PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Melacak Pengeluaran Keuangan


Finansial  |  29 June 2022  |   1025 Pengunjung

Melacak Pengeluaran Keuangan

Finansial  |  29 June 2022 Melacak Pengeluaran Keuangan

Mengatur keuangan adalah cara untuk menuju kemapanan finansial, karena dengan mengatur keuangan, hidup akan lebih terjamin, cara mengaturnya adalah seperti dengan menabung, berinvestasi, membeli asuransi, hingga memantau apakah benar uang tersebut terpakai dengan baik.

Karenanya dengan melacak pengeluaran keuangan, kita bisa lebih memilah dan menata lagi agar kedepannya lebih teliti lagi dalam membelanjakan kebutuhan setiap bulannya, agar bisa mengatasi pengeluaran berlebihan.

Cara yang lebih mudah adalah dengan memanfaatkan aplikasi yang tersedia secara gratis untuk smartphone, pilihlah salah satu aplikasi pencatatan dan penganggaran keuangan yang paling mudah menurut kamu untuk digunakan.

Maka dari itu, penting untuk memiliki seseorang yang bisa membantu kamu melakukan kebiasaan baik ini,kamu bisa mengajak pasangan atau teman yang kamu percayai untuk mendukung kamu melakukan pencatatan keuangan, bila dibutuhkan kamu bisa meminta bantuan seseorang yang melakukan hal yang sama akan membuat kamu bisa lebih disiplin mencatat dan melacak pengeluaran harian.

Pada tahap awal melakukan pencatatan, kamu mungkin belum menemukan hasil optimal dan masih mengeluarkan uang yang melebihi anggaran yang sudah ditetapkan, teruslah berusaha dan lakukan kebiasaan baik ini secara berkelanjutan dan disiplin.

Perlu diingat, bahwa dengan melakukan anggaran dan mencatat setiap pengeluaran yang dilakukan bisa membantu kamu mencapai berbagai tujuan di masa depan, hal yang terpenting adalah kamu bisa mengalokasikan penghasilan untuk berinvestasi.

Batasan
Kamu harus berhenti menghabiskan uang saat melihat uangmu mulai menipis, langkah ini penting untuk tetap pada anggaran, kamu mungkin menemukan anggaranmu tidak realistis atau perlu memindahkan uang di setiap kategori, luangkan waktu menjelang akhir bulan untuk menyesuaikan anggaran untuk bulan depan, penting diingat pembayaran tabungan dan utang harus diutamakan daripada makan di luar dan liburan.

Review pengeluaran
Pada akhir minggu atau bulan, hitunglah pengeluaran untuk melihat ke mana uang pergi dan mengetahui jika ada pembelian yang mengejutkan, dalam hal ini, pastikan kamu memasukkan biaya langganan, biaya keanggotaan, tagihan, atau pengeluaran bulanan lainnya, ketika kamu meninjau pengeluaran tersebut, tanyakan pula pada diri sendiri beberapa pertanyaan seperti.

Berapa banyak yang kamu habiskan setiap bulan untuk kebutuhan? Berapa banyak untuk keinginan? Dari pengeluaran itu, apa yang kamu anggap buang-buang uang? Di mana tempat-tempat yang membuatmu belanja berlebihan?

Apa saja yang telah dibeli, namun tidak kamu ingat? Seperti apa tabungan kamu dalam kaitannya dengan pengeluaran?

Kembali ke Tunai
Sejak mulai kemudahan transaksi online, dan pembayaran non tunai, kebanyakan tidak merasakan damage dari pembayaran tersebut, karena tidak tampak jelas sebagaimana pembayaran tunai, ditambah lagi sejak pandemi, hampir semua pembayaran online.

Kamu bisa menyiapkan amplop untuk setiap kategori dan memasukan jumlah sesuai yang dianggarkan setiap bulan, setiap pergi berbelanja, kamu bisa membawa amplop itu dan memasukkan tanda terima ke amplop agar bisa melihat berapa banyak yang dikeluarkan.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk melacak pengeluaran. Sangat mudah untuk menghabiskan lebih banyak uang daripada yang tidak disadari.

Hal diatas akan sangat membantu untuk kamu yang selama ini mengalami besar pasak dari pada tiang, karena dengan melacak, kamu bisa membatasi, kamu bisa lebih membuat timeline perencanaan untuk masa depanmu.

Setelah keuangan lebih teratur dan tertata, saatnya kamu memikirkan sarana investasi lain, agar keuanganmu terus bertambah, tentunya dalam skala besar, mengatur dan menata keuangan tidak semudah saat uangmu masih sedikit, berasuransilah atas beberapa harta benda yang kamu miliki, sesuai kriteria seperti asuransi kendaraan, asuransi rumah, dan lain sebagainya, supaya jika terjadi sesuatu terhadap barangmu, kamu tidak perlu membongkar tabungan untuk perbaikan atau penggantian.(Arm)