PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023
Instagram Asuransiku.id Facebook Asuransiku.id Youtube Asuransiku.id Twitter Asuransiku.id Linkedin Asuransiku.id
Senin - Jumat 08:30 - 17:30 WIB
Nomor Telp Asuransiku.id 021 806 00 828 / Nomor Whatsapp Asuransiku.id 0812 1234 7023

Definisi dan pengertian general ledger


Finansial  |  15 June 2022  |   1069 Pengunjung

Definisi dan pengertian general ledger

Finansial  |  15 June 2022 Definisi dan pengertian general ledger

Secara tradisional, akuntan mencatat transaksi keuangan dalam buku besar dengan tangan, menggunakan metode akuntansi entri ganda. Dengan munculnya teknologi pembukuan yang lebih baik, pencatatan transaksi menjadi lebih sederhana. Anda tidak lagi harus mencatat di buku; Anda dapat menggunakan lembar excel atau software akuntansi yang canggih.

Meskipun cara Anda mencatat transaksi telah berubah, pentingnya mengetahui dan membuat general ledger dalam bisnis tetap ada. Ini adalah catatan akuntansi penting untuk membuat laporan keuangan yang penting untuk mengevaluasi kesehatan bisnis.

Apa dan Bagaimana General Ledger
General ledger atau buku besar adalah dokumen akuntansi utama yang memberikan catatan lengkap dari semua transaksi keuangan bisnis Anda. Ini membantu Anda melihat gambaran finansial yang lebih besar. Akun termasuk aset (tetap dan lancar), kewajiban, pendapatan, pengeluaran, keuntungan, dan kerugian.

Sebelum melanjutkan, mari kita lihat beberapa konsep utama yang akan membantu Anda lebih memahami buku besar dan cara kerjanya. Hal yang perlu Anda tahu adalah seperti akuntansi entri ganda, persamaan akuntansi dasar, dan jurnal yang akan membantu Anda untuk mengetahui secara lebih mendalam apa itu buku besar dan fungsinya bagi bisnis Anda nantinya.

Perlukah General Ledger
Jelas, itu selalu terserah Anda (dan penasihat keuangan Anda) untuk memutuskan apakah hal yang tepat untuk bisnis kecil Anda untuk menggunakan general ledger atau atau tidak. Bisnis Anda mungkin baik-baik saja tanpa general ledger, tapi saat Anda membutuhkan interaksi dari pihak eksternal, buku besar menjadi salah satu laporan keuangan yang sangat penting, misalnya saat Anda mengajukan pinjaman pada pihak Bank

Namun jika Anda masih penasaran dan bertanya-tanya tentang alasan mengapa Anda membutuhkan buku besar dalam bisnis Anda, ada tujuh alasan kuat yang  mungkin bisa Anda pertimbangkan, seperti

  • Memberikan catatan akurat dari semua transaksi keuangan
  • Membantu Anda menyusun neraca saldo, jadi saldo pembukuan Anda
  • Membuat pengajuan SPT menjadi mudah karena Anda memiliki pengeluaran dan pendapatan di satu tempat
  • Melaporkan pendapatan dan pengeluaran nyata sehingga Anda dapat tetap memantau pengeluaran
  • Membantu Anda melihat transaksi yang tidak biasa dengan segera
  • Membantu Anda mengidentifikasi (dan menghentikan) penipuan atau fraud
  • Membantu dalam menyusun laporan keuangan utama yang sangat penting untuk mengevaluasi profitabilitas, likuiditas, dan kesehatan keuangan Anda secara keseluruhan. Ini termasuk laporan arus kas, laporan laba rugi, dan neraca.

Jurnal 
Transaksi pertama kali dicatat dalam jurnal sebelum ditransfer ke general ledger atau buku besar. Jika buku besar adalah dokumen utama untuk melihat gambaran yang lebih besar, jurnal adalah dokumen untuk menganalisis detail bisnis Anda yang lebih detail.

Transaksi ini biasanya dicatat setiap hari dan, seperti halnya buku besar, Anda akan memiliki kredit dan debit untuk setiap entri.

Ada 4 jenis jurnal, empat yang paling umum adalah jurnal penjualan, jurnal pembelian, jurnal penerimaan kas, dan jurnal pembayaran tunai:

  • Jurnal Penjualan untuk mencatat penjualan kredit. Misalnya nasabah (debitur) yang membeli secara kredit atau rekening.
  • Jurnal Pembelian adalah untuk mencatat pembelian kredit oleh bisnis Anda. Contohnya adalah perlengkapan dan perlengkapan.
  • Jurnal Penerimaan Kas adalah untuk mencatat semua arus kas masuk, seperti uang tunai untuk layanan yang diberikan.
  • Jurnal Pembayaran Tunai adalah untuk mencatat semua arus kas keluar.

General ledger atau buku besar adalah dokumen induk Anda untuk semua transaksi keuangan bisnis Anda. Memahami cara kerjanya bisa menakutkan pada awalnya, tetapi Anda akan menyadari bahwa buku besar adalah salah satu laporan keuangan penting yang harus ada dalam bisnis Anda.

Anda hanya perlu memahami prinsip dasar akuntansi entri ganda, persamaan dasar akuntansi, dan cara mentransfer entri jurnal ke buku besar.

Setelah Anda memahami dan mulai menggunakan buku besar, Anda akan menyadari betapa hebatnya itu. Ini menawarkan beberapa manfaat menarik untuk bisnis Anda. Bisa dibilang, yang paling penting adalah fondasi untuk membuat laporan keuangan yang sangat penting untuk mengevaluasi urusan keuangan Anda.(Arm)