PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Kurang tidur bisa membuat fatal kesehatan, apa saja ?

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  28 June 2022  |   164 Pengunjung

Kurang tidur bisa membuat fatal kesehatan, apa saja ?

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  28 June 2022 Kurang tidur bisa membuat fatal kesehatan, apa saja ?

Tampaknya bagi seorang yang suka tidur larut malam, begadang adalah hal yang biasa, tidak jarang keesokan harinya tidur balas dendam bisa lebih dari 8 jam, tapi yang memang sering beraktivitas pada malam hari sehingga waktu tidur menjadi tak teratur, perlu mewaspadai hal-hal yang bisa membuat fatal kesehatan tubuh.

Ancaman Demensia
Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa kurang tidur dapat mengakibatkan penurunan kemampuan otak untuk berpikir dan mengolah informasi, rasa mengantuk yang muncul akibat kurang tidur juga dapat menjadi salah satu penyebab orang mudah lupa serta hilangnya kemampuan konsentrasi dan membuat keputusan.

Kesimpulannya, kurang tidur setiap malam bisa mengganggu kinerja dan fungsi otak, termasuk juga bagian otak yang berkaitan dengan daya ingat, efeknya ini bisa membuat kamu kesulitan untuk mencerna dan memfokuskan diri pada suatu hal serta lebih lambat dalam menanggapi.

Penduaan Dini
Ketika tubuh mengalami kurang tidur, kulit akan terlihat pucat dan mata pun tampak bengkak, jika terus menerus berlangsung jangka panjang, kurang tidur dapat memicu munculnya berbagai tkamu penuaan dini, seperti keriput, garis halus, atau kerutan di sekitar mata.

Tidak hanya itu, sebuah penelitian juga mengungkapkan bahwa kurang tidur dapat meningkatkan risiko munculnya jerawat, kondisi tubuh seperti ini terjadi akibat meningkatnya produksi hormon kortisol,.

Mudah Sakit
Apabila kamu kurang tidur, maka efek yang kamu rasakan adalah sistem kekebalan tubuh yang melemah, sistem kekebalan tubuh bekerja untuk melawan segala infeksi, baik itu dari parasit, jamur, virus, maupun bakteri, jangan sampai sistem imun pada tubuh kamu lemah, itu artinya perlindungan yang diberikan juga ikut melemah sehingga membuat kamu lebih mudah terkena infeksi.
 
Studi menunjukkan bahwa tidur 4 jam per malam selama 6 hari bisa menurunkan 50% jumlah antibodi yang melawan virus influenza, berarti kamu akan lebih mudah terserang flu jika kurang tidur.

Minuman sebelum tidur
Sudah jamak di masyarakat bahwa jika ingin tidur nyenyak, sebaiknya hindari minum kopi setidaknya enam jam sebelum waktu tidur, sebab tubuh kamu membutuhkan waktu beberapa jam untuk memproses kafein, selain kopi, kafein juga ada pada teh, minuman bersoda, dan minum berenergi.

Minuman yang direkomendasikan kamu minum sebelum tidur adalah segelas susu hangat atau secangkir teh rempah-rempah, yakni teh yang terbuat dari tanaman selain teh, contoh teh chamomile.

Penyakit kardiovaskular
Masih berkaitan dengan poin diatas, karena kurang tidur dapat menyebabkan pembentukan sitokin inflamasi, yang memainkan peran penting dalam perkembangan gangguan kardiovaskular (jantung dan pembuluh darah di sekitarnya), hormon sitokin inflamasi dapat menyebabkan peradangan, dari sinilah peradangan bisa menyerang berbagai organ dan jaringan di tubuh, termasuk pembuluh darah di sekitar jantung.

Agar terhindar dari penyakit atau gangguan kesehatan seperti diatas, tentu kamu butuh kegiatan dan perbaikan diri dengan cara memperbaiki kualitas tidur, karena dengan kualitas tidur membaik, dapat mengurangi segala risiko buruk kedepannya, apa sajakah upaya tersebut ?

Olahraga Pagi
Meskipun tidur larut Malam, ada baiknya bergerak semampu tubuh, untuk mengeluarkan keringat, menghirup udara segar, dan bermandi hangat sinar matahari, agar lebih nyenyak tidur malamnya, karena cahaya memberi sinyal ke otak untuk menyetop produksi hormon melatonin yang membuat ngantuk dan menggantinya dengan hormon adrenalin sebagai tkamu bahwa ini adalah waktunya kamu untuk bergerak.

Sehingga pada saat Malam tiba, tubuh akan memberikan sinyal untuk beristirahat, lelap dalam ketenangan, dan motivasilah diri agar besok paginya lagi dapat semangat berolahraga.

Mengatur Stress
Jika kamu ingin tidur nyenyak, kamu sangat perlu belajar untuk mengelola stres. Ada banyak cara yang bisa kamu tempuh seperti mengalihkan pikiran dari stres dengan melakukan aktivitas yang disukai, seperti menulis jurnal atau jalan santai ke taman. Atau bisa juga mencoba tips relaksasi tidur dengan cara, mengatur napas se relax mungkin, tarik napas melalui hidung, dan rasakan tangan pada perut kamu harus terangkat, tangan pada bagian atas dada juga terangkat sedikit, buang napas melalui mulut, keluarkan udara sebanyak yang kamu bisa sambil mengontraksikan otot perut.

Dengan menjaga pola tidur, mengatur stress dan makan makanan bergizi, tentu akan membuat kualitas hidupmu meningkat, sehingga kamu merasa bahagia menjalani hidup, apalagi saat masih muda, sangat disarankan membeli asuransi agar di masa mendatang, saat terjadi hal yang ditakutkan tidak merusak keuangan kamu, pilihlah asuransi kesehatan terpercaya dari broker asuransi berpengalaman, ASURANSIKU.id.(Arm)