhan luka karena kandungan protein dan zinc yang tinggi, susu juga kaya akan kalsium sehingga bisa membantu mempercepat proses penyembuhan luka, sayangnya, belum ada penelitian yang memberikan bukti cukup untuk melihat peran protein yang ditemukan dalam susu untuk penyembuhan luka.

Vitamin C
Vitamin C sangat penting untuk penyembuhan luka dan pembentukan jaringan parut, karena vitamin ini juga merupakan antioksidan yang diperlukan untuk pembentukan kolagen di kulit, maka itu, penderita luka harus makan banyak jambu biji, lemon, jeruk, stroberi, nanas, kiwi, kembang kol, brokoli, bayam, kubis, tomat, dan makanan lain yang mengandung vitamin C.

Dianjurkan juga mengkonsumsi buah berry yang menjadi salah satu makanan mempercepat penyembuhan luka operasi, karena buah berry menyediakan banyak vitamin C yang membantu penyembuhan luka dengan merangsang produksi kolagen, protein yang sangat melimpah di tubuh.

Selain itu, manfaat buah ini juga mengandung antioksidan seperti anthocyanin, yang merupakan pigmen tumbuhan yang memberi buah beri warna cerah, selain memberikan efek antiinflamasi, antivirus, dan mendukung kekebalan tubuh.

Telur dan ayam
Telur merupakan makanan yang bisa membuat luka cepat kering karena mengandung protein dan seng dalam jumlah yang cukup. Tak hanya itu, telur juga sangat baik untuk memperkuat imun tubuh, berbeda dengan luka besar seperti operasi, telur bisa dikonsumsi sebanyak 1,5 gr – 2 gr per kg berat badan utuk membantu penyembuhan pascaoperasi.

Sedangkan ayam, bebek, kalkun dan segala jenis ungggas merupakan makanan yang baik untuk membuat luka cepat kering karena tinggi asam amino glutamin dan arginin, karena keduanya dapat membantu pemulihan dan penyembuhan luka lebih cepat dengan memberikan perlindungan pada sel dan mendorong produksi kolagen.

Sayur dan buah
Sayuran dan buah-buahan sangat direkomendsasikan sebagai makanan agar luka cepat kering, karena pada keduanya terdapat berbagai nutrisi lengkap yang dibutuhkan tubuh, cocok untuk penyembuhan luka, sebaiknya konsumsi sayuran dan buah yang tinggi vitamin C, seperti paprika merah, jeruk, kiwi, stroberi, brokoli dan berbagai sayuran berdaun hijau.

Terdapat beberapa fase penyembuhan luka yang diperbaiki oleh sistem tubuh, diantaranya adalah hemostasis, inflamasi, proliferasi, dan remodeling. Hemostasis adalah kondisi saat pembuluh darah di sekitar luka menyempit untuk mengurangi perdarahan, dan keping darah (trombosit) berdatangan dan menumpuk untuk menambal jaringan yang luka.

Kemudian fase inflamasi, yaitu saat sel darah putih (leukosit) hadir untuk membersihkan daerah luka dari kotoran dan kuman yang mencoba masuk dari luar melalui luka, yang kemudian pada fase proliferasi, terjadi pembentukan jaringan kolagen dan pembuluh darah baru, hingga di fase terakhir, pada fase remodeling terbentuk pematangan jaringan yang baru.

Apapun jenis lukanya, baik ringan ataupun berat tentunya kita berharap tidak terulang kembali kejadian yang melukai tubuh, dengan berhati-hati dalam beraktivitas, dan selalu berdoa dan waspada, terakhir, untuk mengurangi risiko kerugian finansial, jangan lupakan memiliki asuransi kesehatan agar hal-hal yang bersifat accident tidak merugikan keuangan.(Arm)