PORTAL ASURANSI TERPERCAYA
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588
Senin - Jumat 08:00 - 17:00 WIB
021 806 00 828 / 0812-8362-7588

Prosedur Perencanaan Asuransi Kesehatan Untuk Operasi Plastik

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  15 April 2022  |   201 Pengunjung

Prosedur Perencanaan Asuransi Kesehatan Untuk Operasi Plastik

Gaya Hidup dan Kesehatan  |  15 April 2022 Prosedur Perencanaan Asuransi Kesehatan Untuk Operasi Plastik

Asuransi kesehatan operasi plastik bisa dikatakan sebagai prosedur yang dianggap "perlu secara medis" bisa dicakup bahkan bila itu juga berfungsi untuk meningkatkan penampilan fisik Anda. Misalnya, operasi pengecilan payudara untuk mengobati punggung yang sakit atau pengangkatan kulit berlebih setelah penurunan berat badan yang dramatis terkadang dilakukan. Semuanya bermuara pada rencana asuransi kesehatan Anda.

Kunci mendapatkan pertanggungan asuransi kesehatan operasi plastik adalah membuat argumen yang meyakinkan mengapa prosedur itu diperlukan secara medis, dan bagaimana hal itu dapat meningkatkan kualitas hidup Anda. Dengan kata lain, Anda tidak mungkin mendapatkan asuransi kesehatan untuk menutupi operasi kosmetik jika tujuan utama Anda adalah untuk memperbaiki penampilan Anda. Namun, ada banyak kasus di mana itu bisa menjadi bonus tambahan. 

Apa yang diperlukan secara medis?
Sayangnya, tidak ada jawaban yang jelas untuk pertanyaan ini. Setiap perusahaan dan rencana asuransi mendefinisikan "perlu secara medis" secara berbeda. Namun, perbedaan penting dibuat oleh penyedia asuransi kesehatan antara operasi rekonstruktif - yang mencakup prosedur seperti operasi pengurangan payudara dan operasi kelopak mata - dan operasi kosmetik murni.

Bedah rekonstruktif: jenis bedah ini mengacu pada operasi plastik yang dilakukan pada struktur abnormal yang disebabkan oleh cacat bawaan, kelainan perkembangan, trauma, infeksi, tumor, atau penyakit. Ini dapat mencakup pembedahan untuk meningkatkan fungsi atau untuk memberikan penampilan yang normal.

Operasi rekonstruktif untuk memperbaiki cacat lahir dan trauma secara teratur dibayar oleh asuransi. Misalnya, jika Anda dilahirkan dengan telinga yang kurang baik karena proses melahirkan atau penyakit, atau jika Anda memiliki payudara yang sangat asimetris, Anda mungkin dapat menggunakan asuransi kesehatan untuk membayar operasi kosmetik.

Bedah kosmetik: Bedah kosmetik adalah pembentukan kembali struktur normal pada tubuh untuk meningkatkan harga diri atau penampilan fisik pasien. Misalnya, prosedur seperti pelapisan ulang untuk menghaluskan kulit wajah Anda yang tidak rata atau pengencangan bokong untuk meningkatkan bokong Anda sangat tidak mungkin dilakukan.

Dari keterangan artikel diatas, ASURANSIKU.id ingin menyampaikan memang sebenarnya tidak mungkin mendapatkan prosedur operasi plastik kosmetik secara murni yang ditanggung oleh asuransi kesehatan. Namun bila digunakan sebagai operasi rekonstruktif disebabkan oleh kelainan perkembangan, tumor, atau penyakit bawaan maka asuransi kesehatan operasi plastik dapat dilaksanakan.