PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Penyebab Anjing Melolong

Peternakan,Peliharaan dan Pertanian  |  08 June 2022  |   122 Pengunjung

Penyebab Anjing Melolong

Peternakan,Peliharaan dan Pertanian  |  08 June 2022 Penyebab Anjing Melolong

Sebagai pemiliki anjing peliharaan, tentunya sudah tidak asing lagi mendengar lolongannya, meski begitu tidak harus khawatir akan lolongan anjing kesayangan, karena hal ini sudah menjadi 
hal alamiah baginya, lolongan anjing adalah caranya berkomunikasi, baik dengan pemilik atau sesamanya.

Anjing yang melolong bukan tanpa alasan, anjing dengan pendengaran ultrasonik bisa saja melolong dengan suara tinggi karena mendengar suara yang juga tinggi, seperti sirene, atau suara dari wujud yang tidak tampak jelas dengan mata manusia.

Ada hal-hal yang harus diperhatikan saat mendapati anjing anda terus menerus melolong bahkan berlebihan tak kenal waktu, tentunya bukan berarti adanya hantu karena bisa jadi ada yang salah dengan dirinya.

Kesepian
Anjing adalah hewan peliharaan yang suka berkerumun, bersosial, maka menghabiskan waktu dengan sesama, anggota keluarga pemilik atau pemiliknya langsung adalah kebahagiaan buatnya, terlebih anjing yang memang terbiasa hidup dalam keramaian, tentu akan sangat kesepian saat sendirian, hal ini yang terus membuatnya melolong sepanjang malam saat semua orang tidur.

Anda perlu memperhatikan kondisi ini mengenai apakah anjing mengalami masalah tidur atau tidak. Kesepian yang dibiarkan juga dapat berkembang menjadi gangguan kecemasan yang dapat menyiksa peliharaan Anda.

Anxiety
Gak cuma GenZ yang butuh self healing atau work life balance ya yang merasa stress, gelisah, cemas, tertekan sampai depresi, para anjing pun juga akan berisik dengan lolongannya saat ia merasakan stress mendalam, rasa trauma pun juga bisa membuatnya melolong, apalagi saat berpisah dengan sesama anjing atau pemiliknya, dengan melolong dapat mengekspresikan rasa sedihnya.

Untuk mengatasinya, Anda dapat memberikan mainan untuk menghibur anjing Anda. Melatihnya untuk tenang berada di rumah saat sendirian juga diperlukan. Ini akan membantu anjing lebih tenang dan mengatasi kecemasannya saat Anda tak sedang bersamanya.

Masalah Tidur
Yang menyebabkan anjing melolo pada malam hari adalah bisa karena masalah tidurnya seperti rasa tidak nyamannya, kandang yang tidak nyaman, suasana panas, cahaya yang terlalu terang, alas tidur yang menyaktikan tubuhnya,berisik, gangguan binatang lain.

Mungkin kamarnya terlalu panas, alas tidur terlalu keras, pencahayaan terlalu terang, terlalu berisik, dan sebagainya. Untuk mengatasi hal ini, ada baiknya Anda selalu memastikan anjing mendapatkan ruang tidur yang nyaman dan dia menyukainya. 

Ini akan membuatnya tenang di malam hari dan ikut tertidur seperti manusia lainnya yang tinggal dalam satu rumah.

Terluka
Dikutip dari pawcastle, bahwa seekor anjing yang sakit ataupun terluka, akan mengekspresikan rasa sakitnya dengan lolongan yang membuatnya tidak nyaman, lolongan sakit ini bisa terjadi kapanpun, tidak peduli saat malam atau siang.

Jika ini terjadi, periksalah di bagian tubuh luarnya. Jika Anda tak menemukannya, bisa jadi anjing mungkin sedang tidak enak badan atau mengalami cedera dalam. Untuk mengetahuinya, periksakan kondisi ini ke dokter hewan.

Lolongan anjing lain
Seperti yang tertulis diatas, suara-suara lain bisa menjadi pemicu anjing melolong, tidak jarang anjing juga melolong karena menyauti lolongan anjing lain, tidak berbeda jauh dengan serigala,
biasanya makna dari lolongan pada anjing lain seperti untuk sinyal yang dikirim yang berhubungan dengan peringatan atau mengisyaratkan lokasi, terlebih di area yang asing, mereka akan terus saling berbalas lolongan.

Hal lain yang membuat anjing melolong seakan tampak dan dikaitkan dengan hal mistis adalah anggapan saat hewan ini melihat bulan purnama di tempat yang membuat bulan tersebut tampak terang benderang cerita yang berkembang di masyarakat ini bermula dari orang-orang pada zaman dahulu lebih sering keluar saat bulan purnama, karena langit terlihat lebih cerah dan bersinar dibandingkan pada saat bulan biasa. 

Oleh sebab itu, kemungkinan besar mereka hanya melihat serigala saat bulan purnama saja, sebab orang-orang pada saat itu lebih sering keluar karena langit lebih terlihat terang. Maka dari itu 
tidak heran mengapa anggapan serigala hanya melolong pada saat bulan purnama berkembang dan dipercayai oleh masyarakat luas hingga saat ini.

Penjelasan dari para pecinta anjing
Anjing, seringkali dilatih sebagai anjing penjaga, pelacak, hiburan, pekerja, sahabat rumah tangga, dan dari sinilah interaksi para pawang atau pelatih anjing bermula, sehingga banyak diantara mereka mengenal baik jenis anjing, karena mengenal baik itu, mereka dapat menyimpulkan kenapa anjing melolong.

Begitupun para pelatih anjing sejak jaman dulu yang seringkali mengaitkan dengan hal mistik, padahal nalurinya yang alami adalah melolong dan menggonggong, bukti bahwa anjing tersebut masih normal, sebagai pemilik anjing, rawat dan lindungilah anjing anda dengan asuransi hewan peliharaan.(Arm)