PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Merawat dan Menjaga Velg Mobil

Otomotif  |  16 June 2022  |   91 Pengunjung

Merawat dan Menjaga Velg Mobil

Otomotif  |  16 June 2022 Merawat dan Menjaga Velg Mobil

Velg adalah bagian dari terpenting dari sebuah kendaraan, bisa di analogikan sebagai kaki dari sebuah penggerak bagian bawah sebuah kendaraan, lalu di bungkus 'sepatu' yang disebut ban, agar bisa bergerak dengan cara berputar mengarah ke depan atau ke belakang, kalau ke belakang yang bisa hanya mobil ataupun motor berpengangkut seperti motor pick up, kali ini kita akan bahas perawatan velg mobil.

Pemilik mobil harus hati-hati jika berkendara di kondisi jalan yang berlubang. Jika kita tidak waspada, ban mobil bisa saja membentur dengan kencang hingga menyebabkan velg menjadi penyok dan rusak. Apabila sudah penyok velg jadi tidak nyaman dipandang, bahkan bila didiamkan dapat merusak velg lebih parah lagi. Maka dari itu Anda perlu memperhatikan peranti yang satu ini.

Periksa Rutin
Untuk merawat velg mobil agar tetap dalam kondisi baik, Anda bisa mulai dengan melakukan pengecekan setiap seminggu sekali. Periksa secara presisi ukuran velg mobil agar tidak ada yang bergeser ataupun retak. Jika baru saja melewati lubang  dengan kecepatan cukup tinggi, segera menepi ke pinggir jalan dan cek kembali velg mobil Anda. Apabila ada perubahan bentuk, ada baiknya untuk segera dibawa ke bengkel terdekat untuk mendapatkan perbaikan.

Lebih mengkilap dengan aluminium foil
Alumunium foil lebih dikenal manfaatnya untuk makanan, namun ternyata alumunium foil juga bisa digunakan untuk membersihkan dan merawat velg mobil sahabat, terutama dari karat-karat yang menempel. Jika sahabat memiliki mobil dengan velg yang sudah berkarat, jangan berputus asa ya. Sahabat masih bisa menggunakan alumunium foil untuk menghilangkan karatan tersebut, sehingga membuat velg sahabat kembali kinclong dan mengkilap. Alumunium foil lebih cocok digunakan untuk velg-velg chrome.

Cara menggunakannya pun terbilang mudah. Pertama cuci terlebih dahulu velg, jika kotoran karat masih membandel, tambahkan sedikit cuka dan garam. Supaya lebih efektif, basahi alumunium foil dengan cuka dan air garam, lalu gosokkan dengan 
sedikit memberikan tekanan pada bagian karat yang ingin dibersihkan. 

Perlahan-lahan karat tersebut akan hilang. Jika karat yang ada pada velg kamu sudah hilang, silakan cuci velg, kemudian olesi cairan khusus velg mobil yang akan membuat velg kamu mengkilap.

Hati-hati jalan rusak
Tips merawat velg mobil yang satu ini dilakukan saat kamu berkendara. Jangan terlalu sering menerjang lubang dengan kecepatan tinggi. Berkendaralah dengan kecepatan sedang dan hindari lubang yang dalam dan membahayakan. Benturan lubang 
bisa membuat velg penyok. Bila penyoknya tidak seberapa, tak masalah bagi ban dan mobil. 

Namun bila penyoknya cukup parah, mau tak mau mobil kamu harus masuk bengkel untuk mendapat perawatan. Tips yang satu ini, selain demi keselamatan si pengendara sendiri, juga demi merawat ketebalan kantong pemilik mobil. Terlalu sering  memperbaiki atau mengganti velg tentu tak baik untuk kesehatan.

Jaga kondisi velg
Perawatan velg mobil secara mandiri juga perlu dilakukan di rumah. Selain mencuci, perlu juga menyemprot velg dengan cairan khusus secara rutin agar warnanya tetap cemerlang. Tips lainnya, jangan lakukan pencucian saat velg dalam suhu cukup tinggi. Biarkan mobil dan velg dalam kondisi dingin baru lakukanlah pencucian. Pencucian di saat velg bersuhu panas akan berisiko menyisakan jamur. 

Perhatikan volume dan kepadatan ban
Perhatikan juga kondisi ban pada mobil, karena faktor ini dapat mempengaruhi kondisi velg juga lho. Jika tekanan ban angin terasa berkurang, segera tambah dengan angin. Hal ini guna memberikan performa yang baik pada ban dan kondisinya 
terjaga dengan baik.

Cek up sebelum dan sesudah perjalanan jauh 
Sebelum melakukan perjalanan jauh ada baiknya untuk melakukan pengecekan velg. Jangan sampai velg mengalami gangguan sehingga kendaraan tidak bisa berjalan dan harus masuk ke bengkel. Pemeriksaan velg mobil ini dilakukan satu paket dengan service berkala. 

Pengecekan rutin ini memastikan kondisi velg tetap prima dan menunjang tugasnya sebagai rumah bagi ban. Servis mobil secara lengkap memang membuat kita menyiapkan dana lebih besar. Namun mengeluarkan biaya untuk servis tetap lebih baik ketimbang risiko kecelakaan atau risiko kerusakan komponen lain yang justru bisa menguras dompet lebih banyak.

Velg adalah satu diantara sekian banyak part kendaraan, adapun seperti body, mesin, warna dan lain-lainnya perlu dirawat dan di perhatikan secara rutin dan dibawa ke bengkel secara berkala, pastikan merawat mobil dengan cermat, gabung dengan komunitas untuk bertukar pikiran dan ilmu mengenai cara merawat mobil, untuk menghindari hal-hal yang di takutkan atas kerugian karena kerusakan dan kecelakaan mobil, jangan ragu untuk membeli asuransi mobil terbaik.(Arm)