PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Siapkan tabungan pensiun dari sekarang

Finansial  |  21 June 2022  |   59 Pengunjung

Siapkan tabungan pensiun dari sekarang

Finansial  |  21 June 2022 Siapkan tabungan pensiun dari sekarang

Setiap manusia akan mengalami masa tua, dan di masa tersebut sudah seharusnya seseorang mengalami masa pensiun, yaitu mengistirahatkan dari hal-hal yang biasa dilakukan di masa produktif, lalu mengerjakan hal yang ringan sesuai porsi dan  kekuatan tubuhnya.

Maka, saat tidak lagi bekerja, penghasilan ataupun pendapatannya akan berkurang, tidak sebanyak masa mudanya, banyak yang berlomba-lomba bekerja keras sewaktu masih mudah dan menabung, untuk keperluan hidup, dan untuk pada masa pensiun juga tentunya, persiapkanlah masa tua anda dengan tabungan pensiun, sejak sekarang.

Bagaimanakah cara terbaik untuk mempersiapkan dana atau tabungan pensiun? Sebenarnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mempersiapkan dana pensiun sesuai dengan situasi ekonomi saat ini. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda simak.

Menabung
Hal yang wajib dilakukan adalah menabung, karena tabungan adalah pegangan atau kunci hidup dalam menghadapi segala sesuatu di masa mendatang, termasuk ketidak pastian, sisihkan penghasilan anda 30% terlebih dulu untuk tabungan, yang sisanya, barulah di atur untuk keperluan sehari-hari dan lainnya.

Berinvestasi
Setelah memiliki tabungan, jangan lupakan berinvestasi, satu hal yang perlu Anda perhatikan adalah sebaiknya tidak sembarangan dalam memilih instrumen investasi. Pemilihan yang ceroboh tidak jauh beda dengan sekadar berjudi atau menebak mana investasi yang bakal menguntungkan dan ini adalah sikap yang harus dihindari. 

Jadi, dalam menentukan instrumen investasi yang tepat, Anda perlu mempertimbangkan imbal hasil yang bisa dicapai oleh investasi Anda. Sebagai contoh, jika perkiraan inflasi yang akan terjadi sekitar 3,5 persen, maka biasanya return atau hasil yang ditawarkan deposito berada di rentang 4,5 persen, sedangkan reksadana ada di kisaran 6 persen. Semakin Anda memilih investasi yang return-nya melebihi inflasi, Anda akan mendapatkan profit yang bagus.

Tabungan Pensiun
Siapkan dana pensiun juga, sebuah tabungan yang dimaksudkan memang akan diambil di masa pensiun, saat mulai berniat dan memikirkan mengakhiri masa kerja, dana pensiun juga dapat bermanfaat bagi keluarga. Dengan pengelolaan uang yang  tepat, dana pensiun yang Anda kumpulkan sendiri dapat dinikmati oleh anak dan cucu. Jika jumlahnya cukup besar, dana tersebut bahkan dapat digunakan untuk modal usaha berkelanjutan.  

Hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai tabungan pensiun, hal yang paling wajib ditimbang adalah karena akan mempengaruhi alokasi finansial Anda di waktu sekarang. Beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menentukan tabungan pensiun seperti contohnya.

Nilai setoran awal. Jangan sampai terlalu membebani alokasi dana karena justru akan membuat keuangan hari ini kacau, juga pastikan nilai minimum saldo tabungan, begitupun dengan potongan dana bulanan. Pilih penyelenggara tabungan pensiun yang menawarkan biaya administrasi ringan tetapi tetap terjamin aman.

Asuransi
Asuransi adalah hal terpenting, karena bagi siapapun yang ditinggalkan bisa mendapat santunan dari tertanggung, termasuk saat santunan untuk biaya pemakaman ataupun pembagian warisan bagi yang ditinggalkan, pada produk asuransi jiwa tertentu, terdapat polis apabila seseorang yang berhasil melewati usia kesekian tahun, mendapat pencairan dana yang lebih besar, dan bebas membayar iuran polis asuransi, selagi masih muda jangan ragu untuk membeli asuransi.

Semakin awal menyiapkan dana pensiun, maka itu lebih baik. Anda tidak akan khawatir lagi tentang masalah finansial di hari tua ketika sudah mengurus dana pensiun. Dana pensiun tentu sangat dibutuhkan untuk menunjang kebutuhan hidup seseorang di masa tua atau ketika tidak lagi bisa bekerja dengan baik. Manfaat dana pensiun sangat besar, karena itu setiap orang perlu menyiapkannya jauh-jauh hari.(Arm)