PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Memulai bisnis franchise makanan

Bisnis  |  23 May 2022  |   142 Pengunjung

Memulai bisnis franchise makanan

Bisnis  |  23 May 2022 Memulai bisnis franchise makanan

Menjamurnya bisnis franchise sejak awal 2010an membuat banyak pihak ingin memulai bisnis kuliner dengan sistem franchise, cara mudah anti ribet, cukup membeli lisensi bisnis dan mengikuti 
beberapa rule yang ditetapkan oleh pemilik franchise, maka kebanyakan franchisee tinggal menjalankan saja, soal stock dan rantai pasok, tidak perlu repot, untuk lebih jelas lagi, simak tips berikut.

  1. Tips Pilih Franchise 
  2. Keuntungan Bisnis Franchise

Tips Pilih Franchise : Cari yang sudah Berizin

Kita ambil contoh untuk produk konsumsi seperti makan dan minuman, pastikan produk yang akan dibeli franchisenya adalah yang telah terstandarisasi keamanan dan telah dipercaya banyak konsumen, sehingga aman dikonsumsi dan tidak menggangu kesehatan tubuh.

Pastikan produknya telah resmi terdaftar di BPOM, MUI dan Depkes, sehingga anda aman dari tuntutan hukum karena produk yang tidak aman dikonsumsi pelanggan, maka, dengan memastikan produk telah tersertifikasi dan mendapat izin resmi adalah langkah bijak.

Pilih yang sudah branding
Selain itu kiat yang paling utama adalah yang sudah branding, sehingga anda tidak perlu lagi repot membangun branding dari produk yang anda jual, karena sebelumnya sudah dipercaya dan mendapat,  familiar hati dan tempat di masyarakat.

Dengan begini anda cukup rajin membuka lapak anda saja, tidak perlu mempromosikan dengan media iklan seperti reklame dan lain-lain.

Kredibel
Pastikan anda bekerja sama dengan membeli franchise yang sudah tidak diragukan lagi kredibilitasnya, baik perusahaan ataupun pihak-pihak yang mengelolanya, dan secara manajemen, sudah terbukti kualitas dan profesionalitas dari para pengelolanya, salah satunya adalah laporan keuangan yang dipublikasikannya.

Perusahaan yang menjual franchisenya, tentu akan transparan pada calon franchiseenya, karena memang ingin berbisnis dengan baik, selain dengan memantau laporan keuangan, anda bisa melihat reputasi dan reviewnya di internet.

Begitupun dengan harga yang ditawarkan, jangan terlalu tertarik dengan harga yang tergolong murah, karena pasti ada yang dikorbankan, baik kualitas ataupun profesionalitas dari perusahaan franchisornya, berusahalah kritis dan minta franchisor lebih terbuka dengan bisnisnya.

Keuntungan Bisnis Franchise
Sebagaimana model bisnis lainnya, franchise business khususnya makanan ataupun minuman akan menawarkan profit bagi para franchiseenya, sebagai mitra kerja sama atau sebagai mitra investor, dengan membeli hak bisnis franchisenya.

Pertumbuhan cepat
Bagi masyarakat Indonesia, bisnis makanan yang di franchisekan tentu memiliki keunggulan sendiri sebagai bagian investasi, karena cukup pegawai yang memiliki tabungan banyak maka bisa membeli franchise dan memperkerjakan pegawai untuk mengelola storenya.

Dengan memulai bisnis franchise ini sebagai langkah awal untuk menjadi wirausahawan, pemegang hak franchise tidak perlu pusing merencanakan strategi bisnis seperti perencanaan sistem operasional, karena bagi pemilik franchise hal ini akan ditrainingkan lebih dulu.

Sehingga anda sebagai pemilik hak franchise cukup menjalankan sesuai prosedur yang di instruksikan oleh pemilik franchise.

Branding sederhana
Dari sekian banyak keuntungan, terdapat minimalisasi biaya marketing ataupun branding, karena jika brand franchise sudah banyak dikenal anda tidak perlu menjalankan campaign lagi, cukup 
promo sederhana yang bisa dijalankan di area sekitar merchant beroperasi saja.

Belajar bisnis
Dalam mengelola waralaba ini dapat anda jadikan sebagai medium belajar bisnis dan langsung mempraktekannya, karena biasanya akan dibimbing oleh pemilik franchise, selain anda akan dengan sendirinya belajar disiplin, mengelola keuangan, mengelola stock dan berkordinasi, sampai mengelola tim.

Bisnis waralaba adalah alternatif mudah bagi anda yang ingin menjalankan usaha secara autopilot, merupakan perkembangan dari salah satu Manfaat Perencanaan Keuangan, karena anda telah menjalankan salah satu tabungan agar terus berputar dan menambah keuntungan.

Meski begitu dalam menjalankan bisnis franchise, tetap terjadi risiko, seperti kerusakan properti bisnis, lahan bisnis ataupun merchant, maka untuk meminimalisir kerugian finansial akibat 
kegagalan bisnis dari kerusakan properti, tentu anda membutuhkan asuransi properti.(Arm)