PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Jenis Usaha Perkebunan Yang Menguntungkan

Peternakan,Peliharaan dan Pertanian  |  20 May 2022  |   683 Pengunjung

Jenis Usaha Perkebunan Yang Menguntungkan

Peternakan,Peliharaan dan Pertanian  |  20 May 2022 Jenis Usaha Perkebunan Yang Menguntungkan

Menjalani hidup itu bisa disyukuri dengan mengkonsumsi makan yang sehat dan segar, seperti buah-buahan, sayur mayur, memelihara hewan ternak atau hewan peliharaan, hingga menanam tanaman hias, sudah banyak yang melakukannya dan menjalankannya untuk hobi hingga menghasilkan cuan.

  1. Perkebunan Hidroponik
  2. Kebun Sayur Rumahan
  3. Tanaman Hias
  4. Jual Bibit Sayuran
  5. Usaha Pupuk

Perkebunan Hidroponik
Adalah teknik budidaya tanaman, yang seringnya untuk jenis sayuran dan buah-buahan dengan media tanam yang sederhana seperti arang, sekam bakar, rockwool, pasir, dengan konsep untuk menutrisi penuh pada jenis tanaman, biasanya terjadi karena lahan terbatas, sehingga teknik ini banyak diterapkan,Hal yang perlu diperhatikan dalam budidaya dengan metode hidroponik ini adalah cahaya, oksigen, ketersediaan air, dan nutrisi.

Terlebih kebutuhan masyarakat Indonesia akan tanaman segar dengan hasil buah-buahan dan sayuran, yang mudah dipetiknya dan tentu saja segar, bisa dikonsumsi sendiri atau dijual dengan partai kecil pada tetangga atau kerabat.

Kebun Sayur dan Buah Rumahan
Lanjutkan dengan membudidayakan sayur dirumah, untuk area perkotaan dengan suhu yang hangat, tanaman yang cocok adalah seperti gambas, labu, pare, cabai, terong, untuk buah bisa dicoba belimbing, atau bisa belimbing sayur.

Untuk di area dataran tinggi, yang cocok adalah sayur seperti sawi, kol, brokoli, bumbu-bumbu dapur seperti bawang merah bawang putih, atau buah strawberi, buah apel, buah jeruk, untuk stroberi paling mudah dengan teknik hidroponik.

Tanaman Hias 
Sedikitnya membutuhkan luas lahan sekira 300 meter persegi, kamu bisa mencoba membeli bibit tanaman, lalu merawatnya, menyirami dan memberinya pupuk, menjaganya dari gangguan hewan liar yang merusak tumbuhanmu, setelah agak tumbuh kamu bisa menjualnya, tentu bisa mendapat keuntungan bukan.

Jual Bibit Tanaman
Berbeda dengan hal yang diatas, apabila lahan terbatas, kamu bisa menjadi dropshipper, dengan rajin-rajin memposting foto tanamannya, tentunya dengan angle kamera yang bagus, agar tanaman yang kamu jual, mempunyai daya tarik, pastikan bibit sayuran yang kamu jual memang sedang dicari di pasaran ya.

Selain bibit sayuran, sekedar bibit buah-buahan atau bibit tanaman hias di Indonesia masih memiliki pasar yang luas, kamu bisa mencoba usaha ini, dengan membelinya langsung di distributor,
atau langsung dari petaninya.

Usaha Pupuk
Lakukan riset terlebih dahulu, apakah dikota tempat kamu tinggal, atau kota sebelah banyak terdapat orang yang rajin menanam ? karena jika iya, usaha jual beli pupuk adalah pilihan terbaik,
modalnya relatif kecil, namun sekali kebutuhan banyak, kamu akan kebanjiran order.

Jika menjual pupuk, biasanya akan lebih lengkap jika kamu juga menjual rumput hias, untuk hal ini kamu bisa bekerja sama dengan perusahaan kontraktor tanaman atau landscape kontraktor,
sehingga kamu bisa menjual partai besar untuk 2 produk ini.

Terlalu banyak jenis usaha perkebunan yang menguntungkan, meskipun pekerjaan kebun identik dengan hal yang belepotan, kotor, kerja berat, berurusan dengan hewan ternak atau hewan kotor lainnya, tidak harus di desa juga, selama memiliki lahan luas, bisa dilakukan bahkan sebagai warga urban sekalipun.

Manfaatkan lahan lebih di areal rumah adalah tindakan cerdas dan bijak, asal disiplin dengan dibarengi tekad yang kuat, juga dilandasi hobi untuk menjalankan usaha seperti diatas, setelah mulai menghasilkan, ada baiknya mengasuransikan area kebun anda dengan asuransi properti untuk menghindari kerugian finansial.(Arm)