PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Yang harus dipahami saat hendak membeli asuransi (2)

Umum  |  17 June 2022  |   72 Pengunjung

Yang harus dipahami saat hendak membeli asuransi (2)

Umum  |  17 June 2022 Yang harus dipahami saat hendak membeli asuransi (2)

Sebelum-sebelumnya ASURANSIKU.id seringkali membahas mengenai tata cara memilih memilah dan membeli asuransi secara online, kalau di sebelumnya bahas mengenai cara memilih sebelum membeli asuransi jiwa dan kendaraan yang terbaik, kali ini akan membahas yang lebih meluas, yaitu pemahaman diri saat akan membeli asuransi secara online.

Banyak praktisi asuransi yang menyebutkan bahwa produk asuransi dari berbagai macam perusahaan itu sebenarnya mirip-mirip, kurang lebih sama fitur-fitur dan benefit yang ditawarkan, jika kita sudah mempercayakan dan membayar premi secara rutin, ternyata dana yang disiapkan terbatas tidak sesuai harapan, akan menimbulkan rasa kekecewaan, lalu bagaimanakah cara memilih asuransi ?

Bila ada banyak agen atau marketing yang memberi tawaran, maka pilihlah agen yang memang memiliki kualifikasi bagus dari segi keilmuan atau pemahaman produknya. para praktisi asuransi juga menyarankan, walaupun tidak selalu dan tidak bisa digeneralisasi, cara mengidentifikasi agen yang qualified biasanya dengan mengetahui apakah mereka memiliki gelar sertifikasi perencanaan keuangan seperti CFP, RFP, QWP, AWP, ataupun gelar sertifikasi lainnya. 

Atau cara alternatifnya adalah dengan mencari tahu apakah mereka ini telah memiliki title Million Dollar Round Table, yang juga dikenal sebagai title bagi mereka-mereka yang telah menjual produk-produk asuransi tertentu dan sukses menjaga hubungan 
baik dengan pelanggannya dan membawa performa perusahaan asuransi semakin baik.

Pilih layanan 24jam
Kondisi darurat bisa terjadi kapan saja. Karenanya, kamu bisa saja sewaktu-waktu membutuhkan informasi terkait klaim. Supaya lebih tenang, kamu bisa memilih penyedia produk asuransi yang memiliki layanan asuransi kesehatan bagi nasabah yang tersedia 24 jam.

Beli sesuai kemampuan finansial dan kebutuhan
Sebab, jika ternyata manfaat perlindungannya terlalu kecil maka bisa jadi kurang melindungi kebutuhan pelanggan, dan bila terlalu besar akan membuat pelanggan membayar terlalu mahal untuk perlindungan yang kurang ia perlukan. Bagaimanapun jika asuransi jangka pendek maupun jangka panjang, cari yang cocok dan sesuai peruntukannya.

Skema pertanggungan 
Ketika kita membeli asuransi jiwa, minta agar dibuatkan skema uang pertanggungan sebesar 3 sampai 5 tahun atau minimal 36 kali dari penghasilan bulanan kita. Hal ini bertujuan agar jika terjadi sesuatu risiko pada diri kita, maka paling tidak ahli waris kita punya waktu cukup panjang untuk memulihkan kondisi finansialnya. Meski begitu, perlu juga memperhatikan besaran premi yang akan dibayarkan.

Bertanya dan konsultasi terlebih dulu
Membeli produk asuransi secara online memang memudahkan, namun terkadang informasi yang dilakukan secara jarak jauh sering menyebabkan salah pengertian. Maka itu, jangan sungkan bertanya kepada costumer service. Bila dirasa informasi belum cukup, mintalah detil dokumen asuransi tersebut atau lihat pada laman informasi produk pada situs asuransi.

Penjelasan Agen atau Broker
Tidak berbeda jauh dengan yang diatas, saat kamu mulai tertarik dan setuju untuk membeli suatu polis asuransi dan buku polisnya sudah jadi, minta kepada agen/marketing kita supaya menjelaskan ulang benefit atau manfaat apa saja yang kita miliki seperti yang tertera di buku polis. 

Jika merasa perlu pendapat orang yang lebih netral, bisa tanya sekaligus cross check polis yang kita miliki dengan menghubungi customer service perusahaan asuransi tersebut, atau minta pendapat orang yang kita anggap lebih mengerti. Selain itu, sebagai nasabah kita punya hak untuk memikirkan kembali program yang kita ikuti dan bahkan membatalkannya dalam tempo 14 hari kalender sejak buku polis diterima.

Pastikan Keamanan Data
Pastikan kamu melakukan pembelian asuransi pada situs dan portal yang melindungi data nasabah dengan aman. Pastikan kamu masuk ke URL resmi kami. Jangan salah ketik atau klik link URL dari sumber yang tidak terpercaya untuk menghindari penipuan.

Di portal www.asuransiku.id, keamanan data kamu terjamin aman karena sudah tersertifikasi ISO 27001:2013. Nasabah tidak perlu khawatir terhadap keamaan data mereka. Seluruh proses registrasi dilakukan dengan e-form dan dokumen pendukung cukup disertakan dalam bentuk elektronik berupa foto.

Cari produk dan lihat perbandingan
Setelah mengenal jenis asuransi, kamu bisa menentukan produk yang cocok. Membeli proteksi asuransi secara online memungkinkan nasabah melakukan perbandingan dengan cepat, manfaatkan hal ini. Biasanya, orang akan melihat dari sisi harga premi dan promo pemotongan harga, namun yang paling penting, perhatikan plafon nilai pertanggungan yang kamu butuhkan dan manfaat perlindungan apa yang akan didapat.

Membeli produk asuransi bisa membantu kamu terhindar dari kebangkrutan atau utang yang menggunung ketika risiko finansial yang tidak terduga terjadi. Nah, asuransi terdiri dari beberapa jenis, antara lain asuransi kesehatan, asuransi jiwa, asuransi umum yang mencakup asuransi mobil, asuransi properti, dan asuransi perjalanan. Masing-masing memiliki fungsi yang berbeda sesuai dengan objek yang dilindunginya. 

Jadi, jangan lupa pastikan kamu memilih produk jenis asuransi yang sesuai dengan kebutuhan perlindunganmu, jika bingung kamu bisa lihat-lihat dulu di website portal www.asuransiku.id dan memilih salah satu produk dan perusahaan asuransinya.(Arm)