PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Perawatan mesin diesel

Otomotif  |  02 July 2022  |   409 Pengunjung

Perawatan mesin diesel

Otomotif  |  02 July 2022 Perawatan mesin diesel

Terdapat beberapa kesamaan dalam cara merawat mesin, yang sama hanyalah rutin mengganti oli yang membuat komponen dalam mesin terlumasi dengan baik dan performa berjalan dengan baik, namun beda jenis mesin tentu perawatan dan treatmentnya jelas beda, mesin diesel misalkan.

Mobil dengan karakter mesin diesel selalu jadi pilihan utama masyarakat Indonesia, karena terkenal tangguh, kuat dan bandel, selain itu sangat efisien karena konsumsi tenaga yang dikeluarkan relatif lebih besar dari serapan bahan bakar yang dikonsumsi, sehingga cara perawatannya juga beda.

Panaskan mesin sebelum pemakaian
Hal pertama yang harus kamu lakukan dan perhatikan sebelum menggunakan mobil bermesin diesel adalah memanaskannya terlebih dulu, tentu saja terdapat alasan tersendiri mengapa kamu harus melakukan hal ini, tujuannya adalah agar oli yang terdapat pada mesin bisa bersirkulasi terlebih dahulu sehingga bisa melakukan fungsinya, yakni melumasi setiap komponen yang ada di dalam mesin secara maksimal.

Tak butuh waktu lama, kamu hanya perlu waktu 10 menit untuk memberikan pelumasan pada komponen mesin mobil kamu, selain karena memberikan pelumasan pada komponen mesin mobil, memanaskan mesin selama 10 menit juga bisa mencegah terjadinya gesekan pada komponen mesin.

Jangan tiba-tiba mematikan mesin
Masih berkaitan dengan poin diatas, sesaat setelah menggunakan perlu sedikit ketelatenan, yaitu menunggu sejenak sebelum mematikan mesin, saat sampai di tempat tujuan, biarkan mesin tetap menyala setidaknya selama 5-8 menit sebelum mematikannya, karena tujuannya adalah supaya mesin tidak mengalami kejutan yang membuatnya macet.

Bahan bakar solar unggulan
Merawat mesin diesel juga bisa dilakukan dengan cara penggunaan bahan bakar kualitas tinggi, seperti solar yang memiliki kadar Cetane Number (CN) tinggi atau kandungan sulfur yang lebih rendah, beberapa solar dengan kadar CN tinggi dan kandungan sulfur rendah telah tersedia di berbagai SPBU di Indonesia.

Perlu diketahui, kandungan sulfur yang cukup tinggi dapat merusak komponen injektor dan mengakibatkan pembakaran menjadi tidak sempurna, sebaliknya, kandungan sulfur rendah akan membuat emisi gas buang, saluran bahan bakar, filter solar, dan ruang bakar lebih bersih.

Penggantian Air Filter dan Fuel Filter
Selanjutnya adalah rajin melakukan penggantian filter seperti filter udara dan filter bahan bakar, karena seperti yang diketahui bahwa filter bahan bakar mesin yang tidak diganti dalam jangka waktu yang lama tentu dapat menyebabkan penumpukan kotoran, jika dibiarkan kotoran akan masuk ke dalam mesin mobil.

Maka itu sebaiknya kamu rajin melakukan penggantian filter bahan bakar mesin secara teratur agar performa mesin mobil kamu tetap baik, dan lagi kalau mesin mobil diesel kamu terdapat kotoran atau air akan membuat mesin mobil kamu mogok, itu sudah pasti.

Sama halnya sebagaimana kamu harus ganti filter bahan bakar, air filter juga harus dipastikan kondisinya agar selalu dalam keadaan prima sehingga bisa menyaring debu dan kotoran yang terbawa angin, karena dari debu dan kotoran ini juga bisa membuat pembakaran menjadi tidak sempurna.

Servis rutin di bengkel resmi
Pilih bengkel resmi untuk melakukan servis rutin, karena dengan bengkel resmi tentunya memiliki tenaga ahli dan berpengalaman, dan lebih terpercaya selain itu peralatan pada bengkel resmi umumnya lebih lengkap, sehingga perawatan dapat cepat selesai, penggunaan bahan bakar solar juga dinilai lebih aman terhadap bahaya api jika dibandingkan dengan bensin, namun mesin diesel memang perlu mendapatkan perawatan khusus untuk menjaga kinerjanya, cara perawatan pun harus dilakukan secara rutin dan berkala di bengkel terpercaya.

Oli mesin berkualitas
Supaya performa mesin diesel kamu bekerja dengan baik, sebaiknya kamu melakukan perawatan mesin diesel dengan menggunakan oli mesin yang sesuai dengan jenis mesin mobil kamu, karenanya, oli yang digunakan pada mesin diesel juga mempengaruhi kinerja mesin mobil kamu, maka dari itu pastikan kamu menggunakan oli yang sesuai dengan jenis mesin mobil kamu.

Sangat mudah bukan merawat mesin mobil jenis diesel ? karenanya secara garis besar kamu perlu telaten dan rajin mengganti oli, perbanyak juga informasi mengenai cara perawatan, pastikan juga kamu peka akan kondisi mesin kamu bahkan dari suaranya saja, disamping itu kamu harus mematuhi pedoman berkendara, seperti selalu membawa dokumen lengkap dan jangan lupa asuransi mobil untuk kendaraan kamu.(Arm)