PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Mobil Pribadi Untuk Bisnis Travel dan Perawatannya

Otomotif  |  15 June 2022  |   89 Pengunjung

Mobil Pribadi Untuk Bisnis Travel dan Perawatannya

Otomotif  |  15 June 2022 Mobil Pribadi Untuk Bisnis Travel dan Perawatannya

Mobil sebagai kendaraan pribadi dapat dimanfaatkan sebagai peluang usaha, seperti taxi online, pengiriman barang singkat, hingga usaha travel yang bisa dijalankan dimulai dengan melayani rute-rute mudik atau liburan para tetangga atau teman dekat dengan biaya yang rasional dan pelayanan maksimal.

Travel yang sebagai jasa angkutan umum kini sedang banyak diminati masyarakat, kali ini kita akan bahas peluang bisnis travel atau mobil carteran dari mobil anda pribadi yang bisa menghasilkan keuntungan, terlebih pada musim libur panjang ataupun masa-masa pulang kampung.

Kelebihan Travel
Travel lebih simpel dan fleksibel jika dibandingkan kendaraan umum seperti bus ataupun kereta, dan lebih mudah antar atau jemputnya, karena tidak harus di terminal seperti bis, dan waktu keberangkatanpun bisa di sesuaikan jadwal terlebih apabila ada rombongan yang sedang mencarternya.

Penghasilan Supir Travel
Penghasilan seorang supir travel tidak bisa di rinci secara pasti, karena bergantung dengan tujuan dan jarak yang berbeda ongkos juga berbeda jalur, serta cara mengendarai supaya menghemat bahan bakar, yang tergantung juga jam terbang dari si supir itu sendiri.

Tapi rata-rata umumnya, penghasilan seorang supir travel bisa mencapai 500ribu hingga 1juta rupiah untuk setkali jalan, tapi sudah termasuk uang bensin dan biaya makan di perjalanan, semua itu bergantung dengan perjalanan pulang-pergi dan berapa lama perjalanannya.

Target Pasar Travel Anda
Untuk menentukan target yang masuk akal, Anda harus melakukan riset terlebih dahulu. Jangan asal buat target tanpa melakukan riset secara mendalam. Riset ini bisa dari riset kompetitor, riset pasar, hingga riset keuangan. Banyak bisnis travel yang menentukan target awal sangat tinggi karena ingin mendapatkan uang banyak secepat mungkin. 

Tapi nahasnya, mereka justru menghasilkan jauh lebih sedikit daripada target yang sudah ditentukan. Akhirnya, mereka menjadi frustasi, performa bisnis terus menurun, dan gulung tikar. Maka dari itu, sebaiknya Anda menentukan target rendah yang masuk akal. Entah itu target penjualan, target pelanggan yang didapatkan, atau sekedar target kunjungan ke website bisnis tour and travel Anda.

Nama Brand Travel
Travel merupakan industri yang padat. Oleh karena itu, Anda harus menentukan nama bisnis yang unik agar bisa menarik konsumen. Tidak hanya itu, nama yang Anda pilih juga harus mudah diingat. Selama ini sudah banyak bisnis travel Indonesia yang namanya mengandung kata-kata seperti "travel", "wisata", atau "tour". Daripada menggunakan nama yang itu-itu saja, ada baiknya Anda membuat nama yang belum pernah digunakan. Misalnya seperti yang digunakan oleh salah satu startup unicorn.

Branding yang kuat memberikan identitas yang khas kepada bisnis travel agent Anda. Apalagi, jika bisnis travel Anda bergerak di niche market tertentu. Branding yang kuat bisa mempengaruhi persepsi orang-orang dan membuat mereka mengasosiasikan niche travel tersebut dengan bisnis Anda. 

Sebutkan tujuan di balik brand. Jelaskan tujuan unik dan alasan kenapa Anda memulai bisnis travel online ini. Buatlah tujuan brand yang bisa menarik konsumen untuk menggunakan jasa Anda. Jaga konsistensi brand. Konsistensi itu sangat penting dalam bisnis agar memberikan persepsi positif dan mudah diingat konsumen. Jaga konsistensi brand Anda dari ide, warna, desain logo, hingga gaya bahasa.

Buat Paket Tour Travel
Paket wisata adalah salah satu aspek yang bisa Anda jadikan nilai jual dalam bisnis travel. Dengan paket perjalanan yang lengkap, konsumen pasti akan semakin tertarik untuk menggunakan jasa Anda. Lalu, bagaimana cara membuatnya? Pada dasarnya, paket wisata adalah rangkaian agenda perjalanan. Jadi, Anda harus menentukan tujuan, akomodasi, dan aktivitas konsumen ketika merancang paket wisata.

Ketika menentukan tujuan wisata, setidaknya ada dua faktor yang harus Anda perhatikan. Pertama, cari tahu tren pariwisata terbaru. Contohnya, Anda memilih objek-objek wisata yang viral di media sosial. Ini harus dilakukan agar konsumen 
tertarik untuk membeli paket wisata Anda.

Perawatan Mobil
Penggunaan mobil sebagai sarana transportasi sehari-hari sudah pasti membuat performa kendaraan menurun secara perlahan. Supaya kondisi mobil tetap prima sehingga tidak mengganggu aktivitas harian, maka pemilik mobil perlu memberikan perawatan dan membuat jadwal servis secara berkala, idealnya untuk mobil pribadi yang digunakan bisnis travel, juga membeli layanan asuransi mobil seperti komprehensif dan tanggung jawab hukum pihak ketiga.(Arm)