PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Perbedaan Affiliate marketing dan Referal Marketing

Bisnis  |  05 July 2022  |   463 Pengunjung

Perbedaan Affiliate marketing dan Referal Marketing

Bisnis  |  05 July 2022 Perbedaan Affiliate marketing dan Referal Marketing

Menjual produk dengan metode networking by networking tentu tidak asing lagi bagi masyarkat Indonesia, bahkan saking banyaknya model penjualan seperti ini, makin banyak orang yang antipati, sebut saja multilevel marketing, motivasinya sangat hebat, pitchingnya sangat memikat, namun kalau sudah terlanjur tidak percaya, orang bisa apa ?

Tapi, memang bisnis networking seperti ini, sebenarnya serupa tapi tak sama dengan affiliate marketing atau bahkan referal marketing, apa saja yang membedakan ? apakah keduanya  menguntungkan ? jelas bisa mendatangkan profit, karena tidak sedikit orang bisa kaya karena bisnis model seperti ini, apa sih bedanya, lalu bagaimana cara supaya sukses menjadi seorang  affiliate marketing, simak tips berikut.

Pada dasarnya, baik referral maupun affiliate merupakan strategi marketing yang sangat bergantung pada opini dan testimoni, sehingga perlu membangun kepercayaan dan reputasi yang  positif, pada program refferal testimoni datang dari pelanggan yang sudah ada, sehingga produk atau layanan yang dipromosikan sudah pasti pernah dicoba sendiri. 

Sedangkan, pada program afiliasi, promosi dapat dilakukan oleh siapa saja kepada platform publik, program referral membangun hubungan jangka panjang antara pelaku bisnis dengan  pelanggan, dengan memberi penghargaan atas upaya promosi yang mereka lakukan, karena program afiliasi cenderung mudah menarik pelanggan baru, hanya dengan klik.

Pada pemasaran jenis referal marketing, Customer lifetime value yang dihasilkan akan lebih tinggi, sebab program ini berdasarkan pada kepercayaan dan kesetiaan pelanggan yang telah ada,  sehingga berpotensi mendatangkan pelanggan baru yang sejenis.

Sedang pada affilate marketing, Customer Lifetime Value yang dihasilkan lebih rendah, sebab program ini fokus mendatangkan pelanggan baru dengan melakukan pembayaran atas adanya  setiap pelanggan baru. Program afiliasi cenderung lebih fokus pada kuantitas dan skala.

Referral Code
Sebagaimana yang sudah dibahas sebelumnya program referral akan erat kaitannya dengan kode referral, kode referral adalah kode yang diberikan kepada user referral yang berupa perpaduan unik angka atau huruf, kode referral ini akan didapakan seseorang jika mendaftarkan diri mereka dalam program referral. 

Dengan benefit yang ditawarkan pengguna referral adalah mereka akan mendapatkan sejumlah komisi dari ikut berpatisipasi melakukan marketing suatu produk atau aplikasi melalui kode referral. 

Referral Marketing
Adalah metode marketing yang menjadi salah satu alternatif pemasaran yang bisa dan bagus digunakan oleh perusahaan, karena dengan referral marketing, maka trust yang terbangun akan  lebih besar. Karena, sebagian besar orang yang menggunakan referral adalah pengguna setia dari suatu brand atau aplikasi.

Sudah jelas bukan, bahwa bisnis apapun selama menguntungkan dan tidak merugikan pihak manapun, akan sangat menyenangkan, dua jenis bisnis ini adalah yang salah satunya menggiurkan, seperti mereferensikan produk online melalui tautan atau link yang disebar.

Atau bisa juga menjadi referal marketer dari produk asuransi, sebuah perusahaan broker terpercaya, caranya mudah, kamu cukup memahami produk-produk pokok di asuransiku.id, yang  kemudian kamu bisa menjual layaknya agen asuransi, yang perlu kamu lakukan hanyalah melayani penjualan asuransi dan membantu dalam proses klaim nasabahmu, segera bergabung menjadi SubBroker atau agen dari asuransiku.id.(Arm)