PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Membawa hewan peliharaan saat berwisata

Peternakan,Peliharaan dan Pertanian  |  30 June 2022  |   155 Pengunjung

Membawa hewan peliharaan saat berwisata

Peternakan,Peliharaan dan Pertanian  |  30 June 2022 Membawa hewan peliharaan saat berwisata

Musim libur masih panjang, masih ada waktu untuk menjelajah ke tempat-tempat wisata yang cocok dan ramah untuk keluarga, salah satunya adalah camp ground atau bumi perkembahan, suasana pegunungan yang asri dan biasanya tidak jauh dari peternakan juga.

Anak-anak bisa mengenal lebih dekat hewan, tumbuh-tumbuhan, mengenali suara-suara hewan liar saat siang ataupun malam yang tidak biasa ada di area perkotaan, cara berkemah, bertemu dan berkenalan dengan pengunjung wisata lainnya, sampai belajar berkebun.

Terkadang, anak yang menganggap hewan peliharaan sebagai teman bermain, ingin juga melibatkan hewan peliharaan baik anjing atau kucing di acara liburannya, tidak jarang karena perasaan sedih saat meninggalkannya dirumah, pastikan juga membawa alat kebersihan untuk kotorannya, untuk makanannya, dan kamu bisa bawa kandang portable yang sebaiknya dimasukan ke kandangnya saat malam hari.

Apabila harus melakukan penerbangan
Konsultasikan dengan dokter hewan kamu sebelum merencanakan perjalanan dengan hewan peliharaan, karena akan ada risiko tinggi yang kamu hadapi, salah satunya adalah, jika hewan peliharaan kamu memiliki reaksi buruk, karena sudah rentan terhadap masalah pernapasan.

Perhatikan dan patuhi juga peraturan dari maskapai penerbangan,karena cuma anjing kecil yang dapat dengan aman masuk ke dalam tas dan disimpan di bawah kursi di depan kamu, berbeda dengan anjing besar harus terbang dengan kargo dan aman ketika dilakukan tindakan pencegahan yang tepat, sangat disarankan agar anjing dilatih sebelum perjalanan agar mereka nyaman selama penerbangan.

Dokumen hewan
Sebagaimana manusia yang memiliki dokumen identitas, do kumen hewan berisi keterangan masalah kesehatan peliharaan kamu, ini karena untuk mengantisipasi agar pihak bea cukai memberikan izin hewan kamu untuk terbang.
 
Terkait dokumen ini, biasanya kamu memerlukan dokter hewan terakreditasi untuk melakukan ujian sebelum perjalanan kamu agar mendapatkan Sertifikat Inspeksi Veteriner atau Certificate of Veterinary Inspection (CVI), tapi bergantung juga dengan tujuan kamu, ada berbagai persyaratan penerimaan yang berbeda untuk masing-masing negara tujuan, kalau kamu mau ke luar negeri.

Pet travel kit
Kamu harus mempersiapkan travel kit berupa obat-obatan dan kotak P3K untuk keadaan emergency, hal tersebut juga diperlukan bagi para hewan peliharaan, yang perlu kamu persiapkan adalah obat atau vitamin, alat untuk membersihkan kotoran anabul, serta surat imunisasi ataupun riwayat kesehatan hewan peliharaanmu.

Tidak semua hewan bisa dibawa
Kalau kamu bepergian dan akan menginap di rumah keluarga atau rumahmu di kota lain, lebih baik mempertimbangkan untuk meninggalkan hewan peliharaan sejenak di rumah, karena hal tersebut dikarenakan tempat yang akan kamu datangi di daerah tersebut belum tentu memperbolehkan hewan peliharaan masuk atau bisa membuat hewan peliharaanmu kurang nyaman.

Contohnya, apabila kamu nantinya akan pergi ke rumah makan yang menebarkan aroma yang membuat hewan peliharaanmu lepas kendali, dan tempatnya juga tidak terlalu luas, atau saat kamu dan keluarga mengunjungi lokasi air terjun.

Berwisata memang sangat disarankan untuk dilakukan secara berkala, karena dampaknya sangat bagus untuk kesehatan mental, tidak perlu ke tempat jauh atau mahal, cukup ke wilayah yang dekat dari tempat tinggal, dan tentunya memberi rasa puas karena merasa setimpal antara biaya yang dikeluarkan dan kesenangan yang didapatkan.

Hewan peliharaan bagi sebagian orang dapat diartikan seperti keluarga sendiri, yang terkadang ada rasa seru saat membawanya berlibur, namun pastikan kondisi fisik dan psikologis hewan peliharaan ya, karena biasanya terdapat culture shock, seperti biasa di lingkungan rumah, lalu ada di alam terbuka bebas, agar saat pulang nanti tidak kaget juga berada di rumah.

Saat berlibur, biasanya pihak transportasi menyediakan dan menawarkan jasa asuransi, dengan jaminan apabila terjadi keterlambatan atau kehilangan barang, penumpang akan mendapat ganti rugi, namun jika ingin membeli layanan coverage dari pihak lain, terdapat asuransi perjalanan dari broker asuransi terpercaya ASURANSIKU.id atau bisa juga membeli asuransi hewan peliharaan saat akan berlibur dan meninggalkan hewan dirumah atau menitipkan ke pet shop terdekat.(Arm)