PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Tips belajar nyetir mobil

Otomotif  |  13 July 2022  |   164 Pengunjung

Tips belajar nyetir mobil

Otomotif  |  13 July 2022 Tips belajar nyetir mobil

Seiring perkembangan produksi kendaraan roda empat dalam hal ini mobil, terdapat 2 macam transmisi mobil, yaitu matic maupun manual, begitupun jenis mesin, ataupun jenis bodynya, segala kegunaannya sangat menarik perhatian masyarakat untuk ingin memilikinya.

Terlebih bagi kamu yang memiliki mobilitas tinggi, tentu mengendarai kendaraan roda empat akan menjadi keuntungan sendiri buat kamu, namun kamu harus tahu bahwa dengan banyaknya kursus mengemudi, artinya terdapat kesulitan sendiri dalam mengemudi, bahkan memilikinya pun kamu harus tahu sedikit permesinan, juga serangkaian tes untuk dinyatakan bahwa kamu layak dan berhak berkendara, berikut tipsnya.

Pelajari dulu hal-hal dasar seperti cara menghidupkan dan mematikan mesin mobil, menggunakan lampu sen, lampu jarak dekat dan jauh, menggunakan wiper, dan lain-lain, kaerna kalau mobilmu manual, ingat baik-baik yang mana posisi pedal kopling, rem, dan gas, karena dengan memahami lebih dulu fungsi-fungsi dasar ini, nantinya kamu akan lebih nyaman saat sudah benar-benar berkendara di jalanan.

Kamu bisa ajak saudara, atau bahkan orangtuamu yang sudah terbukti kemampuan berkendaranya, untuk memandumu mempraktikkan ilmu-ilmu dasar yang sudah kamu pelajari, pilih juga lokasi yang luas dan sepi, misalnya lapangan sepak bola.

Mulailah belajar dari tahap awal, mulai menghidupkan mesin, menginjak kopling, masuk gigi satu, lepas kopling perlahan sambil tekan gas sampai mobil berjalan perlahan, tidak perlu gugup kalau mobil tiba-tiba mati, hal ini memang wajar dialami pemula.

Tanjakan
Pada jalanan menanjak biasanya jadi medan paling ditakuti para pengendara pemula, karena di sini pengendara dituntut untuk dapat menahan mobil agar tetap stabil dan tidak mundur baik dalam keadaan diam ataupun saat merayap di medan yang menanjak.

Latihan ini perlu agar kamu nggak kaget saat terjebak majet di jalan tanjak, carilah medan menanjak yang sepi di sekitaran lingkunganmu tinggal, sebenarnya ada dua cara yang bisa dipakai untuk dapat menahan mobil tidak melorot yaitu menggunakan rek kaki atau rem tangan.

Tapi untuk pemula sih lebih baik pakai rem tangan, karena kalau pakai rem kaki, kamu akan kesulitan memindahkan kaki kanan dari pedal rem ke gas, umumnya yang ada justru mobil akan mundur, caranya, lepas rem tangan perlahan, angkat juga kopling pelan-pelan, sambil menginjak gas sedikit demi sedikit, kalau mobil sudah mulai jalan, rem tangan dan kopling bisa benar-benar dilepas. jika pengendara yang sudah level dewa, biasanya malah nggak pakai rem tangan atau kaki

Memarkir
Saat belajar naik mobil, kamu harus memahami cara memarkirkannya dengan bagus, karena semua cuma soal tekad dan kerja keras, kamu perlu memperhatikan lebih jeli bagaimana cara orang-orang di mal atau lokasi-lokasi parkir, memarkir mobilnya.

Kalau kamu kira-kira sudah paham, kamu bisa praktikkan sendiri, awali dengan latihan parkir mundur biasa, perhatikan spion kanan kiri dan tengah, jangan terlalu mepet dengan mobil atau apapun di samping-sampingmu. Ulangi beberapa kali sama ketemu instingnya.

Kalau sudah lancar cobalah yang lebih menantang lagi dengan memarkir mobilmu secara paralel, pada tahap ini bisa dilalui oleh orang-orang yang nggak mudah menyerah, jadinya, teruslah berusaha dan mencoba,tapi tetaplah berhati-hati.

On the Road
Di tahap jalan raya ini waktu yang tepat buat kamu mencoba beberapa kecepatan, kamu harus berlatihlah memindahkan gigi dari gigi satu ke gigi dua, dua ke tiga, kemudian turun lagi, dengan begitu seterusnya sampai kamu benar-benar lancar dan percaya diri.

Mengendarai mobil memang membutuhkan kecakapan dan keterampilan, karena bersangkutan dengan kendaraan lain, juga tentunya dengan nyawa pengguna jalan lain, adanya jalan tol adalah tanda bahwa memang mobil dan kendaraan lebih besar lainnya sangat berisiko.

Risiko dalam berkendara tentu saja bisa terjadi dan menimpa siapapun, maka dari itu dibutuhkan kewaspadaan, juga dalam berkendara dibutuhkan asuransi kendaraan bermotor khususnya asuransi mobil, termasuk didalamnya mencakup tanggung jawab pihak ketiga ataupun asuransi tambahan lainnya, percayakan pembelian asuransi di broker asuransi terpercaya.(Arm)