PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Berkarir menjadi akuntan profesional


Finansial  |  30 June 2022  |   877 Pengunjung

Berkarir menjadi akuntan profesional

Finansial  |  30 June 2022 Berkarir menjadi akuntan profesional

Pernah nonton film The Accountant ? film yang mengisahkan tentang seorang audit forensik keuangan, namun di dramatisir merangkap menjadi seorang yang misterisu, ahli pertarungan jarak dekat dan tembak menembak, hingga kemampuannya menginvestigasi.

Di dunia nyata, lembaga negara seperti PPATK di isi orang-orang jenius semacam ini, dengan dibekali ilmu Matematika yang mumpuni, dan jam terbang dengan segudang pengalaman, keahliannya digunakan untuk menelisik keluar-masuk keuangan sebuah perusahaan ataupun perorangan, bagaimana menjadi seorang akuntan profesional ? simak tips berikut.

Oleh karena itu, akuntan profesional juga dapat menambah kepercayaan masyarakat terhadap profesi akuntan, melindungi setiap jasa pengguna akuntan dan menyiapkan akuntan dalam menghadapi tantangan profesi dalam skala yang lebih besar.

Menjadi akuntan di praktik publik maupun praktik bisnis profesional tidak mudah, akuntan profesional perlu memacu setiap keputusan dengan dasar arus kas serta manajemen keuangan, karena akuntan juga perlu mempunyai keterampilan komunikasi serta analisis yang kuat agar mampu menjaga dan mengecek akun, laporan, memberi solusi maupun menyelesaikan urusan pajak.

Layaknya profesi lain, terdapat beberapa jenis sertifikasi yang seharusnya dimiliki oleh seorang akuntan profesional, yaitu :

Certified Public Accountant atau CPA
Sertifikasi yang dikhususkan untuk profesi akuntan publik di Indonesia, bahwa lembaga yang berhak yakni Institusi Akuntan Publik Indonesia (IAPI), karena hal ini diatur dalam Keputusan Menteri Keuangan No. 17/PMK.01/2008. dan UU No.5 Tahun 2011 tentang Akuntan Publik.

Certified Internal Auditor atau CIA
Sudah jelas singkatannya ini bukan lembaga intelijen Amerika Serikat, sertifikasi yang ditujukan pada profesi auditor internal, dikeluarkan oleh IIA Amerika Serikat, jika di Indonesia, lembaga yang berhak yakni Yayasan Pendidikan Internal Audit (YPIA) dengan sertifikat Qualified Internal Auditor (QIA), yang selanjutnya ke jenjang ujian CIA.

Financial Risk Manager atau FRM
Sertifikasi yang diberikan kepada akuntan pengelolaan manajemen risiko sebuah perusahaan, dibuat dan diresmikan leh GARP London.

Bersertifikat Konsultan Pajak atau BAP
Sertifikasi yang diberikan pada seorang akuntan dengan praktik konsultan pajak, dikeluarkan oleh IKPI Indonesia sesuai Keputusan Menteri Keuangan No. 485/KMK.03/2003.

Selain menambah pengetahuan melalui pendidikan dan pelatihan serta mengikuti ujian kompetensi, akuntan publik profesional juga diharuskan untuk mempunyai pengalaman, auditor yang tidak berpengalaman akan melakukan kesalahan yang lebih banyak dibanding dengan auditor yang berpengalaman, oleh karena itu, carilah pengalaman kerja dalam bidang akuntan sebanyak mungkin.

Profesi ini mempunyai tugas yang cukup kompleks, bukan hanya melakukan perhitungan-perhitungan angka, tetapi juga sebagai penghubung aktivitas bisnis antara perusahaan yang menjadi kliennya dan perusahaan lain dalam proses keberlanjutan bisnis.

Laporan yang dibuat oleh seorang akuntan publik juga sangat penting dalam menganalisa dan membuat keputusan bisnis kedepannya, maka dari itu untuk mengemban tugas ini diperlukan seseorang yang profesional dalam bekerja.

Hal diatas adalah salah satu profesi yang di gadang akan tergantikan oleh teknologi AI atau teknologi kecerdasan buatan, namun tetap saja terdapat pertimbangan secara naluri juga melibatkan alamiah manusia untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut, justru akan semakin menarik apabila di perbantukan dengan robot kecerdasan buatan.

Keahlian yang disebut sebagai 10 besar profesi bergengsi dan penghasilan terbesar di Amerika Serikat ini, konon katanya akan menjadi trend di 10 tahun mendatang di Indonesia, jika kamu memang menyukai perhitungan keuangan dan bisnis, maka profesi ini sangat cocok untukmu, karena Bisnis, Investasi, Perbankan dan Asuransi akan terus berkembang dan semakin dibutuhkan di masa mendatang, terlebih kini telah menjadi era dari Broker asuransi yang menyediakan penjualan Asuransi Online.(Arm)