PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Mengenal Asuransi Jiwa KPR

Umum  |  23 May 2022  |   250 Pengunjung

Mengenal Asuransi Jiwa KPR

Umum  |  23 May 2022 Mengenal Asuransi Jiwa KPR

Memiliki rumah adalah impian semua orang, khususnya bagi para generasi milenial atau gen Z yang sedang berjuang untuk memiliki tempat tinggal untuk masa depan, namun tahukah kamu, kalau terdapat tambahan layanan berupa asuransi jiwa untuk nasabah pengangsur KPR, dengan manfaat jaminan santunan ketika debitur mengalami hal tak terduga, di artikel ini kita akan membahas...

  1. Beda Asuransi Jiwa KPR dan Umum
  2. Keuntungan Asuransi Jiwa KPR
  3. Prebedaan Premi Tiap Nasabah
  4. Manfaat Utama

Sejak tahun 2008, pemerintah melalui Kementerian Keuangan menetapkan satu peraturan No. 124/PMK.010/2008 Tahun 2008 yang mengatur tentang penyelenggaran lini usaha Asuransi Kredit dan Suretyship yang berkaitan dengan proses kredit.

Isi dari peraturan yang dimaksudkan adalah "Asuransi kredit yang menjadi lini usaha asuransi umum yang memberikan jaminan pemenuhan kewajiban finansial penerima kredit apabila penerima kredit tidak mampu memenuhi kewajibannya sesuai dengan perjanjian kredit."

Maka, saat pengajuan KPR, terdapat syarat yang wajib kamu penuhi, diantara adalah dengan Asuransi Jiwa KPR, hal ini berbeda dengan asuransi jiwa umum, maka kamu harus punya asuransi jiwa khusus KPR, sebagai langkah antisipasi di masa mendatang.

Beda Asuransi Jiwa KPR dan Umum
Perbedaan yang mendasar adalah pembiayaannya dan cakupan yang diberikan perusahaan asuransi, karena Asuransi Jiwa KPR mencakup didalamnya asuransi yang poin intinya membahas perjanjian kerjsama KPR, satu contoh saat kondisi nasabah KPR meninggal dunia, tim KPR akan membantu ahli waris membayar pelunasan sisa dari cicilan KPR.

Maka, sudah jelas produk asuransi jiwa kpr ini sangat meringankan dan menjadi solusi bagi keluarga atau ahli waris untuk membayar pelunasan sisa cicilan KPR yang belum diselesaikan, sehingga keluarga yang ditinggalkan tidak terlalu larut dalam kedukaan mendalam.

Keuntungan Asuransi Jiwa KPR yang ditawarkan
Manfaat utama dari produk asuransi jiwa KPR ini adalah bantuan pelunasan kredit untuk keluarga atau ahli waris tertanggung saat nasabah meninggal dunia, biasanya hal ini dinilai dari pertimbangan waktu KPR yang kamu tempuh.

Selama rentang waktu tersebut, terdapat banyak kemungkinan yang bisa terjadi tanpa risiko yang bisa di duga, selain itu, terdapat beberapa manfaat lain yang bisa kamu dapat dari asuransi jiwa kpr ini, tapi akan bisa didapat manfaatnya saat kamu membeli tambahan asuransi.

Bank pemberi KPR biasanya akan menawarkan produk asuransi tambahan yaitu pembayaran cicilan KPR apabila nasabah sedang menderita sakit keras, penawaran yang akan diberikan saat membeli produk asuransi jiwa ini adalah :

Pembelian premi saat nasabah tidak mengajukan klaim
Saat memakai kredit penggabungan pendapatan dari pasangan atau joint income, nasabah akan diberikan pilihan the last survivor yang menyatakan bahwa pihak asuransi akan melunasi hutang KPR jika kedua peminjam (peminjam utama dan pasangan) meninggal dunia atau first to die atau menyatakan bahwa pihak asuransi akan melunasi hutang KPR jika salah satu antara peminjam atau pasangan meninggal dunia. 

Perlu diketahui bahwa asuransi ini bukanlah berupa unit link atau bentuk investasi, sehingga ini berbeda dengan asuransi jiwa unit link.

Perbedaan Premi Tiap Nasabah
Terdapat perbedaan besaran premi yang harus dibayakan setiap nasabah, karena tentunya terdapat faktor pertimbangan yang menjadi perhitungannya, diantara faktor pertimbangan untuk menentukan besaran asuransi tersebut adalah, faktor usia dan faktor penghasilan tentu saja.

Semakin tua usia nasabah yang menjadi tertanggung, tentu semakin besar besaran premi yang harus dibayarkan, dan jika ditinjau juga dari penghasilan membutuhkan jangka waktu dan nilai premi yang harus dibayarkan, keduanya terdapat faktor penilaian risiko yang berbeda.

Terlebih lagi, pembayaran premi asuransi ini hanya dibayarkan disaat di akad kredit yang disesuaikan sebagai termin cicilan yang dipilih oleh nasabah.

Manfaat Utama
Seperti yang dijelaskan diawal bahwa, manfaat asuransi ini tidak akan menyusahkan ahli waris dalam pembayaran cicilan rumah selanjutnya, dengan lain kata, perusahaan asuransi akan membayarkan cicilan kamu, saat kamu telah tiada, dan tidak menyusahkan keluarga kamu nantinya.

Dalam asuransi jiwa KPR, menitik beratkan sebuah solusi kepemilikan rumah tanpa khawatir dimasa mendatang, cocok bagi para pasangan muda atau yang baru saja mengangsur rumah baru setelah rumah lamanya dijual atau baru saja memulai hidup baru, apabila rumah telah lunas, janga lupa asuransikan unit properti kamu dengan asuransi properti.(Arm)